Pencak Silat di Era Globalisasi Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 3 Terbaru
Pencak Silat di Era Globalisasi Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 3 Terbaru

Pencak Silat di Era Globalisasi

Bloggers.id – Materi kelas 6 tema 4 subtema 1 pembelajaran 3 – Jumpa kembali Sobat bloggers, kali inikita akan membahas materi tentang Pencak Silat di Era Globalisasi. Warisan budaya Indonesia yang dikenal dunia tidak hanya batik dan angklung. Di bidang olahraga, pencak silat, adalah salah satu ilmu bela diri khas nusantara yang juga merupakan warisan budaya yang mendunia.

Bacaan Pencak Silat di Era Globalisasi Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Halaman 22

Ayo Berlatih

Pencak Silat di Era Globalisasi

Silat merupakan tradisi yang diturunkan secara lisan, dari guru ke muridnya. Hampir tiap daerah di Nusantara memiliki tokoh pendekar silat kebanggaan. Pencak silat memiliki gerakan unik yang mengalir dengan koreografi layaknya tarian. Dalam tiap gerakan juga terkandung filosofi. Hal ini membuat pencak  silat menjadi salah satu ilmu bela diri yang menarik minat dunia. Negara anggota Persilat (Persekutuan Pencak Silat Antar-Bangsa) saat ini telah mencapai 47 negara.

Di belahan dunia yang berbeda, berkembang juga berbagai jenis olahraga bela diri. Karate dari Jepang, Taekwondo dari Korea, Capoeira dari Brasil, serta Muay Thai dari Thailand merupakan beberapa contoh olahraga bela diri yang juga dikenal dan dipelajari di Indonesia. Globalisasi memberikan kemungkinan mudahnya pertukaran ilmu, termasuk ilmu bela diri.

Sebagai generasi penerus, kamu mempunyai tanggung jawab untuk melestarikan pencak silat. Salah satu caranya adalah dengan mempelajarinya.

Kamu akan melanjutkan mempelajari olahraga bela diri pencak silat. Kamu akan mempelajari teknik dasar dalam gerakan pencak silat. Teknik dasar tersebut meliputi: kuda-kuda dengan pola langkah, pukulan, dan tangkisan.

Baca Juga  Download Logo Tahun Baru 2022 PNG Keren Disini!

Mari kita pelajari terlebih dahulu tentang kuda-kuda.

Kuda-kuda

Kuda-kuda adalah teknik yang memperlihatkan sikap dari kedua kaki dalam keadaan statis. Teknik ini digunakan untuk mendukung sikap pasang Pencak Silat. Kuda-kuda juga dipergunakan sebagai latihan dasar Pencak Silat untuk memperkuat otot-otot kaki. Adapun kuda-kuda dapat dipahami sebagai berikut.

1. Kuda-kuda Tengah

kuda-kuda tengah Pencak Silat di Era Globalisasi

Kuda-kuda tengah: kedua kaki melebar sejajar  dengan bahu dan berat badan ditopang secara merata oleh kedua kaki, dapat juga dilakukan dengan posisi serong. Posisi kedua telapak kaki serong membentuk sudut sekitar 30 derajat.

2. Kuda-kuda depan

kuda-kuda depan Pencak Silat di Era Globalisasi

Kuda-kuda depan: salah satu kaki berada di depan sedangkan kaki lainnya berada di belakang dan berat badan ditopang oleh kaki depan. Posisi kedua telapak kaki membentuk sudut sekitar 90 derajat.

3. Kuda-kuda samping

Pencak Silat di Era Globalisasi

Kuda-kuda samping: posisi kedua kaki melebar sejajar dengan tubuh dan berat badan ditopang oleh salah satu kaki yang menekuk. Posisi kedua telapak kaki sejajar membentuk sudut sekitar 60 derajat.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bacaan Sahabat Tak Terpisahkan

Tentunya kamu telah mempelajari pola langkah dalam silat di kelas sebelumnya, yaitu pola langkah: ke depan, ke belakang, dan ke samping.

langkah kaki dalam pencak silay

Kamu dapat bertanya langsung kepada guru tentang hal yang ingin diketahui lebih lanjut tentang teknik dasar kuda-kuda dan pola langkah.

Sekarang kamu akan berlatih sikap pasang kuda-kuda yang dikombinasikan dengan variasi pola langkah. Sebelumnya, perhatikan peragaan yang dilakukan oleh guru dengan teliti.

Pencak Silat

Kesimpulan

Demikian pembahasan materi kita tentang bacaan Pencak Silat di Era Globalisasi yang dapat kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 3. Bagaimana sobat bloggers, banyak informasi baru yang kamu pelajari dan pahami kali ini bukan? Supaya Sobat dapat lebih memahami materi ini, Kalian dapat bertanya dan berdiskusi dengan orang tua tercinta Kalian di rumah ya. Dan jangan lupa, tuliskan hasilnya pada buku tulis kalian ya! Terima kasih, semoga bermanfaat. [ Bloggers.id ]

Baca Juga  Twibbon Tahun Baru Imlek (2573) 1 Februari Tahun 2022

Baca Juga: Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published.