Bacaan Rambu Lalu Lintas Kelas 6 Tema 3

bloggers.id – Bacaan Rambu Lalu Lintas Kelas 6 Tema 3 – Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah belajar tentang penemuan lampu lalu lintas. Apa manfaat dari penemuannya? Dan apa yang harus kita lakukan untuk mematuhi rambu-rambu tersebut? Yuk langsung saja kita simak pembahasan jawaban bacaan rambu lalu lintas kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 4. Yuk langsung kita simak pembahasannya!

bacaan rambu lalu lintas kelas 6

Rambu Lalu Lintas

rambu lalu lintas

Kita semua pasti sudah mengenal lampu lalu lintas. Kita sering ngelihat lampu lalu lintas di perempatan atau persimpangan jalan. Lampu lalu lintas terdiri dari tiga warna, yaitu merah, kuning, dan hijau.

Tahukah kamu siapa yang nemuin lampu lalu lintas? Ia adalah Garret Augustus Morgan, seorang warga Amerika berkulit hitam yang peduli dengan keselamatan orang lain.

Morgan terpanggil untuk menciptakan sistim lampu lalu lintas setelah ngelihat terjadinya kecelakaan antara mobil dengan kereta kuda. Ia enggak ingin kejadian itu terus berulang.

Hingga saat ini, penemuan Morgan sangat bermanfaat untuk mengatur lalu lintas dan menyelamatkan pengguna jalan dari kecelakaan.

Temukan kosakata non baku dan kalimat tidak efektif dalam teks di atas. Tulislah dalam tabel berikut!

Kosakata Nonbaku  Perbaikan (kosakata baku)  Kalimat tidak efektif  Perbaikan (kalimat efektif)  
ngelihatmelihatKita semua pasti sudah mengenal lampu lalu lintasKita semua pasti mengenal lampu lalu lintas
nemuinmenemukanKita sering ngelihat lampu lalu lintas di perempatan atau persimpangan jalanKita sering melihat lampu lalu lintas di perempatan atau persimpangan jalan
enggakTidakTahukah kamu siapa yang nemuin lampu lalu lintas?Tahukah kamu siapa penemu lampu lalu lintas?
Sistimsistem  

Kapan kita menggunakan kosakata baku?

Jawab : ketika kita membuat karya ilmiah, atau berbicara di acara resmi atau formal.

Mengapa kita menggunakannya?

Jawab : agar mudah dipahami oleh orang lain karena bahasa baku adalah bahasa yang sifatnya nasional

Setelah membaca teks “Rambu Lalu Lintas”, tulislah pertanyaan tentang hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang lampu lalu lintas terkait dengan tanggung jawab melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Baca Juga  Prota dan Prosem Kelas 6 Kurikulum 2013 Download

Jawab :

  • Bagaimana sikap kita jika mendapati lampu lalu lintas menyala kuning?
  • Apa yang harus dilakukan jika lampu lalu lintas menyala merah?

Kamu telah mengetahui bahwa lampu lalu lintas ditemukan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Selain lampu lalu lintas, masih banyak lagi rambu-rambu lainnya yang mempunyai tujuan masing-masing.

Setiap warga negara mempunyai kewajiban untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas tersebut agar hak orang lain untuk mendapatkan keamanan dan kenyaman terjamin.

jawaban bacaan rambu lalu lintas kelas 6

Berdasarkan pengalamanmu, diskusikan dalam kelompok tentang contoh sikap warga yang sudah menunaikan kewajiban sebagai warga yang baik di jalan raya. Berikan pula contoh pengguna jalan yang tidak melaksanakan kewajibannya.

kewajiban pengguna jalan

Ketika seseorang tidak melaksanakan kewajibannya di jalan raya, apakah hal tersebut dapat mengganggu hak orang lain?

Jawab : ya tentu saja dapat mengganggu hak orang lain karena orang lain juga berhak menggunakan jalan raya dengan aman dan nyaman.

jawaban bacaan rambu lalu lintas kelas 6

Selain lampu lalu lintas, terdapat juga rambu-rambu lalu lintas lainnya. Amati rambu-rambu berikut!

rambu lalu lintas

Diskusikan dengan seorang temanmu mengenai rambu-rambu tersebut untuk menjawab pertanyaan berikut!

1. Apa arti dari masing-masing rambu tersebut?

Jawab :

  1. Dilarang berjalan terus, wajib berhenti sesaat dan meneruskan perjalanan setelah mendapat kepastian aman dari lalu lintas arah lainnya.
  2. Dilarang berjalan terus apabila mengakibatkan rintangan, hambatan, gangguan bagi lalu lintas dari arah lain yang wajib didahulukan.
  3. Dilarang berjalan terus pada persilangan-persilangan sebidang lintasan kereta api jalur tunggal, wajib berhenti untuk mendapat kepastian aman.
  4. Larangan masuk bagi kendaraan bermotor roda dua.
  5. Rambu petunjuk jurusan yang menyatakan arah. Pada gambar menunjukkan arah Cibitung.
  6. Rumah sakit.
  7. Rambu petunjuk jurusan daerah wisata Dieng dengan jarak 10 km.
Baca Juga  Jawaban Bacaan Tari Kipas Pakarena Kelas 4 Tema 1

2. Apa manfaat rambu-rambu tersebut bagi pengguna jalan?

Jawab : untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan. Agar tidak sampai terjadi kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan

3. Jika rambu-rambu tersebut tidak ada, apa pengaruhnya terhadap pengguna jalan?

Jawab : lalu lintas yang semrawut, dan bisa terjadi kecelakaan. Bisa juga menyebabkan terkena bencana karena tidak ada rambu peringatan.

4. Apakah kamu pernah melihat rambu-rambu lain di jalan? Jelaskan tentang rambu-rambu tersebut!

Jawab : pernah, saya pernah melihat rambu dilarang parker, dilarang stop, stop, petunjuk belok, petunjuk arah dan lain-lain.

Sekarang bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah melaksanakan hak dan kewajibanmu dengan tanggung jawab saat di jalan raya? Ayo, ceritakan.

Hal-hal yang perlu kamu tulis adalah:

  1. Contoh hak yang sudah kamu dapatkan.
  2. Contoh kewajiban yang sudah kamu laksanakan.
  3. Penilaianmu mengenai hak dan kewajiban tersebut. Apakah hak yang kamu dapatkan sudah seimbang dengan kewajiban yang kamu laksanakan?
  4. Manfaat dari melaksanakan hak dan kewajiban secara tanggung jawab.
  5. Hal-hal yang masih perlu kamu perbaiki dalam melaksanakan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab.
  6. Apa yang dapat kamu perbaiki dari dirimu di masa yang akan datang?
  7. Menurutmu, kenapa lampu rambu lalu lintas berbentuk lingkaran? Apa yang terjadi jika bentuknya bukan lingkaran?

Jawab :

Ketika aku berkendara di jalan raya, aku merasa aman karena orang-orang sudah melaksanakan kewajibannya dengan baik. Termasuk saya juga sudah melaksanakan kewajiban dengan baik seperti mengenakan helm, dan ayahku berkendara sesuai jalurnya.

Dengan melaksanakan kewajiban dengan baik kita juga akan mendapatkan haknya dengan seimbang. Dengan melaksanakan kewajiban dengan bertanggung jawab, lalu lintas akan lancer, dan kita juga nyaman untuk berkendara.

Ayo, terus berusaha untuk menjadi penemu. Seorang penemu mempunyai sikap pantang menyerah. Sekarang kita akan menemukan luas dan keliling lingkaran ketika digabungkan dengan bangun lainnya.

Bekerjalah dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 siswa. Setiap kelompok akan diberikan satu soal. Carilah luas dan keliling dari bentuk yang diarsir berikut.

luas bangun gabungan

Gambar 1

Jawab :

  • Luas = luas persegi + 4 luas setengah lingkaran
  • Luas = (s x s) + 4 (1/2 π r2)
  • Luas = (14 x 14) + 4 (1/2 x 22/7 x 72)
  • Luas = 196 + 4 x 77
  • Luas = 196 + 308
  • Luas = 504 cm2

Gambar 2

Jawab :

  • Luas = luas persegi – luas lingkaran
  • Luas = s x s – π r2
  • Luas = 14 x 14 – 22/7 x 72
  • Luas = 196 – 154
  • Luas = 42 cm2
Baca Juga  Bacan Roda Pengubah Wajah Dunia Kelas 6

Gambar 3

Jawab :

  • Luas = luas persegi panjang – 2 luas 1/4 lingkaran
  • Luas = p x l – 2 (¼ π r2)
  • Luas = 20 x 10 – 2 ( ¼ 3,14 x 102)
  • Luas = 200 – 2 (78,5)
  • Luas = 200 – 157
  • Luas = 43 cm2

Gambar 4

Jawab :

  • Luas = luas lingkaran – 2 luas 1/4 lingkaran
  • Luas = π r2 – 2 (¼ π r2)
  • Luas = 3,14 102  – 2 ( ¼ 3,14 x 102)
  • Luas = 314 – 2 (78,5)
  • Luas = 314 – 157
  • Luas = 157 cm2

Apa yang dapat kamu simpulkan? Bagaimana cara menemukan luas bangun gabungan? Bagaimana cara menemukan keliling bangun gabungan?

Jawab : Cara menemukan luas bangun gabungan adalah dengan menjumlahkan atau mengurangkan luas kedua bangun yang ada.

Hitunglah luas daerah yang diarsir dan keliling bangun berikut.

luas bangun gabungan

Jawab:

Gambar 1

• Luas

  • Luas daerah yang diarsir (La) = Luas persegi – 4 x ¼ luas empat lingkaran
  • La = 14 x 14 – 4 x ¼ x π x 72
  • La = 196 – 22/7 x 49
  • La = 196 – 154
  • La = 42 cm2

• Keliling

  • K = 4 x panjang sisi
  • K = 4 x 14
  • K = 56 cm
  • Jadi, luas daerah yang diarsir adalah 42 cm2, sedangkan kelilingnya adalah 56 cm.

Gambar 2

• Luas

  • Luas daerah yang diarsir (La) = Luas persegi panjang + 2 x luas setengah lingkaran
  • La = 28 x 12 + 2 x ½ x π x 142
  • La = 336 + 22/7 x 196
  • La = 336 + 616
  • La = 952 cm2

• Keliling

  • K = 2 x ½ x π x 28 + 2 x 12
  • K = 22/7 x 28 + 24
  • K = 88 + 24
  • K = 112 cm
  • Jadi, luas daerah yang diarsir adalah 952 cm2, sedangkan kelilingnya 112 cm.

Gambar 3

• Luas

  • La = Luas persegi + ¾ luas lingkaran
  • La = 14 x 14 + ¾ x π x 142
  • La = 196 + ¾ x 22/7 x 196
  • La = 196 + 462
  • La = 658 cm2

• Keliling

  • K = ¾ x keliling lingkaran + 2 x 14
  • K = 3/4 x π x 28 + 28
  • K = ¾ x 22/7 x 28 + 28
  • K = 66 + 28
  • K = 94 cm
  • Jadi, luas daerah yang diarsir adalah 658 cm2, sedangkan kelilingnya adalah 94 cm.

Gambar 4

• Luas

  • La = Luas persegi – 2 x ¼ luas lingkaran
  • La = 20 x 20 – ½ x π x 102
  • La = 400 – ½ x 3,14 x 100
  • La = 400 – 157
  • La = 243 cm2

• Keliling

  • K = 4 x panjang sisi
  • K = 4 x 20
  • K = 80 cm
  • Jadi, luas daerah yang diarsir adalah 243 cm2, sedangkan kelilingnya adalah 80 cm.

Gambar 5

• Luas

  • La = Luas persegi – 4 x ½ x luas lingkaran
  • La = 42 x 42 – 4 x ½ x π x 72
  • La = 1764 – 2 x 22/7 x 49
  • La = 1764 – 308
  • La = 1456 cm2

• Keliling

  • K = 4 x panjang sisi
  • K = 4 x 42
  • K = 168 cm
  • Jadi, luas daerah yang diarsir adalah 1456 cm2, sedangkan kelilingnya adalah 168 cm.

Buatlah satu bentuk bangun gabungan sesuai dengan imajinasimu! Bentuk yang kamu buat melibatkan lingkaran dan bangun datar lain. Hitunglah luas dan keliling bangun yang kamu buat!

Jawab : sesuai kreativitas siswa

Kesimpulan

Demikan pembahasan jawaban bacaan rambu lalu lintas kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 4. Semoga dapat membantu sobat semua dalam menjawab pertanyaan pada buku siswa.Nantikan artikel pembahasan selanjutnya di bloggers.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *