Pengamalan Pancasila Sila Keempat Kelas 6 Tema 1

Bloggers.id – Pengamalan Pancasila Sila Keempat Kelas 6 Tema 1 – hai sobat bloggers, kali ini kita akan membahas jawaban buku tema kelas 6 tema 1 subtema 2 pembelajaran 4. Ikan Bandeng merupakanikan pagan yang terkenal di Asia Tenggara. Ikan ini banyak dikenal orang sebagai ikan air tawar.habitat asli ikan bandeng sebenarnya di laut, tetapi ikan ini dapat hidup di air tawar maupun di air payau.

ikan bandeng asap merupakan salah satu oleh-oleh yang dapat ditemui di Sidoarjo, Jawa Timur. Banyak orang menyukai produk jenis ikan ini. Edo membawa oleh-oleh ikan bandeng asap dari Sidoarjo. Ia membawa satu ikan ke sekolah untuk dibagikan kepada temannya saat makan siang. Potongan ikan hanya cukup untuk enam orang.

Saat makan siang tiba, selain sahabatnya, tiga orang temannya yang lain ikut bergabung. Semuanya ada sekitar sembilan orang mengelilingi meja kantin. Edo bingung. Apa yang harus dilakukan Edo saat ketiga teman lainnya datang?

Jawab : tetap mengajak ketiga temannya yang lain untuk bergabung dan menikmati bersama ikan bandeng asap yang dibawanya dari sidoarjo

Apa yang harus dilakukan ketiga teman Edo saat tahu bahwa jumlah potongan ikan tidak cukup untuk semua orang?

Jawab : menolak ajakan Edo, karna sudah mengetahui bahwa jumlah potongan ikan hanya cukup untuk enam orang

Apa yang sebaiknya dilakukan oleh Edo, Dayu, Beni, Udin, Siti, dan Lani agar semua mendapat bagian ikan yang sama?

Jawab : memotong ikan menjadi potongan yang sama besar

Baca Juga : Penerapan Pancasila Sila Keempat Kelas 6 Tema 1

Baca Juga  Sumber Daya Alam ASEAN Kelas 6 Pembelajaran 5

Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut.

Perhatikan jawabanmu. Apakah sudah sesuai dengan Pengamalan Pancasila Sila Keempat?

Perbaiki jawabanmu apabila dibutuhkan, kemudian diskusikan hasilnya dengan teman sekelasmu.

Carilah tiga contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari di sekolah yang sesuai dengan Pengamalan Pancasila Sila Keempat.

Jawab :

  1. Menghormati dan menghargai pendapat teman atau guru yang berbeda pendapat dengan kita
  2. Ketika terjadi masalah, penyelesaiannya yakni dengan melakukan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama
  3. Menerima kritik dan saran yang ditujukan kepada kita

Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.

Jawab :

  1. menghormati dan menghargai pendapat teman atau guru yang berbeda pendapat dengan kita

jika terjadi perbedaan pendapat antara saya dan teman atau guru, maka saya akan menghormati dan menghargai pendapat teman atau guru saya, Kemudian tidak marah apa lagi memaksakan semua hal harus sesuai dengan kehendak saya.

  • menerima kritik dan saran yang ditujukan kepada kita

ketika dikritik dan diberi saran oleh orang lain, saya akan mendengarkannya dan mempertimbangkan saran tersebut sebelum memperbaiki dan mengambil langkah sesuai yang disarankan.

jawaban diatas merupakan Pengamalan Pancasila Sila Keempat

Baca Juga : Jawaban Materi Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 4

Keragaman hewan Indonesia sangat mengagumkan. Banyak jenis ikan yang harus kita manfaatkan karena mengonsumsinya sangat baik bagi kesehatan.

Ikan bandeng asap merupakan salah satu pengolahan ikan yang berasal dari laut Indonesia.

Edo membawa kardus Ikan Bandeng Asap untuk dibagikan kepada Beni, Siti, Lani, Udin, dan Dayu. Ia membawa 4 kardus berisi 2 ikan dan 4 kardus berisi 3 ikan. Teman–teman Edo membaginya sehingga setiap orang mendapatkan jumlah yang sama.

Baca Juga  Bacaan Perkumpulan Petani Pemakai Air

Berapa Ikan Bandeng Asap yang akan dibawa pulang mereka?

Jawab :

= ((4 × 2) + (4 × 3)) : 5
= (8 + 12) : 5
= 20 : 5
= 4

(maka, masing-masing teman Edo mendapatkan 4 ikan)

A. Tulislah jawabanmu pada tempat yang tersedia.

Tukarkan jawabanmu dengan jawaban temanmu.

Baca Juga : Jawaban Bacaan Daun Pandan Yang Wangi Kelas 6

B. Jawablah soal berikut.

  1. 245 – (3 × 63) =

= 245 – 189

= 56

  • (56 + 24) : 8 =

= 80 : 8

= 10

  • 90 × (6 : 3 ) =

= 90 × 2

= 180

  • (300 + 60 ) × (12 : 4 ) =

= 360 × 3

= 1.080

C. Perhatikan soal berikut. Tuliskan jawabanmu pada tempat yang disediakan.

Pengamalan Pancasila Sila Keempat

  1. 1000 + 3000 × 2 =

= 1.000 + 6.000

= 7.000

  • 50 × 3 : 2 =

= 150 : 2

= 75

  • 200 − 200 : 2 =

= 200 – 100

= 100

  • 9 × 10 − 20 + 10 =

= (9 × 10) – (20 + 10)

=  90 – 30

= 60

Baca Juga : Melempar dan Menangkap Bola Kelas 6 Tema 1

Kesimpulan

Demikianlah tadi pembahasan Pengamalan Pancasila Sila Keempat Kelas 6 Tema 1 subtema 2 pembelajaran 4. Menarik Bukan. Banyak pengetahuan yang kita pelajari hari ini yaitu tentang pengamalan sila keempat pancasila dan juga sifat operasi hitung bilangan. Nah agar tidak ketinggalan materinya, nantikan di bloggers.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *