Jawaban Bacaan Kelestarian Hewan Langka Kelas 4 tema 3 subtema 2 pembelajaran 6 terbaru
Jawaban Bacaan Kelestarian Hewan Langka Kelas 4 tema 3 subtema 2 pembelajaran 6 terbaru

Jawaban Bacaan Kelestarian Hewan Langka Kelas 4

Bloggers.id – Apakah kamu masih ingat cara bermain Lompat Katak menggunakan bola kecil? Hari ini bloggers akan membahas jawaban Bacaan Kelestarian Hewan Langka Kelas 4 tema 3 subtema 2 pembelajaran 6. Jawaban ini bisa menjadi alternative untuk menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa. Yuk langsung saja  kita simak pembahasannya!

Jawaban Bacaan Kelestarian Hewan Langka Kelas 4

Hari ini kamu dan teman-temanmu akan mempraktikkan kembali permainan Lompat Katak tersebut. Semakin sering berlatih, tentunya akan membuat kamu semakin terampil. Sebelum bermain, diskusikan kembali secara berpasangan bagaimana cara memainkan permainan tersebut.

Jawaban Bacaan Kelestarian Hewan Langka Halaman 87

Diskusikan strategi yang akan kamu terapkan agar dapat melakukan permainan dengan baik secara berkelompok. Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut.

Jawab : Strateginya adalah dengan melatih keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan agar ketika permainan dapat melakukannya dengan baik.

Sekarang saatnya kamu memainkan permainan Lompat Katak. Perhatikan instruksi yang diberikan oleh gurumu. Setelah selesai bermain, diskusikan bagaimana kamu melaksanakan permainan ini dengan menjawab pertanyaan berikut.

Baca Juga  Jawaban Percobaan Bola Kertas Kelas 2

Apa yang sudah kamu lakukan dengan baik?

Jawab : Ya saya sudah melakukan dengan baik kegiatan melompati kardus.

Apa yang masih belum dapat kamu lakukan dengan baik?

Jawab : Yang belum saya lakukan dengan baik adalah ketika melempatkan bola pada keranjang.

Apa rencanamu agar kamu lebih terampil dalam bermain?

Jawab : berlatih dengan sungguh-sungguh agar hasilya maksimal

Baca Juga: Jawaban Karakteristik Hewan Berdasarkan Tempat Tinggal Kelas 4

Jawaban Bacaan Kelestarian Hewan Langka Halaman 89

Sebelumnya kamu telah berlatih bagaimana melakukan wawancara. Sekarang kamu akan belajar menulis laporan yang baik tentang hasil wawancara. Sebelumnya kamu telah belajar bagaimana membuat pertanyaan yang baik untuk wawancara. Kamu juga telah menyortir pertanyaan, berlatih melakukan wawancara dengan teman, dan mengetahui sikap dan keterampilan dalam melakukan wawancara. Diskusikan kembali secara berkelompok sikap dan keterampilan yang baik dalam melakukan wawancara.

Tuliskan hasil diskusi dalam bentuk peta pikiran pada kolom berikut.

Jawab:

sikap dan keterampilan yang baik dalam melakukan wawancara.

Setelah pulang sekolah, kamu akan melakukan wawancara tentang tumbuhan atau hewan. Kamu bisa memilih salah satu, tumbuhan atau hewan.

Baca Juga: Jawaban bacaan Harimau Masuk Desa, Warga Cemas Kelas 4

Setelah melakukan wawancara, kamu akan menulis laporan. Sebelum melakukan kegiatan tersebut, kamu akan belajar tentang cara menulis laporan berdasarkan hasil wawancara.

Format Menulis Laporan Hasil Wawancara

I. Latar Belakang

Menuliskan alasan melakukan wawancara.

Contoh:

Kami siswa kelas 4 mendapat tugas untuk melakukan wawancara tentang tumbuhan dan hewan kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal kami.

II. Maksud dan Tujuan

Menuliskan maksud dan tujuan dilakukan wawancara.

Contoh:

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggali informasi lebih lanjut dan memperdalam pemahaman kami tentang berbagai hewan dan tumbuhan di sekitar tempat tinggal kami, yang meliputi karakteristik tumbuhan dan hewan dan kaitannya dengan tempat hidupnya serta hak dan tanggung jawab terhadap lingkungan.

Baca Juga  Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan Kelas 5

III. Topik Wawancara

Menuliskan topik wawancara

Contoh:

Tumbuhan dan Hewan di Sekitarku

IV. Waktu dan Tempat Kegiatan

Menuliskan waktu dan tempat wawancara.

Contoh:

Wawancara ini dilaksanakan pada:

  • Hari / Tanggal : Sabtu, 19 November 2016
  • Waktu : pukul 08.00 – 09.00
  • Tempat : Kampung Mekar Jaya

V. Laporan Hasil Wawancara

Menuliskan narasumber, pewawancara, dan hasil wawancara.

Contoh:

  • Narasumber : Bapak Kurniawan
  • Pewawancara: Lani
  • Hasil Wawancara

Pada hari Sabtu, 19 November 2016, pukul 08.00 – 09.00, saya melakukan wawancara kepada Bapak Kurniawan tentang tumbuhan di sekitar tempat tinggalku …..

VI. Kesimpulan

Menuliskan kesimpulan

Baca Juga: Jawaban Permainan Lompat Katak Kelas 4

Jawaban Bacaan Kelestarian Hewan Langka Halaman 91

Melestarikan hewan langka yang terancam punah merupakan kewajiban bersama.

Ayo, kita diskusikan!

Sebelumnya kamu telah mengetahui tentang hak dan kewajiban terhadap hewan yang ada di sekitar kita. Kita perlu menjaga keseimbangan dan kelestarian hewan-hewan tersebut untuk kelangsungan kehidupan di muka bumi.

Tulis apa saja yang kamu ketahui terkait dengan hewan langka.

Jawab : hewan langka adalah hewan-hewan yang jumlahnya sudah sedikit. Biasanya ini disebabkan oleh kerusakan habitat tempat tinggal, dan juga oleh perburuan liar yang hanya bertujuan untuk diambil bagian-bagian tubuh tertentu. Hal ini perlu mendapatkan perhatian serius dari berbagai pihak, karena kalau tidak, boleh jadi hewan-hewan tersebut akan punah. Sudah menjadi kewaajiban kita semua untuk ikut melestarikan lingkungan termasuk hewan hewan yang sudah langka tersebut.

Jawaban Bacaan Kelestarian Hewan Langka Halaman 92

Baca teks berikut.

Lestarikan Hewan Langka.

Pelestarian hewan langka bertujuan agar hewan tersebut tidak mengalami kepunahan. Kelestarian hewan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia. Sebagai warga negara kita mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk melindungi dan melestarikan hewan-hewan langka tersebut.

Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga hewan langka, antara lain:

  1. melakukan penangkaran hewan langka.
  2. mendirikan tempat-tempat perlindungan hewan langka, misal: suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, dan taman nasional.
Baca Juga  Jawaban Bacaan Bermain Tebak-tebakan

Dengan melindungi hewan langka kita dapat:

  1. menjaga keseimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi tetap berjalan dengan baik;
  2. melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat;
  3. memenuhi kebutuhan masyarakat, misalnya untuk bahan pangan dan obat-obatan.

Baca Juga: Jawaban Bacaan Dayu dan Si Mungil kelas 4 Tema 3

Jawab pertanyaan berikut.

Mengapa kita perlu melestarikan hewan langka?

Jawab : Karena kelestarian hewan sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.

Apa yang terjadi jika terdapat hewan yang punah?

Jawab : Yang akan terjadi adalah keragaman hewan semakin berkurang, kita tidak bisa lagi mendapatkan manfaat dari hewan yang sudah punah.

Apa yang bisa kita lakukan sebagai warga negara untuk melestarikan hewan langka?

Jawab :

  • melakukan penangkaran hewan langka.
  • mendirikan tempat-tempat perlindungan hewan langka, misal: suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, dan taman nasional.

Tuliskan himbauanmu kepada masyarakat agar melestarikan hewan langka.

Jawab : Mari tingkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap hewan langka. Karena kelestarian mereka bermanfaat bagi hidup anda.

Apa kaitan antara kewajiban sebagai warga negara dengan pelestarian hewan langka?

Jawab : Sebagai warga negara kita mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk melindungi dan melestarikan hewan-hewan langka tersebut. Karena hewan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia.

Apa yang terjadi jika kewajiban tersebut tidak dilaksanakan?

Jawab : Hewan akan punah, kelesterarin alam terganggu, kebutuhan masyarakat tidak terpenuhi.

Kesimpulan

Kesimpulan

Kita sudah mengetahui tentang cara melakukan wawancara mulai dari persiapan sampai akhir setelah wawancara dan juga hewan langka serta cara menjaga kelestarian hewan langka agar tetap terjaga kelestariannya. Oleh karena itu mari kita sayangi hewan agar tetap terjaga kelestariannya. Demikian pembahasan jawaban bacaan kelestarian hewan langka kelas 4 tema 3 subtema 2 pembelajaran 6. [Bloggers.id]

Baca Juga: Jawaban Bacaan Burung Cendrawasih Kelas 4 Tema 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *