Bernyanyi Lagu Menanam Jagung Kelas 4 Tema 2

Daftar Isi

Bloggers.id – Bernyanyi Lagu Menanam Jagung Kelas 4 Tema 2 – hai sobat bloggers, kali ini kita akan membahas jawaban buku tema kelas 4 tema 2 subtema 1 pembelajaran 2. Selain matahari, apa lagi ya sumber energi di bumi? Ayo kita cari tahu!

Kalian sudah mempelajari manfaat energi panas matahari. Ada banyak manfaat energy panas matahari bagi kehidupan manusia.  Salah satu manfaat energi panas adalah untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Amatilah teks notasi angka “Menanam Jagung’.

Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu tersebut. Apa yang kamu temukan?

Jawab :
Pada lagu Menanam Jagung ada beberapa bagian yang dinyanyikan dengan nada rendah. Seperti pada lirik.
Ayo kawan kita bersama, Menanam jagung dikebun kita
Ambil cangkulmu, ambil pangkurmu, kita bekerja tak jemu jemu.

Lirik berwarna merah dinyanikan dengan nada rendah. Jika diamati pada notasi angka, lirik yang berwarna merah memiliki notasi angka dengan tanga titik dibawahnya. Ini menunjukan bahwa lirik dinyanyikan dengan nada rendah.

Tahukah kamu tinggi rendah nada?

a. Berikut adalah urutan tinggi rendah nada

Baca Juga  Jawaban Bacaan Menunggangi Gajah Kelas 2

Semakin ke kanan nada akan semakin tinggi. Cobalah bersama gurumu.
Pada teks lagu menanam jagung, tandailah

1. Nada tinggi
2. Nada rendah

b. Birama lagu adalah 4/4 . Itu menunjukkan bahwa dalam satu birama terdapat

    4 ketukan. Satu ketukan akan bernilai 1/4

c. Tanda menunjukkan bahwa kedua nada dalam satu ketukan. Masingmasing1/8 ketukan.

Cobalah dengan gurumu untuk Bernyanyi Lagu Menanam Jagung sesuai dengan tempo dan tinggi rendah nada. Gurumu akan memberikan tanda dengan ketukan.

Tanaman jagung dapat tumbuh karena air. Apakah air juga merupakan sumber energi? Ayo kita cari tahu.

Baca Juga : Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan Kelas 5

Energi Air

Air merupakan salah satu sumber energi. Tubuh kita membutuhkan air untuk beraktivitas. Tidak hanya manusia, tumbuhan, dan hewan juga membutuhkan air. Selain diminum, air juga kita gunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan lain-lain.

Air juga dapat dimanfaatkan sebagi sumber energi listrik. Salah satunya dengan menggunakan kincir air.

Amatilah di sekitarmu. Tulislah sebanyak-banyaknya manfaat air bagi kamu.

Jawab : sumber kehidupan, untuk kebersihan, untuk masak, untuk minum, sebagai sumber energy listrik.

Air sangat penting bagi kita. Setiap orang berhak mendapatkan air yang bersih. Perhatikan gambar berikut.

Diskusikan dengan temanmu.

1. Mengapa anak tersebut minum?

Jawab : untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh

2. Mengapa anak tersebut mandi?

Jawab : untuk membersihkan badan dari kotoran

3. Apakah mandi dan minum adalah kebutuhan?

Jawab : iya

4. Apa yang terjadi jika ia tidak mempunyai air bersih?

Jawab : akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup

5. Apakah kita semua membutuhkan air bersih?

Jawab : iya

6. Apakah semua makhluk hidup berhak untuk mendapatkan air bersih?

Jawab : semuanya membutuhkan karena tanpa air bersih akan susah untuk bertahan hidup

7. Apa yang dimaksud dengan hak?

Jawab : hak adalah sesuatu yang kita peroleh setelah melaksanakan kewajiban

8. Carilah contoh hak-hak kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasannya.

Jawab : berhak mendapat rasa aman, hak mendapatkan air bersih

Baca Juga : Penerapan Pancasila Sila Keempat Kelas 6 Tema 1

Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Untuk itu, setiap anggota masyarakat juga harus melaksanakan kewajibannya dengan baik. Bernyanyi Lagu Menanam Jagung

Tulislah diagram berikut.

Diskusikan dengan kelompokmu

Apa saja dampak dari kegiatan pada gambar A?

Jawab : Sungai menjadi bersih, aliran sungai menjadi lancer, dan sungai dapat dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari.

Apa saja yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar A?

Jawab : Aliran sungai kotor dan tercemar, bisa terjadi banjir, kita tidak bisa memanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari.

Baca Juga  Latihan Soal PTS/UTS I Kelas 4 Tema 1 ST3 dan T2 ST1 Beserta Jawaban

Apa saja dampak dari kegiatan pada gambar B?

Jawab : Hemat biaya air

Apa saja yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar B?

Jawab : Biaya air dirumah mahal, air terbuang kemana-mana

Apakah kita harus melakukan seperti gambar A dan B?

Jawab : iya tentu kita harus melakukan kedua hal tersebut.

Apa yang dimaksud dengan kewajiban?

Jawab : Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita kerjakan

Carilah contoh kewajiban kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasannya.

Jawab :membersihkan selokan agar saluran air lancer dan tidak menyebabkan banjir.

Baca Juga : Pengamalan Pancasila Sila Keempat Kelas 6 Tema 1

Tulislah dalam diagram berikut.

Perhatikan gambar berikut !

pada pembelajaran Bernyanyi Lagu Menanam Jagung. kita jadi tahu bahwa Air merupakan salah satu energi yang paling penting bagi manusia. Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Kita wajib menghemat penggunaannya. Jadi, apa perbedaan hak dan kewajiban?

Baca Juga : Melempar dan Menangkap Bola Kelas 6 Tema 1

Siti ingin mengetahui penggunaan air bersih di rumah setiap minggunya. Berikut adalah data yang siti temukan.

Hitunglah Jumlah air yang digunakah oleh semua teman-teman siti. Lakukan penaksiran untuk mempercepat menghitungnya.

Apa itu penaksiran?

Kamu dapat melakukan penaksiran untuk mempercepat hasil perhitunganmu. Untuk melakukan penaksiran kamu perlu memahami aturan pembulatan kepuluhan terdekat, ratusan terdekat atau ribuan terdekat.

Bagaimana cara membulatkan bilangan 22? Kamu dapat menggunakan garis bilangan untuk membantumu melakukan pembulatan. Perhatikan garis bilangan di bawah ini.

Perhatikan jarak bilangan 22 ke bilangan 20 dan 25. Manakah yang lebih dekat? Mengapa? Bilangan 22 lebih dekat 20. Bilangan 22 dapat dibulatkan menjadi 20.

Bagaimana cara melakukan penaksiran?

Taksirlah penjumlahan berikut ke puluhan terdekat

123 + 267 = ….

Lakukan pembulatan bilangan dahulu.

123 mendekati 120

267 mendekati 270

Hasilnya 120 + 260 = 380

Jadi, hasil penaksirannya adalah 380.

Untuk operasi pengurangan caranya juga sama dengan cara di atas.

Baca Juga : Pengamalan Pancasila Sila Keempat Kelas 6 Tema 1

Bagaimana cara melakukan penaksiran ke ribuan?

Isilah tabel berikut.

Jawab

45                    Hasil    50

477                  Hasil    500

4.567               Hasil    5000

                        Cara melakukan penaksiran                          Hasil

23.456 dibulatkan ke puluhan ribu terdekat              20.000

236.679           dibulatkan ke ratusan ribu terdekat               200.000

2.345.678        dibulatkan ke jutaan terdekat                                    2.000.000

Kesimpulan.

Bagaimana cara melakukan penaksiran?

Jawab : caranya adalah dengan membulatkan bilangan agar lebih mudah untuk dihitung. Pembulatan bisa dilakukan ke satuan, puluhan,ratusan, ribuan, puluh ribuan dan seterusnya.

Berdasarkan data yang ditemukan oleh Siti. Jawablah pertanyaan berikut. Lakukan penaksiran ke puluhan terdekat.

Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Edo.

Baca Juga  Jawaban Hebatnya Dokter Kami kelas 4

Jawab : Siti      + Edo

               273   + 324 = 270 + 320 = 590

Jumlah air yang dgunakan di rumah Lani, Dayu, dan Udin.

Jawab  : Lani  +  Dayu  +  Udin

               363   +  262     +  291  = 360 + 260 + 290 = 910

Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu, dan Edo.

Jawab : Dayu  +  Edo

               262      + 324 = 260 + 320 = 580

Jumlah air yang digunakan di rumah Siti, Edo, Lani, Dayu, dan Udin.

Jawab : Siti + Edo + Lani + Dayu + Udin

               273 + 324 + 363 + 262 + 291  = 270 + 320 + 360 + 260 + 290 = 1500

Selisih air yang digunakan di rumah Siti dan Dayu.

Jawab : Siti – Dayu

               273 – 262 = 270 – 260 = 10

Selisih air yang digunakan di rumah Dayu dan Lani.

Jawab : Dayu – Lani

               262 – 363 = 260 – 360 = 100

Selisih air yang digunakan di rumah Udin dan Edo.

Jawab : Udin – Edo

                291 – 324 = 290 – 320 = 30

Lakukan penaksiran operasi hitung berikut.

Bagaimana melakukan penaksiran ke puluhan, ratusan, ribuan?

Jawab :

Ke puluhan terdekat :

Jika bilangan satuannya adalah (5, 6, 7, 8, dan 9) dibulatkan menjadi 10.

Jika bilangan satuannya adalah (1, 2, 3,dan 4) dihilangkan.

Ke ratusan terdekat :

Jika bilangan puluhannya 50 sampai 99 dibulatkan menjadi 100.

Jika bilangan puluhannya kurang dari 50 dihilangkan.

Ke ribuan terdekat :

Jika bilangan ratusannya 50 sampai 999 dibulatkan menjadi 100.

Jika bilangan ratusannya kurang dari 500 dihilangkan.

Bagimana melakukan penaksiran ke ratusan ribu?

Jawab : Jika bilangan puluh ribuanya 50.000 sampai 99.000 dibulatkan menjadi 100.

Jika bilangan puluhribuannya kurang dari 50.000 dihilangkan.

Apakah penaksiran membantumu dalam menghitung? Jelaskan.

Baca Juga : Kisah Ali Si Biji Energi Kelas 4 Tema 2

Kesimpulan

Demikianlah tadi pembahasan Bernyanyi Lagu Menanam Jagung Kelas 4 Tema 2 subtema 1 pembelajaran 2. Menarik Bukan? Banyak pengetahuan yang kita pelajari hari ini yaitu tentang menyanyikan lagu menanam jagung, lalu kita juga belajar tentang energi air juga hak dan kewajiban kita terhadapnya. Lalu tidak lupa kita juga belajar tentang pembulatan bilangan. Nah agar tidak ketinggalan materinya, tetap simak update dari bloggers.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *