Bacaan Wadah Para Penari Tradisional Kelas 5

Bacaan Wadah Para Penari Tradisional Kelas 5

Bacaan Wadah Para Penari Tradisional Kelas 5 – Halo sobat Bloggers, Kali ini kita akan membahas menjadi Bacaan Wadah Para Penari Tradisional yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 4. Tapi sebelumnya, kita simak bersama bacaan percakapan Udin dan teman-temannya.

Bacaan Wadah Para Penari Tradisional Halaman 100

Bacalah percakapan Udin dan teman-temannya secara bergantian!

Udin : “Aku tidak menyangka ternyata teman-teman kita memiliki beranekaragam keterampilan yang luar biasa.

Beni : “Hahaha, betul, Din. Ada yang menulis bahwa ia mahir bermain gitar,ada yang terampil bermain drum, ada pula yang merdu suaranya. Wah,mereka bisa membentuk sebuah band sekolah, Din!”

Lani : “Seru sekali, ya! Bayangkan kalau di dalam sebuah kelas, kita semua hanya terampil bermain drum, tapi tidak ada yang terampil bermain alat-alat musik lainnya, dan bahkan tidak ada yang pandai bernyanyi.”

Siti : “Itulah salah satu kekuatan keragaman yang kita miliki, ya, Lan. Bahwa dengan perbedaan yang ada, kita dapat saling mengisi dan melengkapi.”

Begitu pula dengan para petani yang beranekaragam keahliannya. Ada yang memiliki sawah, kebun singkong, kebun jagung, dan lain-lain. Pada pembahasan sebelumnya, para petani yang memanfaatkan sistem irigasi ini bernaung dalam satu wadah organisasi agar mereka dapat saling membantu satu sama lain.

Apa ya jadinya jika tidak ada kerukunan antar para petani tersebut?

Jawaban:

jika tidak ada kerukunan antar para petani dalam organisasi, maka akan terjadi perpecahan dan sulit untuk mencapai tujuan bersama.

Apakah perbedaan yang terdapat dalam masyarakat memberikan manfaat bagi kemajuan pembangunan masyarakat tersebut? Jelaskan!

Jawaban:

Perbedaan yang terdapat dalam masyarakat juga dapat memberikan manfaat bagi kemajuan karena akan saling melengkapi kebutuhan satu sama lainnya. dengan begitu akan membawa kemajuan bagi pembangunan masyarakatnya.

Berikut adalah artikel tentang sebuah organisasi budaya yang mewadahi bakat seni kaum remaja di masyarakat lingkungan sekitar.

Sanggar Tari, Wadah Para Penari Tradisional

Sanggar tari merupakan sebuah organisasi yang sengaja dibuat untuk mewadahi kreativitas seni warga masyarakat, khususnya dalam hal seni tari. Di sinilah tempat berkumpul mereka yang ingin mengenal lebih dekat tentang tarian tradisional khas daerah mereka. Sanggar tari juga tempat berkumpul para penari di daerah sekitar yang ingin memajukan dan melestarikan budaya daerah mereka.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Bermain di Halaman Sekolah Kelas 2

Salah satu sanggar tari yang aktif dalam melestarikan tarian tradisional daerah mereka adalah Sanggar Tari Kambang Tigarun dari Kalimantan Selatan. Sanggar tari ini memiliki misi menumbuhkan dan memupuk cinta budaya nusantara khususnya daerah Kalimantan Selatan sehingga tetap lestari. Sanggar tari ini juga menciptakan berbagai kegiatan seni di lingkungan sendiri yang kelak dapat maju hingga ke jenjang internasional sehingga dapat mengharumkan nama
bangsa.

Sanggar Tari Kambang Tigarun ini tidak membatasi anggotanya. Semua dapat menjadi anggota, baik itu mereka yang baru masuk ke dunia seni tari ataupun mereka yang memang sudah lama berkecimpung di dunia tari. Hal ini tetap mengacu pada tujuan didirikannya sanggar ini yakni mewadahi para muda-mudi Kalimantan Selatan untuk
menyalurkan minat, bakat, dan kreativitas di bidang seni tari.

Sumber: http://kambangtigarun-kasela.blogspot.co.id/2013/03/sejarah-sanggar-tari-kambang-tigarun.html

Sanggar tari merupakan contoh sebuah pembangunan sosial budaya. Berlandaskan pada keberagaman yang terdapat di dalam keanggotaan organisasi, sanggar tari ini pun menjalani kiprahnya sebagai sebuah wadah bagi para pemuda dan pemudi Kalimantan Selatan untuk secara positif mengembangkan bakat dan kemampuan diri.

Bacaan Wadah Para Penari Tradisional Halaman 102

Dalam sebuah sanggar seni, para anggota umumnya mengadakan latihan tari bersama, kemudian mempersiapkan diri untuk turut serta dalam lomba tari atau pementasan seni tari lainnya. Dalam kertas gambar A4, buatlah sebuah gambar yang menceritakan tentang beragam aktivitas yang berlangsung di dalam sanggar tari Kambang Tigarun di atas. Gunakanlah imajinasimu. Warnai dengan rapi.

• Siapa sajakah yang menjadi anggota di sanggar tari tersebut?
• Berasal dari manakah anggota sanggar tari di dalam gambar buatanmu?
• Apakah mereka memiliki latar belakang sosial ekonomi yang sama atau berbeda? Jelaskan!
• Buatlah sebuah cerita singkat tentang keberagaman yang terdapat dalam sanggar tari Kambang Tigarun berdasarkan pada jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas.

Tampaknya, keragaman sosial budaya menjadi modal pembangunan nasional. Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut?

Pendapatku tentang pernyataan “ Keragaman Sosial Budaya menjadi Modal Pembangunan Nasional”

Jawaban :

Saya sangat setuju dengan pernyataan tersebut karena dengan adanya keberagaman suku dan budaya, membuat kita belajar untuk saling menghargai dan bertoleransi dengan sesama. Toleransi akan memperkuat persatuan dan kesatuan antar masyarakat dan juga dapat menghindari terjadinya konflik atau perpecahan sehingga masyarakat hidup dalam kerukunan. Hal ini menjadi modal penting terkait pembangunan nasional.

Sanggar tari merupakan sebuah contoh swadaya masyarakat untuk pembangunan sosial budaya di daerah mereka.
Sebutkan contoh-contoh keragaman sosial budaya yang dapat ditemukan di daerahmu. Jika itu berbentuk bahasa daerah, sebutkan nama dari bahasa daerah tersebut, dan seterusnya.

Contoh keragaman sosial budaya:

Jawaban :

  1. Keragaman suku bangsa
    Suku bangsa yang ada di Indonesia adalah Suku Jawa (Pulau Jawa), Batak dan Nias (Sumatera Utara), Minangkabau (Sumatara Barat), Sunda (Jabar), Betawi (DKI Jakarta), Suku Madura dan Tengger (Jatim), Dayak (Kalimantan), Sasak dan Sumbawa (NTB), Bugis dan Toraja (Sulsel), Sentani dan Asmat (Papua). Selain itu di Indonesia juga terdapat etnis Cina yang terbagi menjadi Cina Peranakan dan Cina Totok.
  2. Keragaman bahasa
    Contoh: bahasa Aceh (Aceh), Batak (Sumut), Minangkabau (Sumbar), Betawi (DKI Jakarta), Sunda (Banten dan Jabar), Jawa (Jateng, Jatim dan DIY).
  3. Keragaman rumah adat
    Contoh: Rumah adat Bolon (Sumut), Gadang (Sumbar), Joglo (Jawa), Lamin (Kaltim), Tongkonan (Sulsel dan Sulbar), dan Honai (Papua).
  4. Keragaman pakaian tradisional
    Contoh: Blangkon dan Baju Beskap (Jawa Tengah), Baju Surjan dan balngkon (Yogyakarta), baju teluk belangan dan daster (Riau), Ulos dan Sabe-sabe (Sumut).
  5. Keragaman senjata tradisional
    Contoh: Rencong (Aceh), Keris (Jawa), Mandau (Kalimantan), Badik (Betawi), Clurit (Madura) Badik (Sulsel), Jenawi (Riau) dan Trisula (Sumsel).
  6. Keragaman makanan khas
    Contoh: Gudeg (Yogyakarta), Rendang (Padang), Pempek (Palembang), Rujak Cingur (Surabaya), Ayam Betutu (Bali), Pepeda (Maluku dan Papua).
  7. Keragaman upacara adat
    Contoh: Upacara Kasodo(Tengger), Lompat batu (Nias), Grebeg Suro (Solo), Ngaben (Bali).
  8. Keragaman kesenian tari
    Bentuk-bentuk kesenian antara lain: Tarian Tradisional. Contoh tarian tradisional: Saudati dan Saman (Aceh), Serampang dua belas dan Tor-tor (Sumut), Piring dan Payung (Sumbar), Gending Sriwijaya (Sumsel), Topeng, Ondel-ondel dan Ronggeng (DKI Jakarta), Jaipon dan Merak (Jabar), Serimpi, Bambangan Cakil dan Gandrung (Jateng), Jaran Kepang, Jejer Remong, Ketek Ogleng (Jatim), Kecak dan Pendet (Bali) Alat Musik Tradisional, Contoh Tambo (Aceh), Anglung (Jabar), Gamelan (Jawa), Sasando (NTT dan NTB), Kolintang ( Sulut dan Gorontalo), Tifa (Papua), Babun (Kalsel).
  9. Keragaman seni pertunjukan
    Contoh: Ketoprak dan Wayang (Jateng), Ludrok (Jatim), Lenong (DKI Jakarta) dan Mamanda (Kalsel).
  10. Keragaman lagu daerah
    Contoh: Bungong Jeumpa (Aceh), Ayam den lapeh (Sumbar), Soleram (Riau), Injit-injit semut (Jambi), Jali-jali (DKI), Bubuy Bulan dan Dadali (Jabar), Gundul Pacul, Gambang Suling dan Lir-ilir (Jateng), Pitik Tukung (Yogyakarta), Karapan Sapid an Tanduk Majeng (Jatim), Desaku, Potong bebek, anak kambing saya (NTT), Indung-indung (Kaltim), Ampar-ampar pisang (Kalsel), O ina ni keke (Sulut), burung kaka tua (Maluku) dan Apuse (Papua).
  11. Keragaman cerita rakyat
    Contoh: Malinkundang (Minangkabau), Sangkuriang (Jabar), Kleting Kuning dan Keong Mas (Jateng).
  12. Keragaman religi
    Di Indonesia terdapat enam agama yang diakui oleh negera yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu. Setiap agama memiliki hari raya masing-masing seperti Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha (Islam), Natal (Kristen), Paskah (Katolik), Nyepi (Hindhu), Waisak (Budha) dan Copgome (Konghuchu). Setiap agama memiliki lembaga keagaaman sendiri yaitu MUI (Islam), PGI (Kristen), KWI (Katolik), PHDI (Hindu), Walubi (Budha) dan Matakin (Konghuchu).

Sebutkan manfaat keragaman sosial budaya bagi masyarakat, misalnya untuk menarik para wisatawan asing dan dalam negeri berkunjung dan lain-lain. Isilah dalam kolom berikut ini.

Baca Juga  Bermain Ayunan di Taman Kota Kelas 2

Manfaat Keragaman Sosial Budaya

Jawaban:

  1. Menarik minat para wisatawan asing dan dalam negeri untuk berkunjung
  2. Mempererat rasa persatuan dan kesatuan
  3. Memperkaya budaya bangsa
  4. Memperluas wawasan masyarakat tentang keanekaragaman sosial budaya
  5. Meningkatkan ketertarikan wisatawan domestik dan mancanegara untuk mengunjungi Indonesia

Pada pertemuan sebelumnya, kelompokmu sudah mulai membuat rancangan iklan layanan masyarakat tentang pentingnya keragaman sebagai modal pembangunan bangsa.

Buatlah naskah untuk iklan kelompokmu dengan menentukan judul iklan beserta tokoh-tokohnya.

Durasi iklan adalah 2-4 menit. Pastikan menggunakan tokoh yang berasal dari keberagaman yang dapat kamu temui dari lingkungan sekitar. Gunakan kalimat berbahasa Indonesia yang baik dan santun.

Iklan Layanan Masyarakat Keragaman sebagai Modal Pembangunan Bangsa

Judul iklan
Tokoh-tokoh iklan
Naskah
Kata kunci iklan:

Bacaan Wadah Para Penari Tradisional Halaman 104

Dalam pembuatan iklan di sebuah media elektronik, diperlukan alat bantu yang dinamakan storyboard. Storyboard berbentuk sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah. Dengan bantuan storyboard, kita dapat
menyampaikan ide cerita dengan mudah kepada orang lain. Hal ini sangat penting agar setiap pihak yang berperan dalam pembuatan iklan memiliki pengertian yang sama dengan apa yang kita hendaki.

Buatlah sebuah sketsa gambar berdasarkan naskah atau storyboard!

Refleksi 1

• Apakah aku sudah melakukan kerja sama yang baik dengan kelompokku?
• Apakah yang harus aku lakukan agar kerja kelompok menjadi lebih baik?

Lani : “Menyatukan berbagai keahlian memang sangat menarik. Bayangkan bagaimana jika tidak ada keberagaman di dunia ini ya Siti?”

Siti : “Betul sekali Lani. Namun, menyatukan berbagai keahlian perlu konsentrasi yang tinggi loh. Misalnya, bermain dalam sebuah band, masing-masing anggota harus mampu berkonsentrasi agar menghasilkan nada yang harmonis.”

Lani : “Betul sekali kamu Siti. Manusia mampu berkonsentrasi apabila kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya cukup, bukan?”

Siti : “Ya, betul sekali. Sesibuk apapun kita, harus menyempatkan diri untuk makan dan minum yang cukup. Dan jangan lupa pula, istirahat yang cukup. Pembicaraan ini mengingatkan saya tentang fungsi sistem pencernaan kita ya Lani.”

Tubuh manusia memerlukan asupan air putih yang cukup. Kurangnya asupan air putih dapat berdampak bagi kesehatan tubuh, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Membuat sel-sel otak menjadi tidak aktif
  2. Menurunkan konsentrasi
  3. Menyebabkan halusinasi
  4. Menyebabkan infeksi kandung kemih
  5. Membuat kulit kusam
  6. Mengganggu fungsi ginjal
Baca Juga  Halaman Rumah Bersih dan Sehat Kelas 2

Bersama dengan teman sebangkumu buatlah sebuah ringkasan yang dilengkapi dengan gambar tentang dampak kurangnya asupan air putih bagi kesehatan tubuh. Bacakan dan jelaskan kesimpulanmu di depan kelas.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan Bacaan Wadah Para Penari Tradisional yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 4. Dirumah ceritakan satu hal yang paling kamu sukai dan kamu kerjakan di sekolah hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *