Bacaan Tari Kancet Papatai Kelas 5

Bacaan Tari Kancet Papatai Kelas 5

Bacaan Tari Kancet Papatai Kelas 5 – Halo sobat bloggers dimanapun kamu berada. kali ini kita akan membahas Materi Bacaan Tari Kancet Papatai yang ada pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 5. Kita akan mempelajari sebuah tarian yang berasal dari Pulau Kalimantan yang merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Yuk kita simak bersama materinya!

Bacaan Tari Kancet Papatai Halaman 73

Ayo Membaca

Bacalah teks bacaan di bawah ini dengan cermat! Garis bawahi informasi penting yang kamu temukan!

Pentingnya Makanan Sehat

Usia anak antara 2 hingga 12 tahun merupakan usia pertumbuhan. Karenanya penting bagi anak-anak di usia ini untuk mengonsumsi makanan yang baik dan bergizi. Makanan yang disajikan hendaknya menyediakan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin untuk perkembangan dan pertumbuhannya.

Makanan antara lain bermanfaat sebagai sumber energi, pelindung tubuh terhadap penyakit, sumber pembangun pertumbuhan dan perbaikan tubuh. Makanan juga bersifat mengganti sel-sel tubuh yang rusak atau tua, dan sebagai pelindung organ-organ penting.

Akan tetapi, makanan yang sehat saja tidaklah cukup. Agar tubuh tetap sehat kita perlu berolahraga secara cukup dan teratur. Berat badan dapat dikontrol melalui olahraga sehingga kita dapat terhindar dari obesitas. Olahraga juga dapat mencegah penyakit jantung dan darah tinggi, serta meningkatkan memori.Dengan berolaharaga jantung dan paru-paru bekerja secara efisien sehingga energi yang dihasilkan menjadi semakin besar dan siap untuk kita pergunakan untuk berbagi aktivitas.

Untuk hidup sehat, bukan hanya makanan sehat dan olahraga yang dibutuhkan. Lingkungan yang sehat pun dibutuhkan. Bayangkan jika lingkungan tempat kita tinggal kotor dan menjadi sarang nyamuk. Pastilah kita pun akan merugi.

Kesehatan merupakan hal yang sangat berharga dan semuanya dapat diperoleh dengan cara yang cukup sederhana, yaitu menjaga kesehatan lingkungan. Pemerintah kemudian menggunakan media elektronik untuk menyadarkan
masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan, terutama dari bahaya demam berdarah. Berikut adalah sebuah naskah iklan tentang pencegahan demam berdarah.

Baca Juga  Bacaan Daur Hidup Hewan, Materi Kelas 5 Tema 5

Mintalah beberapa temanmu untuk memeragakannya di depan kelas.

Bacaan Tari Kancet Papatai Halaman 74

Ayo Bermain Peran

Peragakan naskah iklan elektronik di bawah ini!

Iklan Elektronik Demam Berdarah

Pak RT:Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, perkenankan saya menyampaikan maksud pertemuan kita kali ini. Tepat pada hari Sabtu nanti, saya mengharapkan bantuan bapak dan ibu untuk secara serentak melakukan langkah 3M Plus di lingkungan rumah kita masing-masing.”

Ibu :Apa, Pak, 3M Plus itu? Mengapa kita harus melakukannya?
(Para ibu kemudian berbisik-bisik dan suasananya menjadi agak riuh)

Pak RT:Akhir-akhir ini di lingkungan sekitar kita sedang banyak warga yang terkena demam berdarah, Bu. Bulan lalu saja saya mencatat ada tiga orang yang terkena. Penyebabnya adalah nyamuk dan nyamuk itu menyukai tempat yang kotor. Oleh karenanya diperlukan langkah 3M Plus untuk mengatasinya. Langkah 3M tentunya adalah menguras,
menutup, dan mengubur potensi sarang nyamuk. Ditambahkan Plus karena diperlukan upaya dari kita secara pribadi untuk mengatasinya seperti memakai lotion anti nyamuk, kelambu di tempat tidur, menggunakan obat penyemprot nyamuk baik yang alami atau buatan, dan lain-lain
.”

Ibu : “Oh, begitu, Pak RT. Kami siap, Pak!

Bapak:Baik, pak, akan segera kami laksanakan. Para ibu membantu dengan cara menyediakan makanan ringan saja, ya? Hahahaha.” (Semua orang tertawa)

Tentukan kata-kata kunci yang terdapat dalam iklan di atas.

Jawaban: Kata kunci yang ada pada iklan diatas adalah

  1. Demam Berdarah
  2. Langkah 3M Plus
  3. Lingkungan Rumah
  4. Nyamuk

Buatlah sebuah iklan elektronik seperti contoh di atas dengan tema upaya menjaga kesehatan. Lakukan secara berkelompok. Tentukan kata-kata kunci dari iklan tersebut. Tampilkan di depan kelas dan mintalah teman-teman untuk secara interaktif menentukan kata kunci dari iklan yang kamu buat.

Kalian bisa membuat contoh iklan elektronik bersama dengan kelompok kalian berdasarkan tema upaya menjaga kesehatan. Agar kalian memahaminya kalian bisa melihat contoh iklan menjaga kesehatan berikut ini!

Bacaan Tari Kancet Papatai Halaman 75

Siang hari itu Lani dan Udin berbincang-bincang mengenai tugas membuat iklan layanan masyarakat tentang upaya menjaga kesehatan. Merekapun teringat dengan pembelajaran tentang gangguan pada organ pencernaan.

Simaklah percakapan mereka!

Sistem pencernaan merupakan bagian vital yang perlu dipelihara agar berfungsi maksimal karena tubuh kita memperoleh nutrisi melalui sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan kita baik, maka penyerapan nutrisi akan maksimal sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Kami Berbeda namun Kami Bekerja Sama Kelas 6

Lengkapi peta pikiran di bawah ini mengenai penyebab gangguan pada sistem pencernaan!

Ada beberapa penyebab gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh beberapa penyebab di atas. Kita sudah membahas mengenai beberapa gangguan. Coba kita mengulas kembali mengenai

Beberapa gangguan sistem Pencernaan tersebut (ulas mengenai definisi, gejala, cara pencegahan, dan penyembuhannya).

Maag

Mag adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Gejala Penyakit Mag

Sakit saat buang air besar Mual dan muntahSering merasa laparPerut kembungNyeri yang terasa perih pada perut dan dadaSering bersendawa

Cara Pencegahan
  • Kelola Stres
  • Pola makan yang teratur
  • Cukup Istirahat
  • Tidak boleh berlebihan dalam makan
  • Kurangi makanan yang pedas dan asam

Cara Mengobati / Penyembuhan

Mengubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Cara mengatasi maag selain menggunakan obat-obatan medis adalah dengan perbaikan pola makan

Kolera

Kolera adalah penyakit diare akut, yang disebabkan oleh infeksi usus akibat terkena bakteria Vibrio Cholerae. Infeksi biasanya ringan atau tanpa gejala, tapi terkadang parah. Kurang lebih 1 dari setiap 20 penderita mengalami sakit yang berat dengan gejala diare yang sangat encer, muntah-muntah, dan kram di kaki.

Gejala Penyakit Kolera

Beberapa penderita kolera mengalami diare parah, berkali-kali, hingga kehilangan cairan tubuh dengan cepat (dehidrasi). Selain diare, gejala lain yang dapat dirasakan penderita kolera adalah  Mual dan Muntah.

Cara Pencegahan Kolera
  • Tidak membeli makanan yang tidak terjamin kebersihannya.
  • Tidak mengonsumsi makanan mentah atau setengah matang.
  • Tidak mengonsumsi susu segar yang belum diolah.
  • Minum air mineral botol atau air yang telah dimasak hingga mendidih.
  • Mencuci bersih sayur dan buah sebelum dimakan.
Cara Mengobati / Penyembuhan Kolera

Untuk mengurangi jumlah bakteri sekaligus mempercepat penyembuhan diare, dokter akan memberikan antibiotik.

DIARE
Definisi ( Apa yang dimaksud dengan Diare? )

Diare adalah penyakit yang membuat penderitanya menjadi sering buang air besar, dengan kondisi tinja yang encer. Pada umumnya, diare terjadi akibat makanan dan minuman yang terpapar virus, bakteri, atau parasit. Diare merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia.

Gejala Diare Adalah
  • Feses lembek dan cair.
  • Sakit perut.
  • Kram perut.
  • Mual dan muntah.
  • Sakit kepala.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Haus terus menerus.
  • Demam.
Cara Pencegahan Diare
  • Rajin mencuci tangan, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh daging yang belum dimasak, sehabis dari toilet, atau setelah bersin dan batuk. Bersihkan tangan dengan sabun, dan bilas dengan air bersih.
  • Mengonsumsi makanan yang sudah dimasak. 
  • Minum air matang.
Baca Juga  Globalisasi Bermanfaat atau Tidak? Bacaan Kelas 6
Cara Mengobati / Penyembuhan Diare
  • Minum banyak cairan. …
  • Makan makanan sehat rendah serat. …
  • Mengonsumsi minuman, makanan, atau suplemen probiotik. …
  • Hindari makanan yang membuat diare makin parah. …

Bagaimana tentang konstipasi? Konstipasi merupakan suatu keadaan yang menyebabkan usus besar menyerap air secara berlebih sehingga feses menjadi keras.

Buatlah poster iklan masyarakat mengenai konstipasi.

Untuk mempersiapkan poster iklan ini, bentuklah kelompok yang terdiri atas empat siswa. Poster harus meliputi

JUDUL

ditulis dengan rapi, menarik, dan cukup besar untuk dibaca dari jarak 3 meter

ISI

terdiri atas keterangan umum, penyebab, cara pencegahan, dan penyembuhannya yang ditulis secara rapi sehingga mudah dibaca dari jarak 1 meter

GRAFIK

grafik harus asli atau digambar sendiri, berwarna, jelas, rapih, dan mampu dilihat dari jarak 2 meter.

HIASAN

poster iklan dirancang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian dan tidak menutup atau mendominasi teks informasi maupun grafik.

Jangan lupa membubuhkan nama-nama anggota kelompokmu. Tulislah minimal 2 kalimat refleksi per siswa mengenai proyek ini.

Bacaan Tari Kancet Papatai

Selain sehat secara jasmani, penting bagi kita untuk sehat secara rohani. Kesehatan rohani dapat diperoleh melalui upaya mendekatkan diri kepada Tuhan, berekreasi, sampai kepada mengekspresikan diri ke dalam seni. Seni tari merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan diri.

Bacaan Tari Kancet Papatai Halaman 77

Ayo Membaca

Bacalah teks bacaan tentang Tari Kancet Papatai di bawah ini!

Tari Kancet Papatai

Bacaan Tari Kancet Papatai

Tari Kancet Papatai adalah sebuah tarian perang dari Kalimantan Timur. Gerakannya cukup sederhana dan didominasi oleh banyak gerakan melompat kecil.

  • Melompat-lompat kecil sambil berputar dengan tangan yang satu seakan memegang pedang dan yang satunya lagi seakan memegang tameng.
  • Berjalan ke depan dan ke belakang dengan satu tangan menghunuskan pedang, kemudian kedua tangan bertemu.
  • Kedua kaki dilebarkan dan kedua tangan membuka dan menutup.
  • Kedua kaki berjingkat, melompat kecil, seraya kedua tangan secara bergantian berputar.

Sumber: http://www.tradisikita.my.id/2015/01/14-tari-tradisional-dari-kalimantan.html

Peragakan gerakan Tarian Kancet Papatai seperti yang dijelaskan pada teks bacaan bersama dengan temanmu. Perhatikan gerakan kaki, tangan, dan pola langkah.

Kesimpulan

Demikianlah Materi Bacaan Tari Kecet Papatai yang ada pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 5. Dirumah, bersama dengan orang tuamu, bacalah kembali informasi yang kamu temukan tentang penyebab gangguan pada sistem pencernaan dan jenis-jenis gangguannya. Mintalah orang tuamu untuk memberikan lima pertanyaan yang berkaitan dengan informasi yang kamu miliki. Jawablah pertanyaan tersebut dengan lengkap dan jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *