Cara dan Syarat Mendaftar Bantuan Modal Usaha UMKM Rp 2,4 Juta

Cara dan Syarat Mendaftar Bantuan Modal Usaha UMKM Rp 2,4 Juta – Selain bantuan sosial pemerintah untuk PKH yang dikeluarkan oleh Kemensos. Pemerintah juga memberikan bantuan Modal untuk para pelaku usaha mikro yaitu BPUM. Program bantuan BPUM ini diberikan pemerintah khusus untuk para pelaku UMKM dikabarkan akan diperpanjang Tahun 2021. Bantuan yang diberikan ini akan dicairkan dalam bentuk uang tunai sebesar 2,4 juta.  Dilansir dari situs Kementerian Koperasi dan UKM, bansos BPUM Rp 2,4 juta tersebut akan disalurkan melalui tiga bank penyalur yaitu BRI, BNI, dan Bank Syariah Mandiri. Bagi Anda pelaku UMKM dapat mendaftarkan usaha yang Anda kelola, hal ini dikarenakan promgram ini akan diperpanjang oleh pemerintah. Dan kali ini bloggers akan memberikan informasi tentang Cara dan Syarat Mendaftar Bantuan Modal Usaha UMKM Rp 2,4 Juta.

Bantuan Modal Usaha UMKM Rp 2,4 Juta

Penerima BLT UMKM atau BPUM telah melonjak melampaui target 12 juta pelaku UMKM. Dan dikarenakan tinginya peminat bantuan BPUM ini, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, berupaya mengusulkan kepada Komite PEN agar Bantuan UMKM ini dapat diperpanjang sampai dengan tahun depan. Artinya Anda masih memiliki kesempatan untuk mendaftarkan Usaha Anda untuk mendapatkan Bantuan Modal Usaha.

Agar usaha Anda terdaftar dalam program BPUM, Anda harus mengajukan usahan yang Anda kelola kepada Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) di kabupaten/kota di wilayah Anda.

Syarat mendapatkan Bantuan Modal Usaha UMKM Rp 2,4 Juta

Berikut ini adalah syarat yang harus Anda penuhi agar menjadi calon penerima BPUM:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Memiliki usaha berskala mikro
  3. Bukan ASN (Aparatur Sipil Negara), TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD
  4. Tidak sedang memiliki pinjaman di bank dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).
  5. Pelaku usaha mikro yang memiliki alamat berbeda antara domisili dan lokasi usaha, maka dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).
Baca Juga  Bacaan Sistem Irigasi Subak, Materi Kelas 5

Cara Daftar BPUM

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Sebagai pelaku usaha mikro, Anda harus mendaftarkan diri ke kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah kabupaten/kota di wilayah Anda masing-masing. Anda juga perlu mempersiapkan Berkas-berkas untuk mendaftarkan diri menjadi Calon penerima Banpres Produktif Usaha Mikro.

Berkas yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Nama Lengkap
  3. Alamat tempat tinggal sesuai KTP
  4. Bidang Usaha
  5. Nomor Telepon

Setelah itu, Anda dapat mengecek informasi dana BPUM melalui website eform.bri.co.id/bpum. Penyaluran BPUM nantinya disalurkan melalui nomor rekening Anda secara bertahap. Jika Anda belum meiliki nomor rekening, jangan khawatir nantinya, Anda dapat dibuatkan rekening saat pencairan oleh bank penyalur, yakni BRI, BNI dan Bank Syariah Mandiri. Anda juga dapat mengecek status penerimaan bantuan tersebut melalui salah satu bank penyalur, yaitu BRI.

Cek bantuan melalui eform.bri.co.id

Agar lebih mudah, Anda juga dapat dengan mudah mengecek Bantuan dana BPUM melalui laman https://eform.bri.co.id/bpum. Anda dapat mengakses laman bri.co.id, dengan memasukkan nomor KTP beserta kode verifikasinya.

Berikut ini adalah cara cek Bantuan BPUM melalui eform bri:

  1. Buka laman website BRI dan Login melalui https://eform.bri.co.id/bpum.
  2. Tuliskan nomor KTP pada kolom KTP.
  3. Masukkan kode verifikasi Anda.
  4. Klik atau tekan pada tombol proses Inquiry

Sebagai catatan, pada menuliskan nomor KTP, pastikan Anda memasukkan nomor KTP dengan benar. Jika Anda memasukkan nomor KTP yang tidak sesuai, maka informasi mengenai BPUM tidak dapat ditampilkan di website

Apabila Anda terdaftar maka akan Anda akan melihat pesan Nomor KTP Anda terdaftar sebagai calon penerima bantuan. Namun jika Anda tidak terdaftar, hal tersebut berarti Anda bukanlah salah satu yang masuk dalam daftar calon penerima BPUM.

Baca Juga  Link Twibbon Hari Guru Sedunia Tahun 2021

Pencairan BPUM

BRI selaku bank penyalur BPUM akan mengirimkan SMS notifikasi kepada penerima bantuan agar masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan informasi mengenai bantuan tersebut.  Jika Anda menerima pesan notifikasi dari BRI, maka Anda dapat secara langsung mendatangi Kantor BRI terdekat untuk mencairkan dana tersebut dengan membawa berkas yang diperlukan untuk melakukan proses pencairan dana BPUM diantaranya adalah:

  1. Buku tabungan
  2. Kartu ATM dan identitas diri
  3. Penerima BPUM juga harus melengkapi dokumen yang terdiri dari: Surat Pernyataan, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dan atau Kuasa Penerima dana BPUM.

Anda akan dapat mencairkan dana BPUM secara gratis dan tidak dikenakan biaya apa pun. Banpres Produktif Usaha Mikro ini  bukanlah program pinjaman maupun kredit, tetapi merupakan hibah. Saat ini, Bansos BPUM Rp 2,4 juta telah dicairkan pemerintah untuk UMKM yang memenuhi syarat. Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang diberikan dalam bentuk cash ini bisa langsung dimanfaatkan oleh penerimanya.

Demikianlah Cara dan Syarat Mendaftar Bantuan Modal Usaha UMKM Rp 2,4 Juta yang dapat bloggers berikan. Jika Anda belum mendaftarkan usaha Anda pada program ini, segera daftarkan usaha Anda untuk mendapatkannya. Bantuan modal ini dapat Anda gunakan untuk membantu dalam mengelola usaha Anda ditengah pandemic covid-19 yang tengah melanda dunia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *