Bacaan Mahapatih Gajah Mada Kelas 4 Tema 5
Bacaan Mahapatih Gajah Mada Kelas 4 Tema 5

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Kelas 4 Tema 5

Bloggers.id – Hai Sobat bloggers, bacaan Mahapatih Gajah Mada adalah materi yang terdapat pada kelas 4 tema 5 subtema 1 pembelajaran 5. Materi tersebut akan kita bahas dan jawab secara lengkap kali ini ya Sobat. Kamu sudah mengetahui perjuangan Raja Balaputradewa. Maukah kamu mengetahui perjuangan Mahapatih Gajah Mada? Ayo, kita cari tahu bersama.

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Kelas 4 Tema 5

Pada akhir masa Kerajaan Hindu-Buddha, muncullah tokoh-tokoh yang membawa kejayaan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar di Nusantara. Siapakah mereka? Mari, kita cari tahu!

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Kelas 4 Tema 5

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Halaman 38

Bersama kelompokmu, diskusikan hubungan antargambar tersebut! Tuliskan hasilnya pada kolom berikut!

Jawaban: Kerajaan Majapahit memiliki kekuasan yang sangat luas. Kejayaan tersebut diraih berkat tokoh Gajah Mada dan Hayam Wuruk yang berperang penting di kerajaan Majapahit. Salah satu peninggalan kerajaan Majapahit adalah Candi Penataran.

Mahapatih Gajah Mada

Mahapatih Gajah Mada

Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit. Saat remaja, ia merupakan seorang pemuda yang mempunyai keahlian bela diri yang sangat hebat serta berilmu tinggi. Pada usia 19 tahun, Gajah Mada berhasil menyelamatkan rajanya, Prabu Jayanegara.

Baca Juga  Halaman Kelas yang Bersih Kelas 2 Tema 4

Oleh karena kecakapannya, pada tahun 1319, ia diangkat sebagai Patih  Kahuripan. Dua tahun kemudian, iadiangkat sebagai Patih Kediri.

Pada tahun 1329, Patih  Majapahit yang Bernama Aryo Tadah menunjuk Gajah Mada untuk menggantikan  dirinya. Gajah Mada menolak penunjukan itu karena ingin membuktikan pengabdiannya  terlebih dahulu kepada Kerajaan Majapahit, yaitu menghentikan pemberontakan Keta dan Sadeng. Gajah Mada akhirnya diangkat sebagai Patih Majapahit pada tahun 1334, setelah berhasil menaklukkan Keta dan Sadeng.

Pada tahun 1336, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa, yaitu janji bahwa ia tidak akan memakan buah palapa, sejenis  rempah-rempah, bila belum berhasil menguasai pulau-pulau di Nusantara.

Perjuangan Gajah Mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389). Pada masa itulah, Majapahit mencapai keemasannya. Dari Kitab Negarakertagama dapat diketahui bahwa daerah kekuasaan Majapahit hampir sama luasnya dengan wilayah Indonesia yang sekarang, bahkan pengaruh Kerajaan Majapahit sampai ke negara-negara tetangga.

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Halaman 39

Berdasarkan cerita sesuai urutan arah panah pada halaman sebelumnya, tuliskan kembali dengan singkat mengenai Gajah Mada!

Jawaban: Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit.  Gajah Mada diangkat sebagai Patih Majapahit pada tahun 1334, setelah berhasil menaklukkan Keta dan Sadeng. Pada tahun 1336, Gajah Mada mengucapkan  Sumpah Palapa, yaitu janji bahwa ia tidak akan memakan buah palapa, sejenis  rempah-rempah, bila belum berhasil menguasai pulau-pulau di Nusantara. Perjuangan Gajah Mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389). Pada masa itulah, Majapahit mencapai keemasannya.

Ayo Berdiskusi

Bersama teman satu kelompok, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut. Tulis jawabanmu pada kertas lain.

1. Apa tujuan Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa?

Jawaban: Tujuan Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa adalah supaya dapat membakar semangat untuk menguasai pulau-pulau di Nusantara.

2. Apa yang diperjuangkan Gajah Mada?

Jawaban: Perjuangan Gajah Mada antara lain: 1) menghentikan pemberontakan Keta dan Sadeng, serta 2) menyatukan pulau-pulau di nusantara.

3. Apakah perjuangan Gajah Mada mempunyai pengaruh pada kehidupan bangsa Indonesia saat ini? Jelaskan jawabanmu dan berikan contoh!

Jawaban: Ya, perjuangan Gajah Mada mempunyai pengaruh pada kehidupan bangsa Indonesia saat ini. Semangatnya menyatukan nusantara memberikan contoh kepada bangsa Indonesia untuk tetap Bersatu, jangan sampai terpecah belah.

4. Hal baik apa yang dapat kamu contoh dari sikap Gajah Mada?

Jawaban: Gemar mengembangkan keterampilan diri sendiri seperti berlatih bela diri serta memiliki ilmu yang tinggi. Gajah Mada juga suka menolong orang lain.

5. Apakah Gajah Mada bisa disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Majapahit? Jelaskan!

Jawaban: Ya, Gajah Mada bisa disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Majapahit. Hal tersebut karena Gajah Mada dapat terus berjuang sehingga Kerajaan Majapahit mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk.

Sampaikan hasil diskusimu kepada kelompok lain!

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Halaman 39 jalan Gajah Mada

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Halaman 40

Ayo Membaca

Kompleks Candi Penataran

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Halaman 40 Candi Penataran

Kemegahan dan kebesaran kompleks candi Penataran membuktikan perjuangan dan peranan para tokoh pada masa Kerajaan Majapahit. Candi Penataran dibangun pada masa Kerajaan Kediri dan dipergunakan pada masa Kerajaan Majapahit.

Baca Juga  Bermain Ayunan di Taman Kota Kelas 2

Di dalam kompleks candi, terdapat arca, bangunan yang disebut Bale Agung, prasasti (batu tulis) dan beberapa candi. Candi-candi itu di antaranya candi Naga yang berukuran lebar 4,83 meter, panjang 6,57 meter, dan tinggi 4,70 meter. Selain itu, terdapat candi yang dianggap paling suci, yaitu candi Induk. Candi Induk terdiri atas tiga teras bersusun dengan tinggi seluruhnya 7,19 meter.

Tulis pendapatmu tentang candi Panataran pada kolom berikut!

Jawaban: Candi Penataran merupakan candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang megah, indah juga besar. Candi tersebut menjadi bukti kekuasaan Kerajaan Majapahit pada zaman dahulu.

Diskusikan pendapat tersebut secara berpasangan!

Baca Juga: Sifat-Sifat Cahaya Kelas 4 Tema 5 Subtema 1

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Halaman 41

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Halaman 41

Ayo Bernyanyi

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggugah semangat kepahlawanan. Salah satu cara tersebut adalah melalui lagu.

Sebelumnya, kamu telah belajar membaca notasi lagu “Maju Tak Gentar”.  Perhatikan kembali lagu tersebut dan nyanyikan syairnya. Perhatikan terlebihdahulu cara gurumu menyanyikan dengan benar lagu tersebut.

lirik lagu Maju Tak Gentar

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Halaman 42

Sekarang giliranmu mempelajari lagu tersebut. Dengarkan penjelasan guru. Bersama dengan kelompokmu, nyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” dengan nada dan tempo yang tepat. Simaklah saat kelompok lain menyanyikan lagu tersebut!

1. Apa yang kamu rasakan ketika menyanyikan lagu di atas? Jelaskan jawabanmu!

Jawaban: Saya merasakan semangat perjuangan para pahlawan yang tak gentar melawan penjajah.

2. Jelaskan tentang nada dan tempo dalam lagu tersebut. Nilai baik apa yang terkandung dari lagu tersebut?

Jawaban: Nada tersebut menggunakan nada Bes=do, serta menggunakan tempo 4/4. Nilai baik yang terkandung dari lagu Maju Tak Gentar adalah keberanian untuk membela kebenaran.

3. Apakah ada lagu di daerahmu yang menggambarkan perjuangan para pahlawan?

Jika ada, tuliskan judul dan makna lagu tersebut!

Baca Juga  Batubara Sebagai Sumber Energi Kelas 4 Tema 2

Jawaban: Tuliskan judul dan makna lagu di daerahmu yang menggambarkan perjuangan pahlawan (jika ada), jika tidak ada maka biarkan.

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Halaman 43

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Halaman 43

Ayo Berlatih

Perhatikan gambar raket berikut.

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Halaman 43 raket

Jelaskan garis yang kamu lihat pada senar raket di atas.

Jawaban: Garis yang ditandai warna biru adalah garis sejajar. Selain itu, juga terdapat garis berpotongan pada senar raket.

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Halaman 44

Perhatikan gambar garis berikut. Tulis sifat pasangan garis yang telah kamu ketahui.

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Halaman 44 garis sejajar dan berpotongan
Pasangan GarisPenjelasan
FGaris yang searah dan tidak saling berpotongan.
GGaris yang berlawanan arah dan saling berpotongan.
HGaris yang berlawanan arah dan saling berpotongan.
JGaris yang searah dan tidak saling berpotongan.

Jelaskan perbedaan gambar berikut.

Bacaan Mahapatih Gajah Mada Halaman 44

Jawaban:

Gambar A: sebuah garis yang memiliki 2 anak panah yang berlawanan arah.

Gambar B: sebuah garis yang memiliki 1 anak panah.

Gambar C: sebuah garis yang tidak memiliki anak panah.

Gambarlah pasangan garis sejajar dan berpotongan pada kertas berpetak.

Gambarlah pasangan garis sejajar dan berpotongan pada kertas berpetak.

Kesimpulan

Demikian pembahasan materi kita tentang bacaan Mahapatih Gajah Mada yang dapat kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5. Bagaimana sobat bloggers, menarik bukan materi belajar kita kali ini? Supaya Sobat dapat lebih memahami materi ini, Kalian dapat bertanya dan berdiskusi dengan orang tua tercinta Kalian di rumah ya. Dan jangan lupa, tuliskan hasilnya pada buku tulis kalian ya! Terima kasih, semoga bermanfaat. [ Bloggers.id ]

Baca Juga:

Balaputradewa Raja Kerajaan Sriwijaya Kelas 4

Sikap Kepahlawanan dan Percobaan Cakram Warna Kelas 4

Pencarian Populer : gajah mada materi ips kelas 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *