Penerapan Pancasila Sila Keempat Kelas 6 Tema 1

Daftar Isi

Bloggers.id – Penerapan Pancasila Sila Keempat Kelas 6 Tema 1 – hai sobat bloggers, kali ini kita akan membahas jawaban buku tema kelas 6 tema 1 subtema 2 pembelajaran 2. Ayam adalah unggas yang biasa dipelihara orang untuk diambil telurnya. Memelihara ayam diharapkan dapat memberikan penghasilan dan memenuhi kebutuhan pemiliknya seperti kebutuhan telur dan daging. Pernahkah kamu mengunjungi peternakan ayam?

Ayam potong dipelihara untuk dimanfaatkan dagingnya dan ayam petelur dipelihara agar telurnya dapat dimanfaatkan.

Pernahkah kamu pergi ke peternakan ayam? Iya, tentu saja

Apa yang kamu rasakan saat pergi ke sana? Senang, karna dapat melihat banyak ayam dan memberi makan ayam.

Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut.

Baca Juga : Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan Kelas 5

Kamu akan belajar penerapan sila keempat Pancasila.

Penerapan Pancasila Sila Keempat

Baca Juga  Jawaban Bacaan Pahlawan Indonesia, Materi Kelas 4

Bacalah teks berikut dalam hati.

Santi sangat sedih. Ayahnya baru saja bercerita bahwa penduduk setempat mengeluhkan keberadaan peternakan ayamnya. Mereka tidak tahan dengan bau yang berasal dari peternakan ayamnya. Santi bingung. Peternakan ayam Santi adalah peternakan keluarga. Usaha dari peternakan dapat menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Santi memiliki peternakan ayam petelur. Secara teratur ia mengirimkan telur ayamnya ke pasar untuk disimpan di salah satu toko di sana.

Santi tidak mau peternakan ayamnya digusur. Ia akan berusaha agar penduduk mau menerima keberadaan peternakannya. Apapun yang terjadi, Santi akan membela keluarganya agar peternakannya tetap beroperasi. Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut terkait penerapan sila keempat dari Pancasila. Diskusikan jawabanmu bersama teman sekelas.

1. Apa pendapatmu tentang sikap Santi?

Jawab : menurut saya sikap santi sangat baik, santi anak yang berbakti yang berusaha membela keluarganya

2. Apa pendapatmu tentang sikap penduduk?

Jawab : kurang toleransi, karena langsung ingin menggusur tanpa mencari solusi yang tepat bagi kedua belah pihak.

3. Apa yang sebaiknya Santi lakukan dalam menghadapi masalahnya?

Jawab : melakukan diskusi dan musyawarah bersama penduduk untuk mendapatkan solusi yang tepat bagi kebaikan kedua belah pihak, baik itu penduduk ataupun keluarga santi.

4. Apa yang sebaiknya penduduk lakukan terhadap keberadaan peternakan ayam?

Jawab : mengkonfirmasi permasalahan tentang peternakan ayam tsb kepada keluarga santi, kemudian melakukan musyawarah untuk mendapatkan solusi yang mengutamakan kepentingan bersama, kemudian menjalankan hasil musyawarah yang telah dilakukan.

Penerapan sila keempat dari sila Pancasila sangat penting dilakukan. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin menyaksikan beberapa permasalahan dan akan teratasi saat sila ke empat dijalankan.

Penerapan Pancasila Sila Keempat

Berikut adalah contoh pelaksanaan sila keempat :

1. tidak memaksakan keinginan,

2. bermusyawarah,

3. mengutamakan kepentingan orang banyak, dan

4. menjalankan keputusan yang telah disepakati bersama.

Carilah tiga contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila pada sila keempat.

Jawab :

  1. Menghormati dan menghargai pendapat teman atau guru yang berbeda pendapat dengan kita
  2. Ketika terjadi masalah, penyelesaiannya yakni dengan melakukan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama
  3. Menerima kritik dan saran yang ditujukan kepada kita

Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.

Jawab :

  1. menghormati dan menghargai pendapat teman atau guru yang berbeda pendapat dengan kita

jika terjadi perbedaan pendapat antara saya dan teman atau guru, maka saya akan menghormati dan menghargai pendapat teman atau guru saya, Kemudian tidak marah apa lagi memaksakan semua hal harus sesuai dengan kehendak saya.

  • menerima kritik dan saran yang ditujukan kepada kita

ketika dikritik dan diberi saran oleh orang lain, saya akan mendengarkannya dan mempertimbangkan saran tersebut sebelum memperbaiki dan mengambil langkah sesuai yang disarankan.

Baca Juga : Jawaban Bacaan Membakar Sampah Mencemari Lingkungan

Baca Juga  Bacaan Sistem Irigasi Subak, Materi Kelas 5

Penerapan Pancasila Sila Keempat

Operasi hitung

Sebagai sahabat manusia, hewan banyak memberikan inspirasi dalam karya seni, salah satunya adalah seni patung. Berikut adalah beberapa contoh patung yang idenya terinspirasi dari hewan.

Hewan banyak memberikan manfaat bagi manusia. Susu merupakan produk hewani yang dihasilkan dari sapi. Telur yang dihasilkan ayam petelur dapat kita nikmati.

Udin membantu Ibu membuka belanjaan. Di dalam tas terdapat 2 botol kecil susu masing-masing berharga Rp1,500,00. Kemudian Udin menemukan 2 kardus kecil telur masingmasing berharga Rp10.000,00.

Operasi hitung mana yang menunjukkan besarnya uang yang dibelanjakan Ibu?

1. 2 × Rp1.500,00 × 2 × Rp10.000,00
2. 2 × Rp1.500,00 + 2 × Rp10.000,00
3. ( 2 + 2 ) × ( Rp1.500,00 + Rp10.000,00 )

Tuliskan jawabanmu pada tempat di bawah ini.

Jawab :
= (2 × Rp1.500,00) + (2 × Rp10.000,00)
= Rp. 3.000,00 + Rp. 20.000,00
= Rp. 23.000,00

Diskusikan jawabanmu dengan teman di sebelahmu.

Saat kamu sedang menyelesaikan soal yang memiliki lebih dari satu operasi hitung, jawabanmu tergantung dari urutan penyelesaian jenis operasi hitungnya.

Udin menemukan soal sebagai berikut.

8 + 4 × 6 − 4 =

1. Temukan jawaban sebanyak mungkin dan jelaskan caramu menemukannya.

Jawab :
8 + 4 × 6 − 4 =
= 8 + 24 − 4
= 32 – 4 = 28

Cara saya menemukannya adalah, dengan menyelesaikan operasi hitung yang perkalian dahulu, kemudian dilanjutkan dengan operasi hitung yang penjumlahan.

2. Jawaban yang benar adalah 28. Adakah strategimu yang menghasilkan jawaban yang sama? Jelaskan.

Jawab : ada, dalam matematika apabila terdapat persamaan yang tidak memiliki tanda kurung, maka penyelesaiannya adalah dengan mendahulukan operasi hitung perkalian dan pembagian terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan.

Baca Juga : Bernapas Membutuhkan Kekuatan Otot Kelas 5 Tema 2

Diskusikan jawaban soal berikut dengan temanmu.

4 + 7 × 3

Baca Juga  Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem, Materi Kelas 5

Apa yang terjadi apabila kamu menjumlahkan terlebih dahulu?

Jawab : hasilnya 33

Apa yang terjadi apabila kamu mengalikan terlebih dahulu?

Jawab : hasilnya 25

Diskusikan jawabannya dengan temanmu.

Untuk menghindari memiliki dua jawaban, kamu harus mengerjakan perkalian sebelum penjumlahan

4+7 × 3
= 4+21
= 25

Diskusikan jawaban soal berikut dan diskusikan jawabannya dengan temanmu.

15 − 16 : 2

Apa yang terjadi apabila kamu mengurangkan terlebih dahulu?

Jawab : hasilnya – 0,5

Apa yang terjadi apabila kamu membagi terlebih dahulu?

Jawab : hasilnya 7

Tukarkan jawabanmu dengan jawaban temanmu. Beri komentar.

Lakukan pembagian terlebih dahulu, kemudian lakukan pengurangan

15−16 : 2
= 15 – 8
= 7

Penerapan Pancasila Sila Keempat

Baca Juga : Melihat Jejak Merapi di Kaliadem Kelas 5 Tema 2

Dapatkah kamu menjawab soal berikut?

Diskusikan hasilnya dengan temanmu.

17 − 9 + 5

Apa yang terjadi apabila kamu melakukan pengurangan terlebih dahulu?

Jawab : hasilnya 13

Apa yang terjadi apabila kamu melakukan penjumlahan terlebih dahulu?

Jawab : hasilnya 3

Lakukan pengurangan terlebih dahulu, kemudian lakukan penjumlahan

17 − 9 + 5
= 8 + 5
= 13

Kerjakan soal berikut dan diskusikan dengan temanmu.

8 × ( 2 + 6 )

Lakukan operasi dalam kurung terlebih dahulu, kemudian lakukan perkalian

8 × (2+6)
= 8 × 8
= 64

INGAT. Langkah operasi hitung adalah sebagai berikut.

1. Selesaikan operasi di dalam kurung
2. Selesaikan perkalian dan pembagian
3. Selesaikan penjumlahan dan pengurangan

Sekarang selesaikan soal berikut.

  1. 16 + 4 × 2 =
    = 16 + 8

    = 24
  2. 10 – 6 – 2 =
    = 4 – 2
    = 2
  3. 81 : 9 – 6 =
    = 9 – 6
    = 3
  4. ( 19 + 2) : 3 =
    = 21 : 3
    = 7
  5. 25 – 12 : 3 =
    = 25 – 4
    = 21
  6. 49 – 6 × 5 =
    = 49 – 30
    = 19
  7. 15 : (9 – 4) =
    = 15 : 5
    = 3
  8. 18 + 49 : 7 =
    = 18 + 7
    = 25

Gunakan tanda kurung untuk menyelesaikan soal berikut.

27 + 19 − 10 : 2 × 3 =
= (27 + 19) – (10 : 2 × 3)
= 46 – 15
=  31

Baca Juga : Kunci Jawaban Bacaan Hari Menanam Pohon Kelas 5

Kesimpulan

Demikianlah tadi pembahasan Penerapan Pancasila Sila Keempat Kelas 6 Tema 1 subtema 2 pembelajaran 2. Menarik Bukan. Banyak pengetahuan yang kita pelajari hari ini yaitu entang pengamalan sila keempat pancasila dan juga sifat operasi hitung bilangan. Nah agar tidak ketinggalan materinya, nantikan di bloggers.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *