Jawaban Belajar Kelompok Membuat Pantun di Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 Terbaru
Jawaban Belajar Kelompok Membuat Pantun di Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 Terbaru

Belajar Kelompok Membuat Pantun di Kelas 5

Bloggers.id – Materi kelas 5 tema 4 subtema 1 pembelajaran 4 Hai Sobat bloggers, kali ini kita akan membahas materi tentang Membuat Pantun. Materi tersebut akan kita bahas dan jawab secara lengkap kali ini ya. Pada pembelajaran sebelumnya, kita sudah belajar tentang Pantun. Nah, supaya lebih dapat memahami cara membuat pantun, mari kita simak materi berikut ini bersama-sama.

Siti, Dayu, Beni, Edo, Lani, dan Udin teman satu kelompok. Mereka sedang mengerjakan tugas kelompok. Tugas yang dikerjakan membuat berbagai macam pantun, Seperti pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua. Mereka bekerja sama dengan baik. Tidak ada satu anggota pun yang tidak melaksanakan tanggung jawabnya. Kita simak yuk bagaimana Siti dan kawan-kawannya Belajar Kelompok Membuat Pantun di Kelas mereka.

Belajar Kelompok Membuat Pantun halaman 28

Setiap anggota kelompok memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Identifikasilah bentuk tanggung jawab setiap anggota kelompokmu. Tuliskan hasilnya dalam buku tugas!

Tanggung jawab setiap anggota kelompok adalah sebagai berikut.

  1. Melakukan tugas sesuai kewajibannya.
  2. Mengerjakan tugas dengan semangat.
  3. Menyelesaikan yang telah diberikan.
  4. Membantu teman yang mengalami kesulitan.

Tugas kelompok telah diselesaikan dengan cepat oleh Siti dan teman-temannya. Lani, Beni, dan Udin ditunjuk untuk mewakili kelompoknya membacakan pantun yang telah dibuat. Lani bertugas membaca pantun kanak-kanak. Pantun kanak-kanaknya sebagai berikut.

Baca Juga  Jawaban Tempat Hidup Tanaman Teh Kelas 4 Tema 4
pantun kanak-kanak Membuat Pantun di Kelas 5

Beni bertugas membacakan pantun muda. Pantun mudanya sebagai berikut.

pantun muda Membuat Pantun di Kelas 5

Udin membacakan pantun tua. Pantun tuanya sebagai berikut.

pantun tua Membuat Pantun di Kelas 5

Pantun diatas adalah pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua. Semuanya hasil kerja kelompok Siti. Semua pantun dibuat empat baris. Dua baris dalam setiap bait pantun di atas merupakan sampiran. Dua baris berikutnya merupakan isi pantun. Ingatkah kamu pengertian pantun kanakkanak, pantun muda, dan pantun tua? untuk mengingatnya, kerjakan soal berikut.

Baca Juga: Bacaan Kerja Bakti Membuat Jalan Setapak

Belajar Kelompok Membuat Pantun halaman 30

Apakah pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua? Tuliskan dalam kolom berikut!

Pantun kanak-kanak

yaitu pantun yang memiliki kaitan dengan masa kanak-kanak yang mana pantun ini menggambarkan makna suka cita maupun duka cita.

Pantun muda

yaitu pantun mengenai kehidupan masa muda yang berisi atau bermakna perkenalan, hubungan asmara dan rumah tangga, perasaan (kasih sayang, iba, iri), dan nasib.

Pantun tua

yaitu pantun mengenai orang tua, budaya, agama, dan nasihat.

gotong-royong Membuat Pantun di Kelas 5

Pantun merupakan cara yang tepat untuk menyampaikan nasihat. Nasihat bagi individu maupun kelompok. Pada pertemuan sebelumnya, telah disajikan pantun yang mengandung makna pentingnya kerja sama dan mufakat dalam masyarakat. Kerja sama dan mufakat merupakan warisan budaya masyarakat Indonesia.  Warisan budaya inilah yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.

Budaya dan sosial bangsa Indonesia  perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Karena hal ini menjdai tanggung jawab warga masyarakat indonesia. Budaya dan sosial diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Membiasakan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan bersama.
  2. Membiasakan tolong-menolong antar warga masyarakat.
  3. Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti atau gotong-royong dalam masyarakat.
  4. Menjaga interaksi yang baik antar warga masyarakat.
  5. Membiasakan interaksi yang mengarah ke persatuan.
  6. Menghindari interaksi yang mengarah ke perpecahan.
Baca Juga  Prakiraan Cuaca Purbalingga Senin 18 April 2022

Baca Juga: Jawaban Bacaan Beni Berlatih Bela Diri

Belajar Kelompok Membuat Pantun halaman 31

Misalnya, lingkungan tempat tinggalmu sedang tidak aman. Mengapa? Karena terjadi pencurian di beberapa rumah warga.

Apa yang harus dilakukan warga masyarakat di tempat tinggalmu?

Jawaban : Hal yang seharusnya dilakukan warga masyarakat adalah Semua warga bertanggung jawab atas keamanan di lingkungan tempat tinggalnya. Menjaga keamanan lingkungan merupakan kewajiban semua warga masyarakat. Ke giatan yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggal adalah dengan melakukan ronda malam. Kegiatan ronda malam dilakukan secara bergantian oleh warga. Jadwal ronda dapat ditentukan melalui musyawarah RT

Siapakah yang bertanggung jawab atas keamanan di lingkungan tempat tinggalmu?

NoPetugas yang bertanggung jawab atas keamanan lingkunganAlasannya
1.Semua wargaAda istilah “Tetangga adalah cctv paling bagus”, karena dengan saling menjaga satu sama lain maka lingkungan akan lebih aman, dijaga bersama-sama.
2.Hansip / satpamPetugas yang ditunjuk dalam musyawarah sebagai koordinator atau kepala kemanan lingkungan.
3.Petugas rondaPetugas ronda yang bertanggung jawab terhadap keamanan pada malam dimana dia bertugas ronda.

Siti dan teman-teman telah mengerjakan tugas kelompok. Kemudian, mereka bersepeda keliling kampung tempat tinggalnya. Mereka bermain dengan bersepeda sekaligus berolahraga. Karena berolahraga dapat menjaga kesehatan tubuh. Siti dan teman-temannya mempunyai hobi yang sama. Hobi mereka bersepeda. Tiba-tiba, ada seorang pengendara sepeda motor dan seoarang ibu yang membonceng meberhentikan Siti dan teman-temannya. Kedua orang itu berhenti di pinggir jalan.

warga yang baik dan bertanggung jawab

Ternyata kedua orang itu mennayakan alamat rumah Pak RW. Bagaimana seharusnya sikap Siti dan teman-temannya? Karena Siti dan teman-temannya sebagai warga yang baik dan bertanggung jawab. Untuk memmahai hal ini, lakukkan kegiatan berikut.

Baca Juga  Mengenal Benda Gas Lebih Dekat Kelas 3 Tema 3

Baca Juga: Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas 5 Tema 4

Belajar Kelompok Membuat Pantun halaman 32

Bagaimana sikapmu ketika ada seseorang yang menanyakan alamat rumah Pak RW di kampungmu ? Tuliskan pendapatmu.

Jawaban : Menjawab dengan ramah dan menunjukkan letak rumah pak RW. Apabila orang yang bertanya belum paham, kita dapat mengantarkannya menuju rumah pak RW.

Belajar Kelompok Membuat Pantun halaman 33

Setiap individu mempunyai tanggung jawab. Tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, maupun bangsa dan negara.

Bagaimana melaksankan tanggung jawab tersebut agar tidak saling berbenturan?

Jawaban : Agar pelaksanaan tanggung jawab tidak saling berbenturan adalah dengan mengutamakan tanggung jawab yang berkaitan dengan orang banyak atau yang memiliki dampak besar. Maka lakukan dahulu tanggung jawab bangsa dan negara, kemudian tanggung jawab masyarakat, tanggung jawab keluarga, baru tanggung jawab terhadap diri sendiri.

Apa yang akan terjadi jika setiap individu sadar dan melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat?

Jawaban : Jika setiap individu sadar pada tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat maka akan tercipta lingkungan yang sangat harmonis, damai, aman, dan bahagia.

Kesimpulan

Setiap warga masyarakat mempunyai tanggung jawab. Tanggung jawab ikut serta dalam menciptakan ketenangan, keamanan, dan ketertiban. Apa upaya yang dapat dilakukan warga masyarakat untuk menciptakan ketenangan, kemanan, dan ketertiban dalam masyarakat? Diskusikan dengan orang tuamu. Dan jangan lupa, tuliskan hasilnya pada buku tulis kalian ya! Terima kasih, semoga bermanfaat. [Bloggers.id]

Baca Juga: Bacaan Wadah Para Penari Tradisional Kelas 5

Leave a Reply

Your email address will not be published.