Bacaan Faktor Penyebab Diare secara Umum

Bacaan Faktor Penyebab Diare secara Umum

Bacaan Faktor Penyebab Diare secara Umum – Halo sobat blogger, kali ini kita akan membahas mengenai materi Faktor Penyebab Diare secara Umum yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 2. Kali ini kita akan membahas mengenai Ciri/tanda penyakit diare, Penyebab dan juga Organ pencernaan yang tergangu ketika
diare. Namun sebelumnya kalian baca percakapan anak-anak kelas 5 berikut ini

Bacaan Faktor Penyebab Diare Halaman 53

Udin, Siti, dan Lani sedang berbincang-bincang di depan kelas. Mereka baru saja selesai beraktivitas di luar kelas. Sinar matahari pada siang itu sangat terik dan menyengat. Mereka terlihat lelah dan kehausan.

Simaklah percakapan Udin, Siti, dan Lani!

Lani : “Wah, aku sangat lelah. Udara pagi ini juga sangat panas. Aku haus sekali.”

Udin : “Benar sekali, Lani. Bagaimana jika kita beli minum limun dingin yang dijual di depan sekolah kita? Aku baru lihat bapak-bapak yang menjual limun tadi.”

Siti : “Hati-hati Udin, jangan jajan sembarangan. Dengan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, makanan mudah sekali tercemar dengan bakteri-bakteri jahat

Udin : “Benar juga kamu Siti. Kemarin tetanggaku dirawat di rumah sakit karena terserang diare berat. Ia bilang, perutnya melilit tidak lama setelah ia memakan jajanan di pinggir jalan.”

Lani : “Kenapa hal tersebut bisa terjadi ya?

Diskusikan dengan teman sebangkumu

Baca Juga : Download Latihan Soal PTS I Kelas 1-6 SD Semester 1 Tahun 2021 Lengkap

Bagaimana diare bisa terjadi dan apa yang menyebabkan diare?

Pada umumnya, penyebab penyakit diare adalah virus, bakteri dan parasit hingga alergi. Benda asing tersebut masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Salah satu hewan pembawa bakteri adalah lalat. Makanan yang telah dilalati sebaiknya dibuang untuk mencegah diare. Penyakit diare pun juga dapat disebabkan oleh kuman yang menempel pada tangan yang kotor dan masuk ke dalam tubuh ketika sedang makan.

Beberapa gejala yang diakibatkan penyakit diare, antara lain:

Feses lembek dan cair.
Nyeri dan kram perut.
Mual dan muntah.
Nyeri kepala.
Kehilangan nafsu makan.
Haus terus menerus.
Demam.
Dehidrasi.
Darah pada feses.

Bacaan Faktor Penyebab Diare Halaman 54

Diare ditandai dengan encernya tinja (feses) yang dikeluarkan atau buang air besar dengan frekuensi lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Pada umumnya, diare terjadi akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang
terkontaminasi.

Baca Juga  Jawaban Fungsi Organ Pencernaan Kelas 5

Faktor Penyebab Diare secara Umum

Diare terjadi ketika makanan dan cairan yang dimakan berlalu terlalu cepat dan/atau terlalu besar jumlahnya pada saluran pencernaan (usus). Secara normal, usus besar akan menyerap cairan dari makanan yang kamu makan, dan meninggalkan kotoran (tinja) yang setengah padat.

Akan tetapi, ketika cairan dari makanan yang kamu makan tidak diserap, maka hasilnya adalah kotoran (feses) yang cair atau encer. Penyakit diare mungkin berhubungan dengan infeksi virus atau bakteri.
Penyakit tersebut juga dapat terjadi akibat keracunan makanan.

Secara umum penyebab diare antara lain:

Infeksi virus

rotavirus adalah penyebab diare pada anak (akut) yang paling sering.

Infeksi bakteri dan parasit

masuk melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Intoleransi makanan

terjadi pada sebagian orang yang intoleransi terhadap gula pada susu sehingga diare terjadi setelah makan/minum produk susu

Alergi makanan

biasanya reaksi negatif terhadap obat-obat-an. Banyak obat yang dapat menyebabkan diare. Biasanya alergi terhadap antibiotik, sementara antibiotik sebenarnya membantu membunuh bakteri baik dan jahat yang dapat mengganggu keseimbangan bakteri
baik dalam usus.

Penyakit usus

biasanya menimbulkan diare kronis dengan banyak penyebab.

Gangguan usus fungsional (stres)

Baca Juga : Bacan Roda Pengubah Wajah Dunia Kelas 6

Di antara teman-temanmu di kelas, pasti ada yang sudah pernah sakit diare. Cobalah bertanya kepada teman-temanmu, gejala apa saja yang ditimbulkan oleh gangguan diare?

Gejala Diare

Secara lebih lengkap, tanda dan gejala yang biasanya menyertai penyakit diare antara lain:
• Buang air besar encer dan sering
• Kram perut
• Nyeri perut
• Demam
• Darah dalam tinja
• Kembung

Jadi, mengapa diare dapat sangat berbahaya?

Diare sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penderita kekurangan cairan. Diare merupakan iritasi pada saluran usus besar yang disebabkan bakteri. Penanganan pertama yaitu pemberian oralit untuk mencegak dehidrasi.

Buatlah buku kecil yang berisi tentang penjelasan mengenai diare. Kumpulkan informasi untuk melengkapi buku kecilmu. Gunakan buku kecilmu sebagai panduan apabila kamu mendapat tugas untuk menjelaskan tentang gangguan
pada organ pencernaan manusia.

Bacaan Faktor Penyebab Diare Halaman 55

Dayu, Lani, dan teman-temannya sedang berbincang-bincang mengenai gangguan organ pencernaan dan iklan produk yang berkaitan dengan gangguan tersebut.

Simak percakapan mereka!

Dayu : “Semalam aku melihat iklan obat sakit mag yang baru di televisi, Lan. Sama persis dengan obat mag yang pernah kamu bawa saat kamu sedang sakit mag.”

Lani : “Iya, aku juga sering melihat iklan itu. Iklan itu terlihat menarik karena ia menggunakan seorang penyanyi yang terkenal di televisi saat ini. Itu juga yang membuatku tertarik untuk membelinya, Dayu.”

Beni : “Ternyata banyak cara ya, yang dipakai oleh sebuah perusahaan untuk mempromosikan produknya. Aku pernah melihat sebuah iklan obat demam anak-anak yang menggunakan badut. Ada pula iklan obat sakit kepala yang menggunakan tarian dari berbagai daerah. Ada tarian tradisional dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatra.”

Lani : “Ya, kamu betul, Ben. Kreativitas yang tinggi memang sangat dibutuhkan saat sebuah perusahaan ingin memasarkan produk dengan menggunakan media elektronik. Hal ini agar para penontonnya tertarik dan mau mencoba produk tersebut.”

Sekalipun iklan yang umumnya terdapat di media elektronik berbeda-beda, ada satu persamaan dalam bahasa iklan yang digunakan. Setiap bahasa iklan tersebut ternyata memiliki ciri-ciri yang sama.

Baca Juga  Jawaban Pengamalan Sila Pertama Pancasila kelas 4

Baca Juga : Link Twibbon HUT TVRI ke-59 Tahun 2021, Download Di Sini!

Apakah ciri-ciri yang dimiliki oleh bahasa iklan?

• Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri atas empat siswa.
• Tuliskan dalam kolom berikut ini kalimat-kalimat iklan yang biasa kamu ingat dan kamu ketahui di media elektronik (televisi, radio, atau internet).
• Diskusikan ciri-ciri bahasa iklan elektronik yang terdapat dalam kalimat tersebut.
• Presentasikan di depan kelas hasil diskusi kelompokmu.

Kalimat Iklan

  1. temukan sensasi baru sambal terasi ABC sekali Coba sensasi pedasnya akan tertantang terus terus terus dibuat dengan terasi pilihan coba dulu baru tahu rasanya!
  1. Berkolaborasi dengan para ahli lokal dan global hadirkan inovasi terbaru. Wardah Lightening serum dengan Advance daya cinemai 10 kali kekuatan mencerahkan dan bulet section untuk hindari kulit kusam Wardah Lightening kulit cerah terlindungi
  1. Tangan ini tahu bedanya kecap biasa dari kecap yang luar biasa terbuat dari kedelai hitam pilihan lebih kental lebih hitam Kecap ABC lebih kaya rasa dari merek kecap terkemuka di ada kecap seenak Kecap ABC
  2. Hai jadi beli deh buat kamu yang beda kini ada kopi ABC siap minum dari biji kopi Brazil dan susu New Zealand kapan saja dimana saja kopi.abc siap minum
  3. Baru antangin habbatussauda dengan Habbatussauda yang baik Antangin habbatussauda bantu pelihara daya tahan tubuh dan meredakan gejala masuk angin Antangin habbatussauda

Berdasarkan hasil diskusi dengan kelompokmu, buatlah kesimpulan tentang ciri-ciri bahasa iklan pada kolom berikut ini!

Ciri-ciri bahasa iklan adalah

Ciri-ciri iklan:

1. Isinya mengandung ajakan untuk membujuk untuk bebuat sesuatu.

2. Memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Sepak Bola Kelas 2 Tema 2

3. Unsur-unsur pembentuk iklan terdiri dari sumber, pesan, media, penerima, efek, umpan balik, dan kontek.

Ciri-ciri bahasa iklan:

1. Singkat

Menggunakan kalimat yang singkat dan tidak berbelit belit.

2. Jelas

Penggunaan kalimat harus jelas dan tulisan dibuat menonjol baik dari segi warna dan ukuran tulisan.

3. Mudah dipahami

Bahasa yang digunakan dalam pembuatan iklan harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak berbelit-belit.

4. Menarik

Bahasa yang digunakan dalam pembuatan iklan harus menarik dan mudah diingat, serta permainan warna yang baik semakin membuat iklan tersebut akan mempunyai daya tarik.

Untuk memberi daya tarik pada iklan media elektronik, banyak sekali kreativitas yang digunakan. Salah satunya adalah dengan menampilkan tari-tarian, termasuk tarian daerah.

Bacaan Faktor Penyebab Diare Halaman 57

Tahukan kamu apa yang menarik dari tarian daerah? Ada banyak tarian daerah di Indonesia

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang tinggi dan ini tercermin dari tarian daerah yang dimilikinya. Gerakan-gerakan setiap tarian daerah bisa jadi sama, tetapi ada pula yang berbeda. Makna yang terkandung berbeda-beda pula.

Ada tari Gantar dari Kalimantan yang menggambarkan gerakan orang yang tengah menanam padi. Mereka menggunakan properti tongkat yang menggambarkan kayu penumbuk, sedangkan bambu dan biji-bijian di dalam
wadah penumbuk menggambarkan benih padi dan wadahnya.

Di Kalimantan juga terdapat tarian perang atau yang dikenal dengan Tari Kancet Papatai yang menggunakan properti berupa mandau, perisai, dan baju perang. Properti dalam sebuah tarian daerah memegang peranan yang amat penting.

Properti tari merupakan bagian dari perlengkapan tari yang dipergunakan untuk meningkatkan estetika atau keindahan sebuah tarian dan untuk memperdalam makna yang terkandung dalam sebuah tarian.

Ayo Berlatih

Dalam kelompok yang terdiri atas empat orang siswa, cari tahu tentang properti tari yang terdapat dalam tarian-tarian yang terdapat dalam kolom di bawah ini. Kamu dapat mencari informasi terkait dengan properti tersebut di internet, buku-buku, majalah, atau dengan bertanya pada guru sebagai salah satu sumber informasi.

Buatlah dalam selembar kertas A4 dan dekorasi dengan rapi. Kamu dapat juga mencari gambar tari yang sesuai untuk memperlihatkan keanekaragaman properti tari yang dimiliki oleh tarian daerah tersebut.

NoNama TarianAsal DaerahProperti yang Digunakan
1Tari Baksa DadapKalimantan SelatanBusur dan Panah
2Tari Gantar Dayak BenuakKalimantan TimurTongkat
3Tari SerimpiJogjakartaJebeng, cundrik, jemparing
4Tari Satrio WatangJogjakartaTombak
5Tari PiringSumatera BaratPiring
6Tari Kipas PakarenaSulawesi SelatanKipas
7Tari PendhetBaliBokor
8Tari LegongBaliKipas
9Tari MusyohPapuaTameng dan Tombak
10Tari CakaleleMalukuParang dan Tameng
11Tari Gandrung LombokNTBKipas
12Tari LikuraiNTTTihar/Kendang Kecil
13Tari Bedhaya KetawangJawa TengahDodot
14Tari RemoJawa TimurSelendang
15Tari JaipongJawa BaratSampur.Selendang
16Tari JapinJakartaSampur/Selendang
17Tari Serampang DuabelasSumatra UtaraSapu tangan
18Tari Kipas SerumpunSumatera SelatanKipas
19Tari SembahLampungTepak dan Sirih.
20Tari ReogJawa TimurTopeng Reog

Kesimpulan

Demikianlah Pembahasan Bacaan Faktor Penyebab Diare secara Umum yang ada pada buku siswa kelas 5 tema 3 subtema 2 pembelajaran 2. Bersama dengan orang tuamu, bacalah kembali penjelasan tentang gangguan diare. Buatlah kartu informasi yang berisi penjelasan tentang penyebab diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *