Download Modul PPG Dalam Jabatan Daring 2021 Lengkap
Download Modul PPG Dalam Jabatan Daring 2021 Lengkap

Download Modul PPG Dalam Jabatan Daring 2021 Lengkap

Bloggers.id – Download Modul PPG Dalam Jabatan Daring 2021 – Hai Sobat bloggers, khususnya para guru atau pendidik yang tak kenal lelah mendidik putra-putri bangsa kendati di tengah pandemi yang masih merajalela. Kali ini bloggers akan membagikan beberapa informasi beserta hal-hal penting yang berakitan dengan PPG dalam jabatan atau biasa disingkat daljab di tahun 2021 ini.

Seperti yang kita ketahuia bersama, guna meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, saat ini guru dituntut memiliki kompetensi yang mumpuni. Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyebutkan bahwa terdapat empat kompetensi yang wajib dikuasai oleh guru. Kompetensi guru tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional , dan kompetensi sosial. Dengan menguasai kompetensi tersebut, barulah seorang guru bisa disebut sebagai guru profesional.

Standardisasi keprofesionalan seorang guru juga tertuang dalam Undang-undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang menjelaskan bahwa profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi. Dan supaya Anda bisa menjadi seorang guru yang profesional, wajib mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan tidak hanya diikuti oleh guru yang berstatus PNS saja, namun guru non PNS juga dapat mengikuti. Syarat awal untuk dapat menjadi peserta PPG adalah wajib mengikuti lulus pretest PPG terlebih dahulu.

PPG Dalam Jabatan Tahun 2021

Segala Informasi mengenai PPG daljab 2021 kini sudah terintegrasi dengan akun SIM PKB masing-masing guru . Agak berbeda dengan tahun tahun sebelumnya yang menggunakan situs sergur.id untuk pengumuman informasi mengenai ppg dalam jabatan. Tahun 2021 ini semua informasi mengenai pelaksanaan PPG Dalam Jabatan tahun 2021 bisa sobat akses melalui laman kemdikbud yang baru yaitu di ppg.kemdikbud.go.id.

Baca Juga  Dokumen 1 Kurikulum 2013 Untuk SD Tahun Pelajaran 2020/2021

Bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai pelaksanaan PPG Dalam Jabatan atau informasi terbaru mengenai PPG dapat memantau melalui website baru tersebut. Sobat bloggers juga bisa memantau melalui Akun SIM PKB kalian ya.

Dalam website tersebut disebutkan bahwa Informasi penetapan calon mahasiswa dapat dilihat melalui akun Simpkb masing-masing. Lapor diri dilakukan secara daring melalui laman LPTK yang dapat dilihat di halaman PPG Kemdikbud. Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan dilaksanakan secara daring atau online. Bagi guru yang belum ditetapkan sebagai calon mahasiswa tahun 2021 agar menunggu informasi PPG Dalam Jabatan tahun 2022.

Di tengah pandemi covid-19, PPG dalam Jabatan tahun 2021 dilaksanakan secara daring atau online. Untuk itu, tidak perlu khawatir jika mendapatkan LPTK penyelenggara PPG yang jauh dari domisili. Karena pelaksanaan daring, maka yang perlu dipersiapkan adalah perangkat dan jaringan yang stabil.

Baca Juga: Download Rangkuman Modul PPG Bahasa Indonesia PGSD Lengkap

Alur PPG Dalam Jabatan 2021

Alur PPG Dalam Jabatan 2021

Terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui guru dalam menyelesaikan ppg dalam jabatan. Pertama-tama, sobat bloggers akan mendapat Pengumuman Pelaksanaan Seleksi Administratif PPG Dalam Jabatan. Setelah itu, kalian akan mendapatkan pengumuman lulus seleksi administrasi. Segera setelah penetapan kelulusan tersebut, peserta ppg dapat segera melakukan konfirmasi kesediaan menjadi peserta ppg daljab melalui akun SIM PKB.

Kemudian, calon mahasiswa bisa memulai mekasnisme Lapor diri PPG Dalam Jabatan melalui LPTK masing-masing. Saat ini, Pemerintah saat ini sudah menetapkan PPG Dalam Jabatan tahun 2021 angkatan 4. Setelah menyelesaikan tahap proses lapor diri di LPTK masing-masing sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, para mahasiswa PPG tersebut akan mulai melakukan pembelajaram secara mandiri..

Baca Juga  Download Soal Tes Seleksi PPPK Guru Ekonomi SMA SMK Tahun 2021

Dalam melaksanakan pembelajaran mandiri, mahasiswa akan diminta untuk mempelajari beberapa modul belajar. Ada beberapa modul yang harus dipelajari oleh mahasiswa yang terbagi menjadi beberapa bagian. Dan kali ini bloggers akan membagikan link yang bserisi materi pembelajaran pada PPG Dalam Jabatan Khususnya pada Mapel PGSD. Modul tersebut terbagi menjadi modul Profesional dan modul Pedagogik.

Baca Juga: Download LK Rangkuman Modul PPG, Modul 1 – 6 Lengkap

Download Modul PPG Dalam Jabatan Daring Tahun 2021

Berikut adalah Komponen dari Modul PPG 2021 mulai dari modul PPG Semua Pelajaran dan Modul PPG Guru Kelas SD 2021 dalam bentuk PDF. Sobat bloggers dapat mengunduhnya melalui tautan yang disediakan.

Download Modul PPG Dalam Jabatan Daring Profesional 2021

PGSD Modul 1 Bahasa Indonesia unduh Disini

PGSD Modul 2 Matematika unduh Disini

PGSD Modul 3 IPA unduh Disini

PGSD Modul 4 IPS unduh Disini

PGSD Modul 5 PKn unduh Disini

PGSD Modul 6 Berbasis TIK unduh Disini

Download Modul PPG Dalam Jabatan Daring Pendalaman Materi

Download Modul PPG Suplemen PPG PGSD Unduh Disini

Download Modul PPG KB 1 Bahasa Indonesia Unduh Disini

Download Modul PPG KB 2 Pendidikan Kewarganegaraan Unduh Disini

Download Modul PPG KB 3 Matematika Unduh Disini

Download Modul PPG KB 4 IPA Unduh Disini

Download Modul PPG KB 5 IPS Unduh Disini

Download Modul PPG Dalam Jabatan Daring Pedagogik 2021

Download Modul PPG Pedagogik 1 unduh Disini

Download Modul PPG Pedagogik 2 unduh Disini

Download Modul PPG Pedagogik 3 unduh Disini

Download Modul PPG Pedagogik 4 unduh Disini

Penutup

Demikianlah beberapa informasi mengenai Download Modul PPG Dalam Jabatan Daring 2021 yang bisa bloggers bagikan. Semoga bermanfaat untuk Sobat guru beserta pendidik semua. Terima kasih dan salam Pendidikan. [Bloggers.id]

Baca Juga  Bacaan Memiliki Tubuh Sehat Kelas 3 Tema 4

Pencarian Populer : modul ppg bahasa indonesia 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *