Jawaban Bacaan Kami Berbeda namun Kami Bekerja Sama Kelas 6 tema 2 subtema 2 pembelajaran 2
Jawaban Bacaan Kami Berbeda namun Kami Bekerja Sama Kelas 6 tema 2 subtema 2 pembelajaran 2

Jawaban Bacaan Kami Berbeda namun Kami Bekerja Sama Kelas 6

Bloggers.id – Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia tidak lepas dari makna yang terkandung dalam sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia. Mengapa persatuan dan kesatuan penting? Apa yang akan terjadi jika Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak bersatu? Pada artikel Bacaan Kami Berbeda namun Kami Bekerja Sama kali ini, kita akan mempelajari makna perbedaan yang ada di SD Nusantara. Kita juga akan mempelajari tentang pola lantai pada tarian daerah. Kalian masih ingat bukan? Ayo, kita pelajari!

Bacaan Kami Berbeda namun Kami Bekerja Sama Halaman 52

Ayo Membaca

Meskipun Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke dengan penduduk yang berasal dari latar belakang dan kebudayaan yang berbeda-beda, namun dengan semangat persatuan dan kerja sama, bangsa Indonesia mampu mengusir penjajah dari bumi Indonesia. ‘Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh’ adalah semboyan yang sering didengungkan untuk meningkatkan semangat persatuan pada masa
penjajahan.

Baca Juga  Sumber Energi Minyak Bumi Kelas 4 Tema 2

Amati gambar dan baca teks berikut dalam hati!

Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama

Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama

Matahari belum tinggi ketika Edo, Dayu, dan teman-temannya bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain lompat karet, ada yang bermain Petak Jongkok, ada yang bermain congklak di selasar kelas, dan sebagian lagi ikut dalam permainan Rangku Alu. Edo, Dayu, Siti, Udin, Beni, dan Lani memilih ikut permainan Rangku Alu bersama beberapa teman lain. Mereka memang lebih suka dengan permainan olah tubuh di luar ruangan.
Baru beberapa hari yang lalu, teman baru mereka, Yanes yang memperkenalkan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Permainan yang menggunakan tongkat bambu ini adalah permainan anak yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara senang sekali mengenal permainan baru ini.
“Seru dan menantang!” kata mereka. Anak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya. Perbedaan
warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak mereka anggap sebagai masalah. Semua akrab bermain bersama. Pernah sekali waktu, ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar, “Ih, Dayu, mau-maunya kamu bermain dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!” ejeknya. “Ah, aku tak pernah pusing dengan warna kulit, tak pernah pusing dengan asal daerah. Aku dan Siti pun berbeda. Aku anak Bali, Siti anak Sumatra, tetapi kami saling memahami. Pertemanan hanya butuh waktu untuk saling menyesuaikan. Aku pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri denganmu, Hendra.” Balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia juga tidak pernah mengalami masalah dengan temannya yang berbeda asal. Begitulah gambaran keseharian di SD Nusantara. Anak-anak tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda. Wawasan mereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain.
Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional. Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yang menyenangkan.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Budaya Tolong -Menolong

Baca Juga: Jawaban Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Kelas 6

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks!

Apa saja perbedaan yang kamu temukan dalam cerita di atas?
Jawaban : Perbedaan yang ditemukan pada teks bacaan adalah perbedaan suku, perbedaan budaya dan perbedaan warna kulit.
Bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?
Jawaban : Edo dan kawan-kawannya tidak menganggap perbedaan sebagai suatu masalah.
Apakah perbedaan menghalangi mereka dalam melakukan kerja sama?Jelaskan!
Jawaban : Tidak, mereka tetap bekerja sama walaupun berbeda suku, agama maupun kebiasaan dan mereka tetap rukun
Apa manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda?
Jawaban : Manfaatnya adalah pekerjaan yang kita lakukan akan cepat selesai, lebih mudah mengerjakannya dan menambah wawasan kita mengenai perbedaan yang ada pada lingkungan dan masyarakat.
Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Berikan contoh!
Jawaban : (Sobat dapat menjawab pertanyaan ini sesuai dengan pengalaman sobat sendiri.)
Bagaimana kamu menyikapi perbedaan yang ada? Jelaskan!
Jawaban : Cara menyikapi perbedaan adalah dengan menganggap perbedaan itu hal yang wajar dan biasa saja. Hanya butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan perbedaan yang ada.
Jelaskan manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban : Manfaat kerjasama dalam kehidupan sehari-hari adalah mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan, Kehidupan akan menjadi rukun dan damai, pekerjaan yang ada akan menjadi cepat selesai dan Tidak akan menimbulkan konflik dalam kehidupan.

Baca Juga: Pembahasan Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5 dan 6

Bacaan Kami Berbeda namun Kami Bekerja Sama Halaman 55

Ayo Berkreasi

Tahukah kamu bahwa kerja sama dan persatuan juga penting ketika kamu menampilkan tari secara berkelompok?

Apakah kamu masih ingat tentang pola lantai ketika menari? Jelaskan!

(Sobat tentunya masih ingat tentang pola lantai pada tarian daerah yang kita pelajari pada materi sebelumya bukan?)
Pengertian dari pola lantai adalah pergerakan yang dilakukan dengan cara berpindah atau bergeser secara terstruktur sehingga membentuk pola denah tertentu. Pola lantai terdiri dari Pola lurus, Pola lingaran atau garis melengkung, Pola vertikal dan pola horizontal

Diskusikan jawabanmu secara berkelompok dan peragakan contoh-contoh pola lantai tersebut!

Baca Juga  Bentuk Interaksi Sosial Masyarakat dan Tanggung Jawab

Sekarang kamu akan menerapkan pola lantai tersebut dalam tari Indang yang berasal dari Sumatra Barat. Amati gambar dan baca penjelasannya!

Pola lantai dalam tari Indang

Pola lantai dalam tari Indang
Pola lantai dalam tari Indang
Pola lantai dalam tari Indang
Pola lantai dalam tari Indang

Baca Juga: Jawaban Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Kelas 6

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan materi Bacaan Kami Berbeda namun Kami Bekerja Sama. Agar kalian lebih memahami materi ini kalian dapat menceritakan kepada Ayah dan Bunda di rumah mengenai pentingnya persatuan dan kerja sama untuk mencapai tujuan! Ajaklah semua anggota keluarga untuk menerapkan semangat persatuan dan kerja sama di rumah. Dan bloggers ingatkan jawaban yang terdapat pada artikel ini dapat kalian kembangkan sendiri. Artikel ini hanya sebagai acuan belajar. Semoga bermanfaat. [ Bloggers.id ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *