Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku

Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku Kelas 2

Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku Kelas 2 – Halo Sobat bloggers semua, anak-anak, rekan guru dan ayah bunda di rumah, kali ini bloggers akan membahas Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku Kelas 2 tentang pembelajaran 1 di kelas 2 tema 2 subtema 1 yang ada di Buku Siswa, bloggers akan membahas secara detail jawaban dari pertanyaan yang ada di dalamnya. Tentunya, jawaban buku siswa tersebut bukan jawaban mutlak namun bisa menjadi acuan bagi anak-anak, rekan guru dan ayah bunda dalam mengajari anak-anak dalam belajarnya. Jawaban tersebut bisa dikembangkan sesuai dengan kondisi anak-anak, rekan guru dan ayah bunda di rumah.

Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku Halaman 1 

Bermain di Lingkunganku

Hari Minggu Beni dan Tiur bermain perahu kertas. Beni belajar membuat perahu. Beni sangat senang sekali. Beni berjanji dengan teman-teman untuk bermain di rumah Udin minggu depan. Banyak permainan yang dimainkan Beni dan teman-temannya. Pada saat liburan, Beni dan teman-teman mengunjungi tempat wisata dan bermain di sana.

Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku Halaman 1
Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku Halaman 1 b

Baca Juga : Bernyanyi Lagu Menanam Jagung Kelas 4 Tema 2

Baca Juga  Bacaan Dayu Tidak Mau Sekolah, Materi Kelas 4

Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku Halaman 2

Apa saja jenis permainan yang Beni dan teman-teman lakukan?

Jawaban : Beni dan teman teman bermain Sepak Bola

Di mana saja mereka bermain?

Jawaban : Mereka bermain bola dilapangan

Siapa saja yang ikut bermain?

Jawaban : Beni bermain dengan Edo, Udin, Riko dan Andi

Kapan mereka bermain?

Jawaban : Mereka bermain sepak bola pada saat jam istirahat

Apa permainan kegemaranmu?

Jawaban : (Siswa menjawab sesuai permainan yang disukainya, contohnya bermain petak umpet)

Bagaimana cara melakukan permainan tersebut?

Jawaban: (Siswa menjawab sesuai dengan permainan yang disukainya, contohnya bermain petak umpet caranya adalah Hompimpah ,anak yang kalah akan menjadi pencari, tugasnya adalah mencari teman lain yang bersembunyi. Ia menutup mata sambil bersandar ke tiang/dinding sebagai “benteng utama” lalu membuat hitungan 1 sampai 10.  Segera saat benteng menghitung, anak-anak lain mencari tempat untuk bersembunyi. Pada hitungan ke-10, Pencari membuka mata dan mencari teman-temannya. Setiap menemukan persembunyian seorang teman, Pencari meneriakkan nama teman itu lalu lari ke benteng untuk menepuk benteng sambil berkata “jiglong!”

Jika ada satu anak yang bisa mendahului Pencari untuk menepuk benteng dan berteriak “glong!”, artinya anak-anak menang dan Pencari kalah. Pencari harus menutup mata kembali sambil bersandar ke tiang/dinding, dan permainan diulang lagi dari awal. Kalau tidak anak yang bisa melakukan “jiglong”, maka Pencari menang. Anak yang ditemukan pertama kali, akan menggantikannya menjadi Pencari.

Baca Juga : Kisah Ali Si Biji Energi Kelas 4 Tema 2

Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku Halaman 3

Bermain di Lingkungan Rumah

Hari ini hari Minggu. Setelah membantu ibu dan ayah, Beni dan kakaknya, Tiur, bermain bersama. Mereka bermain perahu kertas.

Apa yang dilakukan Beni dan Kak Tiur?

Jawaban : Beni dan Kak tiur bermain perahu kertas di ember

Pernahkah kamu melakukan kegiatan tersebut?

Jawaban: (Siswa menjawab sesuai dengan pengalaman mereka)

Pembahasan Materi

Jadi sobat bloggers, pada materi di buku siswa halaman 1, 2 dan 3 siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan tepat, jadi disini siswa diharapkan mampu menjawab pertanyaan berdasarkan bacan Bermain di lingkunganku selain itu diharapkan siswa mampu menceritakan dan menuliskan pengalamannya sendiri ketika bermain  dirumah dengan bahasa masing-masing. Siswa juga diharapkan mampu untuk membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Bermain Kasti Kelas 2 Tema 3

Baca Juga : Bermain Kincir Angin Sederhana Kelas 4 Tema 2

Beni dan Tiur asyik bermain.
Sambil bermain, mereka bernyanyi dengan riang.

Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku berdayung

Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku Halaman 4

Apa isi lagu yang telah kamu nyanyikan?

Jawaban : Isi lagu tersebut adalah ajakan kepada generasi muda untuk terus maju menuju masa depan yang cerah, dan tidak mudah berputus asa

Bagaimana cara kamu menyanyikannya?

Jawaban

Lajulah perahuku laju
Meluncur di air biru
Lajulah perahuku laju
Ketempat yang aku tuju
Jangan hiraukan angin datang
Biarkan angin bertiup kencang
Lajulah perahuku laju
Ketempat yang aku tuju

Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku Halaman 5

Ketika bernyanyi, kita mengeluarkan bunyi beraturan. Bunyi beraturan disebut nada. Ada nada yang panjang dan ada yang pendek. Panjang pendek nada dapat dihitung. Satuan hitungannya yaitu ketukan. Perhatikan panjang pendek nada berikut!

Nada 2 ketuk | 7 . | 6 . |
Ada 1 buah titik di belakangnya. Jadi, nadanya diperpanjang sebanyak 1 ketuk.
Nada 1 ketuk | 5 6 5 3 | 2 3 2 1 |
Tidak memiliki titik atau garis di atasnya.

Baca Juga : Jawaban Penyebab Penyakit Asma Kakek Husin

Diskusikanlah kegiatan berikut bersama temanmu!

Beri tanda      untuk nada 2 ketuk.

Beri tanda      untuk nada 1 ketuk.

Panjang ketukan nada

Pembahasan Materi

Fokus pembelajaran pada adalah materi panjang dan pendek ketukan pada sebuah nada. Sehingga harapannya siswa dapat siswa dapat membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar. Setelah siswa bisa membedakan panjang dan pendeknya ketukan, siswa bisa menyanyikan lagu dengan memperhatikan panjang dan pendek ketukan nadanya.

Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku Halaman 6

Dengarkan gurumu membaca teks berikut!

Bermain Perahu Kertas

Beni sangat senang bermain perahu kertas. Permainan ini sangatlah sederhana. Satu lembar kertas bisa menghasilkan sebuah perahu. Perahu yang telah selesai dibuat diapungkan di dalam baskom berisi air. Selain itu juga bisa diapungkan pada genangan air di saat hujan turun. Perahu dapat berlayar dengan bantuan angin. Beni sangat menyukai permainan ini.

Apa isi dari teks yang telah dibacakan gurumu?

Jawaban : Isi teks tersebut adalah Beni sangat senang bermain perahu kertas

Dapatkah kamu menceritakannya kembali?

Jawaban : Bisa

Berilah tanggapanmu terhadap cerita temanmu!

Jawaban : (Siswa memberikan tanggapan setelah mendengarkan temannya bercerita didepan kelas contohnya : ceritanya bagus dan lengkap)

Baca Juga : Pengamalan Sila Kelima Pancasila Kelas 6 Tema 1

Baca Juga  Halaman Rumah Bersih dan Sehat Kelas 2

Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku Halaman 7

Bacalah kembali teks “Bermain Perahu Kertas”!

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks tersebut!

1. Apa saja benda yang digunakan dalam bermain perahu kertas?

Jawaban : Benda yang digunakan adalah kertas, ember dan air atau tempat lain yang memiliki air

2. Bagaimana cara memainkan perahu tersebut?

Jawaban : Membuat perahu dari kertas dengan melipat kertas menjadi perahu lalu perahu kertas tersebut dihanyutkan ke air

Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku Halaman 8

Beni membuat 2 buah perahu kertas. Tiur juga membuat 2 buah perahu kertas. Kemudian, ayah juga membuat 2 buah perahu kertas lagi.

Jika digabungkan, berapa jumlah perahu semuanya?

Jawaban Buku Siswa Kelas 2 (5)

Jawaban : 3 + 3 = 6

Ada berapa kelompok perahu pada gambar tersebut?

Jawaban : ada 2 kelompok perahu

Berapa jumlah perahu setelah digabungkan?

Dapat ditulis: 2 x  3 = 6

Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku halaman 9

Jawaban Buku Siswa Kelas 2 (6)

Jawaban : 1 + 1 + 1 = 3

                  3 x 1 = 3

Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku (7)

Jawaban : 4 + 4 + 4 = 12

                  3 x 4 = 12

Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku (8)

Jawaban = 2 + 2 + 2 + 2 = 8

                  4 x 2  = 8

Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku (9)

Jawaban = 4 + 4 + 4 + 4 = 16

                    4 x 4 = 16 

5. Dua kelompok anak bermain lompat tali.
Setiap kelompok terdiri atas 5 anak.
a. Kalimat perkaliannya adalah: ….. x  ……
b. Nyatakan kalimat perkalian tersebut dengan penjumlahan berulang!
……………………………………………………………….

Jawaban

  1. 2 x  5 = 10
  2. 5 + 5 = 10

Baca Juga : Kegiatan Ekonomi Negara ASEAN Kelas 6 Tema 1

Pembahasan Materi

Dengan mengamati contoh dan bimbingan guru, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan benar. Konsep perkalian yang dipelajari dalam materi ini perkalian sebagai penjumlahan berulang. Siswa dapat dibimbing dalam mempelajari konsep ini dengan benda konkret (seperti kelereng, batu kecil, permen dan yang lainnya). Tahap perkembangan siswa kelas 2 masih berada pada tahap operasional konkret yaitu konsep berfikir logis dengan benda-benda yang ada disekitarnya. Dengan benda-benda konkret sebagai contoh pemecahan soal perkalian sebagai penjumlahan berulang siswa akan lebih mudah dalam memahaminya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan buku siswa kelas 2 tema 2 subtema 1 pembelajaran 1 yang bloggers berikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anak-anak, rekan guru dan ayah bunda sekalian. Dan perlu di ingat, jawaban buku siswa kelas 2 yang ada di artikel ini bisa bisa sobat bloggers sekalian kembangkan sesuai dengan keadaan siswa masing-masing. Ayah dan bunda hendaknya mengajak siswa berdiskusi tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang dengan memberikan contoh dengan menggunakan benda-benda konkret dalam melatih pemecahan soal dirumah

Pencarian Populer : teks bacaan bermain di lingkunganku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *