Jawaban Interaksi Manusia dengan Lingkungan kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 3 Terbaru
Jawaban Interaksi Manusia dengan Lingkungan kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 3 Terbaru

Interaksi Manusia dengan Lingkungan kelas 5

Daftar Isi

Bloggers.id – Halo sobat bloggers, hari ini jangan lupa belajar yaa, belajar lebih menyenangkan bersama bloggers.id. Hari ini kita akan belajar pada materi kelas 5 tema 4 subtema 2 pembelajaran 3, mengenai identifikasi pantun dari jumlah suku kata hingga amanat dalam pantun, kegiatan sosial budaya serta interaksi manusia dengan lingkungan pengaruhnya terhadap lingkungan dan warga sekitar, dan memahami tanggung jawab, hak, kewajiban dalam kegiatan pemilihan pemimpin di lingkungan tempat tinggal. Marilah kita mulai pelajaran hari ini, jangan lupa berdoa sebelum belajar yaa…

Interaksi Manusia dengan Lingkungan halaman 64

Interaksi Manusia dengan Lingkungan halaman 64

Hari itu, Dayu dan teman-teman akan melakukan wawancara. Dayu, Edo, dan Lina sepakat untuk berangkat bersama. Mereka juga sepakat bahwa Dayu dan Edo akan menghampiri Lina terlebih dahulu, kemudian berangkat lalu menuju ke tempat narasumber wawancara.

Ayo membaca halaman 64

Pantun adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu) yang tiap baitnya terdiri atas empat baris. Berikut merupakan

ciri-ciri pantun.

a. Pantun bersajak a–b–a–b.

b. Satu bait terdiri atas empat baris.

c. Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata. d. Dua baris pertama adalah sampiran dan dua baris berikutnya adalah isi pantun.

Ayo berlatih halaman 65

Perhatikan pantun berikut

Baca Juga  KKM Kurtilas Kelas 5 Terbaru Download Gratis
pantun

1. Jelaskan ciri-ciri pantun di atas !

2. Identifikasilah sampiran dan isi pantun di atas ?

3. Apa amanat pantun di atas ?

4. Buatlah sebuah pantun, lalu identifikasilah ciri-cirinya. Presentasikanlah pantun buatanmu di depan kelas!

Jawaban :

1. Ciri-ciri pantun di atas :

a. Pantun bersajak a–b–a–b.

b. Satu bait terdiri atas empat baris.

c. Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata. d. Dua baris pertama adalah sampiran dan dua baris berikutnya adalah isi pantun.

2. Sampiran dan isi pantun :

Saat malas tak bertenaga
Jangan diam seperti patung
Ayo kita berolahraga
Bersepeda keliling gunung
  • Merah = Sampiran
  • Biru = Isi

3. Amanat pantun :

Berolahraga merupakan salah satu kegiatan untuk menjaga kesehatan. Olahraga yang dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, misalnya bersepeda.

4. Pantun saya :

Buah durian buah naga
Rasanya enak makan bersamanya
Marilah bersama olahraga
Meskipun langit terlihat mendung
BarisPantunSajakSuku kata 
1Buah durian buah nagaA9Sampiran baris 1 & 2
2Rasanya enak makan dikebunU10 
3Marilah bersama olahragaA10Isi baris 3 & 4
4Meskipun langit terlihat mendungU10 

Amanat pantun : Marilah kita bersama-sama melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan meskipun kondisi cuaca sedang mendung, karena olahraga dapat dilakukan kapan saja.

Baca Juga: Organ Peredaran Darah Manusia dan Gangguannya

Interaksi Manusia dengan Lingkungan halaman 66

Wawancara Pak Damar

Dayu, Edo, dan Lina berangkat melakukan wawancara menggunakan sepeda. Mereka membutuhkan waktu setengah jam untuk sampai ke tempat wawancara. Dayu, Edo, dan Lina sampai ke rumah narasumber wawancara. Mereka akan mewawancarai Pak Damar. Pak Damar merupakan pengusaha sandal kesehatan.

Wawancara Pak Damar Ketua RW Interaksi Manusia dengan Lingkungan halaman 64

Setelah melakukan wawancara, Dayu, Edo, dan Lina membuat kesimpulan. Berikut hasil wawancara Dayu, Edo, dan Lina.

Ayo membaca halaman 67

Pengusaha Sandal Refleksi

Pak Damar merupakan pengusaha sandal refleksi. Pak Damar memproduksi sandal yang dapat digunakan untuk melancarkan peredaran darah. Sandal refleksi buatan Pak Damar terbuat dari kayu. Kayu tersebut diperoleh dari daerah sekitar tempat tinggalnya. Pak Damar hanya membeli kayu berkualitas. Namun demikian, Pak Damar selalu menyarankan kepada pemasok kayu untuk melakukan reboisasi setelah penebangan. Dengan reboisasi hutan menjadi tidak gundul dan hasil reboisasi beberapa tahun kemudian dapat dimanfaatkan lagi, di antaranya pohon dapat ditebang dan kayunya dapat digunakan lagi. Tenaga kerja di pabrik Pak Damar juga berasal dari warga di sekitar tempat tinggalnya. Sebelumnya, mereka diberi pelatihan terlebih dahulu oleh Pak Damar. Bahkan kini, beberapa tenaga kerja Pak Damar telah membuka usaha sendiri. Pak Damar kemudian menjadikan mereka sebagai mitra kerja untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat.

Ayo berlatih halaman 67

1. Identifikasilah interaksi manusia dan lingkungan pada bacaan di atas !

2. Bagaimana pengaruh interaksi manusia terhadap lingkungan bagi masyarakat dalam bacaan di atas? Jelaskan!

3. Apa manfaat usaha Pak Damar bagi masyarakat di sekitarnya? Jelaskan!

4. Apa yang dilakukan Pak Damar untuk mengurangi kerusakan lingkungan akibat usahanya? Jelaskan!

5. Apa terdapat hubungan ketergantungan dalam bacaan di atas?

Jawab :

  1. Interaksi manusia dan lingkungan pada bacaan. Pak Damar memanfaatkan kayu untuk memproduksi sandal refleksi. Beliau juga memberdayakan masyarakat sekitar sebagai tenaga kerjanya.
  2. Pengaruh interaksi manusia terhadap lingkungan bagi masyarakat dalam bacaan.
  • Pemanfaatan hasil sebagai sumber daya alam untuk kebutuhan manusia.
  • Meningkatnya kesejahteraan masyarakat.Terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.
Baca Juga  Bacaan Perjanjian dalam Mempertahankan Kemerdekaan

3. Manfaat usaha Pak Damar bagi masyarakat di sekitarnya.

  • Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  • Membuka lapangan pekerjaan baru.
  • Memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap sandal refleksi buatan Pak Damar.

4. Usaha yang dilakukan Pak Damar untuk mengurangi kerusakan lingkungan akibat usahanya : Pak Damar menyarankankan kepada pemasok kayu untuk melakukan reboisasi pada lahan yang telah ia tebangi.

5. Hubungan ketergantungan dalam bacaan

  • Pak Damar membutuhkan pasokan kayu dari pemasok kayu untuk memproduksi sandal refleksi. Pemasok kayu membutuhkan Pak Damar untuk membeli kayunya. Dari hubungan ketergantungan tersebut, keduanya memperoleh keuntungan berupa uang.
  • Pak Damar membutuhkan masyarakat disekitanya sebagai tenaga kerja untuk membuat sandal refleksi. Masyarakat disekitarnya membutuhkan pekerjaan dari Pak Damar. Dari hubungan ketergantungan tersebut, keduanya memperoleh keuntungan berupa uang.

Baca Juga: Penyebab Gangguan Organ Peredaran Darah Kelas 5

Ayo mengamati halaman 68

1. Lakukan pengamatan terhadap masyarakat di sekitarmu!

2. Identifikasilah aktivitas masyarakat di sekitarmu yang berkaitan dengan pembangunan sosial budaya!

3. Buatlah laporan berdasarkan hasil pengamatanmu!

4. Presentasikan hasilnya di depan kelas !

Jawab :

  • Aktivitas pembangunan sosial budaya di lingkunganku antara lain adalah adanya pengusaha batik tulis.
  • Adanya aktivitas sosial budaya usaha batik ini berdampak pada lingkungan baik lingkungan alam maupun manusia. Dampak pada lingkungan alam adalah air sisa pencucian lilin yang dapat mencemari lingkungn. Dampak terhadap manusia adalah mampu membuka lapangan kerja baru sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan manusia di sekitarnya dan melestarikan budaya, karena batik merupakan warisan budaya khas Indonesia.
  • Manfaat adanya pengusaha batik bagi masyarakat dilingkungan antara lain mampu mengurangi pengangguran, meningkatkan pendapatan warga sekitar, memenuhi kebutuhan masyarakat akan pakaian, dan masyarakat sekitar dapat bekerja sama sebagai mitra produksi atau pemasaran.
  • Usaha yang harus dilakukan pengusaha batik dalam mengurangi pencemaran lingkungan adalah harus menampung dan mengolah air sisa produksi sehingga menjadi ramah bagi lingkungan.
  • Terdapat hubungan ketergantungan pengusaha batik dengan warga sekitar. Pengusaha batik membutuhkan warga sekitar sebagai pekerja dan agen penjualan, sedangkan warga sekitar membutuhkan pengusaha batik sebagai tempat mencari penghasilan.

Interaksi Manusia dengan Lingkungan halaman 69

Membantu pemilihan ketua RW

Membantu pemilihan ketua RW

Sore itu, dusun tempat Dayu tinggal akan mengadakan pemilihan ketua RW. Sebelum acara dimulai, Dayu membantu untuk mempersiapkan tempat pemilihan. Dayu membantu memberi alas di setiap meja. Dayu menyapu lantai ruangan tempat pemilihan. Dayu juga membantu mempersiapkan makanan dan minuman untuk panitia pemilihan.

Ayo menulis halaman 69

Apa yang akan kamu lakukan jika di lingkunganmu akan mengadakan pemilihan RW? Tuliskan pendapatmu pada tabel seperti berikut!

NoPeran sertaku dalam penilihan RW di Lingkungan
1Turut serta dalam gotong royong menyiap kan tempat pemungutan suara.
2Mengamati jalannya pemilihan ketua RW.
3Membantu para ibu menyiapkan makanan.

Laporan Pengamatan Pemilihan Ketua RW

Ketua RW dipilih oleh seluruh masyarakat pada lingkungan terkait yang sudah mendapatkan hak pilih. Pemilihan ketua RW dilakukan dibalai warga. Dayu mengamati jalannya pemilihan ketua RW. Dayu menulis laporan singkat mengenai pemilihan ketua RW.

Baca Juga  Mengamati Percobaan Proses Mengembun Kelas 3

Sebagai warga masyarakat, kita bertanggung jawab untuk mengamati pelaksanaan pengambilan keputusan. Baik dalam pemilihan ketua RT, ketua RW, maupun kepala desa, kita harus mengamati. Selain itu, masyarakat juga dapat mengamati berbagai keputusan yang dikeluarkan oleh ketua RT, ketua RW, dan kepala Desa. Pengambilan keputusan bersama dapat dilakukan melalui musyawarah untuk mufakat. Namun demikian, apabila tidak mencapai mufakat dapat dilakukan voting.

Baca Juga: Belajar Kelompok Membuat Pantun di Kelas 5

Ayo mengamati halaman 70

  1. Bentuklah kelompok yang terdiri dari atas 3 orang siswa. Pilihlah teman yang tinggal berdekatan denganmu!
  2. Lakukan pengamatan terhadap pengambilan keputusan yang terjadi di lingkungan tempat tinggalmu!
  3. Buatlah laporan singkat mengenai hasil pengambilan keputusan tersebut!
  4. Kumpulkan hasilnya kepada gurumu!

Ayo berlatih halaman 71

1. Bagaimana cara pengambilan keputusan bersama yang biasa dilakukan dalam masyarakat di Indonesia? Jelaskan!

2. Apa saja masalah dalam masyarakat yang dapat dipecahkan melalui pengambilan keputusan bersama?

3. Bagaimana cara masyarakat melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga?

3. Sebagai seorang siswa sekaligus warga, apa yang dapat kamu lakukan dalam kehidupan bermasyarakat?

Jawab :

  1. Cara pengambilan keputusan bersama yang dilakukan dalam masyarakat di Indonesia : Dalam masyarakat Indonesia, pengambilan keputusan bersama dilakukan melalui musyawarah. Musyawarah tersebut, bertujuan untuk mencapai mufakat. Namun demikian, apabila tidak mencapai mufakat maka akan dilakukan voting. Salah satu contoh voting adalah pemilihan umum.
  2. Masalah yang dipecahkan melalui pengambilan keputusan bersama
  • Pemilihan ketua RT, RW dan kepala desa.
  • Membuat jadwal ronda malam.
  • Melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan.

3. Cara masyarakat melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga

  • Berpartisipasi dalam pemilihan RT, RW, dan Kepala desa.
  • Menjaga keamanan lingkungan.
  • Menjaga kebersihan lingkungan

4. Tanggung jawabnya sebagai seorang siswa dalam masyarakat.

  • Mengikuti gotong royong membersihkan lingkungan.
  • Berpartisipasi dalam pemilihan RT atau RW dengan cara berikut:

1) Turut serta dalam gotong royong menyiapkan tempat pemungutan suara.

2) Mengamati jalannya pemilihan ketua RW.

3) Membantu para ibu menyiapkan makanan.

Baca Juga: Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas 5 Tema 4

Ayo Renungkan halaman 72

Apa yang kamu pelajari pada hari ini? Apakah kamu sudah menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jawab :

Hari ini kita belajar tentang mengidentifikasi pantun mulai dari suku kata, sajak, isi, sampiran, hingga amanat pada pantun. Selain itu kita juga belajar tentang kegiatan sosial budaya dan dampaknya bagi lingkungan alam dan masyarakat sekitar. Juga belajar tentang peran serta dalam pemilihan ketua RW.

Beberapa pasti sudah pernah menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti membuat pantun, mengamati kegiatan sekitar. Kegiatan yang jarang di ikuti biasanya pemilihan ketua RW, karena tidak setiap waktu dapat mengamati.

Kesimpulan

Nah demikian materi belajar kita hari ini pada pembelajaran 3, subtema 2, tema 4. Karena jarang kita menjumpai atau mengikuti pemilihan ketua RW coba diskusikan dengan orang tuamu apa nama desa tempat tinggalmu? Siapa nama kepala desa tempat tinggalmu? Ada berapa RW di desamu? Siapa nama setiap ketua RW di desamu? Kemudian tuliskan dalam kolom. [Bloggers.id]

Baca Juga: Penyakit Organ Peredaran Darah contoh dan Pencegahannya Kelas 5

Pencarian Populer : materi SD interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *