Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat

Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat

Daftar Isi

Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat  – Hai Sobat bloggers, kali ini kita akan membahas mengenai Jawaban Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat  Yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 pembelajaran 2 . Yuk kita simak bersama-sama pembahasannya.

Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat Halaman 18

Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat Halaman 18

Di Asia Tenggara banyak tumbuhan yang dimanfaatkan untuk bahan makanan. Namun, di antaranya banyak juga yang dimanfaatkan sebagai obat. Asia Tenggara sebagai wilayah tropis memungkinkan banyak tumbuhan hidup. oleh karena itu masyarakatnya banyak bercocok tanam untuk memanfaatkan kesuburan tanahnya. Bawang merah sering dijumpai di dapur masyarakat Indonesia. Selain dipakai untuk bumbu, bawang merah juga bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit. Orang Jawa mengenalnya dengan sebutan brambang.

Bawang merah hidup di daerah Asia Tenggara. Masyarakat Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina adalah pengguna bawang merah terbesar. Pemakai bawang merah terbanyak adalah Indonesia. Di tahun 2004, jumlah bawang merah yang digunakan mencapai 160.800.000 ton/tahun.

Baca Juga : Gerabah dari Pulau Madura Kelas 5 Tema 1

Tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis tumbuhan yang dapat diolah menjadi makanan dan obat? Ayo, kita cari tahu.

Ayo Mencoba

Apabila bilangan 160.800.000 ditulis pada tabel nilai tempat, di manakah angka 1 dan 6 ditempatkan? Diskusikan jawabanmu dengan teman.

Jawaban :

Ratusan JutaPuluhan JutaJutaanRatusan RibuPuluhan RibuRibuanRatusanPuluhanSatuan
16       

Selain bawang merah, nanas banyak tumbuh di Asia Tenggara. Saat ini nanas banyak diproduksi dalam bentuk kalengan maupun dalam kemasan lainnya.

Perhatikan informasi berikut.

Nanas adalah buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain buahnya enak dimakan, nanas diyakini mengandung vitamin, protein, dan mineral yang sangat penting bagi tubuh. Di Asia Tenggara, nanas banyak ditanam di Filipina, Thailand, dan Indonesia. Berpenduduk sekitar 555.000.000, Asia Tenggara menjadi penghasil nanas tertinggi di dunia. Di Kecamatan Sungai Apit, Siak, Indonesia, produksi nanas mencapai 21.600.000 buah per tahunnya. Seorang petani di daerah ini bisa berpenghasilan Rp34.000.000,00 sampai Rp42.500.000,00 per tahun. Penghasilan mereka setiap bulan adalah sekitar Rp2.830.000,00 sampai Rp3.540.000,00.

Baca Juga  Mengenal Tokoh Bacharuddin Jusuf Habibie

Catatlah bilangan-bilangan yang ada dalam informasi diatas.

Jawaban:

555.000.000
21.600.000
34.000.000
42.500.000
2.830.000
3.540.000

Bersama temanmu, pilihlah tiga bilangan. Sampaikan kepada temanmu bilangan-bilangan tersebut terkait nilai tempatnya dengan cara sebanyak-banyaknya. Apakah ada perbedaan penyampaian bilangan tersebut?

Jawaban:

555.000.000

Ratusan JutaPuluhan JutaJutaanRatusan RibuPuluhan RibuRibuanRatusanPuluhanSatuan
555

21.600.000

Puluhan JutaJutaanRatusan RibuPuluhan RibuRibuanRatusanPuluhanSatuan
216

34.000.000

Puluhan JutaJutaanRatusan RibuPuluhan RibuRibuanRatusanPuluhanSatuan
34

42.500.000

Puluhan JutaJutaanRatusan RibuPuluhan RibuRibuanRatusanPuluhanSatuan
425

2.830.000

JutaanRatusan RibuPuluhan RibuRibuanRatusanPuluhanSatuan
283

3.540.000

JutaanRatusan RibuPuluhan RibuRibuanRatusanPuluhanSatuan
354

Pembacaan Angka

Pembacaan angka selalu dimulai dari posisi karakter angka terbesar.
Bilangan yang memiliki dua karakter, angka terbesarnya adalah puluhan.
Bilangan yang memiliki tiga karakter, angka terbesarnya adalah ratusan.
Bilangan yang memiliki empat karakter, angka terbesarnya adalah ribuan dan seterusnya.

Baca Juga : Kelainan Organ Gerak Pasif (Tulang) Kelas 5 Tema 1

Penggunaan Tanda Pisah Angka

Tanda pisah angka digunakan untuk bilangan lebih dari 999. Tanda tersebut digunakan untuk memisahkan setiap tiga digit angka dari sebelah kanan urutan angka. Tanda pemisah angka memisahkan kelompok angka ribuan, jutaan, dst. Di Indonesia tanda pemisah angka yang digunakan adalah tanda titik (.).  

Mengurtkan Angka jutaan

Angka-angka jika dikelompokkan berdasarkan batas tanda pemisah maka akan memiliki kelompok-kelompok angka.

• kelompok angka dasar, memiliki tiga angka paling kanan.
• kelompok angka ribuan, memiliki tiga angka di sebelah kiri tanda pemisah ribuan
• kelompok angka jutaan, memiliki tiga angka di sebelah kiri tanda pemisah jutaan

Jutaan  Ribuan  Dasar  
RatusanPuluhanSatuanRatusanPuluhanSatuanRatusanPuluhanSatuan
  1432321
  1.000.000400.00030.0002.000300201

Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat Halaman 20

Temukan jawabanmu dari soal berikut.

1. Tulislah bilangan di bawah dalam bentuk penulisan standar.

10.000.000 + 2.000.000 + 300.000 + 20.000 + 3000 + 400 + 70 + 2

Jawaban : 12.323.372

2. Tulislah bilangan berikut dalam bentuk penulisan standar.

4 juta 256 ribu 78

Jawaban :4.256.078

3. Buatlah lima bilangan yang terdiri dari 7 sampai 8 angka. Bilanganmu harus memiliki angka 0-9. Urutkan bilanganmu.

Jawaban:

85.798.456
58.964.352
38.907.523
20.984.521
19.095.487

4. Tulislah bilangan yang diperoleh dari :

a. 745.862 ditambah 10.000 = 745.872
b. 875.000 ditambah 1.000.000 = 1.875.000
c. 3.174.821 dikurangi 100.000 = 3.274.821
d. 735.236.306 dikurangi 1 juta =734.236.306

5. Aku adalah bilangan antara 6.000.000 dan 7.000.000.
Aku adalah bilangan ganjil.
Angka ribuanku semuanya sama.
Angka dasarku semuanya sama.
Jumlah seluruh angkaku adalah 30.

Bilangan berapakah aku?

Jawaban :

6.777.111
6.555.333
6.333.555
6.111.777

Temukan bilangannya sebanyak mungkin. Bagaimana kamu menemukan jawabannya? Diskusikan jawabanmu dengan teman kelompokmu. Apakah hasilnya ada yang berbeda?

Baca Juga : Kejayaan Bahari Masa Lalu Kelas 5 Tema 1

Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat Halaman 22

Perhatikan informasi berikut! Buah-buahan banyak dikonsumsi oleh pendudukIndonesia. Berikut adalah data produksi sebagian buah di Indonesia tahun 2006.

Baca Juga  Silabus Kurtilas Kelas 6 Terbaru Download Gratis
Nama BuahJumlah yang Diproduksi (ton)
pisang5.037.472
mangga1.621.997
jeruk2.565.543
nanas1.427.781

Urutkan bilangan di atas. Jelaskan dasar urutanmu.

Jawaban

Dari yang terbesarDari yang terkecil
5.037.4721.427.781
2.565.5431.621.997
1.621.9972.565.543
1.427.7815.037.472
Mengurutkan bilangan besar

Cara mengurutkan bilangan-bilangan

  • Perhatikan bilangan – bilangan yang kamu miliki.
  • Perhatikan angka yang ada di posisi paling kiri.
  • Angka pada bilangan mana yang paling besar? Apabila angka-angka di posisi paling kiri memiliki angka yang sama, perhatikan angka selanjutnya. Mana yang paling besar? Begitu seterusnya.

Buatlah 5 bilangan jutaan yang memiliki angka 0-9. Urutkan bilangan tersebut.

Jawaban:

Dari yang terbesarDari yang terkecil
7.265.2401.093.762
5.268.1932.093.878
3.452.8743.452.874
2.093.8785.268.193
1.093.7627.265.240

Bandingkan dengan jawaban temanmu. Berilah komentar pada jawaban temanmu.

Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat Halaman 23

Wah, menarik sekali belajar tentang buah-buahan yang berasal dari tumbuhan yang ada di sekitar kita. Sebagai sumber kehidupan, tumbuhan memiliki kandungan gizi yang berguna bagi tubuh manusia. Begitu banyak manfaat tumbuhan bagi kehidupan. Coba bayangkan, apa yang akan terjadi jika Tuhan Yang Maha Esa tidak menciptakan tumbuhan?

Baca Juga : Kapal Phinisi, Kapal Penjelajah Dunia Kelas 5 Tema 1

Ayo Berdiskusi

Di hari libur, Lani dan teman-temannya merencanakan untuk berkumpul di rumah Edo. Mereka berencana membuat minuman dari jahe. Ya, mereka akan mengolah jahe menjadi minuman sehat dan segar. Namun alangkah kagetnya Lani, Udin, Siti, Dayu, dan Beni. Edo ternyata sedang sakit. Ia batuk dan demam. Edo terbaring di tempat tidur.

Mereka akhirnya bersepakat membuatkan wedang jahe untuk Edo. Di belakang rumah Edo banyak tanaman jahe. Edo sangat senang. Persahabatan mereka sangat indah. Mereka memiliki latar belakang yang berbeda. Namun, semangat tolong menolong di antara mereka sangat tinggi.

Bagaimana pendapatmu tentang sikap teman-teman Edo? Tulislah pendapat mu pada kolom di bawah ini!

Jawaban: Sikap mereka sangat baik dan perlu untuk dicontoh. Perbedaan tidak menghalangi mereka untuk saling tolong menolong

Diskusikan jawabanmu dengan gurumu. Sikap teman-teman Edo sesuai dengan nilai-nilai yang ada pada sila Pancasila. Pahami kelima sila Pancasila berikut ini.

Pancasila

1. Ketuhanan yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Ayo Berdiskusi

Bersama kelompokmu, diskusikan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila berikut.

1. Ketuhanan yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas. Tahukah Kamu?

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Ketuhanan yang Maha Esa” sebagai berikut.

1. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2. Toleransi dan penghormatan kepada agama atau kepercayaan lain
3. Kerukunan antarumat beragama.

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Kemanusian yang Adil dan Beradab” sebagai berikut.

1. Persamaan derajat
2. Menghargai hak asasi manusia
3. Solidaritas antar sesama manusia
4. Perdamaian.

Baca Juga : Gangguan atau Penyakit Otot Manusia Kelas 5 Tema 1

Amati gambar berikut.

Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat sila pancasila
Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat 2

Diskusikan mengenai sikap atau perilaku yang terdapat pada gambar di atas.

Kelompokkan gambar-gambar tersebut sesuai dengan nilai-nilai dalam sila kesatu dan sila kedua.

Tulislah nomor gambar pada tabel berikut sesuai dengan pengelompokannya. Jelaskan jawabanmu.

Perilaku yang Sesuai dengan Sila KesatuPerilaku yang Sesuai dengan Sila Kedua
Gambar 1 Mmenampilkan dua orang dari umat Hindu dan umat Islam yang saling merangkul satu sama lain.Gambar 4 Menampilkan sejumlah anak-anak yang datang menjenguk kawan yang sakit (kemanusiaan)
Gambar 2 Menampilkan seorang muslimah yang memberikan bantuan kepada BiksuGambar 5 Menampilkan 3 siswa SD yang berdiskusi bersama-sama (persamaan hak mengemukakan pendapat)
Gambar 3 Menampilkan kegiatan ibadah masing-masing agama yang dianutnyaGambar 6 menampilkan seorang anak yang menolong temannya yang jatuh (kemanusiaan)
Gambar 7 Menampilkan dua orang siswa di mana salah satunya mengacungkan jari tanda ia siswa yang aktif belajar. Ini adalah wujud persamaan hak (adil) dalam mengemukakan pendapat
Gambar 8 Menampilkan seorang anak yang mencium tangan orang tua (ibu) sebagai tanda penghormatan (wujud saling mencintai dan menghormati)

Sampaikan jawabanmu di depan kelas. Sekarang kamu harus kerja mandiri.

Baca Juga  Bacaan Benda Elektronik di Kamar Edo Kelas 6

Baca Juga : Sejarah Dibalik Indahnya Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta

Berikan 3 contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kesatu Pancasila.

Jawaban:

Contoh prilaku yang menggambarkan pengamalan sila ke-1 yaitu :

  1. Percaya dan Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan rajin beribadah sesuai agama yang dianut.
  2. Saling menghormati dan menghargai antar umat beragama dengan cara memberikan kebebasan penganut agama lain menjalankan ibadahnya
  3. Tidak memaksakan agama ke orang lain. dengan cara tidak membandingkan agama sendiri dengan agama orang lain.

Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.

Berikan 3 contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kedua Pancasila.

Jawaban:

Contoh prilaku yang menggambarkan pengamalan sila ke-2 yaitu :

  1. Membantu korban bencana alam misalnya dengan melakukan menyumbang dana dana
  2. Mencintai dan menyayangi teman dengan cara menolong semampunya apabila dibutuhkan, tidak semena-mena kepada mereka
  3. Tidak membeda bedakan derajat manusia yang satu dengan lainnya dengan cara bergaul dengan semua teman

Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.

Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat Halaman 28

Membantu teman yang sakit merupakan salah satu pelaksanaan dari sila kedua. Merawat tanaman merupakan perwujudan rasa syukur kita kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan tanaman sebagai sumber kehidupan dan sahabat bagi manusia.

Baca Juga : Bocah Terkuat di Dunia Pecahkan Rekor Kelas 5 Tema 1

Ayo Berkreasi

Manfaat tanaman bukan hanya pada buah dan bunga. Bagian tanaman lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia dan Asia Tenggara adalah kayu. Banyak produk seni yang terbuat dari kayu, salah satunya adalah patung. Kamu bisa membuat patung seperti mereka. Namun kali ini kamu akan belajar membuat patung dari bahan lain, yaitu tanah liat atau lilin malam.

Patung Nusantara terbuat dari tanah liat. Patung-patung tersebut sangat diminati, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Ayo, kita praktikkan membuat patung  Nusantara dari tanah liat.

Amati aneka kerajinan patung tanah liat dari daerah Kasongan berikut.

Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat kasongan

Diskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok.

1.       Bagaimana pendapatmu ketika melihat patung tersebut? Jelaskan!

Jawaban : Saya sangat senang dan kagum ketika melihat patung tersebut

2.       Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk membuat patung tersebut?

Jawaban: Ketrampilan yang diperlukan adalah membentuk, mencetak, membutsir  dan mewarnai

3.       Menurutmu, bagaimana cara membuat patung tersebut?

Jawaban : caranya adalah dengan membentuknya dari tanah liat yang dibentuk dengan cara menekannya sampai diperoleh bentuk yang diinginkan.

Baca Juga : Wisata Pantai Siung, Surga tersembunyi 98 km dari Jogja

Kamu telah mengamati berbagai patung Nusantara dari tanah liat. Sekarang kamu akan membuat patung dari tanah liat yang bentuknya disesuaikan dengan budaya daerahmu.

Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat

Pembuatan patung tanah liat dapat dilakukan dengan teknik cetak tekan maupun ukir. Untuk teknik cetak tekan dan ukir, sebaiknya menggunakan tanah liat plastis. Jangan menggunakan tanah yang terlalu lembek karena akan menyulitkan untuk memperoleh bentuk yang tepat, rapi, dan jelas. Tanah liat yang terlalu lembek akan lengket pada cetakan gips sehingga sulit diangkat dari cetakan dan sulit untuk diukir.  

Untuk kegiatan membuat patung Nusantara ini kamu dapat menggunakan tanah liat yang dapat ditemukan di sekitar tempat tinggalmu.  Jika di sekitarmu tidak terdapat tanah liat, maka kamu bisa menggunakan lilin atau plastisin. Kamu dapat membuat sendiri adonan plastisin dari tepung dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Membuat Adonan Plastisin

Bahan-bahan:

• 2 cangkir terigu
•1/2 cangkir garam
• 2 sendok makan minyak sayur
• 1 1/2 cangkir air hangat
• Pewarna makanan

Cara membuat:
  1. Campurkan terigu, garam, dan minyak sayur dalam wadah.
  2. Masukkan air hangat secara bertahap hingga adonan menjadi liat tidak terlalu lembek
  3. Gulung dan remas-remas adonan hingga bercampur dengan sempurna.
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Buatlah lubang di tengahnya dan teteskan pewarna makanan. Kemudian gulung-gulung adonan hingga warna tercampur merata. Sekarang ambillah adonan plastisinmu yang sudah tersedia.

Baca Juga : Bacaan Bagaimana Jagung Berkembang Biak Kelas 6

Kamu dapat mencoba berbagai bentuk dengan menggunakan tanah liat atau lilin malam. Biasakanlah tanganmu untuk membentuk desain yang kamu harapkan. Cobalah beberapa bentuk dengan menggunakan bahan yang sama.

membentuk model patung

Kesimpulan

Demikanlah Pembahasan Jawaban Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat Yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 pembelajaran 2 . Diskusikan bersama orang tuamu cara menerapkan nilai-nilai Pancasila sila kesatu dan kedua di lingkungan tempat tinggalmu. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Pencarian Populer : proses pembuatan patung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *