Percobaan Membuat Infused Water

Percobaan Membuat Infused Water Kelas 5

Percobaan Membuat Infused Water Kelas 5 – Halo sobat bloggers, Masih ingatkah kamu dengan gambar aktivitas pasar di atas? Ceritakan hasil pengamatanmu kepada teman sebangkumu. Menarik untuk dicermati bahwa dalam kehidupan kita sehari-hari, kita dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki begitu banyak perbedaan. Akan tetapi semuanya saling bekerja sama. Yuk kita simak bersama pembahasan materi yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 ini!

Percobaan Membuat Infused Water Halaman 64

Tuliskan alasan-alasan mengapa orang-orang yang memiliki perbedaan seperti perbedaan agama, suku bangsa, usia, dan pekerjaan dapat saling membantu dan bekerja sama?

Kamu dapat menuliskan alasanmu dan juga menanyakan kepada teman- teman yang lain tentang alasan mereka. Tuliskan semuanya dalam kotak- kotak di bawah ini.

Jawaban :

  1. Menurut pendapat Saya, semua orang dapat saling bekerja sama sekalipun berbeda agama, suku, adat istiadat, dan pekerjaan, untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama.
  2. Menurut pendapat Saya, semua orang dapat saling membantu walau mereka berbeda agama, suku, adat istiadat, dan pekerjaan.
  3. Menurut pendapat Saya, tidak ada halangan orang yang berbeda agama, suku, adat istiadat, dan pekerjaan, hidup berdampingan dalam suatu lingkungan.
  4. Menurut pendapat Saya, kita sebagai manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan kehadiran orang lain

Ayo Mengamati

Percobaan Membuat Infused Water 3

Apa yang kamu lihat dari beberapa gambar di atas?

Jawaban : Pada gambar diatas adalah Peta Indonesia dan beragam kebudayaan dan adat Istiadat yang ada di Indonesia

Baca Juga  Jawaban Bacaan Bermain Sepak Bola Kelas 2

Apakah hubungan semua gambar tersebut dengan gambar peta Indonesia? Jelaskan!

Jawaban :

Pada gambar diatas menggambarkan kondisi bangsa indonesia yang memiliki budaya sangat beragam. Dengan letak geografis indonesia yang berbentuk kepulauan, indonesia memiliki potensi dengan keberagaman budaya. Indonesia sangat kaya akan budaya, dengan tarian, lagu, alat musik, senjata dan masih banyak lagi. Maka dari itu, kita sebagai bangsa indonesia sudah sepatutnya bangga dengan budaya yang dimiliki indonesia.

Percobaan Membuat Infused Water Halaman 65

Ayo Membaca

Bangsa Indonesia memiliki sebuah semboyan yang luar biasa, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan. Bahwasanya, sekalipun di Indonesia terdapat begitu banyak suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, dan lain-lain, semuanya bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Perbedaan dan keanekaragaman yang ada justru menjadi sebuah kekuatan yang pada akhirnya memperkaya sifat budaya bangsa Indonesia dan lebih memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Apakah yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di depan? Berikan pendapatmu!

Jawaban : Sekalipun di Indonesia terdapat begitu banyak suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, dan lain-lain, semuanya bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Perbedaan bukanlah kekurangan justu menjadi kekuatan bangsa Indonesia

Berikan contoh-contoh kegiatan yang dapat kita lakukan atau mungkin sudah kamu lakukan untuk mendukung keberagaman sosial di lingkungan sekolah!

Jawaban :

1. saling menghormati umat yang beragama
2. tidak membeda bedakan teman
3. Tidak mengganggu kelas yang lain
4. menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah
5. Bekerja sama membersihkan sekolah
6. Saling membantu jika ada kesulitan tanpa memandang perbedaan
7. Bekerja sama dalam kelompok belajar dengan baik
8. Tidak mengejek teman yang lain

Dengan keberagaman, manusia dapat saling bekerja sama dan bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara ekonomi, sosial, maupun budaya. Beragam profesi pun berkembang dan mendukung pemenuhan kebutuhan hidup. Bahasa Indonesia yang dipergunakan juga merupakan satu contoh hal yang menjembatani perbedaan sosial budaya yang terdapat dalam masyarakat Indonesia.

Amatilah gambar-gambar di bawah ini!

Percobaan Membuat Infused Water 2

Kegiatan apa saja yang sedang dilakukan oleh anak-anak dalam gambar tersebut?

Jawaban: Anak-anak tersebut sedang melakukan kegiatan budaya. Gambar sebelah kiri menunjukan anak yang sedang menabuh gamelan dan disebelah kiri sedang berlatih tarian daerah.

Apakah kamu pernah melihat kegiatan seperti itu di lingkunganmu? Coba ceritakan hasil pengamatanmu di depan kelas.

Kedua gambar di atas bercerita tentang upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya. Bahasa Indonesia merupakan contoh upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya. Kegiatan seni yang bertujuan melestarikan budaya nusantara juga merupakan sebuah upaya pembangunan sosial budaya. Contoh lain dari pembangunan sosial budaya adalah dengan semakin terbukanya kesempatan bagi kaum wanita untuk bersekolah dan menuntut ilmu setinggi mungkin. Masih banyak lagi contoh- contoh pembangunan sosial budaya yang terdapat di sekitar kita. Amatilah daerah sekitarmu.

Baca Juga  Hasil Survei Sistem Pencernaan Kelas 5 Tema 3

Temukan contoh-contoh upaya manusia dalam pembangunan sosial. Buatlah dalam bentuk laporan pengamatan sederhana.

Judul laporan

Laporan pengamatan upaya manusia dalam pembangunan sosial

Tujuan laporan

Mengetahui upaya melestarikan budaya nusantara juga merupakan sebuah upaya pembangunan sosial budaya

Tempat pengamatan

Tempat Les Menari Guyub Makmur di Desa Kesambangan

Tanggal pengamatan

30 Agustus 2021

Hasil pengamatan

Les menari yang ada di Guyub Makmur merupakan salah satu usaha yang dilakukan warga Desa Kesambangan untuk melestarikan adat budaya yang sudah menjadi warisan sejak jaman dahulu agar tetap lestari dan tidak hilang ditelan perkembangan zaman. Tempat Les menari ini didirikan oleh Perkumpulan Pemuda.

Kesimpulan

Kegiatan seni yang bertujuan melestarikan budaya nusantara juga merupakan sebuah upaya pembangunan sosial budaya

Percobaan Membuat Infused Water Halaman 69

Simaklah percakapan antara Beni dan Siti di bawah ini!

Dayu : “Kalau kamu, apa contoh yang dapat kamu berikan tentang pembangunan sosial budaya, Ben?”

Beni : “Menurutku, acara kuliner nusantara yang sering diadakan di lingkungan sekitar kita merupakan contoh pembangunan sosial budaya. Dengan begini, kita dapat melestarikan makanan khas daerah, kita juga turut memperkenalkannya kepada orang-orang lain yang berbeda kebudayaan dengan kita untuk turut mencicipi dan bersama-sama menikmati makanan khas daerah tersebut.”

Siti : “Betul sekali, Ben. Kamu tahu tidak? Acara kuliner nusantara yang diadakan minggu lalu itu sukses besar, lho. Semuanya berkat iklan-iklan di media cetak dan elektronik yang beredar sejak sebulan sebelumnya.”

Percobaan Membuat Infused Water iklan

Iklan memang harus dibuat semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian mereka yang melihatnya. Oleh karena itu, penting untuk selalu berhati-hati dalam penyampaiannya.

Berikut adalah kegiatan yang sebaiknya dilakukan bersama-sama dengan orang tua di rumah.

Ayo Mengamati

Amatilah dua buah iklan di televisi dan tulis kata kunci dari iklan tersebut. Diskusikan dengan teman-temanmu keesokan harinya tentang iklan dan kata kunci yang kamu temukan.

Judul iklan-1

JD Id

Kata kunci iklan

JD id, Dijamin Ori
Dijamin bebas ongkir

Judul iklan-2

Kopi Hitam Gilus Mix

Kata kunci iklan

Kopi Hitam Gilus Mix Kopinya Anak Muda

Ayo Membaca

Bacalah percakapan di bawah ini secara bergantian!

Siti : “Jadi tidak kita belajar bersama hari ini?”
Udin : “Jadi ya, di rumahku!”
Dayu : “Asyik!”
Udin : “Aku sudah menyiapkan minuman ringan, lho. Itu yang sedang banyak diiklankan akhir-akhir ini di televisi. Sejak saat ada iklan itu, aku selalu membelinya.”
Siti : “Wah, setahuku, semua jenis minuman ringan itu tidak baik bagi kesehatan, Din. Kadar gula dan pengawetnya tinggi. Belum lagi bahan- bahan kimiawi lainnya. Jangan terlalu sering mengonsumsi minuman ringan seperti itu.”
Udin : “Bisa jadi kamu benar, Siti, pamanku pun pernah mengatakan hal yang sama. Namun, di iklan disebutkan bahwa minuman ini mengandung banyak vitamin dan mineral. Artinya, minuman ini juga memiliki manfaat, bukan?”
Dayu : “Tentu saja, semua iklan dimaksudkan untuk menarik hati pembelinya,
Din. Akan tetapi, tidak semua yang diiklankan itu memang benar adanya. Kita harus selalu berhati-hati dalam memilih apa yang akan kita konsumsi.”
Siti : “Setuju dengan Dayu. Wah, ternyata penggunaan kata-kata kunci itu sangat bermanfaat ya, terutama untuk menarik perhatian pendengar dan pembacanya.”

Baca Juga  Bentuk Interaksi Sosial Masyarakat dan Tanggung Jawab

Percobaan Membuat Infused Water Halaman 70

Infused water atau spa water atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan air infus sedang menjadi tren kesehatan yang baru di luar negeri. Kini air infus juga merebak sampai di Indonesia.

Air infus ini adalah air bening yang telah diberi tambahan potongan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu. Air infus bermanfaat bagi kesehatan. Secara teknis, air infus dibuat dengan memasukkan irisan
buah-buahan ke dalam air putih, kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya.

Namun, jangan hanya ikut-ikutan mengonsumsinya. Kenali dahulu manfaat dari bahan-bahan yang dimasukkan ke dalam air dalam botol tersebut. Dengan mengenali manfaat dari bahan-bahan yang digunakan, kita dapat memperoleh lebih banyak manfaat yang sesuai dengan kebutuhuan tubuh kita.

Percobaan Membuat Infused Water

Buatlah ulasan sederhana tentang percobaan membuat infused water.

Infused Water

Infused water adalah air bening yang telah diberi tambahan potongan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu yang menyehatkan tubuh. Secara umum cara membuat infused water sebagai minuman detoks. adalah

Campur potongan buah (contohnya stroberi, irisan jeruk lemon, daun mint) ke dalam sebotol besar air. Setelah itu minum airnya. Infused water bisa dimasukkan ke dalam kulkas minimal 5 – 6 jam dan beberapa buah bisa diisi ulang hingga pemakaian 24 jam. Infused water tahan sekitar 3 hingga 5 hari

Kesimpulan

Nah Sobat Bloggers itulah pembahasan Percobaan Membuat Infused Water yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4. Dirumah, Carilah gambar dari majalah dan koran yang mencerminkan interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya. Identifikasikan jenis-jenis interaksi yang terjadi. Sebutkan siapa saja yang terlibat dalam interaksi tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *