Jawaban Bacaan Pertempuran Ambarawa Kelas 6 tema 2 subtema 2 pembelajaran 3 terbaru
Jawaban Bacaan Pertempuran Ambarawa Kelas 6 tema 2 subtema 2 pembelajaran 3 terbaru

Jawaban Bacaan Pertempuran Ambarawa Kelas 6 Tema 2

Bloggers.id – Sobat bloggers, pada artikel sebelumnya kita membahas tentang Pertempuran Surabaya, hari ini kita akan membahas Jawaban Bacaan Pertempuran Ambarawa. Materi tersebut terdapat pada kelas 6 tema 2 subtema 2 pembelajaran 3. Perjuangan para pahlawan Indonesia setelah kemerdekaan Indonesia patut kita hargai. Mereka bekorban demi bangsa dan negara. Salah satu hal yang perlu kita contoh adalah kerjasama dalam mengusir penjajah dari Indonesia. Selain mempelajari bacaan kita juga akan bermain Ayam dan Elang. Baiklah kita simak bersama pembahasannya.

Jawaban Bacaan Pertempuran Ambarawa Halaman 62

Ayo Mengamati

Amati gambar berikut!

bermain Ayam dan Elang

Gambar di atas menceritakan sekelompok siswa yang sedang bermain ‘Ayam dan Elang’. Dalam permainan ini, sekelompok siswa berperan sebagai ayam dan mereka mempunyai tujuan untuk melindungi diri dari serangan elang. Bagaimana tujuan tersebut dapat tercapai? Apa yang harus dilakukan oleh setiap anggota kelompok?

Ayo, kita praktikkan permainan ‘Ayam dan Elang’ tersebut!

Perhatikan petunjuk bermain ‘Ayam dan Elang’ berikut. (Sebelum bermain, sobat baca, dan pahami cara permainan Ayam dan Elang dibawah ini. Tanyakan kepada guru jika ada yang belum kalian pahami)

Bermain Ayam dan Elang

A. Cara Bermain
  • Kamu dan teman-temanmu akan dikelompokkan dalam beberapa kelompok yang jumlahnya sama.
  • Setiap kelompok terdiri atas 8–10 siswa.
  • Salah seorang siswa akan berperan sebagai elang.
  • Salah seorang siswa akan berperan sebagai induk ayam.
  • Sisanya akan berperan sebagai anak ayam.
  • Elang akan mengejar dan menangkap anak ayam satu per satu.
  • Induk ayam akan berjuang untuk melindungi anak-anaknya.
Baca Juga  Bacaan Rambu Lalu Lintas Kelas 6 Tema 3
B. Peraturan Permainan
  • Elang akan mengejar dan menangkap anak-anak ayam.
  • Induk ayam akan melindungi anak-anaknya dengan menghalangi elang.
  • Jika anak ayam terpisah dari induknya, maka anak ayam tersebut dapat berlari sekencang-kencangnya agar tidak tertangkap oleh elang.
  • Jika elang dapat menangkap semua anak ayam, maka elang dan anak-anak yang ditangkap akan berganti peran menjadi induk ayam dan anak-anak ayam.
  • Sedangkan induk ayam yang tidak dapat menjaga anaknya akan berganti peran menjadi elang.
  • Agar permainan lebih menarik, maka jumlah elang dapat ditambah, sehingga induk ayam lebih waspada lagi dalam melindungi anakanaknya.

Tahukah kamu bahwa dalam permainan diperlukan keterampilan berlari yang baik?

Gerakan Lari

Ketika kamu berlari, gerak utama yang dominan kamu lakukan adalah gerakan langkah kaki dan ayunan lengan. Selain itu, dalam berlari kamu juga perlu memperhatikan kecondongan badan (disesuaikan dengan jenis lari), pengaturan napas, serta harmonisasi gerakan lengan dan tungkai.

Yang paling menentukan kecepatanmu dalam berlari adalah panjang langkah dan kerapatan langkah. Langkah kakimu terdiri atas tahap menumpu dan tahap melayang. Dalam proses berlari, gerakanmu dimulai dengan kaki menumpu, kemudian tahap mendorong (kaki tolak), serta  gerakan kaki ayun.

Perhatikan gambar berikut!

gerakan lari

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja yang perlu diperhatikan agar dapat berlari dengan baik. Sebelum kamu bermain ‘Ayam dan Elang’, lakukan latihan lari dengan benar berdasarkan panduan dari guru.

Setelah berlatih lari, sekarang saatnya kamu bermain ‘Ayam dan Elang’. Perhatikan instruksi dari guru!

(Kalian ingat lagi cara bermain Ayam dan Elang dalam bacaan tadi. Bagilah kelompok dengan adil, bermain dengan sportif dan sesuai dengan instruksi atau arahan dari guru kalian)

Dalam permainan ‘Ayam dan Elang’ sangat diperlukan perjuangan dan kerja sama agar anak-anak ayam tidak ditangkap oleh elang

Jawaban Bacaan Pertempuran Ambarawa Halaman 63

Tahukah kamu bahwa semasa  mempertahankan kemerdekaan Indonesia juga diperlukan perjuangan yang luar biasa dan kerja sama dari seluruh rakyat agar kemerdekaan Indonesia tidak direnggut oleh bangsa lain? Ayo, kita pelajari bagaimana rakyat Indonesia berjuang mempertahankan kemerdekaan di Ambarawa!

Baca Juga  Cara Dayu Menghemat Energi Kelas 4 Tema 2

Ayo Membaca

Baca teks berikut dalam hati!

Pertempuran Ambarawa

Pertempuran Ambarawa

Pada tanggal 20 Oktober 1945, tentara Sekutu di bawah pimpinan Brigadir Bethell mendarat di Semarang dengan maksud mengurus tawanan perang.

Kedatangan Sekutu ini diboncengi oleh Netherlands Indies Civil Administration (NICA). Namun, ketika pasukan Sekutu dan NICA telah sampai di Ambarawa dan Magelang untuk membebaskan para tawanan tentara Belanda, para tawanan tersebut justru dipersenjatai sehingga menimbulkan kemarahan pihak Indonesia. Pada tanggal 26 Oktober 1945 di kota Magelang terjadi pertempuran antara pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dengan pasukan gabungan Inggris dan NICA. Insiden tersebut terhenti setelah Soekarno dan Brigadir Bethell melakukan perundingan dan memperoleh kata sepakat.
Namun, ternyata pihak Sekutu mengingkari janji. Pada tanggal 12 Desember 1945, pertempuran berkobar di Ambarawa. Kolonel Soedirman langsung memimpin pasukannya yang menggunakan taktik gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung. Setelah bertempur selama 4 hari, pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibuat mundur. Kemenangan ini diperoleh berkat kerja sama dari seluruh rakyat di Ambarawa. Kemenangan pertempuran ini kini diabadikan dengan didirikannya “Monumen Palagan Ambarawa” dan diperingati sebagai hari Jadi TNI Angkatan Darat atau Hari Juang Kartika.

Sumber: Wikipedia Indonesia, swaramuslim.com

Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat efektif!

peta pikiran bacaan pertempuran Ambarawa

Kalimat efektif untuk melengkapi peta pikiran

Apa
  • Pertempuran pasukan Indonesia melawan Sekutu
Mengapa
  • Tahanan Belanda dibebaskan dan dipersenjatai oleh Sekutu
  • Pihak Sekutu mengingkari janji yang sudah disepakati
Siapa
  • Pihak sekutu dipimpin oleh Brigadir Bethel
  • Pihak Indonesia dipimpin oleh Kolonel Soedirman
Bagaimana
  • Kolonel Soedirman mengepung Ambarawa dengan menggunakan taktik supit urang sehingga mengepung Sekutu.
Kapan
  • Pada tanggal 20 Oktober 1945, tentara Sekutu mendarat di Semarang
  • Pada tanggal 12 Desember 1945, pertempuran berkobar di Ambarawa
  • Tanggal 15 Desember 1945 pertempuran Ambarawa berakhir dengan kemenangan Bangsa Indonesia
Dimana
  • Pertempuran terjadi di Ambarawa

Tukarkan peta pikiran yang telah kamu buat dengan salah seorang teman! Mintalah teman tersebut memberikan komentar tentang setiap kalimat yang kamu tuliskan. Apakah kalimat tersebut sudah memenuhi kriteria kalimat efektif? Mintalah teman tersebut menuliskan komentarnya di kolom yang telah disediakan.

Jawaban Bacaan Pertempuran Ambarawa Halaman 64

Pertempuran Ambarawa merupakan salah satu pertempuran yang sangat bersejarah dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tentunya pertempuran tersebut memiliki makna sejarah bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga  Bacaan Keragaman Benda dan Peraturan Berpakaian

Baca kembali teks Pertempuran Ambarawa dan peta pikiran yang sudah kamu buat, kemudian jawab pertanyaan berikut!

1.      Apa saja upaya yang dilakukan oleh rakyat di Ambarawa untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia? Jelaskan!

Jawaban : Mereka melakukan perundingan sebelum Sekutu mengingkarinya sehingga Bangsa Indonesia mengangkat senjata bertempur melawan Sekutu dibawa pimpinan Kolonel Soedirman.

2.      Bagaimana pendapatmu tentang upaya-upaya yang telah dilakukan?

Jawaban :  Upaya yang telah dilakukan Bangsa Indonesia sudah tepat karena Bangsa Indonesia mengutamakan perundingan terlebih dahulu. Namun siap bertempur dalam mempertahankan  kemerdekaan sampai titik darah penghabisan.

3.      Bagaimana pendapatmu tentang sikap tentara NICA yang melanggar kesepakatan?

Jawaban : Sikap yang ditunjukan oleh tentara NICA adalah sikap yang pengecut dan tidak ksatria, karena tidak bisa menghormati perjanjian yang sudah disepakati.

4.      Bagaimana pendapatmu tentang taktik gelar supit urang?

Jawaban : Taktik gelar sapit urang adalah taktik yang sangat cerdas dengan mengepung NICA dari dua sisi sehingga pasukan NICA terdesak dan  Pasukan Indonesia dapat memenangkan pertempuran.

5.      Sikap apa yang dapat kamu pelajari dari para pahlawan yang berjuang di Ambarawa?

Jawaban : Sikap yang dapat dipelajari dari para pahlawan adalah mereka mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan masalah, namun dengan bekerjasama gagah berani, rela berkorban berani bertempur dan berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

6.      Bagaimana kamu dapat menerapkan sikap-sikap tersebut dalam kehidupanmu sehari-hari? Berikan contoh!

Jawaban : Contohnya adalah menyelesaikan masalah dengan bermusyawarah. Bertanggung jawab pada tugas yang diberikan dan Tidak mengingkari kesepakatan yang sudah diambil dengan teman. Bekerja sama dalam membersihkan kelas, tidak membeda-bedakan teman. Serta saling menghormati sesama teman

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan kita mengenai Jawaban Bacaan Pertempuran Ambarawa Kelas 6 yang ada pada Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 pembelajaran 3. Para pahlawan sudah berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tinggal kita mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat. Agar sobat dapat memahami materi ini, sobat dapat berlatih membuat peta pikiran dengan bacaan yang sobat temukan di majalah, Koran, buku atau di Internet. Dan tidak lupa, kami ingatkan jawaban yang ada dalam artikel ini hanyalah acuan belajar sobat di rumah. Sobat dapat mengembangkan jawaban berdasarkan pengalaman sobat sendiri. [ Bloggers.id ] Pencarian Populer : membuat peta pikiran tentang pertempuran ambarawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *