Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 (Kunci Jawaban)
Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 (Kunci Jawaban)

Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 P2 (Kunci Jawaban)

Bloggers.id – Halo anak-anak dan ayah bunda semua, kali ini bloggers akan membantu menghadirkan kunci jawaban buku siswa kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2. Tujuan kami menghadirkan ini untuk membantu anak-anak dan ayah bunda mendapatkan alternatif jawaban. Artinya, anak-anak dan ayah bunda dapat mengembangkannya. Seperti apa ya? Langsung saja kita bahas.

Jawaban Buku Siswa Halaman 9

Amati gambar berikut!

Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 9

Bacalah teks berikut ini

Perbedaan yang Menguatkan

Perbedaan yang Menguatkan jawaban buku siswa kelas 6 tema 2

Kampung Cempaka adalah sebuah kampung transmigran. Warganya berasal dari berbagai daerah padat di Pulau Jawa. Hal itu menjadikan mereka berbeda suku maupun agama.

Di Kampung Cempaka, hiduplah lima orang sahabat. Ada Asnah yang berdarah Sunda, Utami dari Banyuwangi, Toni, seorang anak etnis Tionghoa yang sebelumnya tinggal di Semarang, Wande dari suku Tengger di Jawa Timur, dan Marta, anak seorang pendeta yang dahulu tinggal di Solo. Di Kampung Cempaka, rumah mereka bersebelahan dan mereka pergi ke sekolah yang sama. Itu sebabnya mereka sangat akrab. Mereka suka bermain bersama dan sering menghabiskan waktu di rumah satu sama lain.

Meskipun berbeda suku, kebersamaan begitu kental terlihat dalam keseharian mereka. Bersama anak-anak lain di Kampung Cempaka, mereka setiap akhir minggu berkumpul di balai utama kampung. Biasanya, selain berolahraga bersama, mereka juga kerap berkeliling ke rumah warga, membantu melakukan apa saja yang dibutuhkan warga.

Kadang-kadang mereka membantu warga lanjut usia, sekadar membereskan rumah atau menyiapkan makanan. Sesekali mereka juga membantu orang tua yang sedang bekerja bakti membersihkan lingkungan.

Baca Juga  Percobaan Lampu Hemat Listrik Kelas 6

Dari Toni, mereka belajar menari Barongsai. Lalu mereka ajarkan tarian itu kepada anak-anak sekampung. Sementara itu, setiap tiba saat panen, Wande dan keluarganya akan sibuk memimpin warga membuat Tumpeng Gede, yaitu nasi khas dari daerah Tengger yang dibuat untuk mensyukuri berkah Tuhan dalam wujud panen raya.

Sikap toleransi yang ditunjukkan kelima sahabat itu memang sekadar berupa hal-hal kecil. Hal kecil dalam keseharian itulah yang mencerminkan kehidupan Bhinneka Tunggal Ika di Kampung Cempaka yang kaya akan perbedaan. Mereka hidup damai berdampingan dan tulus saling menjaga.

Perbedaan yang Menguatkan kunci jawaban kelas 6

Setelah mengamati gambar dan membaca teks tentang hidup rukun dalam perbedaan, tulis hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut dalam bentuk pertanyaan!

(Anak menuliskan pertanyaan sesuai yang ingin diketahui, sebagai contoh: Bagaimana cara menjaga kerukunan hidup dalam perbedaan?).

Setelah selesai, tukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan teman yang lain kemudian diskusikan jawabannya bersama-sama.

Baca Juga: Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1

Jawaban Buku Siswa Halaman 10

Menuliskan kesimpulan tentang persatuan melalui hidup rukun dalam perbedaan pada bagan.

Jawaban Buku Siswa kelas 6 Halaman 10 kesimpulan rukun dalam perbedaan

Baca Juga: Pengamalan Sila Kelima Pancasila Kelas 6 Tema 1

Pembahasan Materi

Dalam Pembahasan Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 pada kegiatan ini output yang diharapkan adalah anak-anak menyadari betul bahwa perbedaan hendaknya tidak menjadi masalah dalam hidup bermasyarakat. Jika sudah demikian maka tentunya kita dapat hidup dalam keanekaragaman yang ada. Ujungnya, persatuan dapat terjaga.

Setelah mengisi bagan tersebut, orang tua dapat membimbing anak untuk menceritakan pengalaman hidup rukun di sekolah atau lingkungan tempat tinggal.

Cerita yang dituliskan hendaknya menjelaskan tentang:

  • perbedaan yang ada,
  • kegiatan yang dilakukan teman/warga bersama-sama secara rukun, 
  • sikap terhadap perbedaan yang ada,
  • manfaat yang dirasakan dari persatuan dalam perbedaan.
Baca Juga  Guglielmo Marconi Sang Penemu Radio Kelas 6

Ingat! Dalam menulis cerita, agar mudah, mulailah dengan menentukan ide pokok. Setelah itu, tambahkan dengan kalimat-kalimat penjelas atau kalimat pengembang.

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi Negara ASEAN Kelas 6 Tema 1

Muatan Materi Seni Budaya dan Pekerti (SBdP) Halaman 11

Semangat persatuan bangsa Indonesia tercermin pada seni budaya lokal, salah satunya adalah melalui tarian. Banyak tarian daerah Indonesia yang menyerukan persatuan.

Tari Lego-lego, tari Adat Alor Bermakna Persatuan
Tari Lego-lego
Tari Lego-Lego

Setiap tari tradisional terdiri atas penari yang melakukan tarian secara perorangan, berpasangan, atau berkelompok. Pengaturan posisi dalam menari disebut dengan pola lantai.

Baca Juga: Melempar dan Menangkap Bola Kelas 6 Tema 1

Seorang penari harus memperhatikan perpindahan, pergerakan, dan pergeseran posisi saat menari. Pola lantai adalah pola denah yang harus dikuasai oleh seorang penari dan berfungsi untuk membuat posisi dalam sebuah ruang gerak. 

Perhatikan jenis pola lantai berikut!

Pola Lantai Vertikal
Tari Yospan, Papua
Tari Serimpi, Jawa Tengah
Tari Baris Cengkedan, Bali
Pola Lantai Vertikal
Pola Lantai Diagonal
Tari Gending Sriwijaya, Sumatra Selatan
Pola Lantai Diagonal
Pola Lantai Garis Melengkung
Tari Ma’badong, Toraja, Sulawesi Selatan
Tari Randai, Sumatra Barat
Buku Siswa Kelas 6 Tema
Pola Lantai Garis Melengkung

Temukan berbagai tari daerahmu! Sebutkan pola lantai tariannya!

Beberapa contoh tari daerah di Indonesia serta pola lantai tariannya:

  1. Tari Piring, pola lantai yang dipergunakan adalah garis lengkung dan membentuk lingkaran.
  2. Tari Saman, dengan menggunakan pola lantai garis lurus.
  3. Tari Pendet, menggunakan pola lantai garis lengkung.
  4. Tari Kecak, menggunakan pola lantai garis melengkung membentuk lingkaran.
  5. Tari Seudati, menggunakan pola gabungan antara pola lantai lurus, lengkung, dan zig-zag.
  6. Tari Jaipong, menggunakan pola lantai lurus dan zig-zag.
  7. Tari Tayub, tari Gandrung dari Sasak, dan hampir semua tarian perang dari Papua menggunakan pola lantai garis lurus dan garis lengkung.
  8. Tari Lengger dari Banyumas menggunakan pola lantai garis lurus.

Kesimpulan

Demikian pembahasan materi kita kali ini mengenai Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2. Jangan lupa tetap bersama kami di bloggers.id. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terima kasih.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Menyalurkan Energi Listrik Kelas 6 Tema 4

Baca Juga: Penerapan Pancasila Sila Keempat Kelas 6 Tema 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *