Hasil Survei Sistem Pencernaan Kelas 5 Tema 3

bloggers.id – Hasil Survei Sistem Pencernaan Kelas 5 Tema 3- Setelah mempelajari tentang sistem pencernaan, pada pembelajaran kali ini kita akan mengadakan survei tentang sistem pencernaan pada materi kelas 5 tema 3 subtema 3 pembelajaran 5.

Kelas 5 Tema 3
Subtema 3
Pembelajaran 5

Ayo Mengamati

Kerja sama anggota tubuh penting untuk mendukung fungsi organ tubuh itu sendiri. Kerja sama juga dapat kita temui saat kita bermain bersama atau saat bekerja kelompok. Untuk tugas berikutnya, kamu diharapkan dapat bekerja sama dengan kelompokmu. Nantinya kamu bisa bekerja sama juga dengan kelompok lainnya di kelasmu.

Dalam tugas kelompok ini, kamu dan kelompokmu akan melakukan survei sistem pencernaan lapangan di sekitar sekolahmu.

Perhatikan langkah-langkah berikut dengan saksama.

  1. Bergabung kembalilah dengan kelompokmu dahulu pada saat kamu membuat poster sistem pencernaan beserta fungsinya.
  2. Ketua kelompok diharapkan dapat mengatur cara kerja anggotanya dengan baik, pastikan semua mendapatkan porsi kerjanya masing-masing.
  3. Satu kelompok harus dapat menyurvei 10 responden dengan ketentuan responden sebagai berikut:
    • Apakah sebatas siswa-siswi dari sekolah?
    • Apakah hanya menyurvei orang-orang dewasa di sekolah?
    • Apakah juga melibatkan orang-orang dewasa di sekitar sekolah?
    • Apakah melibatkan keluarga-keluarga yang tinggal di sekitar sekolah? Atau di sekitar tempat tinggal kamu?
    • Apakah akan menyurvei aparat pemerintahan daerah setempat?
    • Apakah akan menyurvei puskesmas terdekat?
  4. Setelah menentukan responden, buatlah lembar kerja yang mencatat semua pertanyaan yang akan kamu tanyakan. Pastikan setiap anggota memiliki kertas kerja tersebut.
  5. Informasi yang perlu diperoleh dari survei sebagai berikut.
    • Jenis gangguan sistem pencernaan yang pernah di alami responden.
    • Tindakan yang diambil pada saat responden mengalami gangguan tersebut.
    • Seberapa parahkah gangguan yang dialami responden?
    • Apa penyebab gangguan sistem pencernaan yang dialami responden?
    • Sedalam apakah tingkat kesadaran responden akan pentingnya menjaga kesehatan sistem pencernaannya?
    • Seberapa sering responden mengalami gangguan tersebut?
    • Tindakan apa yang diambil oleh responden agar tidak terserang gangguan tersebut kembali?
  6. Sebelum kelompok kamu melakukan survei tersebut, sebaiknya kamu secara berkelompok:
    • Mengulas kembali organ-organ dalam sistem pencernaan
    • Fungsi dari tiap-tiap organ
Baca Juga  Bacaan Kerukunan Umat Beragama di Indonesia kelas 5

Setelah selesai mewawancarai para responden, kembalilah ke kelas dan lakukan diskusi kelompok.

Buatlah rangkuman dan kesimpulan dari hasil survei dalam bentuk poster.

Dengan supervisi guru, lakukanlah diskusi kelas. Presentasikan kesimpulan hasil survei kelompokmu dan mintalah pendapat dari kelompok lain.

Jawaban :

Data Hasil Survei sistem pencernaan diketahui bahwa ternyata

  1. Sebagian besar anak kelas 5 pernah mengalami gangguan pencernaan, mulai dari diare, sembelit, maag
  2. Gangguan yang paling sering dialami oleh responden adalah sakit diare
  3. Gangguan yang paling sedikit dialami oleh anak kelas 5 adalah maag

Kami menyimpulkan bahwa kebanyakan penyebab diare yang dialami oleh anak kelas 5 adalah karena makanan pedas dan juga jajan sembarangan

hal yang perlu ditindaklanjuti adalah memberikan pengarahan kepada siswa kelas 5 tentang pentingnya menjaga kesehatan organ pencernaan

Kerja sama yang baik menghasilkan hasil yang maksimal. Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membuat naskah tentang keberagaman sebagai modal pembangunan bangsa. Pada pertemuan kali ini kita akan menentukan perlengkapan pendukung iklan yang akan kita buat untuk mendukung iklan kita. Perlengkapan pendukung bisa bermacam-macam tergantung pada iklan yang akan kita buat.

Perlengkapan pendukung:

  1. (Contoh) Sapu
  2. Kain Adat
  3. Identitas Agama
  4. Tulisan Persatuan

Berlatihlah menggunakan naskah dan sesuaikan akting kita denga sketsa gambar berdasarkan naskah atau storyboard. Gunakan perlengkapan pendukung untuk menunjang penampilanmu. Bersiaplah untuk penampilan di hari berikutnya. Pastikan bahwa saat tampil, dirimu:
• Melakukan kontak mata dengan penonton
• Tidak menutupi pandangan mata penonton
• Menggunakan suara yang lantang, intonasi yang jelas, serta ekspresi yang tepat dan sesuai
• Menggunakan bahasa tubuh yang baik dan penuh percaya diri

Keragaman tidak menghalangi sebuah bentuk kerja sama. Malah sebaliknya. Keragaman justru semakin memperkuat kerja sama. Indonesia sangat kaya akan keragaman budaya, antara lain terlihat pada keragaman seni rupa daerahnya. Karya seni rupa daerah yang terdapat di Indonesia antara lain seni batik, ukiran, dan anyaman. Karya seni rupa di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing yang dipengaruhi oleh kreativitas seniman yang membuatnya, budaya daerah setempat, ketersediaan alat dan bahan baku, teknik yang dipakai, fungsi benda yang dibuat, serta unsur keindahan.

Sumber: http://irmatriyani.blogspot.co.id/2013/01/keunikan-gagasan-teknik-dan-bahan-dalam.html dengan pe-nyesuaian. Hasil Survei Sistem Pencernaan

Baca Juga  Perubahan wujud benda Kelas 3 Tema 3 Subtema 3

Karya seni rupa yang disebutkan di atas merupakan contoh karya seni kriya yang pengerjaannya ditekankan pada keterampilan tangan. Seni kriya batik telah lama dikenal di Nusantara. Cara dan teknik pembuatan batik ternyata
memiliki kesamaan di hampir semua wilayah di Indonesia. Yang membedakan adalah pada penggunaan warna serta motif batik tersebut.

Cari tahu alat serta bahan yang dipergunakan untuk membuat batik!

  • Malam (lilin atau parafin)
  • Canting
  • Kain
  • Kompor kecil
  • Wajan Kecil

Teknik pembuatan batik terbagi atas tiga, yakni:

• Teknik tulis menggunakan canting sebagai alat pembuat motif.
• Teknik cap menggunakan stempel yang di atasnya sudah berbentuk ragam hias batik
• Teknik cetak atau sablon

Selain memiliki teknik pembuatan batik, motif batik juga menyimpan makna tersendiri. Misalnya motif batik parang rusak yang memiliki makna pertarungan antara manusia melawan kejahatan dengan cara pengendalian diri yang dapat membentuk manusia menjadi mulia dan bijaksana.

Ayo Berkreasi

Dalam selembar kertas gambar A4, buatlah sebuah rancangan motif batik.

Selain contoh-contoh motif Nusantara di depan, kamu pun dapat menggunakan contoh-contoh motif di bawah ini sebagai sumber inspirasimu. Kamu juga bebas membuat kreasi motif batikmu sendiri. Pastikan satu lembar kertas gambar tersebut dipenuhi oleh motif batik. Warnailah dengan rapi.

Kesimpulan

Bacalah laporan hasil survai gangguan sistem pencernaan yang kamu buat di sekolah. Mintalah orang tuamu untuk memberikan pendapat dan komentar tentang laporan tersebut. Demikian pembahasan Hasil Survei Sistem Pencernaan Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 5. Simak materi lainnya di bloggers.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *