Bacaan Merajut Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong

Bacaan Merajut Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong

Bacaan Merajut Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong Halo sobat bloggers, kali ini kita akan membahas mengenai Bacaan Merajut Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong. Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 6. Hari ini kita akan belajar Gotong royong dan saling bantu antar warga masyarakat dalam NKRI. Membuat teks nonfiksi tentang upaya masyarakat membina persatuan dan kesatuan bangsa dan Pementasan tari daerah Turuk Laggai.

Bacaan Merajut Semangat Kekeluargaan Halaman 93

Udin : “Persatuan dan kesatuan adalah hal yang utama. Bayangkan jika kita semua saling bermusuhan.”

Beni : “Aku setuju, Din. Salah satu pemupuk persatuan dan kesatuan bangsa adalah dengan mencintai dan melestarikan semua bentuk kebudayaan yang terdapat di Indonesia kita tercinta ini. Kebudayaan kita yang begitu beragam dengan jumlah penduduk yang amat besar justru merupakan kekuatan bangsa. Seperti yang ada pada poster itu, ya, Din?”

Siti : “Aku setuju dengan kalian semua, juga dengan poster itu. Dengan melestarikan kebudayaan Indonesia, kita menghargai jerih payah para pahlawan bangsa yang telah berjuang keras untuk mendapatkan kemerdekaan.”

Baca Juga  Jawaban Bacaan Membakar Sampah Mencemari Lingkungan

Beni : ”Ya, dan salah satu budaya bangsa kita adalah semangat bergotong royong dan saling membantu. Kebetulan aku punya artikel menarik tentang budaya gotong royong itu. Kita baca bersama, yuk!”

Ayo Membaca

Merajut Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong

“Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu-membantu sesama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua.” Demikianlah penggalan pidato Presiden Soekarno yang disampaikan dalam Sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945 untuk menjadikan gotong royong sebagai landasan semangat membangun bangsa.

Gotong royong merupakan sebuah kegiatan bersama yang bertujuan mencapai kemajuan bersama. Gotong royong telah menjadi kepribadian bangsa dan budaya semenjak dahulu. Budaya ini telah ada sebelum Indonesia merdeka dan telah berakar di dalam kehidupan masyarakat. Gotong royong menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong. Dengan demikian, rasa persatuan dan kesatuan nasional terus terbina.

Lalu, bagaimana dengan semangat kekeluargaan? Keluarga dapat dilihat sebagai mereka yang memiliki hubungan darah dengan kita. Namun, sikap kekeluargaan yang ada di Indonesia, tidak semata-mata didasarkan pada hubungan darah. Sikap saling menyayangi, saling mengasihi, melindungi, merasa saling memiliki, turut merasakan penderitaan saudara sebangsa dan setanah air, merupakan contoh dari sekian banyak sikap kekeluargaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak dulu kala.

Di tengah terpaan modernisasi, penting bagi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk tetap menjaga dan memelihara semangat kekeluargaan dan gotong royong yang menjadi bagian dari kehidupan kita. Dengan mempertahankan semua sikap positif ini, persatuan dan kesatuan NKRI akan selalu terjaga dan terpelihara.

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini.

1. Melengkapi Tabel

Gunakan tabel berikut untuk mencatat beberapa contoh semangat gotong royong dan kekeluargaan yang terdapat di lingkungan sekolah dan lingkungan rumahmu.
Lingkungan SekolahLingkungan Rumah
Mempelajari tarian tradisional dari daerah lain.Belajar bersama dengan teman – teman di dekat lingkungan rumah.
Mengerjakan tugas kelompok bersama samaMembersihkan rumah bersama anggota keluarga agar rumah menjadi bersih
Membersihkan lingkungan sekolah oleh seluruh warga sekolahMembantu ibu merapikan mainan yang sudah digunakan untuk bermain
Mengerjakan piket kelas secara bersama samaMembantu orang tua menjaga dan menemani adik bermain agar tetap aman
Menghibur teman yang sedang sedihMembantu ibu merawat adik yang sedang sakit agar cepat sembuh
Membantu teman yang mengalami kesusahan dalam belajarMenyayangi adik sebagai anggota keluarga
Menjenguk teman yang sedang sakit dan mendoakan agar lekas sembuhKakak mengajari adiknya mengerjakan tugas sekolah.

2. Melakukan Wawancara

Baca Juga  Latihan Soal PTS/UTS I Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 dan 3 Beserta Jawaban

Bentuklah sebuah kelompok terdiri atas empat orang siswa. Lakukanlah wawancara dengan beberapa anggota komunitas sekolahmu. Anggota komunitas sekolah terdiri atas siswa, guru, kepala sekolah, pegawai sekolah, dan orang tua. Wawancarai mereka untuk mengetahui perilaku gotong royong serta kekeluargaan yang sudah mereka tunjukkan selama berada di lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah. Catatlah hasil wawancaramu pada tabel berikut ini.

Lingkungan SekolahLingkungan Rumah
Warga sekolah bekerja sama membersihkan lingkungan sekolahSesama guru dan pegawai sekolah saling menjnguk jika ada yang sakit
Siswa melaksanakan piket kelas dengan tertib agar kelas bersihGuru mengajak siswa berkunjung kerumah siswa yang sedang sakit
Guru bermusyawarah untuk menentukan kegiatan sekolah.Orang tua membentuk paguyuban kelas untuk menumbuhkan sikap kekeluargaan.
Guru bersama komite sekolah bekerja sama untuk memajukan sekolahSiswa belajar kelompok dirumah agar bisa memahami pelajaran

3. Mendiskusikan Hasil Wawancara

Diskusikanlah hasil buah pikirmu dan hasil wawancara yang telah kalianlakukan.

a.      Apakah hubungan antara NKRI dengan semangat kekeluargaan dan gotong royong?

Jawaban: semangat kekeluargaan dan gotong royong menjadi dasar agar kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi aman dan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI

b.      Bagaimana cara memperkuat semangat kekeluargaan dan gotong royong?

Jawaban: meningkatkan toleransi, mengedepankan musyawarah, tidak saling menjatuhkan antar suku dan budaya, menumbuhkan semangat persatuan.

4. Mempresentasikan Hasil Wawancara

Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas secara bergantian. Pastikan untuk mendengarkan hasil diskusi kelompok yang lain dengan saksama.

Bacaan Merajut Semangat Kekeluargaan Halaman 96

Ayo Menulis

Buatlah teks nonfiksi tentang semangat kekeluargaan dan gotong royong yang terdapat di daerahmu. Untuk memperkaya tulisanmu,

carilah artikel-artikel yang membahas tentang kegiatan masyarakat yang mengetengahkan semangat kekeluargaan dan gotong royong.

Kamu dapat mencari artikel di koran, majalah, atau internet. Gunakan kalimatmu sendiri. Tuliskan diselembar kertas A4 dengan rapi. Pastikan menggunakan tata bahasa danejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Baca Juga  Bacaan Budaya Kerukunan Beragama Kelas 2

Jawaban:

Semangat Kekeluargaan Dan Gotong Royong.

Gotong royong sudah menjadi dalah satu budaya yang banyak berkembang di Indonesia, mulai dari tingkat keluarga, RT, RW, Dusun, Desa, hingga sampai Negara, semua menerapkan semnagat kekeluargaan dan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Semangat kekeluargaan dan gotong royong telah dipraktikkan dalam berbagai lingkungan. Seperti gortong royong membersihkan rumah, membersihkan lingkungan masyarakat, dan juga lingkungan sekolah. 

Tida hanya dalam hal kebersihan, gotong royong juga dipraktikan adalah kegiatan sosial seperti ketika ada acara hajatan seorang warga. Tetangga yang lain dengan sukarela bekerja sama membantu mensukseskan acara tersebut. Selain itu semangat kekeluargaan dan gotong royong juga dipraktikan dalam keamanan, dimana  semangat gotong royong ditunjukkan dalam kegiatan ronda malam yang dilakukan oleh warga secara bersama sama

Semangat kekeluargaan dan gotong royong merupakan nilai yang baik yang patut dijaga kelestariaanya dan dikembangkan agar kehidupan masyarakat menjadi aman nyaman dan damai. Selain itu juga semngat gotong royong dan kekeluargaan akan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat sehingga mengurangi konflik

Ayo Berlatih

1.      Menurut pendapatmu, apakah yang dimaksud dengan gotong royong?

Jawaban: bekerja secara bersama untuk mencapai tujuan yang diinginkan

2.      Adakah kegiatan gotong royong yang sering kamu lakukan? Jelaskanlah.

Jawaban: ada gortong royong membersihkan lingkungan masyarakat. Kegiatan inisering dilakukan dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan agar bebas dari penyakit.

3.      Bagaimana dengan kegiatan gotong royong di sekolah dan sekitar rumah tinggalmu?

Jawaban: kegiatan gotong royong disekolahku biasa diadakan pada hari jumat. Kegiatannya membersihkan kelas, dan juga lingkungan sekolah agar menjadi bersih dan asri. Dan kegiatan gotong royong di masyarakat biasanya diadakan hari minggu ketika warga banyak yang libur bekerja.

4.      Menurutmu, bagaimana cara untuk meningkatkan semangat gotong royong dan kekeluargaan di sekolahmu?

Jawaban: dengan menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan kemudian sikap saling menghargai agar semua orang dapat bekerja sama ketika gotong royong dilaksanakan.

5.      Apakah kegiatan piket kelas merupakan contoh penerapan semangat gotong royong? Jelaskan alasanmu.

Jawaban: iya, karena piket kelas dilakukan dengan bersama sama yang memerlukan semangat gotong royong agar dapat terlaksana dengan baik

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan kita pada Bacaan Merajut Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong yang bisa kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 6. Di rumah, Semangat gotong royong bermula dari dalam sebuah keluarga. Keluarga merupakan kelompok masyarakat yang paling kecil. Diskusikan kegiatan-kegiatan apa saja yang dapat dilakukan oleh keluargamu untuk makin menyuburkan semangat gotong royong di lingkungan rumahmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.