Jawaban Bacaan Aku Sarjana Pemulung Kelas 4

bloggers.id – Sudahkah kamu menentukan cita-citamu? Tentunya kamu harus melakukan sesuatu untuk mencapai cita-cita tersebut, bukan? Kali ini bloggers akan menyajikan pembahasan Jawaban Bacaan Aku Sarjana Pemulung Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2. Yuk langsung kita simak pembahasannya!

Perhatikan gambar di atas!

Pernahkah kamu menemui anak-anak yang  bekerja menjadi pemulung seperti di  atas?  Pernahkah kamu berpikir mengapa  mereka bekerja di  usia muda mereka? Apakah yang dilakukan mereka? Apakah peran mereka di masyarakat?

Tahukah kamu, bahwa beberapa anak pemulung tetap bersekolah.  Mereka memiliki  cita-cita juga seperti kamu. Bahkan,  ada beberapa pemulung  yang telah mencapai cita-citanya dengan gemilang.

Jawaban Bacaan Aku Sarjana Pemulung halaman 120

Simaklah bacaan berikut dengan saksama!

Ayo Membaca

Aku, Sarjana Pemulung

Namaku  Wahyudin,  biasa dipanggil Wahyu.   Aku anak pasangan buruh tani. Aku tinggal bersama  kelima saudara  tiriku dan dua adikku, selain orang tuaku.  Karena kemiskinan, tidak ada satu pun   dari   kakak  tiriku yang  dapat menamatkan sekolah dasarnya. Aku pun  terancam demikian, karena kami tidak punya uang untuk sekolah.

Tetapi aku bertekad, aku harus sekolah. Saat subuh aku pergi mengumpulkan sampah plastik dan kardus untuk dijual. Pekerjaanku ini disebut memulung. Aku adalah seorang pemulung. Hasil dari memulung digunakan untuk membayar uang sekolahku. Aku memulung sejak usia 10 tahun pada saat aku  duduk di kelas IV SD.

Baca Juga  Link Twibbon Hari Jadi Kota Batam ke-192 Tahun 2021

Untuk menamatkan  sekolah dasar, aku  perlu tambahan  biaya.  Selain memulung,  aku   pun    menggembalakan  kambing  tetangga.  Sewaktu SMP, aku  juga berjualan gorengan. Apa  pun  kulakukan agar aku  dapat sekolah. Pada saat SMA aku  menjalani tujuh profesi sekaligus agar aku tetap sekolah.  Tetapi meski demikian, aku  selalu dapat menjadi juara di sekolahku.

Pada tahun 2013,  aku  telah menyelesaikan kuliahku di  Jakarta dengan tetap menjadi pemulung. Lalu,  aku  mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan  kuliah kembali di  ITB (Institut Teknologi   Bandung), yang kini hampir selesai.  Aku bangga telah mencapai cita-citaku untuk terus sekolah, meskipun dengan perjuangan yang  panjang dan berat.

Sumber: www.news.detik.com/ dengan pengubahan.

Ayo Berdiskusi

Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!

Aku sarjana Pemulung

Apa saja prestasi yang telah diraih Wahyudin karena usaha dan kerja kerasnya?

Jawab : menyelesaikan kuliahku di  Jakarta, dan melanjutkan S2 di ITB

Apa kesimpulanmu terhadap usaha Wahyudin untuk meraih cita-citanya?

Jawab : usaha wahyudin sangatlah keras untuk meraih cita-citanyasampai pekerjaan apa saja rela dilakukannya. Tetapi akhirnya usahanya membuahkan hasih dengan bisa menyelesaikan sekolahnya

Jawaban Bacaan Aku Sarjana Pemulung halaman 122

Ayo Membaca
Bacalah puisi  berikut di dalam hati!

Sahabatku Seorang Pemulung
Ciptaan: D. Karitas

Tangan-tangan kecilmu/ begitu lincah//
Mengais dan memilah/sampah rumah//
Kamu mencari plastic/
Bahkan kertas dan kardus//

Berbekal karung dan tongkat kecil//
Kamu  mencari/ dan menemukan/
Barang-barang/ yang  telah dibuang pemiliknya//
Untuk ditukarkan/ kepada para pengepul//

Aku mengagumimu,/ sahabatku/
Kamu  tidak pernah menyerah//
Kamu  tidak pernah mengeluh//
Kamu  selalu bersemangat//

Semoga kamu dapat mencapai/ cita-citamu//
Seperti aku  pun  berjuang untuk itu//
Mari kita  saling mendukung/
Untuk menjadi yang  kita  mau//

Ayo Berdiskusi

Setelah membaca puisi  tersebut, lakukanlah kegiatan berikut!

1.   Baca  lagi puisi  “Sahabatku Seorang Pemulung” di dalam hati.
2.   Tentukan tanda jeda untuk menentukan waktu berhenti lama dan berhenti sejenak.
3.   Bacakan puisimu  kepada  teman  sebangkumu.  Minta temanmu  untuk menyimak cara membacamu dengan penempatan tanda jeda yang  sesuai.
4.   Diskusikan pendapat kalian.  Lakukan secara bergantian.
5.   Bacakan puisi  tersebut di  depan kelas dengan lafal  yang  jelas dan jeda yang  sesuai.

Baca Juga  Jawaban Pengamalan Sila Pertama Pancasila kelas 4

Jawaban Bacaan Aku Sarjana Pemulung halaman 123

Ayo Berkreasi

Banyak usaha telah dilakukan untuk memanfaatkan barang bekas atau tidak terpakai di  lingkungan  sekitar.   Salah  satunya  dengan mendaur ulang barang-barang  bekas pakai yang  berasal dari  rumah untuk membuat karya seni rupa.   Membuat karya seni rupa dengan menggunakan barang bekas adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan.  Kali ini kamu akan membuat karya kolase dengan menggunakan bahan kertas koran bekas.

Tahukah  kamu tentang kolase?  Kolase  adalah teknik untuk membuat karya seni rupa  dua dimensi dengan cara memotong dan menempel.  Bahan yang digunakan terdiri atas berbagai bahan, seperti kertas, kain,  kaca,  logam, kayu, dan lainnya yang  ditempelkan pada permukaan gambar.

Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk  memulai membuat kolase.

Siapkan bahan-bahan berikut ini.
1.   Selembar kertas, bisa kertas karton atau kertas sketsa/gambar.
2.   Lem.
3.   Gunting.

Tahukah Kamu

Tahukah kamu, bahwa sampah telah menjadi masalah lingkungan yang semakin sulit  diatasi? Sampah plastik telah menutupi beberapa samudra dan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang serius. Banyak hewan laut  mati karena memakan sampah plastik.

Salah satu cara yang  dilakukan masyarakat kini  adalah dengan menggalakkan  gerakan  daur  ulang  sampah  plastik.  Tujuan  mendaur ulang sampah  plastik untuk memperpanjang  usia  pemakaian  barang sehingga tidak perlu membeli untuk sementara waktu. Dengan demikian, jumlah  s ampah dapat  dikurang i  jumlahnya.  Dengan  melakukan penghematan penggunaan barang dari  alam, kita  telah melakukan usaha pelestarian makhluk hidup di sekitar kita.

Jawaban Bacaan Aku Sarjana Pemulung halaman 124

Ayo Membaca

Pelestarian makhluk hidup

Keanekaragaman makhluk hidup telah memberikan manfaat  bagi kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya. Sepantasnya manusia berusaha  da`keanekaragaman makhluk hidup sebagai sumber daya alam hayati, agar senantiasa dapat memperoleh manfaatnya.

Baca Juga  Latihan Soal PTS/UTS I Kelas 1 Tema 1 Subtema 3 & 4 Beserta Jawaban

Masyarakat   dunia  sekarang  harus  segera  ber tindak  melestarikan keanekaragaman  makhluk   hidup.  Dampak  buruk  yang diakibatkan kepunahan    makhluk   hidup   telah    merugikan   bagi   manusia   itu sendiri. Di Indonesia, banyak jenis hewan dan tumbuhan asli Indonesia berada di ambang kepunahan. Bahkan, beberapa sudah punah.

Pelestarian makhluk hidup dapat dilakukan melalui cara-cara di antaranya berikut.

1.   Upaya  Pelestarian Tumbuh-tumbuhan

Upaya yang  dilakukan sebagai berikut.

a.   Kebun  koleksi,  biasanya hanya untuk mempertahankan tumbuhan bibit unggul. Contoh: kebun kelapa di Bone-Bone, kebun mangga di Pasuruan.

b.   Kebun   plasma  nutfah,  merupakan  perkembangan  kebun koleksi Contoh: Kebun  plasma nutfah di Cibinong LIPI dengan buah-buahan inti, talas, dan suweg.

c.   Kebun  botani, didirikan pada tahun 1817 di Bogor,  terkenal dengan nama Kebun  Raya Bogor.

2.  Upaya  Pelestarian Hewan

Upaya yang  dilakukan sebagai berikut.

a.   Menangkar hewan langka dengan cara mengisolasi hewan tersebut. b.   Mengambil telur-telur hewan untuk dibantu menetaskannya.

c.   Memindahkan hewan langka ke tempat yang  lebih  cocok.

d.   Membuat undang-undang perburuan.

e.   Menindak tegas para pelanggar dengan memberikan sanksi hukum sesuai hukum yang  berlaku.

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan  di  atas   dan  dengan  menggunakan  berbagai sumber informasi, lakukanlah kegiatan berikut!

1.  Bersama  dengan  teman  sekelompokmu carilah  informasi  sebanyak- banyaknya terhadap usaha-usaha pelestarian makhluk hidup.

2.   Cari informasi apakah ada pelestarian makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan yang ada di sekitarmu.

125

3.   Cari  tahu kegiatan pelestarian apa sajakah yang   telah  dilakukan, jenis hewan dan tumbuhan yang   dilestarikan, cara melestarikan, dan kapan didirikan.

4.   Presentasikan hasil pekerjaanmu dalam bentuk poster.

5.   Presentasikan hasilnya di depan kelas.

Usaha Pelestarian makhluk hidup

a. Kebun raya Bogor didirkan untuk melestarikan tanaman-tanaman agar tidak cepat punah. Didirikan di kota bogor pada tahun 1817.

Kesimpulan

Demikian tadi pembahasan Jawaban Bacaan Aku Sarjana Pemulung Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Nantikan pembahasan selanjutnya di bloggers.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *