Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 terbaru
Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 terbaru

Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia

Bloggers.id – Materi kelas 6 tema 4 subtema 1 pembelajaran 1 – Jumpa kembali Sobat bloggers, kali inikita akan membahas materi tentang bacaan Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia juga bacaan Menghasilkan Energi Listrik. Materi tersebut akan kita bahas dan jawab secara lengkap kali ini ya. Apakah Sobat bloggers sudah siap belajar? Mari kita simak materinya bersama-sama.

Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Halaman 1

Ayo Mengamati

Amati berbagai produk yang ada di sekitarmu. Produk tersebut bisa berupa pakaian, tas, atau sepatu yang kamu, temanmu, dan gurumu kenakan. Bisa juga makanan dan minuman, atau produk lain yang ada di sekitar kelas dan sekolah. Bisakah kamu menerka negara mana yang memproduksinya?

No.Nama ProdukAsal Negara
 1.Jam tanganSwiss
 2.KarpetTurki
 3.BonekaTiongkok
 4.MobilJepang
 5.BatikIndonesia
 6.SusuSelandia Baru

Lengkapi tabel di atas berdasarkan peta dunia berikut.

produk dan asal negaranya

Baca Juga: Sejarah Penemuan Bola Voli Kelas 6 Tema 3

Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia

Globalisasi memungkinkan beragam produk dari negara lain dapat kita temui. Kita bisa menemui berbagai makanan dari negara lain seperti pizza, jam tangan atau boneka dari negara lain. Produk Indonesia juga bisa ditemui di luar negeri, misalkan batik. Perkembangan komunikasi dan transportasi menjadikan barang-barang tersebut mudah ditemui di negara lain.

Baca Juga  15 Ucapan Tahun Baru Islam yang Bermakna dan Inspiratif

Pada era globalisasi ini Indonesia juga melakukan kerja sama dengan negara lain, termasuk dengan negara-negara ASEAN.

Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia

Jawaban Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Halaman 45

Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia

Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia

Menjelang akhir pertemuan ke-44 Menteri Luar Negeri ASEAN, tepatnya pada tanggal 22 Juli 2011 malam di Hotel Nusa Indah Bali, diselenggarakan acara makan malam. Acara tersebut dihadiri lebih dari 50 menteri luar negeri.
Tampak menteri luar negeri Amerika Hillary Clinton dan menteri luar negeri dari negara-negara ASEAN, China, Rusia, Uni Eropa, peninjau, dan tamu dari berbagai negara lain.


Tentu saja berbagai makanan tradisional dihidangkan, dan berbagai kesenian daerah ditampilkan, seperti tari-tarian tradisional Jakarta, Bali, dan Aceh. Sebagai acara puncak adalah penampilan angklung interaktif oleh Saung Mang
Udjo. Semua hadirin dibagikan angklung berbagai tangga nada, kemudian memainkannya bersama-sama dengan dipimpin oleh Daeng Udjo.


Tampak semua undangan berbahagia. Mereka dihadiahi angklung yang baru saja mereka mainkan sebagai tanda-mata dari Indonesia. “It’s for you, a souvenir from Indonesia”, kata Daeng Udjo sang komandan.

Malam yang berkesan itu sangat membantu dalam menciptakan iklim yang kondusif. Malam tersebut membuat pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dan berbagai pertemuan bilateral lainnya berlangsung sukses. Foto Ibu
Hillary Clinton-pun menghiasi berbagai surat kabar di dunia. Berkat angklung, Bu Hillary Clinton-pun menjadi duta Indonesia.

Cermati pertanyaan berikut berdasarkan artikel berita tersebut.

1. Bagaimana bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara di masa globalisasi ini? Jawaban: Bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara diantaranya melalui pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN.
2. Bagaimana peran Indonesia dalam kerja sama tersebut? Jawaban: Peran Indonesia dalam kerja sama tersebut salah satunya adalah menjadi tuan rumah pertemuan Menteri Luar Negeri. Sebagai tuan rumah, berbagai makanan tradisional pun dihidangkan, dan berbagai kesenian daerah juga ditampilkan.
3. Bagaimana peran angklung dalam acara tersebut? Jawaban: Peran angklung dalam acara tersebut yaitu membantu menciptakan iklim yang kondusif. Membuat pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dan berbagai pertemuan bilateral lainnya berjalan sukses.

Baca Juga: Dampak Penemuan Bagi Masyarakat Kelas 6 Tema 3

Baca Juga  Bacaan Perkumpulan Petani Pemakai Air

Kerja sama Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara dibidang sosial budaya di masa globalisasi, contohnya sebagai berikut.

Mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada negara-negara yang dilanda bencana alam atau konflikContohnya, Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban topan haiyan di Filipina, bantuan untuk para pengungsi di Rakhine State di Myanmar, dan lain-lain.

BUDAYA

Berperan aktif dalam kegiatan kebudayaan ASEAN.Contohnya, mengirim tim kesenian untuk mengikuti festival budaya bersama negara-negara lain, bekerja sama dengan negara lain menggelar pertunjukan kesenian dan budaya, mengundang seniman dari negara lain untuk mengadakan pentas seni di Indonesia, dan lain-lain.

Baca Juga: Bacaan Rambu Lalu Lintas Kelas 6 Tema 3

Jawaban Menghasilkan Energi Listrik Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Halaman 7

Kita sering mendengar bahwa abad 20 merupakan abad globalisasi. Berbagai peristiwa dari berbagai belahan dunia
dapat kita saksikan langsung melalui layar televisi pada jam, menit, atau bahkan detik yang sama. Kita dapat
berhubungan dengan sanak saudara, kerabat, atau sahabat yang berada di negara lain dengan mudah. Kita seakan
hidup dalam satu desa yang sangat besar.

Ayo Membaca

Menghasilkan Energi Listrik

Pembangkit Listrik Tenaga Air

Pembangkit Listrik Tenaga Air


Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Dengan ditemukannya televisi, komputer, dan telepon genggam, arus informasi kemudian menyebar dengan begitu cepat ke berbagai negara di berbagai belahan dunia. Kebutuhan akan listrik kemudian menjadi suatu hal yang harus
dipenuhi bagi semua negara di era globalisasi saat ini.


Listrik dihasilkan di pusat pembangkit menggunakan beragam sumber energi. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dari waduk/sungai (1) masuk melalui pintu (2) yang diatur oleh katup pengaman (3). Air kemudian masuk
ke tangki pengaman tekanan (4). Air di dalam pipa pesat (5) mengalirkan dan mengarahkan air ke turbin (7) melalui katup pengatur tekanan (6) untuk mendapatkan tekanan energi yang besar. Energi potensial air kemudian menggerakan turbin. Energi gerak tersebut kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator (8). Energi listrik dari generator kemudian diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformer (9). Energi listrik kemudian dibagikan ke konsumen oleh saluran transmisi (10).

Baca Juga  Cara Kompress PDF dibawah 500kb, Work!


Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator. Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi penggerak
turbin, selain dari aliran air, juga bisa didapat dari angin (PLTA), panas bumi (PLTU), dan sumber energi lainnya. Adakah sumber energi di daerahmu yang bisa digunakan sebagai pembangkit energi listrik?

Baca Juga:

Halaman 7 Buku Siswa Kelas VI Tema 4 Subtema 1

Membaca teks berjudul “Menghasilkan Energi Listrik”, kemudian menuliskan informasi penting dalam setiap paragraf. Contoh jawaban sebagai berikut.

Paragraf 1 Topik Masalah: Listrik memiliki peran penting di era globalisasi.
Paragraf 2 Deret Penjelas: Pada PLTA, air dari waduk/sungai masuk melalui pintu yang diatur oleh katup pengaman. Air kemudian masuk ke tangki pengaman tekanan. Air di dalam pipa pesat mengalirkan dan mengarahkan ke turbin melalui katup pengatur tekanan. Energi potensial air kemudian menggerakkan turbin. Energi gerak diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi listrik kemudian diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformer. Energi listrik kemudian dibagikan ke konsumen.
Paragraf 3 Kesimpulan: Komponen utama pada semua pembangkit energi litstrik adalah turbin dan generator.

Halaman 8 Buku Siswa Kelas VI Tema 4 Subtema 1

Amati gambar pembangkit tenaga listrik mikrohidro berikut.

pembangkit tenaga listrik mikrohidro

Menuliskan proses dihasilkannya energi listrik oleh pembangkit listrik mikrohidro:

Air dialirkan melalui sebuah pipa pesat ke dalam rumah pembangkit yang umumnya dibangun di bagian tepi sungai untuk menggerakkan turbin atau kincir air mikrohidro. Energi mekanik yang berasal dari putaran poros turbin akan diubah menjadi energi listrik oleh sebuah generator.

Kesimpulan

Demikian pembahasan materi kita tentang jawaban bacaan Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia juga bacaan Menghasilkan Energi Listrik yang dapat kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1. Bagaimana sobat bloggers, banyak informasi baru yang kamu pelajari dan pahami kali ini bukan? Supaya Sobat dapat lebih memahami materi ini, Kalian dapat bertanya dan berdiskusi dengan orang tua tercinta Kalian di rumah ya. Dan jangan lupa, tuliskan hasilnya pada buku tulis kalian ya! Terima kasih, semoga bermanfaat. [ Bloggers.id ]

Baca Juga: Jawaban Rangkaian Seri Dan Paralel Kelas 6

Leave a Reply

Your email address will not be published.