Bermain Kincir Angin Sederhana Kelas 4 Tema 2

Bloggers.id – Bermain Kincir Angin Sederhana Kelas 4 Tema 2 – hai sobat bloggers, kali ini kita akan membahas jawaban buku tema kelas 4 tema 2 subtema 1 pembelajaran 3. Saat berada di lapangan, rambutku sering bergerak. Sumber energi apa yang membuat rambutku bergerak?

Hari ini kamu akan ke luar kelas untuk bermain bola bersama guru olahragamu. Kalian akan bermain ‘Ayo, Tangkap Bola!’ Bagaimana cara bermainnya? Ayo, ikuti petunjuknya!

Bacalah aturan permainan berikut!

Sebelum melakukan permainan, lakukan pemanasan terlebih dahulu bersama gurumu.

Perhatikan arahan dari gurumu tentang teknik melempar dan menangkap bola dengan baik, khususnya teknik melempar bola dengan melambung.

Setelah kamu melakukan permainan melempar dan menangkap bola dengan guru dan temanmu. Bacalah lagi cara bermainnya dan diskusikanlah teknik gerakan dengan gurumu.

Baca Juga  Bacaan Bermain di dalam kelompok Kelas 2

Baca Juga : Jawaban Penyebab Penyakit Asma Kakek Husin

Setelah melakukan kegiatan, diskusikanlah hal berikut dengan teman dalam kelompokmu.

Apakah kamu dapat melakukan teknik melempar dan menangkap bola dengan baik?

Jawab: Ya aku dapat melakukan teknik lempar tangkap  bola dengan baik

Bagaimana dengan siswa lain dalam kelompokmu? Apakah mereka dapat melempar dan menangkap bola dengan baik? Jelaskan.

Jawab : ya, mereka juga melakukan lempar tangkap bola dengan baik

Apa rencanamu untuk lebih meningkatkan keterampilanmu dalam melempar dan menangkap bola?

Jawab : banyak berlatih dengan teman

Apabila kamu diberi kesempatan untuk mengulangi kegiatan, perbaikan apa yang harus dilakukan?

Jawab : posisi tangan ketika menangkap bola masih kurang benar

Sampaikan hasil diskusimu kepada kelompok lain. Apakah hasil diskusi mereka memiliki persamaan dengan hasil diskusi kelompokmu?

jawab : ya, hampir semua kelompok sama jawabannya

Pembahasan Materi

pembahasan materi pada jawaban buku tema 2 pada bagian ini adalah materi permainan bola besar dengan kegiatan lempar tangkap bola.

Baca Juga : Melempar dan Menangkap Bola Kelas 6 Tema 1

Ayo Mencoba

Siti memiliki kincir yang terbuat dari kertas. Ia senang memainkannya. Kincirnya berputar jika tertiup angin. Siti belajar membuat kincir angin dari ayahnya. Menurut ayahnya, kincir angin yang sebenarnya bisa digunakan untuk menggerakkan alat penumbuk padi atau gandum. Selain itu, juga bisa digunakan untuk menggerakkan alat untuk memompa air.

Maukah kamu memiliki kincir seperti kepunyaan Siti?

Ayo kita membuat kincir sederhana dari bahan kertas atau plastik!

Ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah ini!

Bawa kincir anginmu yang terbuat dari kertas ke luar kelas. Buatlah kincirmu berputar dengan cara membawanya berlari atau ditiup.

Bawa kincir airmu yang terbuat dari plastik ke luar kelas, tuangkan air ke bagian atas baling-baling. Perhatikan apa yang terjadi!

Baca Juga  Latihan Soal PTS/UTS I Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 dan 2 Beserta Jawaban

Diskusikan persamaan dan perbedaan kedua kincir tersebut dengan temanmu.

Persamaan kedua kincir

Jawab : Sama- sama tidak membuat polusi udara,  mampu menghasilkan energy listrik yang dapat dimanfaatkan.

Perbedaan kedua kincir

Jawab :  Kincir angin digerakan oleh energy angin sedangkan kincir air digerakan oleh energy air. Kincir angin biasa berada disungai-sungai dengan aliran yang deras, sedangkan kincir angin biasa dijumpai di daerah berangin.

Amatilah proses kerja kincir. Tulis hasil pengamatanmu pada tabel berikut !

Kamu dapat memasang kincir yang telah kamu buat di halaman sekolah. Kapan kincirmu berputar?

Jawab : kincir angin berputar ketika terkena hembusan angin. dan kincir air berputar ketika dialiri oleh aliran air.

Sekarang, kamu sudah tahu kapan dan bagaimana kincirmu berputar.

Tuliskan laporan dari hasil percobaan yang telah kamu lakukan!

Laporan Kegiatan Percobaan

Nama Percobaan: Uji Energi Angin

Tujuan Percobaan: Untuk membuktikan energy angin dapat menggerakan kincir angin

Alat-Alat:

  • Lidi/sumpit kayu
  • Gunting
  • Lem
  • Kertas berbentuk persegi
  • Jarum/pin/paku payung

Langkah Kerja:

  • Ambil kertas lalu buatlah gambar diagonal pada kertas.
  • Buat gambar persegi kecil pada bagian tengah kertas
  • Potong garis diagonal sampai pada persegi kecil.
  • Lipat masing-masing potongan dan disatukan ke titik tengah
  • Satukan dengan lem.
  • Setelah baling-baling kertas siap, tempelkan ke ujung sumpit menggunakan jarum. Pastikan baling-baling bisa berputar.

Hasil Percobaan : Baling – baling kincir angin berputar ketika tertiup angin

Kesimpulan : Dari percobaan datas dapat disimpulkan bahwa energy angin dapat menggerakan kincir angin

Baca Juga : Kisah Ali Si Biji Energi Kelas 4 Tema 2

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan hasil percobaanmu, diskusikanlah pertanyaan berikut bersama teman kelompokmu.

Apa sumber energi kincir angin?

Jawab: Angin

Bagaimana kincir angin bisa berputar?

Jawab : Kincir angin dapat berputar ketika tertiup oleh angin. Semakin kencang angin yang menerpa kincir akan berputar semakin cepat.

Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari?

Jawab :

  • Untuk PLTB (Pembangkit ListrikTenaga Bayu)
  • Membantu irigasi pertanian
  • Membantu proses pemotongan kayu

Tuliskan lima manfaat kincir angin dan kincir air dalam kehidupan sehari – hari?

jawab :

  • Untuk PLTB (Pembangkit ListrikTenaga Bayu)
  • Membantu irigasi pertanian
  • Membantu proses pemotongan kayu
  • Membantu mengalihkan arah air
  • Membantu proses penggilingan padi
Baca Juga  Jawaban Jenis-Jenis Pekerjaan kelas 4 Tema 4

Menurutmu apakah pelajaran hari ini bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan.

jawab : bermanfaat karena kita jadi tahu cara memanfaatkan sumber energi yang ada.

Baca Juga : Bernyanyi Lagu Menanam Jagung Kelas 4 Tema 2

Kesimpulan

Demikianlah tadi pembahasan Bermain Kincir Angin Sederhana Kelas 4 Tema 2 subtema 1 pembelajaran 1. Menarik Bukan. Banyak pengetahuan yang kita pelajari hari ini yaitu tentang cara membuat kincir angin sederhana. Nah agar tidak ketinggalan materinya, nantikan di bloggers.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *