Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 pernapasan pada hewan
Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 pernapasan pada hewan

Jawaban Pernapasan pada Hewan Kelas 5 Tema 2

Bloggers.id – Halo anak-anak, rekan guru dan ayah bunda di rumah, kali ni bloggers akan membahas tentang Jawaban Pernapasan pada Hewan yang terdapat pada pembelajaran 1 subtema 1 tema 2 di kelas 5  yang ada di Buku Siswa. Tentunya, jawaban buku siswa tersebut bukan jawaban mutlak, namun bisa menjadi acuan bagi sobat bloggers baik anak-anak, rekan guru dan ayah bunda dalam mengajari anak-anak dalam belajarnya. Jawaban tersebut bisa dikembangkan sesuai dengan kondisi anak-anak, rekan guru dan ayah bunda di rumah.

Jawaban Pernapasan pada Hewan Buku Siswa Halaman 1

Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 P1 halaman 1

Perhatikan gambar diatas.

  1. Apa saja makhluk hidup yang ada pada gambar di atas?

Jawab : Manusia, Kambing, Ayam, Itik

  • Apa saja perbedaan makhluk hidup yang ada pada gambar itu?

Jawab : Bentuk tubuh, jumlah kaki, makanan, cara berkembangbiak, tempat hidup, dll

  1. Apa pula persamaannya?

Jawab : Hidup, makhluk ciptaan tuhan, membutuhkan makan, bernapas, bergerak, dll

  1. Apakah semua makhluk hidup itu membutuhkan oksigen?

Jawab : Iya, semua membutuhkan hidup membutuhkan oksigen

  1. Bagaimana proses pengambilan oksigen oleh makhluk hidup?

Jawab : Makhluk hidup mengambil oksigen dengan menggunakan organ pernapasan

  1. Apa yang harus kita lakukan supaya ketersediaan oksigen terjaga?

Jawab : Merawat lingkungan dengan baik, menanam serta merawat tanaman

  1. Bagaimana tanggung jawab kita terhadap masyarakat dalam menjaga ketersediaan oksigen?

Jawab : Tanggung jawab kita terhadap masyarakat dengan menjaga kebersihan lingkungan dan kelestarian tanaman.

Pembahasan Materi

Pembahasan Jawaban buku siswa kelas 5 pada bagian ini yaitu kegiatan mencermati dan menjawab pertanyaan mempunyai tujuan untuk membiasakan siswa memiliki rasa ingin tahu terhadap proses pembelajarannya, dan menumbuhkan keterampilan untuk membuat pertanyaan dan mencari informasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara mandiri.

Baca Juga: Jawaban Bacaan Gerak Ikan dalam Air Kelas 5 Tema 1

Jawaban Pernapasan pada Hewan Buku Siswa Halaman 2

Dayu dan Ikan Hias

Dayu memelihara banyak ikan hias berjenis ikan mas koki. Ikan-ikan hias itu dipelihara dalam sebuah akuarium. Setiap hari Dayu memberi makan ikan-ikannya. Dayu juga rutin membersihkan akuarium, lalu mengganti airnya dengan air bersih. Kegiatan itu ia lakukan seminggu sekali. Dayu senang melihat ikan-ikan di dalam akuarium berenang ke sana ke mari. Dayu memperhatikan saat mulut ikan-ikan itu terbuka dan menutup. Seolah-olah ikan-ikan itu selalu menelan air. Dayu bertanya-tanya, apa yang dilakukan ikan-ikan itu?

Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 P1 halaman 2
  1. Apa nama jenis ikan hias yang dipiara?
Baca Juga  Jawaban Bacaan Padi dan Teh Kelas 4

Jawab : Ikan mas koki

  1. Dimana ikan hias itu dipiara?

Jawab : didalam akuarium

  1. Siapa yang memiara ikan hias?

Jawab : Dayu

  1. Kapan akuarium dibersihkan?

Jawab : Sekali dalam 1 minggu

  1. Kapan ikan hias itu diberi makan?

Jawab : Setiap hari

  1. Apa yang diperhatikan Dayu saat melihat ikan-ikan hiasnya?

Jawab : Mulut ikan yang terbuka dan tertutup

Baca Juga: Jawaban Kondisi Geografis Pulau-Pulau Besar di Indonesia

Jawaban Pernapasan pada Hewan Buku Siswa Halaman 3

Menurutmu, apa yang dilakukan ikan-ikan dengan selalu membuka dan menutup mulutnya?

Jawab : Ikan-ikan selalu membuka dan menutup mulutnya karena ikan menyaring air dengan memasukkan kedalam mulut dan mengeluarkan melalui insang untuk menyerap oksigen dan membuang karbondioksida. Jadi, ikan selalu membuka dan menutup mulutnya untuk bernapas.

Pembahasan Materi

Pembahasan Jawaban Buku Siswa Kelas 5 pada pembelajaran pada bagian ini bertujuan agar siswa dengan cermat dan teliti mampu menyebutkan informasi dalam bacaan berdasarkan pertanyaan apa, siapa, kapan, dan dimana. Kemudian dengan menuliskan informasi dalam bentuk peta pikiran, diharapkan siswa mampu mempresentasikan informasi yang didapat dari teks bacaan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bacaan Siput Bukanlah Hewan Lemah Kelas 5

Jawaban Pernapasan pada Hewan Buku Siswa Halaman 4

Pernapasan pada Hewan

Seperti manusia, hewan juga bernapas untuk mengambil oksigen dan membuang karbon dioksida. Namun, sistem pernapasan pada hewan berbeda dari manusia. Bahkan, sistem pernapasan pada hewan pun berbeda-beda sesuai jenisnya. Berikut sistem pernapasan pada beberapa jenis hewan.

1. Alat dan Sistem Pernapasan pada Cacing Tanah (Vermes)

Alat dan Sistem Pernapasan pada Cacing Tanah (Vermes)

Cacing tidak mempunyai alat pernapasan khusus, cacing bernapas melalui permukaan kulit. Kulit cacing selalu basah dan berlendir untuk memudahkan penyerapan oksigen dari udara. Oleh karena itu, cacing menyukai tempat lembap untuk menjaga supaya kulit tubuhnya selalu basah dan berlendir.

Di bawah permukaan kulit cacing yang tipis, terdapat pembuluh udara. Saat udara masuk melalui kulit, oksigen diikat oleh darah. Pada darah cacing terkandung hemoglobin sehingga mampu mengikat oksigen. Oksigen yang diikat oleh hemoglobin lalu diedarkan ke seluruh tubuh. Zat sisa pembakaran berupa karbon dioksida dan uap air dikeluarkan dari tubuh juga melalui permukaan kulit.

Baca Juga: Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan Kelas 5

2. Alat dan Sistem Pernapasan pada Serangga (Insekta)

Alat dan Sistem Pernapasan pada Serangga (Insekta)

Seperti hewan lain, serangga bernapas dengan mengisap oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Namun, alat pernapasan serangga berbeda dengan hewan lain. Alat pernapasan serangga berupa trakea, yaitu sistem tabung yang memiliki banyak percabangan di dalam tubuh. Percabangan trakea disebut trakeola. Trakea mengedarkan oksigen langsung ke semua sel tubuh dan organ serta menyerap karbon dioksida dari semua sel tubuh untuk dibuang.

Udara memasuki trakea melalui pori-pori kecil di permukaan tubuh serangga yang disebut spirakel. Selanjutnya udara beredar melalui pembuluh udara kecil. Sel-sel tubuh mengambil oksigen langsung dari pembuluh udara kecil itu. Karbon dioksida dari sel akan mengalir ke trakeola, lalu dibuang melalui lubang spirakel.

Baca Juga: Berkreasi Membuat Gambar Ilustrasi Kelas 5 Tema 1

3. Alat dan Sistem Pernapasan pada Ikan (Pisces)

Alat dan Sistem Pernapasan pada Ikan (Pisces)

Semua makhluk hidup, termasuk ikan, memerlukan oksigen supaya tetap hidup. Pengambilan oksigen ini melalui proses pernapasan yang melibatkan organ pernapasan. Ikan bernapas dengan organ khusus mirip saringan yang disebut insang. Insang berbentuk lembaran tipis berwarna merah muda dan selalu lembap. Insang terdapat tepat di belakang rongga mulut pada kedua sisi kepala ikan. Biasanya insang dilindungi oleh selaput atau rangka yang disebut tutup insang (operkulum).

Baca Juga  Jawaban Bacaan Wujud Benda Kelas 3 Tema 3

Di balik tutup insang ini terdapat empat deret insang yang saling tumpang tindih. Pada insang terdapat pembuluh darah halus. Pembuluh darah itu dapat menyerap oksigen yang terkandung dalam air dan melepaskan karbon dioksida dari darah. Insang juga berfungsi sebagai alat pengeluaran garam-garam dan sebagai penyaring makanan

Untuk memperoleh cukup oksigen, mulut ikan dan insang bekerja bersama-sama seperti pompa isap air. Pertama-tama tutup insang menutup. Secara bersamaan mulut terbuka dan dinding mulut mengembang. Saat itulah air terisap masuk. Kedua, rongga mulut menyempit dan mulut menutup. Secara bersamaan tutup insang terbuka. Akibatnya air keluar dari mulut dan melewati insang. Saat itulah oksigen dari dalam air terserap dan karbon dioksida dikeluarkan.

pernapasan ikan

Pada gambar kiri di atas ditunjukkan saat pernapasan dimulai. Mulut ikan membuka dan rongga mulut mengembang untuk mengisap air. Gambar anak panah biru menunjukkan aliran air masuk ke dalam rongga mulut.

Gambar sebelah kanan menunjukkan saat berikutnya mulut ikan menutup dan tutup insang membuka. Gerakan mulut ikan dan tutup insang itu secara bersamaan memompa air keluar dari rongga insang. Anak panah biru menunjukkan aliran air keluar melalui insang.

Baca Juga: Jawaban Bacaan Organ Gerak Manusia dan Hewan Kelas 5

4. Alat dan Sistem Pernapasan pada Hewan Amfibi

Alat dan Sistem Pernapasan pada Hewan Amfibi

Katak termasuk hewan amfibi, yaitu hewan yang hidup di darat dan di air. Saat masih berupa kecebong, katak hidup di dalam air dan bernapas menggunakan insang. Insang kecebong terletak di luar tubuhnya dan terdiri atas lembaran-lembaran kulit halus mengandung kapiler darah.

Setelah berumur 9 hari, kecebong bernapas menggunakan insang dalam. Insang dalam akan menyusut seiring mulai berfungsinya paru-paru dan katak muda pun tumbuh menjadi katak dewasa. Katak dewasa bernapas menggunakan paru-paru dan permukaan kulit.

Di dalam paru-paru terdapat banyak gelembung udara yang sangat kecil, berselaput, dan penuh dengan kapiler darah. Di dalam gelembung udara, oksigen diserap dan karbon dioksida dikeluarkan. Selain dengan paru-paru, katak juga bernapas melalui kulit. Permukaan kulit katak selalu basah agar memudahkan penyerapan oksigen dari udara.

Baca Juga: Perkembangbiakan Vegatatif dan Generatif pada Tumbuhan

5. Alat dan Sistem Pernapasan pada Reptil

Alat dan Sistem Pernapasan pada Reptil

Hewan yang termasuk jenis reptil di antaranya ialah ular, kadal, cecak, buaya, dan biawak. Reptil bernapas mengunakan paru-paru. Udara masuk melalui hidung, lalu ke batang tenggorokan, lalu ke paru-paru.

Paru-paru reptil terletak di dalam rongga dada dan dilindungi oleh tulang rusuk. Paru-paru reptil sederhana dengan beberapa lipatan dinding yang dapat memperbesar permukaan paru-paru. Namun, paru-paru kadal dan buaya lebih kompleks dengan beberapa belahan dan bertekstur seperti spons. Pada reptil yang sering berkubang di air seperti buaya, lubang hidungnya dapat ditutup selama menyelam. Dengan begitu air tidak akan masuk ke dalam paru-paru.

Baca Juga  Sistem Pencernaan Makanan Kelas 5 Tema 3

6. Alat dan Sistem Pernapasan pada Burung (Aves)

Alat dan Sistem Pernapasan pada Burung (Aves)

Burung bernapas dengan sepasang paru-paru. Paru-paru burung terletak di dalam rongga dada. Udara yang mengandung oksigen masuk melalui lubang hidung pada pangkal paruh sebelah atas. Selanjutnya udara masuk ke pembuluh udara yang disebut trakea. Dari trakea, udara sebagian masuk ke paru-paru dan sebagian lagi masuk ke kantong udara.

Burung menghirup udara sebanyak-banyaknya saat tidak terbang. Sebaliknya, saat terbang, burung tidak menghirup udara. Udara diembuskan dari kantong udara ke paru-paru.

Kantong udara burung berfungsi sebagai tempat menyimpan udara. Saat tidak terbang, burung menghirup udara sebanyak-banyaknya. Udara yang dihirup itu kemudian disimpan dalam kantong udara. Saat terbang, burung tidak menghirup udara melainkan mengambil dari kantong udara. Kantong udara juga membantu burung saat terbang, membantu mencegah hilangnya panas tubuh yang terlalu besar, dan memperkeras suara.

Baca Juga: Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses Kelas 5

7. Alat dan Sistem Pernapasan pada Mamalia

Alat dan Sistem Pernapasan pada Mamalia

Mamalia adalah jenis hewan yang menyusui anaknya. Ada dua jenis mamalia, yaitu mamalia darat dan mamalia air. Mamalia darat misalnya kambing, sapi, kerbau, dan kuda. Mamalia air misalnya paus, duyung, dan lumba-lumba. Alat pernapasan mamalia darat terdiri atas hidung, pangkal tenggorok, batang tenggorok, dan paru-paru. Perhatikan gambar organ pernapasan kuda diatas.

pernapasan mamalia

Pada mamalia air, hidungnya dilengkapi dengan katup. Saat mamalia tersebut menyelam, katup akan menutup. Sebaliknya, saat mamalia tersebut muncul ke permukaan air, katup terbuka. Saat itulah mamalia air tersebut akan menghirup oksigen serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.

Bagilah seluruh siswa dalam kelas menjadi tujuh kelompok. Setiap kelompok membuat salah satu bagan cara kerja organ pernapasan pada setiap jenis hewan.

  1. Kelompok 1 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada cacing tanah.
  2. Kelompok 2 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada ikan.
  3. Kelompok 3 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada serangga.
  4. Kelompok 4 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada amfibi.
  5. Kelompok 5 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada reptil.
  6. Kelompok 6 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada burung.
  7. Kelompok 7 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada mamalia.

Baca Juga: Bacaan Kerukunan Umat Beragama di Indonesia kelas 5

Bagan Cara Kerja Organ Pernapasan Pada Cacing Tanah

Bagan Cara Kerja Organ Pernapasan Pada Cacing Tanah

Bagan Cara Kerja Organ Pernapasan Pada Ikan

Bagan Cara Kerja Organ Pernapasan Pada Ikan

Bagan Cara Kerja Organ Pernapasan Pada Serangga

Bagan Cara Kerja Organ Pernapasan Pada Serangga

Bagan Cara Kerja Organ Pernapasan Pada Amfibi

Bagan Cara Kerja Organ Pernapasan Pada Amfibi atau katak

Baca Juga: Bacaan Macam-Macam Otot Manusia kelas 5

Bagan Cara Kerja Organ Pernapasan Pada Reptil

Bagan Cara Kerja Organ Pernapasan Pada Reptil

Bagan Cara Kerja Organ Pernapasan Pada Burung

Bagan Cara Kerja Organ Pernapasan Pada Burung

Bagan Cara Kerja Organ Pernapasan Pada Mamalia

Bagan Cara Kerja Organ Pernapasan Pada Mamalia

Baca Juga: Macam macam Tanaman Hias sedang Hits untuk Interior! Ini 13 Daftarnya

Kesimpulan Jawaban Buku Siswa Kelas 5

Pada Materi yang cukup panjang ini, siswa diharapkan memahami berbagai cara pernafasan pada hewan yang berbeda jenisnya. Baiklah sobat bloggers, demikian pembahasan jawaban pernapasan pada hewan yang dapat kalian temukan pada buku siswa kelas 5 tema 2 subtema 1 pembelajaran 1. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anak-anak, rekan guru dan ayah bunda sekalian. [ Bloggers.id ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *