Pengamalan Sila Kelima Pancasila Kelas 6 Tema 1

Bloggers.id – Pengamalan Sila Kelima Pancasila Kelas 6 Tema 1 – hai sobat bloggers, kali ini kita akan membahas jawaban buku tema kelas 6 tema 1 subtema 2 pembelajaran 6. Kamu sudah belajar tentang hewan selama satu inggu. Banyak hal yang kamu peajari. Kamu sudah tahu bagaimana hewan berkembang biak dan jenis hewan yang hidup di negara-negara ASEAN. Menarik bukan?

Kamu sudah belajar bagaimana cara berlari yang benar, melempar, dan menangkap bola. Untuk menambah keterampilanmu dalam berolahraga, hari ini kamu akan bermain memukul bola.

Ayo, pelajari caranya dan berlatih di luar bersama teman dan gurumu.

Baca Juga : Melempar dan Menangkap Bola Kelas 6 Tema 1

Cara Memukul Bola

1. Badan sedikit membungkuk, kedua kaki sejajar sedikit ditekuk dan terbuka.

2. Pandangan ke arah datangnya bola.

3. Kedua tangan memegang pemukul dengan tangan kanan di atas. Apabila kidal, pemukul dipegang tangan kiri.

4. Kayu pemukul berada diatas bahu. Bahu kiri sedikit lebih rendah daripada bahu kanan.

Teruslah berlatih agar kamu terampil memukul bola. Latihan dengan sungguhsungguh akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Tahukah kamu kelelawar?

Hewan ini memiliki fakta yang menarik. Kelelawar memiliki indra pendengaran yang sangat baik, lebih baik daripada manusia. Berikut ini fakta tentang kelelawar.

Baca Juga  Link Twibbon Hari Jadi Kota Tangerang Selatan ke-13 Tahun 2021

1. Kelelawar merupakan hewan mamalia.

2. Tubuh kelelawar sangat bersih.

3. Pada umumnya kelelawar mempunyai satu anak dalam satu tahun.

4. Kelelawar hidup 20 sampai 30 tahun.

5. Kelelawar berperan besar dalam penyebaran dan penyerbukan tanaman.

6. Kotoran kelelawar yang menempel pada gua justru akan melestarikan ekosistem, karena pada kotoran tersebut beberapa bakteri dan organisme lain menggantungkan hidup.

7. Kelelawar tidur di siang hari dan mencari makan di malam hari.

Baca Juga : Pengamalan Pancasila Sila Keempat Kelas 6 Tema 1

Kegiatan hari ini membutuhkan panca indra pendengaran. Kamu harus konsentrasi agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Gurumu akan membacakan teks laporan dan kamu harus menyimpulkannya. Kesimpulanmu harus ditulis dengan menggunakan kosakata baku.

Simaklah gurumu dengan saksama.

Siti dan teman-temannya diundang menghadiri acara syukuran di rumah Udin. Di sana banyak makanan. Di meja sebelah kiri ada ayam goreng, sate ayam, dan ikan bakar. Di meja sebelah kanan terlihat ada rendang dan soto ayam. Wah, Siti dan teman-temannya bingung memilihnya. Semua terlihat enak. Beni mulai berjalan mengambil 10 tusuk sate ayam, 2 rendang, dan sepotong ikan bakar. Siti mengambil 3 tusuk sate saja. Edo mengingatkan Beni agar mengambil makanan secukupnya saja.

Jawablah pertanyaan berikut dan diskusikan dengan teman kelompokmu.

Apa pendapatmu tentang sikap Beni?

Jawab : sikap Beni mencerminkan kerakusan/keserakahan. Karna mengambil makanan banyak sekali untuk dirinya sendiri

Apa pendapatmu tentang sikap Siti?

Jawab : sikap Siti tidak tamak dan merasa cukup, karna mengambil makanan secukupnya saja.

Apa pendapatmu tentang sikap Edo?

Jawab : sikap Edo baik, karna mengingatkan temannya ketika salah.

Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut.

Apakah yang dilakukan oleh Beni sesuai dengan sila kelima Pancasila?

Beni melakukan pemborosan dan hal tersebut tidak baik bagi lingkungan dan keberlangsungan hidup orang banyak. Pemborosan yang dilakukan Beni dapat berakibat langkanya sumber hewani sebagai sumber makanan.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Bermain Tebak-tebakan

Bersikap adil, menghormati hak-hak orang lain, suka memberi pertolongan, tidak boros, tidak bergaya hidup mewah, tidak merugikan kepentingan orang lain, suka bekerja keras, dan menghargai hasil karya orang lain adalah merupakan contoh penerapan sila kelima.

Carilah tiga contoh perilaku atau sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kelima Pancasila.

Jawab :

  1. Bersikap adil terhadap semua orang (guru, sesama teman, pegawai-pegawai dll)
  2. Merasa cukup yakni Tidak boros, rakus, maupun serakah. Sehingga orang lainpun bisa menikmatinya (baik dari segi makanan maupun hal lainnya)
  3. Mematuhi aturan yang berlaku diamanapun (baik di sekolah, rumah, masyarakat dll). sehingga tidak merugikan kepentingan orang lain

Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.

Jawab :

  1. Bersikap adil terhadap semua orang (guru, sesama teman, pegawai-pegawai dll)

Saya akan bersikap adil terhadap semua orang yakni tidak membeda-bedakan apakah dari orang kaya atau miskin, muda atau tua, berpangkat atau tidak dll. karena semua orang sama derajatnya

  • Merasa cukup yakni Tidak boros, rakus, maupun serakah. Sehingga orang lainpun bisa menikmatinya (baik dari segi makanan maupun hal lainnya)

Ketika melakukan sesuatu saya akan melakukan secukupnya yakni tidak berlebihan. Misal ketika menggunakan fasilitas umum, maka saya menggunakan sesuai dengan kepentingan saya. Tidak berlebihan yang mana akan mengakibatkan fasilitas tersebut rusak atau lainnya sehingga orang lain tidak bisa menikmatinya

Sampaikan hasilnya di depan kelas.

Pemanfaatan sumber makanan hewani akan membantu orang lain mendapatkan haknya dalam mendapatkan makanan yang bergizi.

Baca Juga : Kegiatan Ekonomi Negara ASEAN Kelas 6 Tema 1

Kesimpulan

Demikianlah tadi pembahasan Kelas 6 Tema 1 subtema 2 pembelajaran 6. Menarik Bukan. Banyak pengetahuan yang kita pelajari hari ini yaitu tentang cara memukul bola dan pengamalan sila kelima pancasila. Nah agar tidak ketinggalan materinya, nantikan di bloggers.id

Baca Juga  Melihat Benda Cair Lebih Dekat Kelas 3 Tema 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *