Bacaan Dayu Tidak Mau Sekolah

Bacaan Dayu Tidak Mau Sekolah, Materi Kelas 4

Daftar Isi

Bacaan Dayu Tidak Mau Sekolah, Materi Kelas 4 – Halo sobat Bloggers, apakah kalian suka saling ejek dengan teman disekolah? Taukah kalian kalau suka mengejek teman adalah hal yang tidak terpuji. Seperti yang dilakukan oleh Dadu di Sekolah. Mau tahu ceritanya? Yuk kita baca pembahasan Bacaan Dayu Tidak Mau Sekolah yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 2. Namun sebelumnya coba kalian baca bacaan berikut terlebih dahulu.

Bacaan Dayu Tidak Mau Sekolah Halaman 59

Pak Made adalah seorang pelukis. Lukisannya banyak dijual di galeri. Pak Made sering mendapatkan pesanan untuk melukis wajah atau bentuk-bentuk lain. Berbeda dengan Pak Made, Pak Toni adalah penjahit. Pak Toni menerima pesanan orang-orang yang ingin membuat baju. Meskipun berbeda pekerjaan, mereka berteman baik. Tidak pernah terpikir oleh Pak Made bahwa pekerjaannya lebih baik daripada pekerjaan Pak Toni. Begitu pula sebaliknya.

Baca Juga  Jawaban Percakapan Bermain Layang-Layang di Pantai

Pekerjaan setiap orang berbeda. Jangan pernah merasa bahwa pekerjaan kita lebih baik daripada pekerjaan orang lain. Setiap pekerjaan sama, yang penting memberikan manfaat bagi orang lain. Hal ini sesuai dengan makna sila kedua Pancasila. Ayo kita pelajari lebih lanjut.

Ayo Berdiskusi

Amati gambar berikut!

Sila kedua: Kemanusiaan yang adil dan beradab

Mata rantai berbentuk segiempat melambangkan laki-laki. Mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan perempuan Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti rantai.

Berbentuk apakah simbol sila kedua Pancasila?

Jawaban : Simbol sila kedua Pancasila adalah Rantai

Apa makna simbol sila kedua Pancasila?

Jawaban :

Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab bermakna:

  1. setiap manusia setara dan sejajar,
  2. beradab dalam rasa, pikiran, dan tindakan,
  3. anti penjajahan, dan
  4. mengutamakan kebenaran dan keadilan.

Jelaskan hubungan antara simbol dan dengan makna sila kedua Pancasila!

Jawaban : Mata rantai berbentuk segiempat melambangkan laki-laki. Mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan perempuan Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti rantai.

Apakah sikap Pak Made dan Pak Toni mencerminkan sila kedua Pancasila? Jelaskan alasanmu!

Jawaban : Ya, sikap mereka berdua mencerminkan sila kedua pancasila. karena antara Pak Made dan Pak Toni tidak pernah merasa bahwa pekerjaan mereka yang lebih baik satu sama lainnya. Setiap pekerjaan sama, dan sama-sama memberikan manfaat bagi orang lain.

Tulislah contoh-contoh sikap yang menunjukkan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban :

Di lingkungan keluarga:

Mencintai, menghormati dan menaati nasihat orang tua.
Menjunjung tinggi nilai-nilai luhur keluarga dengan penuh ketulusan sehingga terjadi suasana keluarga yang bahagia.
Menjaga nama baik keluarga di masyarakat.
Orang yang mudah menghargai; orang yang sebaya saling menghargai, yang tua menyayangi yang muda.
Setiap anggota keluarga melaksanakan hak dan kewajibannya.
Tidak saling mencampuri hak orang lain.
Saling membantu dan merasakan dalam kesusahan atau kegembiraan.

Di lingkungan sekolah:

Menjunjung tinggi kesopanan dalam pergaulan antarteman di sekolah.
Melaksanakan program sekolah berkaitan dengan usaha kemanusiaan.
Menegur teman yang mencontek, tidak melaksanakan tugas piket, dan melaporkan teman yang membolos atau menyalahgunakan uang sekolah.
Membantu teman yang sedang mengalami musibah, baik moral maupun material.
Tidak merendahkan dan menyakiti perasaan teman.
Mengembangkan sikap tenggang rasa.

Di lingkungan masyarakat:

Membantu korban bencana alam.
Memberi sedekah kepada fakir miskin.
Tidak menyakiti dan memfitnah orang lain.
Meminta izin bila meminjam barang orang lain.
Berlaku sopan kepada orang lain.
Menjadi donor darah.
Mengumpulkan dana bela sungkawa untuk diserahkan kepada yang berhak menerimanya.
Menjaga nama baik masyarakat, bangsa, dan negara.

Bacaan Dayu Tidak Mau Sekolah Halaman 61

Dayu Tidak Mau Sekolah

Dayu adalah temanku. Ia anak yang ramah. Meskipun lama tinggal di Jakarta, logat bahasa Dayu masih sangat kental dengan logat Bali. Hal itu membuat Dadu sering menertawakan Dayu. Dadu sering mengejek Dayu. Hal itu membuat Dayu sangat sedih. Ia menjadi tidak percaya diri untuk bicara di depan kelas. Ia takut ditertawakan Dadu. Hari ini Dayu
tidak mau masuk sekolah karena malu.

Baca Juga  Bacaan Menyantuni Anak Yatim Kelas 2

Apa yang dilakukan Dadu terhadap Dayu?

Jawaban : Yang dilakukan Dadu adalah mengejek dan mentertawakan logat Bali Dayu

Bagimana perasaan Dayu terhadap sikap Dadu?

Jawaban : Dayu merasa sedih pada saat diejek dan ditertawakan Dadu

Setujukah kamu dengan apa yang dilakukan Dadu? Jelaskan!

Jawaban : Saya tidak setuju apa yang dilakukan Dadu. Kita tidak boleh mengejek dan mentertawakan teman lain

Apakah sikap yang dilakukan Dadu sesuai dengan sila kedua Pancasila? Jelaskan!

Jawaban : Mengejek orang lain artinya menganggap diri kita lebih baik. Menganggap bahwa orang lain lebih buruk. Hal itu sangat bertentangan dengan sila kedua Pancasila, bahwa setiap orang sama. Ejekan Dadu sangat tidak beradab. Itu menyakiti perasaan Dayu

Mengejek orang lain artinya menganggap diri kita lebih baik daripada orang lain. Hal itu sangat bertentangan dengan sila kedua Pancasila, bahwa setiap orang setara. Ejekan Dadu sangat tidak beradab. Tindakan Dadu menyakiti perasaan
Dayu.

Ayo Berkreasi

Sebagai seorang pelukis, Pak Made mempunyai keterampilan melukis yang sangat bagus. Ia juga mempunyai ide-ide kreatif sehingga lukisannya sangat indah dan unik. Gambarlah salah satu sikap yang menunjukkan sila kedua Pancasila!
Sampaikan kepada temanmu!

Bacaan Dayu Tidak Mau Sekolah Halaman 63

Sebagai seorang penjahit, Pak Toni harus sangat paham tentang luas dan keliling. Ini akan membantu dalam hal memperkirakan bahan. Ayo kita pelajari lebih lanjut!

Luas dan Keliling Persegi Panjang.

Sebelumnya kamu telah membuktikan luas dan keliling persegi. Sekarang dengan kelompokmu,

Diskusikan pembuktian luas dan keliling persegi panjang!

Perhatikan persegi panjang berikut!

Bacaan Dayu Tidak Mau Sekolah persegi

Buatlah persegi satuan dengan panjang sisi 1 cm. Letakkan persegi satuan sehingga menutupi seluruh permukaan persegi panjang.

Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi panjang persegi panjang?

Jawaban : Persegi satuan yang menutupi panjang persegi panjang masing-masing ada 8

Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi lebar persegi panjang?

Jawaban : Persegi satuan yang menutupi lebar persegi panjang masing-masing ada 5

Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi panjang?

Jawaban : Persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi panjang ada 40.

Bagaimana hubungan antara banyak persegi satuan yang menutupi panjang, lebar, dan seluruh permukaan persegi?

Jawaban : Luas persegi panjang adalah banyaknya persegi satuan yang menutupi permukaan persegi panjang

Jika banyaknya persegi satuan yang menutupi persegi panjang menyatakan luas persegi panjang, apa yang bisa kamu simpulkan tentang luas persegi panjang?

Jawaban : Luas persegi panjang = panjang x lebar

Panjang persegi panjang dinamakan p. Lebar persegi panjang dinamakan l. Luas persegi panjang dinamakan L.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Lani dan Adiknya Kelas 4

Tulislah rumus luas persegi panjang.

L = p x l

Luas Persegi Panjang

Bacaan Dayu Tidak Mau Sekolah luas

Banyaknya persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi panjang dinamakan luas persegi panjang.
Jadi, luas persegi panjang di atas = (7 x 5) satuan = 35 satuan. Jika L = Luas, p = ukuran panjang, dan l = ukuran lebar, maka L = p x l. Apakah kamu menemukan cara menentukan luas persegi panjang yang berbeda?

Berdasarkan gambar di atas, jelaskan keliling persegi panjang!

Keliling Persegi Panjang

Bacaan Dayu Tidak Mau Sekolah keliling

Jumlah ukuran sisi yang membatasi sebuah bangun merupakan keliling dari bangun tersebut. Pada bangun di atas, kelilingnya adalah AB + BC + CD + DA = 7 satuan + 5 satuan + 7 satuan + 5 satuan = 24 satuan. Jadi keliling persegi panjang 2 x (ukuran panjang + ukuran lebar).

Kerjakan latihan soal berikut.

Diketahui persegi panjang dengan panjang 5 cm dan lebar 3 cm. Hitunglah luas dan kelilingnya!

Jawaban :

Luas = p x l = 5 x 3 = 15 cm²
Keliling = 2 (p+l) = 2(5+3) = 2 x 8 = 16 cm.

Diketahui persegi panjang dengan lebar 4 cm. Luas persegi panjang tersebut 36 cm ² . Hitunglah kelilingnya.

Jawaban :

Lebar = Luas : panjang = 36 : 4 = 9 cm ²
Keliling = 2 (p+l) = 2(9+4) = 2 x 13 = 26 cm

Sebuah persegi panjang mempunyai keliling 20 cm. Lebar sisinya adalah 2 cm. Hitunglah luasnya.

Jawaban :

Keliling = 2 (p+l) = 20 = 2 (2+..) = 20 = 2 (2 + 8)
Luas = p x l = 2 x 8 = 16 cm²

Diketahui persegi panjang dengan panjang sisi dua kali lebarnya. Jika lebarnya 4 cm, hitunglah luas dan kelilingnya.

Jawaban :

Panjang = 2 x l = 2 x 4 = 8
Luas = p x l = 8 x 4 = 32 cm²
Keliling = 2(p+l) = 2(8+4) = 2 x 12 = 24 cm.

Sebuah persegi panjang mempunyai panjang 3 kali lebarnya. Jika lebarnya 9 cm, hitunglah luas dan kelilingnya.

Jawaban :

Panjang = 3 x lebar = 3 x 9 = 27 cm.
Luas = p x l = 9 x 27 = 243 cm²
Keliling = 2 (p+l) = 2 (27+9) = 2 x 36 = 72 cm

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan Bacaan Dayu Tidak Mau Sekolah yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 2. Dirumah, sampaikan kepada orang tuamu makna sila kedua Pancasila! Mintalah pendapatnya apakah sikapmu sudah sesuai dengan sila tersebut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page