Jawaban Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Kelas 6 tema 2 subtema 1 pembelajaran 4 terbaru
Jawaban Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Kelas 6 tema 2 subtema 1 pembelajaran 4 terbaru

Jawaban Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Kelas 6

Bloggers.id – Ayah Ibu dan anak-anak semua, terima kasih sudah mengunjungi bloggers. Melanjutkan materi sebelumnya, kesempatan kali ini kita akan membahas Materi Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4. . Yuk, kita cermati!

Jawaban Bacaan Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Halaman 26-27

Pada kegiatan Ayo Membaca, anak-anak dapat mengetahui peristiwa penting menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Bacaan pada halaman 26 tersebut menceritakan peristiwa pada tanggal 9 Agustus 1945, yaitu pertemuan antara tiga tokoh bangsa Indonesia dengan Panglima Besar Tentara Jepang di Asia Tenggara. Setelah membaca, anak-anak diminta untuk menuliskan informasi penting pada sebuah peta pikiran.
Tugas menyusun peta pikiran berfungsi untuk menguji kemampuan menggali informasi berdasarkan kata tanya yang disediakan. Berikut contoh peta pikiran dari bacaan halaman 26.

Peta pikiran peristiwa menjelang proklamasi pembelajaran 4 subtema 1 tema 2 kelas 6

Jawaban:

  1. Apa yang disampaikan Panglima Tentara Jepang kepada pemerintah Indonesia?

2. Mengapa Jepang memutuskan untuk menghadiahkan kemerdekaan kepada Indonesia?

3. Siapa yang berdebat dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia?

4. Bagaimana proses kemerdekaan yang diinginkan oleh golongan muda?

5. Kapan Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat, Saigon?

6. Pada tanggal 9 Agustus 1945 6. Di mana Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat bertemu dengan Marsekal Terauchi?

Baca Juga: Materi Adaptasi Tumbuhan Serta Proklamasi di Pembelajaran 3

Baca Juga  Jawaban Rangkaian Seri Dan Paralel Kelas 6

Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 halaman 27

Setelah selesai menyusun peta pikiran, anak-anak diminta untuk mengembangkan peta pikiran tersebut menggunakan kalimat sendiri. Berikut contohnya:

mengembangkan peta pikiran bacaan peristiwa menjelang proklamasi kelas 6 tema 2

Jawaban:

Tanggal 9 Agustus 1945, Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat, Saigon untuk bertemu dengan Marsekal Terauchi, Panglima Besar Tentara Jepang di Asia Tenggara. Panglima tersebut menyampaikan informasi kepada pemerintah Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Untuk menarik simpati rakyat Indonesia, Jepang memutuskan untuk menghadiahkan kemerdekaan. Pertemuan antara Panglima Jepang dan Pemerintah Indonesia memicu pertentangan antara tokoh golongan tua dan golongan muda. Golongan menginginkan proses kemerdekaan Indonesia disiapkan oleh bangsa Indonesia tanpa ada campur tangan asing.

Baca Juga: Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 P2 (Kunci Jawaban)

Jawaban Bacaan Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Halaman 28

Pada kegiatan Ayo Berdiskusi ini anak-anak diminta untuk mengamati gambar berikut.

Permainan rangku alu
permainan bambu geprak

Setelah mengamati gambar, anak-anak diminta untuk berdiskusi tentang apa yang harus diperhatikan terkait persatuan dan kesatuan seandainya sedang ikut bermain bersama mereka?
Berikut contoh hasil diskusinya.

Jawaban:

Hal yang harus diperhatikan dalam bermain permainan rangku alu atau bambu geprak terkait persatuan dan kesatuan adalah harus saling bekerjasama dalam menggerakkan bambu, Selain bekerja sama menggerakan bambu, juga bekerja sama dalam bergantian menggerakan bambu. Dengan kerja sama yang baik, maka pemain dapat melompat dengan tepat dan permainan berjalan lancar juga menyenangkan.

Baca Juga: Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 P1

Jawaban Buku Siswa Halaman 29

Pada bagian ini anak-anak dihadapkan pada pertanyaan yang sebetulnya merupakan pertanyaan untuk menilai diri sendiri. Sejauh mana anak-anak sudah menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari?

Baca Juga  Bacaan Upacara Hari Sumpah Pemuda

Bentuk pertanyaan dan contoh jawaban sebagai berikut:

– Apakah kamu telah menerapkan nilai-nilai kerukunan terkait persatuan dan kesatuan dalam kehidupanmu sehari-hari? Jelaskan dan beri 3 contoh kegiatan dan perbedaan yang ada!

Jawaban:

Ya, saya telah menerapkan nilai-nilai kerukunan terkait persatuan dan kesatuan dalam kehidupan saya sehari-hari. Perbedaan yang ada dalam penerapan nilai kerukunan antara lain: 1) perbedaan suku, 2) perbedaan agama, dan 3) perbedaan pendapat. Kemudian, 3 contoh kegiatan yang mencerminkan nilai kerukunan adalah sebagai berikut.

1) Bekerja sama mengerjakan tugas dengan teman yang berbeda suku.

2) Mau bermain dengan teman yang berbeda agama.

3) Menghormati teman yang berbeda agama saat beribadah atau merayakan hari besar agamanya.

– Apa manfaat yang kamu peroleh dari nilai-nilai tersebut? Tulislah 3 manfaat yang kamu rasakan.

Manfaat setelah menerapkan nilai-nilai kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.

1) Memperoleh banyak teman.

2) Disayangi teman, guru, dan orang tua.

3) Pekerjaan yang dilakukan menjadi ringan dan cepat selesai.

Baca Juga: Sumber Daya Alam ASEAN Kelas 6 Pembelajaran 5

Kesimpulan

Tentunya jawaban-jawaban tersebut hanya sebagai contoh. Anak-anak  dapat mengembangkan lebih baik lagi. Jangan takut salah. Orang tua dapat mendampingi agar hasil lebih maksimal.

Demikian pembahasan Jawaban Bacaan Peristiwa Menjelang Proklamasi Kelas yang ada pada Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4. Jangan lupa tetap bersama kami di bloggers.id.Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *