Jawaban Bacaan Menyalurkan Energi Listrik Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 3 Terbaru
Jawaban Bacaan Menyalurkan Energi Listrik Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 3 Terbaru

Jawaban Bacaan Menyalurkan Energi Listrik Kelas 6 Tema 4

Bloggers.id – Materi kelas 6 tema 4 subtema 1 pembelajaran 3 – Jumpa kembali Sobat bloggers, kali inikita akan membahas materi tentang jawaban bacaan Menyalurkan Energi Listrik. Materi tersebut akan kita bahas dan jawab secara lengkap kali ini ya. Apakah Sobat bloggers sudah mengetahui bagaimana listrik bisa sampai ke rumah-rumah kita? Supaya lebih dapat mengetahui hal tersebut, mari kita simak materinya bersama-sama.

Jawaban Bacaan Menyalurkan Energi Listrik Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Halaman 26-27

Ayo Membaca

Menyalurkan Energi Listrik

Bagaimana Listrik Sampai ke Rumahmu?
Jawaban Bacaan Menyalurkan Energi Listrik Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Halaman 26-27

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi.  Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Listrik dapat dihasilkan dengan memanfaat sumber energi yang tersedia di alam, seperti: aliran air sungai (PLTA), panas bumi (PLTU), aliran angin (PLTA), dsb.

Setelah energi listrik dihasilkan di pusat pembangkit, energi listrik tersebut kemudian dinaikkan tegangannya oleh transformator penaik tegangan hingga 500 kv, baru kemudian disalurkan ke berbagai tempat menggunakan sistem transmisi yang dinamakan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), yang menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit. Setelah melalui SUTET yang melintasi wilayah pegunungan atau hutan-hutan, energi listrik kemudian masuk ke gardu induk.

Baca Juga  Pukulan-Pukulan Dalam Pencak Silat Kelas 4

Di gardu induk energi listrik diturunkan tegangannya oleh transformator penurun tegangan menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu-gardu distribusi dan diturunkan kembali tegangannya dalam gardu distribusi menjadi tegangan rendah 220 volt, tegangan sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Akhirnya, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.

Dengan adanya listrik, kini masyarakat dapat mengakses informasi yang berasal dari berbagai belahan dunia. Tanpa listrik, tentunya hal tersebut tidak akan bisa terjadi. Lalu bagaimana dengan daerahmu? Apakah kamu telah merasakan manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari di rumah?

Baca Juga: Pencak Silat di Era Globalisasi

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks. Diskusikan bersama teman untuk mendapatkan jawaban yang lengkap dan tepat.

1. Apa saja jenis sumber daya alam yang bisa digunakan untuk membangkitkan energi listrik?

Jawaban: Jenis sumber daya alam yang bisa digunakan untuk membangkitkan energi listrik seperti: aliran air sungai (PLTA), panas bumi (PLTU), aliran angin (PLTA), dsb.

2. Apa fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik?

Jawaban: Fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik adalah menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit ke berbagai tempat.

3. Mengapa energi listrik dari pusat pembangkit listrik perlu dinaikkan lalu diturunkan tegangannya sebelum disalurkan ke rumah-rumah?

Jawaban: Supaya tegangan sesuai dengan kebutuhan rumah tangga

4. Bagaimana sistim transmisi tersebut memiliki peran penting di era globalisasi sekarang ini? Jelaskan dengan singkat.

Jawaban: Listrik memiliki peran penting di era globalisasi.  Adanya globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya.

Berdasarkan hasil diskusi, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf dari teks tersebut pada diagram berikut!

Jawaban:

1. Globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya.

2. Listrik dapat dihasilkan dengan memanfaat sumber energi yang tersedia di alam, seperti: aliran air sungai (PLTA), panas bumi (PLTU), aliran angin (PLTA), dsb.

3. SUTET berfungsi menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit ke berbagai tempat.

4. Energi listrik dari pusat pembangkit listrik perlu dinaikkan lalu diturunkan tegangannya sebelum disalurkan ke rumah-rumah.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bacaan Sahabat Tak Terpisahkan

Baca Juga  Pencak Silat di Era Globalisasi

Ayo Menulis

Kamu telah memahami proses menyalurkan energi listrik dengan sistemtransmisinya.

Komponen utama pada proses penyaluran energi listrik adalah sistem transmisi, sistem distribusi, serta transformator penaik dan penurun tegangan.

Siapakah penemu sistem transmisi tersebut? Baca informasi singkat berikut untuk menambah wawasan ilmu pengetahuanmu.

Nicola Tesla

Nikola Tesla seorang berkebangsaan Yugoslavia, adalah penemu sistem pembangkit dan transmisi listrik pada tahun 1895. Sejak kecil Nikola memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang berbagai hal. Ia sangat menyukai matematika dan fisika. Ia pernah bekerja sama dengan Thomas Alva Edison dan merancang 24 jenis dinamo. Setelah Michael Faraday menemukan energi listrik, Nikola mengembangkan penemuan tersebut dengan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia. PLTA tersebut memanfaatkan air terjun Niagara di Amerika. Maka sejak saat itu listrik pun menerangi dunia hingga sekarang.

Jawaban Bacaan Menyalurkan Energi Listrik Kelas 6 Tema 4

Baca Juga: Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah menulis tentang proses dihasilkannya energi listrik pada pembangkit listrik sederhana mikrohidro. Sekarang, coba tuliskan dengan runtut kelanjutan dari tulisanmu, yaitu tentang proses menyalurkan energi listrik yang telah dihasilkan oleh pembangkit listrik mikrohidro tersebut. Kamu dapat menambahkan gambar untuk memperjelas tulisanmu.

Isi tulisanmu adalah tentang proses menyalurkan energi listrik dari pembangkit mikrohidro hingga sampai ke rumah-rumah warga di lingkungan tempat tinggalmu.

Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif pada tulisanmu.

Jawaban:

Air dialirkan melalui sebuah pipa pesat ke dalam rumah pembangkit yang umumnya dibangun di bagian tepi sungai untuk menggerakkan turbin atau kincir air mikrohidro. Energi mekanik yang berasal dari putaran poros turbin akan diubah menjadi energi listrik oleh sebuah generator. Listrik kemudian dialirkan ke rumah-rumah warga.

Kesimpulan

Demikian pembahasan materi kita tentang jawaban bacaan Menyalurkan Energi Listrik yang dapat kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 3. Bagaimana sobat bloggers, banyak informasi baru yang kamu pelajari dan pahami kali ini bukan? Supaya Sobat dapat lebih memahami materi ini, Kalian dapat bertanya dan berdiskusi dengan orang tua tercinta Kalian di rumah ya. Dan jangan lupa, tuliskan hasilnya pada buku tulis kalian ya! Terima kasih, semoga bermanfaat. [ Bloggers.id ]

Baca Juga  Bacaan Faktor Penyebab Diare secara Umum

Baca Juga: Bacan Roda Pengubah Wajah Dunia Kelas 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *