Jawaban Bacaan Sang Arsitek Kelas 4 Tema 6

bloggers.id – Cita-cita tidak mengenal suku, agama, atau kebangsaan. Semua orang dapat menempatkan cita-citanya setinggi langit. Namun, setiap orang harus berusaha keras untuk mencapainya. Kali ini bloggers akan membahas jawaban Bacaan Sang Arsitek Kelas 4 Tema 6 subtema 3 pembelajaran 3. Yuk langsung kita simak pembahasannya

jawaban kelas 4 tema 6 subtema 3

Ayo Membaca

Simaklah bacaan berikut ini tentang usaha keras seseorang yang  bercita-cita besar.

Sang  Arsitek

Pada tahun 1955, presiden pertama Indonesia,  Ir.  Soekarno, mengadakan sayembara membuat desain maket Masjid Istiqlal. Sebanyak 22 dari 30 arsitek lolos pada seleksi awal.  Presiden Soekarno pun mengumumkan  bahwa  pemenangnya adalah seorang bernama Frederich Silaban. Siapakah dia?

Frederich Silaban, lahir  di Bonandolok, Sumatra Utara, 16 Desember 1912.  Ia adalah seorang  lulusan  Koningin  Wilhelmina School,   sebuah  sekolah teknik di  Jakarta. Meskipun bukan lulusan sekolah arsitektur, ia  dapat memenangi sayembara tersebut. Dan   semenjak  itulah  karya-karyanya banyak dikenal di seluruh Indonesia.

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar dan termegah  di  Indonesia yang dibangun pada tahun 1961, dan pertama kali dibuka untuk digunakan pada tahun 1978.  Dengan demikian,  diperlukan  waktu 17  tahun untuk membuatnya!  Dengan usaha yang  gigih dan pantang menyerah,  Frederich berhasil  menyelesaikannya.  Karyanya  diakui sebagai  karya asli  anak bangsa Indonesia.  Ia  bahkan berhasil  menyandingkan  pembangunan masjid ini  dengan  Gereja Katedral  di  Jakarta. Gereja Katedral  adalah gedung tempat umat katolik  ber ibadah. Konsep  pers atuan dan kesatuan yang   dibuat oleh   Presiden Soekarno dapat  diwujudkan dengan  baik melalui kedua bangunan tersebut.

Baca Juga  Jawaban Ayo Berlatih IPA Kelas 10 Halaman 39

Hingga kini, kedua gedung yang menjadi simbol toleransi dan persatuan itu tetap kukuh berdiri, meski arsiteknya telah tiada.   Tak hanya berkarya membuat Masjid Istiqlal, beberapa gedung bersejarah telah dirancangnya. Sepanjang hayatnya ia  telah ikut  merancang 700 bangunan di  seluruh Indonesia. Bangunan tersebut antara lain Gedung Stadion Gelora Bung  Karno  (Jakarta/1962), Monumen Pembebasan  Irian  Barat (Jakarta/1963), Monumen Nasional atau  Tugu   Monas  (Jakarta/1960), Gerbang Taman  Makam Pahlawan  Kalibata  (Jakar ta/1953),  dan Tugu Khatulistiwa (Pontianak/1938).

Sumber: http://megapolitan.kompas.com; http://nasional.kompas.com; https://id.wikipedia.org/wiki/Frederich_Silaban

Baca Juga : Jawaban Puisi Kawan Sejatiku Kelas 4

Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan di atas.

Frederic Silaban

Apa saja prestasi yang telah diraih Frederich Silaban dengan usaha dan kerja kerasnya?

Jawab : Sepanjang hayatnya ia  telah ikut  merancang 700 bangunan di  seluruh Indonesia. Bangunan tersebut antara lain Gedung Stadion Gelora Bung  Karno  (Jakarta/1962), Monumen Pembebasan  Irian  Barat (Jakarta/1963), Monumen Nasional atau  Tugu   Monas  (Jakarta/1960), Gerbang Taman  Makam Pahlawan  Kalibata  (Jakar ta/1953),  dan Tugu Khatulistiwa (Pontianak/1938).

Apa  kesimpulanmu terhadap  usaha  Frederich  Silaban untuk meraih cita- citanya?

Jawab : dalam mencapai cita-cita kita harus menanamkan sikap gigih dan pantang menyerah agar cita-cita kita lebih mudah tercapai.

Baca Juga : Jawaban Cerita Anak Indonesia kelas 4

Jawaban Bacaan Sang Arsitek halaman 130

Ayo Mengamati

tempat ibadah agama agama di Indonesia

Perhatikanlah gambar tempat ibadah umat beragama di  Indonesia di  atas dengan  saksama.  Dapatkah kamu menjelaskan  gambar-gambar  di  atas? Apakah tempat-tempat ibadah itu ada di daerahmu?

Ayo Berlatih

Masyarakat Indonesia terdiri atas pemeluk agama yang  berbeda-beda.  Umat beragama dari tiap -tiap agama memerlukan tempat beribadah untuk memenuhi  kebutuhan  rohani  mereka.  Setiap  tempat  ibadah  memiliki bentuk dan pengaturan yang  khas.

Amatilah daerah sekitarmu. Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.

1.   Kamu  akan dibagi menjadi beberapa  kelompok.  Setiap kelompok akan mencari informasi tentang dua tempat ibadah keagamaan.
2.   Carilah informasi tentang rumah ibadah dari  dua agama yang  berbeda di Indonesia. Tentukan satu tempat ibadah yang  paling terkenal di Indonesia. Catatlah  informasi tentang  nama,  tahun  berdiri, dan  sejarah  singkat tentang tempat ibadah tesebut.
3.   Carilah gambar tentang rumah ibadah tersebut.  Cari  tahu makna setiap bagian bangunan ibadah tersebut.
4.   Dengan menggunakan sebuah kertas karton ukuran A3, tempelkan gambar rumah ibadah tersebut dan berilah keterangan di bawahnya.
5.   Tuliskanlah juga fungsi dan kegunaan tempat ibadah tersebut selain untuk beribadah umatnya.
6.   Aturlah sedemikian rupa pada kertas tersebut sehingga memudahkan bagi temanmu untuk memahaminya. (Gunakan contoh di bawah ini).
7.    Jelaskan kesimpulanmu tentang kedua rumah ibadah tersebut.
8.   Presentasikan hasil karyamu di depan kelas.
9.   Catatlah informasi penting yang  kamu dapatkan dari  kelompok lain.

Baca Juga  Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 97

Baca Juga : Aku Bercita-Cita Menjadi Polisi Kelas 4

Jawaban Bacaan Sang Arsitek halaman 131

sejarah masjid Istiqlal
sejarah gereja katedral

Kesimpulanku:

Indonesia memiliki keragaman agama yang berkembang di masyarakat, dan masing-masing agama mempunyai sejarahnya masing-masing. Setiap pemeluk agama harus bisa saling menghormati dan menghargai satu sama lain agar tercipta persatuan dan kesatuan.

Baca Juga : Download Template Kalender Tahun Baru 2022 PNG

Jawaban Bacaan Sang Arsitek halaman 132

Ayo Mengamati

Perhatikanlah peta  persebaran sumber daya  alam  hayati  yang  terdiri di Indonesia berikut.

Peta sebaran flora (tumbuhan) di Indonesia

Peta persebaran Flora di Indonesia

Pe ta di atas  disebut peta tematik, yaitu peta yang berisi informasi khusus. Peta persebaran sumber daya alam berupa tumbuhan di atas menunjukkan daerah-daerah  yang   memiliki sumber daya tumbuhan  untuk kebutuhan  hidup masyarakat  Indonesia. Sumber daya alam  tumbuhan  di antaranya adalah tanaman pangan, tanaman industri, dan hutan.

Tanaman  pangan terdiri atas tanaman padi, palawija, sayuran, dan buah- buahan.  Sedangkan  tanaman  industri  berupa  tanaman  tebu,  karet,  kopi, teh,  kelapa sawit, tembakau, dan kopra.  Tanaman hutan diperlukan untuk mencegah banjir, tanah longsor, menyimpan cadangan air, serta perlindungan hewan.

Baca Juga : Link Twibbon Kalender Tahun Baru 2022 Pilihan Terbaik

Peta sebaran fauna (hewan) di Indonesia

Peta persebaran fauna di Indonesia

Sum ber   daya   alam   berupa  hew an  terdiri atas  hew an  liar  dan  hewan tern ak.  H ew an liar tin ggal d i h u tan d an tam an -tam an n asion al u n tu k dilindungi dari  kepunahan.  Contoh hewan  liar  tersebut yaitu harimau, kera, orang utan, gajah, badak, banteng, dan anoa.

Hewan ternak merupakan  hewan yang dipelihara atau diternakkan untuk memenuhi  kebutuhan  manusia.  Contoh hewan ternak yaitu ayam, itik, sapi, udang, dan domba.

Ayo Mencoba

Berdasarkan bacaan di atas,  lakukanlah kegiatan berikut!

1.   Bekerjalah bersama anggota kelompokmu yang  terdiri atas tiga orang.
2.   Kamu  dan kelompokmu akan membuat sebuah peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang  ada di daerahmu.
3.   Mintalah peta  buta wilayah kabupaten  di  daerah tempat tinggalmu kepada gurumu.
4.   Carilah informasi dari berbagai sumber tentang daerah-daerah di wilayahmu yang  menjadi penghasil sumber daya alam hewan atau tumbuhan.
5.   Tandailah  daerah itu  dengan memberikan gambar yang  mewakili hewan atau tumbuhan tertentu.
6.   Lakukan  hal   yang   sama  untuk  daerah  penghasil  sumber  daya  alam tumbuhan atau hewan lainnya.
7.       Jelaskan manfaat setiap sumber daya alam tumbuhan atau hewan yang kamu tahu terhadap masyarakat yang  tinggal di wilayahmu.
8.   Buatlah kesimpulan tentang sumber daya tumbuhan atau hewan apa saja yang  paling banyak dihasilkan di daerahmu.
9.   Presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelas.

Baca Juga  Membuat Poster Bertema Cinta Tanah Air

Baca Juga : Si Pendekar Kali Pesanggrahan Kelas 4 Tema 6

Jawaban Bacaan Sang Arsitek halaman 134

Ayo Membaca

Mendeklamasikan puisi memerlukan persiapan yang baik.  Selain menghafalkan baris demi baris, kamu juga harus memahami makna puisi tersebut. Setiap orang bisa memiliki pemahaman yang berbeda terhadap makna puisi. Salah satu cara untuk membedakan makna puisi  adalah dengan memberikan penekanan pada saat mendeklamasikannya.

Pemberian tekanan pada baris puisi  biasanya menggunakan tanda V. Perhatikanlah penggunaan tanda tersebut di bawah ini.

1.   V menyimbolkan tekanan kata pendek sekali.

2.   VV menyimbolkan tekanan kata agak pendek.

3.   VVV menyimbolkan tekan kata agak panjang.

Lihatlah kembali puisi tentang “Penjaga Alamku” pada pembelajaran pertama. Berilah tanda  V  untuk memberikan tekanan-tekanan  pada baris-baris kalimatnya.  Kemudian, latih kembali cara mendeklamasikannya dengan mengikuti tanda  jeda yang   telah  dibuat sebelumnya dan  tanda  untuk memberikan penekanan. Deklamasikan puisi tersebut di hadapan teman sebangkumu. Mintalah pendapatnya, kemudian lakukan perbaikan berdasarkan pendapatnya.

Penjaga Alamku
Karya: D. Karitas

Kau tidak pernah lelah (VV)
Kau tidak pernah putus asa (VV)
Kau tidak pernah menyerah (VV)
Mencintai alam di mana kau dibesarkan (VVV)

Angin  dan badai adalah sahabatmu (VV)
Hujan dan panas adalah penolongmu (VV)
Air sungai adalah kehidupanmu (VV)
Alammu adalah ibumu (VVV)

Maka  engkau menjaganya (VV)
Maka  engkau memeliharanya (VV)
Maka  engkau merawatnya (VV)
Karena alam adalah ibumu (VVV)

Baca Juga : Jawaban Bacaan Aku Sarjana Pemulung Kelas 4

Kesimpulan

Demikian tadi pembahasan jawaban Bacaan Sang Arsitek Kelas 4 Tema 6 subtema 3 pembelajaran 3. Semoga dapat membantu sobat semua dalam menjawab pertanyaanyang ada pada buku siswa. Nantikan pebahadsan artikel selanjutnya di bloggers.id

Pencarian Populer : toleransi terhadap keragaman gender

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *