Perpindahan panas secara konveksi jawaban kelas 5

Perpindahan panas secara konveksi jawaban kelas 5

Daftar Isi

Perpindahan panas secara konveksi jawaban kelas 5 – halo sobat sdonline.id, berjumpa lagi pada pembelajaran 2 subtema 2 tema 6 kelas 5. Hari ini kita akan belajar bersama-sama mengenai banyak hal. Salah satunya mengenai jawaban perpindahan panas secara konveksi, pola lantai gerakan tari. Agar kalian lebih memahami, mari kita simak bersama-sama pembelajaran di bawah ini.

Perpindahan panas secara konveksi jawaban kelas 5 hal 79

Brrrr! Udara di luar dingin sekali sore ini! Angin bertiup cukup kencang, sehingga Siti segera menutup pintu rumahnya. Siti kembali ke dapur untuk menemani ibunya memasak. Siti melihat ibunya menjerang air untuk membuat teh.

Siti  :  “Ibu, mengapa air di dalam panci itu bisa mendidih jika terus dijerang di atas api kompor itu?  Padahal air itu tidak terkena api kompor langsung.”

Ibu  :  “Pertanyaan bagus, Siti.  Kemarin kamu bercerita tentang perpindahan panas yang membuat panci logam ini menjadi panas jika diletakkan di atas api.  Kali ini kamu penasaran dengan bagaimana air itu bisa mendidih.”

Siti  : “Iya, Bu. Kemarin aku membuat percobaan tentang konduksi, cara mengalirkan panas yang tidak menyebabkan perpindahan zat perantaranya. Misalnya, sendok logam yang terasa panas jika dimasukkan ke dalam air yang panas. “

Ibu  :  “Baiklah, Ibu mengerti, kamu pasti masih sangat penasaran.  Bagaimana kalau kita diskusikan dengan Ayah? Sekalian kamu bawakan teh hangat yang kamu buat itu untuk beliau.”

Siti  :  “Ide yang bagus, Bu!”

Ayo membaca halaman 80

Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama!

Baca Juga  Jawaban Pengayaan IPA Kelas 10 Halaman 74

Perpindahan Panas atau Kalor secara Konveksi

Perpindahan kalor secara konveksi ialah

perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan zat perantaranya. Umumnya peristiwa perpindahan kalor secara konveksi terjadi pada zat cair dan gas. Zat yang menerima kalor akan memuai dan menjadi lebih ringan sehingga akan bergerak ke atas. Saat zat yang lebih ringan tersebut pindah ke atas, molekul zat yang ada di atasnya akan menggantikannya.

Perpindahan secara konveksi dapat diumpamakan dengan kegiatan memindahkan setumpuk buku dari satu tempat ke tempat lain. Ketika kamu memindahkan buku tersebut ke tempat lain, tentu kamu akan ikut bersama dengan buku-buku tersebut. Jika buku-buku itu diumpamakan sebagai energi panas dan kamu adalah medianya, maka perpindahan kalor dengan cara konveksi akan menyertakan perantaranya.

Peristiwa konveksi terjadi pada saat merebus air.

Air yang letaknya dekat dengan api akan mendapat panas sehingga air menjadi lebih ringan. Air akan bergerak ke atas dan digantikan oleh air yang ada di atasnya. Demikian seterusnya.

Perpindahan kalor secara konveksi juga mengakibatkan terjadinya angin darat dan angin laut.

Angin darat terjadi karena

udara di darat pada malam hari lebih cepat dingin daripada udara di laut, sehingga udara yang berada di atas laut akan naik dan udara dari darat akan menggantikan posisi udara yang naik tadi.

Angin laut terjadi karena

pada siang hari daratan lebih cepat panas dibandingkan di laut, sehingga udara di darat akan naik dan udara dari laut akan mengalir ke darat menggantikan tempat udara yang naik tadi. Keadaan ini digunakan para nelayan untuk pergi melaut pada malam hari dan kembali ke darat pada pagi atau siang hari. Sedangkan contoh peristiwa konveksi yang lain adalah penggunaan cerobong asap pada pabrik. Apakah di rumahmu dipasang jendela ventilasi? Pemanfaatan ventilasi sebagai sirkulasi udara di dalam rumah juga memanfaatkan perpindahan panas secara konveksi.

Perpindahan panas secara konveksi jawaban kelas 5 hal 81

Ayo menulis halaman 81

Buatlah daftar hal-hal penting yang kamu temui pada setiap paragraf di dalam bacaan.

Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya. Gunakanlah kalimat lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.

ParagrafHal-Hal Penting dari Bacaan
PertamaKonveksi perpindahan kalor beserta zat perantaranya. Zat cair dan gas.
KeduaPerpindahan panas beserta medianya, diibaratkan memindahkan buku, anak sebagai media dan buku sebagai energi panas.
KetigaAir mendapat panas memuai dan lebih ringan, sehingga naik keatas, yang diatas turun kebawah karena lebih berat.
KeempatContoh peristiwa konveksi pada angin darat dan angin laut.

Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah diagram yang menjelaskan pemahamanmu tentang konsep perpindahan panas secara konveksi sesuai pemahamanmu.

Beberapa kata bantu telah dituliskan untuk mempermudah kamu menuliskan kata-kata atau kalimat penting yang mewakili setiap paragraf. Lakukanlah kegiatan ini bersama dengan teman sebangkumu.

Jawab :

1. Konveksi
2. Konveksi adalah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan zat perantaranya.
3. Dapat diumpamakan sebagai kegiatan saat siswa memindahkan buku dari satu tempat ke tempat lainnya (buku sebagai kalor, siswa sebagai zat perantara)
4. Pada peristiwa merebus air, air yang terkena kalor lebih dahulu memuai sehingga menjadi lebih ringan dan berpindah ke atas. Kemudian air di atas yang lebih sedikit memiliki kalor sehingga lebih berat berpindah ke bawah.
5. mengakibatkan perpindahan zat perantaranya.
6. mengakibatkan peristiwa angin darat dan angin laut
7. contoh lain masukkan udara ke dalam rumah melalui ventilasi.

Tuliskanlah pemahamanmu tentang konsep perpindahan panas secara konveksi dalam tulisan satu paragraf berikut.

Jawab :

Perpindahan panas secara konveksi adalah perpindahan panas disertai perpindahan medianya. Jika sebelumnya perpindahan panas secara konduksi panasnya berpindah namun medianya tidak ikut berpindah atau diam. Contohnya angin laut terjadi siang hari, didarat udara lebih cepat panas sehingga gas memuai dan lebih ringan kemudian naik keatas, sedangkan di laut lebih dingin sehingga udara lebih berat kemudian bergerak menuju ke darat. Maka udara bergerak dari laut ke darat.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Ayo Menari Kelas 2 Tema 2

Perpindahan panas secara konveksi jawaban kelas 5 hal 82

Ayo mencoba halaman 82

Peristiwa perpindahan panas secara konveksi sering terjadi di sekitar kita. Namun, terkadang kita tidak menyadarinya. Mari lakukan kegiatan berikut untuk membuktikan peristiwa yang menunjukkan terjadinya perpindahan panas secara konveksi. Lakukanlah kegiatan ini di dalam kelompok. Pastikan setiap anggota sudah mengetahui tugas dan tanggung jawabnya masingmasing.

Menyelidiki Perpindahan Panas secara Konveksi

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan:

1. Segelas air panas
2. Es batu
3. Air matang suhu ruang (untuk membuat es batu)
4. 1 buah kantung plastik ukuran kecil
5. 1 buah karet gelang
6. Pewarna makanan

Percobaan ini memerlukan beberapa es batu berwarna. Oleh karena itu, buatlah es batu berwarna terlebih dahulu. Kamu dapat membuatnya sehari sebelum kegiatan percobaan ini. Ikutilah langkah berikut ini.

Membuat es batu berwarna

1. Campurkan setetes pewarna makanan ke dalam air matang suhu ruang.
2. Masukkan air yang telah diwarnai ke dalam kantong plastik.
3. Ikat kantong plastik tersebut dengan karet gelang.
4. Masukkan kantong plastik berisi air ke dalam lemari es sampai membeku. Es batu berwarna ini dapat diganti dengan es lilin warna-warni yang mungkin mudah didapatkan.

Langkah Kegiatan Percobaan:

1. Siapkan satu buah gelas ukuran sedang.  Isi dengan air panas.  Usahakan gelas cukup besar sehingga dapat memuat es batu yang telah dibuat sebelumnya.
2. Masukkan es batu berwarna ke dalam gelas air panas.
3. Amati es batu yang ada di dalam gelas berisi air panas tersebut!
4. Catat apa yang terjadi dengan es batu berwarna tersebut!

Setelah melakukan percobaan tersebut, jawablah pertanyaan panduan berikut ini!

1. Bagaimana bentuk es batu setelah dimasukkan ke dalam air panas? Apakah es batu mencair? Mengapa demikian?

Jawab : Setelah es batu dimasukkan kedalam air panas, es batu mencair. Es batu mencair karena mendapatkan energi panas sehingga suhu es naik dan mencair.

2. Es batu mencair karena mendapatkan panas. Berasal dari manakah panas tersebut?

Jawab : Energi panas yang didapatkan es berasal dari air panas didalam gelas.

3. Apakah zat perantara pada percobaan ini?

Jawab : Air didalam gelas

4. Termasuk peristiwa apakah perpindahan panas pada percobaan ini? Mengapa demikian?

Jawab : Perpindahan panas secara konveksi, karena air ikut berpindah tempat jika kita amati secara seksama.

5. Sebutkan 3 contoh peristiwa perpindahan panas secara konveksi yang terjadi di sekitar kita!

Jawab : Memasak atau menjerang air, peristiwa angin darat dan angin laut, peristiwa masuknya udara melalui ventilasi rumah.

Kesimpulan

Peristiwa penghantaran panas dimana zat perantaranya ikut berpindah disebut perpindahan panas secara konveksi.

Perpindahan panas secara konveksi jawaban kelas 5 hal 86

Ayo membaca halaman 86

Sebagaimana kamu tahu, negeri kita memiliki berbagai bentuk seni daerah yang diturunkan dari sejak dahulu kala. Salah satu bentuk seni itu adalah seni tari. Dalam setiap seni tari, melibatkan penari dan pemain musik. Para penari menyampaikan pesan melalui gerakan-gerakan yang ditunjukkan kepada penontonnya. Pada saat menari, para penari akan membentuk sebuah formasi menari tertentu. Apa itu formasi menari?

Pola Lantai dalam Seni Tari

Pernahkah kamu memperhatikan sebuah pertunjukan tari? Atau mungkin kamu pernah ikut latihan menari di sanggar atau di sekolah? Pada beberapa tarian, terutama tari kelompok, para penari membentuk posisi tertentu dalam tarian. Ada sebuah tari yang jika diamati, posisi penari membuat bentuk atau formasi tertentu.  Bentuk atau formasi tertentu yang dibuat penari dalam sebuah tari dinamakan pola lantai. 

Baca Juga  Materi Persiapan Menari Kelas 5 Tema 2 Subtema 2

Pola lantai merupakan garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari. Pola lantai ini dilakukan baik oleh penari tunggal, berpasangan, atau penari kelompok. Dalam tarian, terdapat dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan lengkung. Pola garis lurus terdiri atas pola lantai horizontal, vertikal, dan diagonal. Pengembangan pola lantai lurus dapat berupa pola lantai zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima (perhatikan gambar A).

Selain garis lurus, terdapat juga pola garis lengkung. Pola ini pun dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai. Pola lantai itu antara lain berupa lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang (lihat gambar B).

Berikut adalah dua jenis tari daerah yang memiliki pola lantai yang berbeda. Tari pertama adalah Tari Jaran Kepang yang berasal dari Yogyakarta. Tari Jaran Kepang mempunyai pola lantai gabungan antara pola lantai lurus dan lengkung yang sederhana. Pola lantai yang digunakan pada tari ini antara lain pola melingkar, garis lurus ke depan, dan garis horizontal. Pola lantai pada Tari Jaran Kepang tidak memiliki makna tertentu. Pola lantai dibuat untuk formasi penari.

Berbeda dengan Tari Bedhaya Semang yang juga berasal dari Yogyakarta. Tari klasik ini mempunyai pola lantai yang sudah tertentu dan mempunyai makna tertentu. Pola lantai yang digunakan pada tari ini pun memiliki nama tertentu, seperti gawang jejer wayang, gawang tigatiga, gawang perang, dan gawang kalajengking.

Ayo menulis halaman 87

Membuat ringkasan merupakan salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan untuk mengetahui isi bacaan. Meringkas Dapat dilakukan dengan cara menemukan pokok pikiran dan informasi penting dalam sebuah bacaan. Bersama dengan teman sebangkumu, lakukanlah kegiatan berikut ini.

1. Secara bergantian, bacalah bacaan di atas dengan intonasi dan lafal yang jelas. 
2. Ketika temanmu membacakan, tuliskanlah kata-kata atau kalimat penting dari bacaan tersebut di dalam buku tulismu. Mintalah temanmu yang membacakan bacaan untuk berhenti setiap satu paragraf, untuk memberikan kesempatan kepadamu menuliskan kalimat atau kata-kata penting dari bacaan.
3. Lakukanlah secara bergantian.
4. Perlihatkanlah hasil ringkasanmu kepada temanmu. Adakah persamaan atau perbedaan dari catatan kalian?
5. Bagaimana pendapatmu?

Pendapatku : Sebagian besar ringkasanku dan teman-teman memiliki kesamaan. Kesamaan tersebut dapat terjadi karena kita bersama-sama belajarnya. Ringkasan tersebut antara lain pola lantai adalah bentuk atau formasi yang dibuat penari dalam sebuah tari. Pola lantai terdiri dari 2 pola dasar, yaitu pola garis lurus dan lengkung. Pengembangan pola garis lurus dapat berupa segitiga, segi empat, zig zag, dll. Sedangkan pola garis lengkung dapat berupa lingkaran, setengah lingkaran, dll.

Ayo mencoba halaman 88

Perhatikanlah gambar tari di bawah ini!  Bersama dengan teman sekelompokmu, tentukan nama dan gambar pola lantai pada setiap tari daerah di bawah ini. Lalu pilihlah salah satu tari daerah tersebut. Bersama dengan teman sekelompokmu, peragakanlah pola lantai yang dilakukan oleh penari pada tari tersebut. Gambarkanlah pola lantai tari tersebut!

Pola lantai : diagonal

Gambar pola lantai :

Pola lantai : setengah lingkaran

Gambar pola lantai : 

Pola lantai : horisontal

Gambar pola lantai :

Pola lantai : segi empat

Gambar pola lantai :

Perpindahan panas secara konveksi jawaban kelas 5 hal 89

Ayo renungkan halaman 89

1. Apa saja hal penting atau konsep yang sudah kamu pelajari pada kegiatan pembelajaran hari ini?

Jawab : Hari ini kita sudah belajar konsep perpindahan kalor atau panas secara konveksi dan kita sudah belajar konsep tentang pola lantai tarian.

2. Konsep apa yang belum kamu pahami?  Bagaimana caramu agar kamu dapat memahaminya?

Jawab : Semua konsep sudah dipahami dengan baik

3. Apa saja sikap dan keterampilan yang kamu kembangkan pada kegiatan pembelajaran hari ini?

Jawab : Keterampilan mengamati, dan keterampilan lain dalam percobaan.

Kerja sama dengan orang tua halaman 90

Halo sobat bloggers.id,, hari ini cukup yaa pembelajarannya cukup dulu yaa, agar kalian lebih memahami materi, kalian dapat belajar bersama dengan orang tua dirumah.

Buatlah daftar peristiwa yang mungkin terjadi di rumahmu yang menunjukkan terjadinya peristiwa perpindahan kalor secara konveksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *