KKM Kurtilas Kelas 5 Terbaru Download Gratis

KKM Kurtilas Kelas 5 Terbaru Download Gratis

KKM Kurtilas Kelas 5 Terbaru Download Gratis – Hai sobat guru, penilaian pembelajaran merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam proses belajar mengajar, dengan penilaian sobat guru bisa mengetahui sejauh mana siswa menyerap pembelajaran yang sudah sobat guru laksanakan. Kali ini bloggers akan membahas mengenai KKM Kurtilas Kelas 5. Yuk kita ingat lagi apa itu KKM

Pengertian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Salah satu prinsip penilaian adalah menggunakan acuan kriteria, yakni menggunakan kriteria tertentu dalam menentukan kelulusan peserta didik. Kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan dinamakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM ini ditentukan di awal tahun pelajaran sehingga sobat guru bisa menentukan ambang batas nilai yang harus dipenuhi oleh siswa. Penentuan KKM ini ditentukan oleh satuan pendidikan melalui proses Musyawarah antara guru dan kepala sekolah atau melalui forum KKG atau MGMP antar satuan pendidikan di suatu wilayah yang memiliki karakteristik siswa yang sama. KKM ini harus disosialisasikan di tingkat satuan pendidikan dan orang tua. Kriteria ketuntasan menunjukkan persentase tingkat pencapaian kompetensi sehingga dinyatakan dengan angka maksimal 100 (seratus). KKM ini harus dicantumkan pada Laporan Hasil Belajar Siswa sehingga orang tua dapat menyikapi hasil belajar siswa.

Baca Juga : Tren SEO Digital Marketing Populer untuk sukses 2021

Fungsi KKM

Fungsi kriteria ketuntasan minimal pada satuan pendidikan antara lain:

  1. KKM berfungsi sebagai acuan bagi sobat guru untuk menilai kemampuan siswa sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Sobat guru dapat mengetahui ketercapaian kemampuan siswa berdasarkan KKM yang ditetapkan. Sobat guru dapat memberikan feedback yang tepat terhadap ketercapaian kompetensi dasar dari siswa dalam bentuk remidial maupun pengayaan.
  2. Sobat guru juga bisa menjadikan KKM sebagai acuan bagi siswa dalam mempersiapkan diri mengikuti evaluasi pembelajaran. Siswa diharapkan dapat mempersiapkan diri dalam mengikuti evaluasi sehingga dapat  mencapai nilai melebihi KKM yang sudah ditentukan.  Apabila nilai siswa belum mencukupi/ melebihi KKM siswa dapat mengetahui kompetensi mana yang perlu diperbaiki melalui mekanisme remidial.
  3. KKM bisa sobat guru gunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di satuan pendidikan. Evaluasi keterlaksanaan dan tolak ukur keberhasilan hasil program kurikulum dapat dilihat dari pencapaian KKM. Selanjutnya hasil pencapaian tersebut perlu sobat guru analisis agar sobat guru memperoleh informasi lengkap pemetaan KD pada tiap Muatan Pelajaran. Sobat guru bisa juga menentukan cara perbaikan dalam proses pembelajaran maupun pemenuhan sarana prasarana belajar di satuan pendidikan di pembelajaran berikutnya
  4. KKM merupakan kontrak pedagogik antara sobat guru dengan siswa serta kontrak antara satuan pendidikan dengan masyarakat. Keberhasilan pencapaian KKM merupakan usaha yang harus dilaksanakan bersama antara guru, peserta didik, pimpinan satuan pendidikan, dan orang tua. Guru melakukan usaha pencapaian KKM dengan memaksimalkan proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Peserta didik melakukan usaha pencapaian KKM dengan mengikuti kegiatan pembelajaran serta mengerjakan tugas-tugas yang telah didesain oleh guru secara maksimal. Orang tua dapat membantu dengan memberikan motivasi dan dukungan bagi putra-putrinya dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan pimpinan satuan pendidikan memberikan pemenuhan kebutuhan untuk mendukung terlaksananya proses pembelajaran dan penilaian di sekolah secara maksimal.
  5. KKM adalah target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran. Satuan pendidikan harus berupaya semaksimal mungkin untuk melampaui KKM yang ditetapkan. Keberhasilan pencapaian KKM merupakan salah satu tolak ukur kinerja dan kualitas mutu pendidikan di satuan pendidikan dalam menyelenggarakan program pendidikan.
Baca Juga  Melihat Benda Cair Lebih Dekat Kelas 3 Tema 3

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Digital Marketing?

Langkah dalam menentukan KKM

Sobat guru perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menentukan KKM di satuan pendidikan. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah kompleksitas, daya dukung dan tingkat kemampuan rata rata siswa (Intake)

Kompleksitas (Karakteristik Mata Pelajaran atau kompetensi)

Karakteristik Mata Pelajaran (kompleksitas) adalah tingkat kesulitan dari masing-masing mata pelajaran, mencakup kedalaman materi, keluasan materi serta jumlah KD. Kompleksitas ini dapat dimusyawarahkan di forum guru.

Daya Dukung (Karakteristik Satuan Pendidikan)

Kondisi/ Karakteristik Satuan Pendidikan meliputi kompetensi pendidik (misalnya nilai Uji Kompetensi Guru, Tingkat Pendidikan Guru dan Seminar/diklat atau pengembangan diri yang sudah diikuti oleh guru, jumlah peserta didik dalam satu kelas, predikat akreditasi sekolah, serta kelengkapan dan kelayakan sarana prasarana satuan pendidikan.

Intake (Karakteristik Peserta didik)

Karakteristik peserta didik dapat diketahui dari lingkungan peserta didik serta kemampuan akademis yang bisa dilihat dari nilai-nilai peserta didik dari tingkat sebelumnya.

Baca Juga : Kaos Ngapak khas purbalingga? Ya di Ngapak Dablongan

Prosedur penentuan KKM

Setelah mengetahui hal hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan KKM selanjutnya prosedur penentuan KKM mata pelajaran pada satuan pendidikan dapat dilakukan dengan

  1. Menghitung jumlah KD setiap mata pelajaran pada masing-masing tingkat kelas dalam satu tahun pelajaran.
  2. Menentukan nilai aspek karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi atau kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung) dengan memperhatikan komponen-komponen yang disebutkan diatas.

Download KKM Kurtilas Kelas 5

Agar mempermudah sobat guru bloggers dalam membuat dan menentukan KKM pada satuan pendidikan, bloggers memeberikan contoh KKM Kurtilas Kelas 5 yang ada pada tautan berikut ini

Download KKM Kurtilas Kelas 5 semester 1 terbaru (LINK)

Baca Juga  Bacaan Kelasku Bersih Aku Bangga Kelas 2

Download KKM Kurtilas Kelas 5 semester 2 terbaru (LINK)

bloggers juga menyediakan contoh KKM kelas lainnya melalui tautan berikut ini

  • Download KKM Kurtilas Kelas 1 terbaru (LINK)
  • Download KKM Kurtilas Kelas 2 terbaru (LINK)
  • Download KKM Kurtilas Kelas 3 terbaru (LINK)
  • Download KKM Kurtilas Kelas 4 terbaru (LINK)
  • Download KKM Kurtilas Kelas 6 terbaru (LINK)
  • Download KKM Kurtilas PAI terbaru (LINK)
  • Download KKM Kurtilas PJOK terbaru (LINK)

Baca Juga : Jenis Digital Marketing yang dapat diterapkan pada Bisnis

Cara mendownload dari bloggers.id

Sobat guru bloggers tinggal klik pada link yang tersedia di artikel atau pada link Download KKM Kurtilas yang sobat bloggers butuhkan

Setelah klik pada link tersebut sobat online akan diarahkan menuju halaman google drive, sobat guru bloggers tinggal mendownload file tersebut ke perangkat.

Demikian artikel Download KKM Kurtilas Terbaru yang dapat bloggers berikan. Semoga artikel ini bermanfaat rekan guru sekalian

Baca Juga : Tips Sukses Facebook Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *