Bacaan Kakek Penyelamat Lingkungan Tanpa Pamrih

Bacaan Kakek Penyelamat Lingkungan Tanpa Pamrih

Bacaan Kakek Penyelamat Lingkungan Tanpa Pamrih – Halo sobat bloggers, kali ini kita akan membahas mengenai Bacaan Kakek Penyelamat Lingkungan Tanpa Pamrih. Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6 . Banyak sikap kepahlawanan yang ditunjukkan oleh orang-orang di sekitar kita. Siapa saja mereka? Ayo, kita cari tahu!

Bacaan Kakek Penyelamat Lingkungan Halaman 131

Baca teks berikut dalam hati!

Setiap orang bisa menjadi pahlawan, asalkan dia melakukan hal-hal yang berguna untuk lingkungannya. Apakah sikap yang dimiliki sosok di bawah ini mencerminkan sikap kepahlawanan?

Kakek Penyelamat Lingkungan Tanpa Pamrih

Berbuat baik tidak harus menunggu kaya. Itulah falsafah hidup seorang pria 65 tahun yang tinggal di Sumedang, Jawa Barat. Dengan ketekunan dan kesederhanaan, sang kakek mampu mengubah lahan yang tandus di kaki Gunung Tampomas menjadi lahan hijau.

Kaki Gunung Tampomas dulunya hanyalah padang tandus yang rusak karena penambangan pasir. Setelah pasir habis ditambang, tempat tersebut ditinggal begitu saja kering dan gersang. Tidak ada yang bertanggung jawab. Tidak ada yang dikenai sanksi karena kerusakan ekosistem ini.

Baca Juga  Matematika: Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat

Duha Juhaeri menjadi penyelamat lahan yang rusak. Selama 26 tahun tanpa dibayar, tanpa pamrih, terus berupaya supaya lahan kering menjadi hijau. Usaha kakek ini tidak sia-sia. Kini puluhan petani dan peternak menggantungkan hidup dari jerih payah Juhaeri.

Karena itu ketekunannya pula, sang kakek rajin ini berhasil menjadi peternak. Namun, Juhaeri bukanlah tipe orang egois. Ketika berhasil, dia membagi kebahagiaan itu kepada penduduk sekitar untuk diajak menjadi peternak.

Kini Kakek Juhaeri menuai kebahagiaan dari benih kebaikan yang ditabur. Hanya dengan upaya sederhana, Juhaeri ternyata mampu mengubah dari tiada menjadi ada. Dari kerusakan menjadi keteduhan. Untuk berbuat baik, perlu usaha yang tiada henti.(JUM) Sumber: Liputan6. com

Tulislah pertanyaan sebanyak mungkin tentang Kakek Duha Juhaeri.

Jawaban:

  1. Siapakah kakek Duha Juhaeri ?
  2. Apa saja sikap kepahlawanan yang dilakukan oleh kakek Duha Juhaeri ?
  3. Mengapa kakek Duha Juhaeri sangat peduli terhadap lingkungan sekitarnya ?
  4. Apa saja sikap mulia yang bisa kita teladani dari kakek Duha Juhaeri ?

Tukarkan pertanyaanmu dengan teman dan minta teman tersebut menjawab pertanyaan yang kamu tulis.

Jawaban:

  • Apa saja sikap mulia yang bisa kita teladani dari kakek Duha Juhaeri ?

Jawaban: peduli terhadap lingkungan, peduli terhadap sesama, tidak egois. Dll.

Cari informasi penting dari teks di atas dan tuliskan pada kolom berikut.

Jawaban: Duha Juhaeri menjadi penyelamat lahan yang rusak. Selama 26 tahun tanpa dibayar, tanpa pamrih, terus berupaya supaya lahan kering menjadi hijau. Usaha kakek ini tidak sia-sia. Kini puluhan petani dan peternak menggantungkan hidup dari jerih payah Juhaeri.

Karena ketekunannya pula, sang kakek rajin ini berhasil menjadi peternak. Namun, Juhaeri bukanlah tipe orang egois. Ketika berhasil, dia membagi kebahagiaan itu kepada penduduk sekitar untuk diajak menjadi peternak.

Baca Juga  Bacaan Makanan Olahan Singkong Kelas 4 Tema 2

Presentasikan hasil temuanmu dalam kelompok.

Kakek Duha Juhaeri mempunyai tanggung jawab sosial yang sangat tinggi. Tindakan yang dilakukan oleh Kakek Juhaeri adalah sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Jelaskan maksud dari pernyataan di atas sehubungan dengan sila kelima Pancasila.

Jawaban:

  1. Peduli terhadap sesama manusia
  2. Berusaha membantu orang lain sesuai dengan kemampuan kita
  3. Menjunjung tinggi nilai kebersamaan, kekeluargaan dll.

Kamu juga dapat menerapkan sikap yang menunjukkan tanggung jawab sosial dalam kehidupan sehari-hari, khususnya terhadap lingkungan. Berikan contoh!

Jawaban:

  1. Melakukan penghijauan di lingkungan sekitar
  2. Menjaga dan melestarikan lingkungan
  3. Menjaga kebersihan lingkungan

Apa yang akan terjadi jika kita tidak mempunyai tanggung jawab sosial dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban: jika tidak mempunyai tanggung jawab sosial maka akan terjadi kesenjangan sosial dan sikap acuh tak acuh sesama manusia

Bacaan Kakek Penyelamat Lingkungan Halaman 134

Membantu orang-orang di sekitar kita yang mengalami kecelakaan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial yang sesuai dengan sila kelima Pancasila.

Kamu telah belajar cara-cara menangani cedera akibat luka, luka memar, dan luka melepuh. Sekarang, kamu akan mencoba melakukan simulasi secara berkelompok tentang cara-cara memberi pertolongan kepada orang-orang yang mengalami cedera tersebut.

Kamu akan dibagi ke dalam beberapa kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa. Setiap kelompok mendiskusikan dan menuliskan skenario untuk simulasi. Setiap kelompok menampilkan simulasi secara bergiliran!

Kesimpulan

Demilkianlah pembahasan mengenai Bacaan Kakek Penyelamat Lingkungan Tanpa Pamrih. Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6. Dirumah, Jelaskan dan peragakan kepada orang tuamu cara mengatasi luka, memar dan melepuh. Minta mereka menulis komentar tentang penjelasan dan peragaanmu!

Baca Juga  Menyanyikan lagu Membuang Sampah Kelas 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *