Bacaan Doa Buka Puasa dan Artinya Lengkap
Bacaan Doa Buka Puasa dan Artinya Lengkap

Bacaan Doa Buka Puasa dan Artinya Lengkap

Bloggers.idBacaan Doa Buka Puasa dan Artinya Lengkap – Hai Sobat Bloggers, saudaraku kaum muslimin di manapun Anda berada. Berbuka puasa merupakan momen yang ditunggu-tunggu saat menjalankan ibadah puasa, terutama puasa di bulan Ramadhan. Rasa lapar dan haus seketika hilang diganti dengan nikmatnya berbagai hidangan, buah, lauk pauk beserta air minum yang segar.

Bacaan Doa Buka Puasa dan Artinya Lengkap

Namun demikian, rasa lapar dan haus terkadang membuat kita terburu-buru mengambil hidangan berbuka dan lupa untuk memanjatkan doa berbuka puasa. Maka dari itu, memanjatkan doa buka puasa menjadi bagian penting pada saat berbuka puasa.

Nah, kali ini bloggers akan membagikan bacaan doa buka puasa beserta artinya yang populer di masyarakat dengan tetap memperhatikan dalil. Salah satu yang dikenal masyarakat adalah doa Dzahabaz Dhama’u. Berikut ini adalah bacaan doa buka puasa dalam tulisan arab, latin beserta artinya.

Bacaan Doa Buka Puasa dan Artinya

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ العُرُوْقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى

Dzahabaz dhama’u, wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insyaallahu ta’ala

Artinya, “Lenyap sudah rasa haus dan dahaga, juga urat-urat tubuh telah menjadi basah, serta imbalan pahala ditetapkan kalau Allah swt menghendaki”.

Dalil Doa Buka Puasa

Doa dzahabaz dhama’u adalah doa berbuka puasa yang bersumber dari hadits dan tercantum dalam beberapa kitab hadits. Berikut ini adalah redaksi haditsnya.

Dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma, beliau mengatakan:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوق

Artinya: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila beliau berbuka, beliau membaca: “Dzahabaz dhama’u, Wabtalatil ‘Uruuqu…” (HR. Abu Daud 2357, Ad-Daruquthni dalam sunannya 2279, Al-Bazzar dalam Al-Musnad 5395, dan Al-Baihaqi dalam As-Shugra 1390.)

Baca Juga  Bacaan Ir Soekarno Bapak Proklamasi Indonesia

Kapan Doa Buka Puasa Dibaca?

Doa di atas dapat dibaca baik sebelum maupun sesudah berbuka puasa.

Namun jika dilihat lebih dalam redaksi doanya yang berbunyi “Lenyap sudah rasa haus dan dahaga” sangat mungkin doa ini dibaca sesudah berbuka. Yakni sesudah membatalkan puasa dengan makan atau minum kemudian membaca doa berbuka puasa.

Ketika masuk magrib tiba, disunnahkan bagi untuk menyegerakan berbuka. Ketika makanan sudah siap dimakan, kita hendaknya kita baca doa sebelum makan,

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allohumma barrik lana fiima rozaktana waqina adzabannar

Artinya, “Ya Allah berkahilah kami atas rejeki yang telah Engkau beri, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Kemudian kita bisa makan makanan yang manis atau minum air putih terlebih dahulu secukupnya, dilanjutkan dengan membaca doa berbuka,

Sumber: Santripedia

Penutup

Demikian Bacaan Doa Buka Puasa dan Artinya yang dapat Bloggers bagikan untuk Kamu semua. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara, keluarga, serta sahabat Anda supaya lebih banyak yang mendapat manfaat dalam beribadah di bulan Ramadhan 1443 H di tahun ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat. [Bloggers.id}

Baca Juga:

Twibbon Marhaban Ya Ramadhan 1443 H / 2022 M

Link Twibbon Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M

Menggali Hikmah Yang Terkandung di Balik Puasa Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.