Globalisasi Bermanfaat atau Tidak? Bacaan Kelas 6

Globalisasi Bermanfaat atau Tidak? Bacaan Kelas 6

Globalisasi Bermanfaat atau Tidak? Bacaan Kelas 6 – Halo Sobat bloggers kali ini kita akan membahas bersama sama bacaan Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak? Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 4. Yuk kita simak bersama-sama bacaannya

Globalisasi Bermanfaat atau Tidak? Halaman 74

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut.

Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak?

Apa manfaat globalisasi bagi manusia di berbagai belahan dunia? Perhatikan di sekitar kita. Ketika kita berbelanja di supermarket, kita menemukan berbagai makanan dan barang yang diproduksi di luar negeri. Aneka pasta dari
Italia, keju dari Belanda, kursi plastik buatan Tiongkok, atau peralatan dapur produksi Jerman. Apakah makanan dan barang produksi Indonesia juga ada di luar negeri? Tentu saja! Sekarang di negara lain tidak sulit menemukan gudeg
dalam kaleng produksi Indonesia. Kain dan perabot hasil karya pengrajin daerah pun semakin terkenal di mancanegara. Kemudahan dalam pertukaran produk merupakan salah satu hal positif dari globalisasi.

Baca Juga  Link Twibbon Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021, Download Disini!

Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih menandai dimulainya era globalisasi. Telepon, satelit, televisi, dan jaringan internet, membawa berita dari belahan dunia lain tanpa jeda waktu. Dalam sekejap, berita penting dan populer tersampaikan ke segala penjuru dunia.

Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak?

Namun perlu pula kita waspadai. Globalisasi dapat memengaruhi kebudayaan manusia di sebuah negeri. Masuknya pengaruh asing, secara tidak langsung akan membawa perubahan budaya
dalam masyarakat. Perubahan budaya bisa menjadi pengaruh
positif, namun bukan tidak mungkin membawa pengaruh negatif. Saat ini di kota besar di Indonesia, anak-anak muda gemar menikmati tayangan dari Korea. Mereka juga meniru cara berpakaian muda-mudi Korea. Apakah sesuai dengan nilai-nilai dalam budaya Indonesia? Belum tentu!

Pengaruh positif akibat globalisasi tentu akan memperkaya manusia di sebuah negeri. Namun tanpa benteng nilai budaya yang kuat, tidak mustahil nilai luhur sebuah bangsa akan luntur akibat globalisasi.

Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.

Apa saja dampak positif dari globalisasi?

Jawaban : kemudahan dalam pertukaran produk antar negara

Apa saja dampak negatif dari globalisasi?

Jawaban : perubahan budaya yang meniru negara lain yang tidak sesuai dengan budaya kita

Mengapa globalisasi dapat memengaruhi budaya bangsa?

Jawaban : karena kemudahan teknologi membuat budaya bangsa lain dapat dengan mudah masuk ke negara kita yang sedikit demi sedikit mulai meniru budaya asing tersebut sehingga mempengaruhi budaya bangsa sendiri.

Mengapa globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita?

Jawaban : karena jika benteng nilai budaya kita tidak kuat, maka budaya bangsa kita akan tergantikan dengan budaya bangsa lain.

Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi era globaliasi?

Jawaban : yang perlu kita persiapkan adalah membentengi nilai budaya bangsa agar tidak kalah dengan budaya bangsa lain, juga meningkatkan potensi agar dapat bersaing dalam persaingan global.

Baca Juga  Pesan Moral Taman Bermain yang Hilang Kelas 4
Gambarkan secara visual salah satu dampak dari globalisasi.

Jawaban : salah satu hal yang paling jelas adalah teknologi informasi dan komunikasi, pada jaman dulu kita akan sulit untuk berkomunikasi dengan saudara yang jauh apalagi sampai di luar negeri. pada masa sekarang kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja dan dimana saja tanpa terkendala.

Memegang teguh nilai luhur bangsa. Itulah yang harus kita lakukan di era globalisasi ini.

Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak? Halaman 80

Masih ingatkan kamu dengan cerita Mang Samad pada pembelajaran 2?

Diskusikan kembali pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut.

Apa dampak yang dari usaha Mang Samad bagi warga di sekitar?

Jawaban : dampaknya adalah mang samad mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat disekitarnya.

Mengapa usaha Mang Samad meningkatkan perekonomian warga?

Jawaban : ketika pak samad membuka lowongan pekerjaan bagi warga sekitar, maka tingkat perekonomian warga juga meningkat karena mendapatkan pekerjaan.

Apa dampak dari yang dilakukan Mang Samad terhadap Indonesia?

Jawaban : dampaknya adalah dapat meningkatkan dan memperkuat perekonomian bangsa Indonesia dengan penjualan Sandal kulitnya.

Mengapa usaha Mang Samad memperkuat perekonomian bangsa? Jelaskan.

Jawaban : karena dengan penjualan sandal pak Samad yang laris sudah ikut menyumbang untuk perekonomian bangsa Indonesia

Mengapa usaha Mang Samad bisa mengharumkan nama Indonesia?

Jawaban : karena usaha pak samad ini sudah terkenal hingga ke mancanegara yang itu mengharumkan nama Indonesia

Sikap berbagi apa yang bisa kita contoh dari Mang Samad?

Jawaban : Mang Samad mau untuk berbagi pengalaman dengan menyebarkan ilmunya pada acara seminar-seminar.

Pada saat kita berhasil dari sisi perekonomian, kita juga membantu banyak orang untuk meningkatkan perekonomiannya sekaligus akan memperkuat perekonomian bangsa. Bagaimana dengan kamu?

Baca Juga  Link Twibbon Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021

Sikap apa yang bisa kamu contoh dari Mang Samad yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari? Buatlah rencanamu.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan bacaan Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak? Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Sub tema 2 Pembelajaran 4. Di rumah, coba kalian Sampaikan kepada orang tuamu tentang pengaruh dari globalisasi. Mintalah pendapatnya supaya kamu tidak terpengaruh ke hal negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.