Aplikasi Untuk Belajar Daring di Masa Pandemi

Aplikasi Untuk Belajar Daring di Masa Pandemi

Bloggers.id – Masa pandemi covid-19 yang melanda dunia adalah segala sektor yang ada, begitu pula pada sektor pendidikan. Larangn untuk berkumpul tentunya menjadikan momok besar dalam dunia pendidikan. Belajar terbiasa dilakukan dengan cara tatap muka, hal ini sudah dilaksanakan dari jaman nenek moyang kita. Namun dengan keadaan pandemi seperti saat ini tentunya dunia pendidikan perlu tidak mau beradaptasi dengan teknologi komunikasi agar proses belajar mengajar dapat tetap berjalan walaupun tanpa adanya tatap muka antara guru dan siswa. Untuk itu, bloggers sudah merangkum beberapa aplikasi untuk belajar berani yang bisa digunakan oleh guru ataupun siswa.

Whatsapp

Sobat online pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi android ini. Fitur berbalas pesan dan saling mengirim file baik dokumen, gambar maupun video bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran online. Whatsapp mungkin menjadi aplikasi untuk belajar daring favorit di Indonesia. Penggunaannya yang sederhana dan mudah digunakan sangat efektif dalam proses belajar mengajar dari rumah.

Baca Juga : Jawaban Energi dan Perubahannya Kelas 4 Tema 2

Fitur yang bisa digunakan dalam belajar daring di aplikasi whatsapp

  1. Balas pesan dalam grup
  2. Mengirim gambar dan video
  3. Voicenote dan lampiran dokumen
  4. Mengirimkan alamat link

Pembahasan materi bisa dilakukan dengan berbalas pesan dalam satu grup antara guru dan siswa. Jika ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan di grup masing-masing. Selain itu,guru bisa menggunakan lampiran gambar dan video untuk memberikan tugas ataupun sebaliknya, siswa mengirimkan tugas dengan melampirkan gambar atau video. Guru juga bisa menggunakan lampiran suara dan dokumen untuk memberikan tugas ataupun sebaliknya, siswa mengirimkan tugas dalam bentuk pesan suara misalnya jika siswa terebut diberikan tugas untuk membaca suatu bacaan. Dan jika guru melampirkan dokumen atau bahan, materi aplikasi belajar untuk daring ini bisa mengirim hampir semua jenis dokumen.

Baca Juga  Hasil Survei Sistem Pencernaan Kelas 5 Tema 3

Kelemahan whatsapp sebagai aplikasi untuk belajar daring

Tayangan chat (pesan) dalam satu layar terbatas sehingga, materi yang diberikan guru tertimpa oleh pesan-pesan baru, apalagi jika dalam grup tersebut terdiri dari banyak anggota yang aktif Semakin banyak lampiran yang diberikan dalam suatu grup whatsapp tentunya akan membebani kapasitas memori dari ponsel pintar masing-masing anggota.

Baca Juga :Sumber Energi Minyak Bumi Kelas 4 Tema 2

Google Form

Aplikasi untuk belajar daring ini sebenarnya sudah lama digunakan sebagai alat pengumpulan data. Dulu google form banyak digunakan untuk mengambil survey atau sebagai alat pengumpul data. Guru bisa menyulap google form ini menjadi bahan dalam menyampaikan materi pembelajaran dan penilaian. Guru bebas dalam menentukan tujuan dari penggunaan aplikasi untuk belajar daring ini sesuai dengan kebutuhan kelasnya masing-masing

Fitur google form yang bisa digunakan sebagai aplikasi untuk belajar daring

  1. Membuat soal
  2. Membuat absensi kehadiran
  3. Esay dan tugas harian
  4. menyelesaikan tugas yang berbentuk dokumen melalui fitur unggah dokumen

Sobat guru bisa membuat soal dari google form, karena aplikasi untuk belajar daring ini menyediakan beberapa pilihan antara lain pilihan ganda, checkbox, jawaban singkat, jawaban panjang dan unggah dokumen serta fitur-fitur pilihan jawaban lainnya. Guru bebas berkreasi dalam menggunakan google form ini. Hasil dari pengumpulan datanya pun tergolong mudah untuk di gunakan oleh guru. Bahkan guru bisa memberikan nilai yang otomatis keluar pada saat siswa selesai mengerjakan tugas yang diberikan.

Baca Juga : Potensi Laut Kota Banyuwangi Kelas 4 Tema 2

Kelemahan google form sebagai aplikasi untuk belajar daring

Kelemahan dari aplikasi untuk belajar berani ini adalah penggunaan google form yang terbilang ribet, apalagi jika digunakan oleh seseorang masih awam dalam dunia web dan penyimpanan online. Menurut pengalaman admin bloggers sendiri, masalah yang sering digunakan oleh guru yang baru pertama kali google form adalah dimana saya menemukan jawaban yang sudah dikerjakan oleh siswa? Cara aman dalam menggunakan google form adalah dengan menggunakan browser di perangkat yang sama baik saat membuat tugas melalui goggle form ataupun saat mengumpulkan jawaban dari siswa. Namun seperti pepatah alah bisa karena biasa, lama-kelamaan guru pasti akan terbiasa menggunakannya.

Baca Juga  Bacaan Terang yang Membawa Kemudahan

Quizzis

Aplikasi ini memang sedang menjadi tren dalam dunia pendidikan, aplikasi untuk belajar daring ini memberikan fasilitas pengerjaan soal dengan metode yang menarik untuk dikerjakan. Aplikasi ini hampir sama dengan game –game bergenre trivia. Tentunya siswa akan sangat tertarik dalam mengerjakan soal-soal yang dikirimkan oleh guru. Guru bisa mengambil soal dari bank soal yang sudah tersedia di aplikasi ini ataupun membuat soal sendiri.

Aplikasi ini memiliki 3 fitur pengerjaan soal yaitu mainkan langsung dimana beberapa orang mengerjakan ulangan dalam waktu yang sama. Fitur yang kedua adalah menjadikan soal menjadi PR, fitur ini digunakan untuk mengerjakan soal dalam tenggat waktu yang sudah ditentukan oleh guru. Dan fitur yang terakhir adalah fitur latihan yaitu latihan soal tanpa batasan pengerjaan, siswa bisa mengerjakan soal dimanapun dan kapanpun. Hasil dari pengerjaan soal akan terkumpul secara otomatis di panel admin guru, hasil ini pun tergolong lengkap, selain nilai yang diperoleh, guru juga mendapatkan analisis jawaban siswa. Guru hanya membuat soal dan mengirimkan link soal atau kode soal yang ada di tiap soal yang dibuat.

Baca Juga : Jawaban Sumber Energi Listrik Kelas 4 Tema 2

Fitur quizziz yang bisa digunakan sebagai aplikasi untuk belajar daring

  1. soal bank
  2. Pembuatan soal
  3. Nilai dan analisis jawaban

Kelemahan quiziz sebagi aplikasi untuk belajar daring

Guru tidak bisa mengontrol cara  siswa menjawab, artinya dalam mengerjakan  soal siswa bisa dengan mudah berbuat “curang” dengan mencari jawaban di  buku ataupun dari internet. Kelemahan lainnya adalah konsep quizziz adalah permainan, dimana dalam pengerjaannya siswa memiliki beberapa fasilitas dalam mengerjakan soal sehingga bisa mendapatkan nilai maksimal, contohnya fasilitas redemption yaitu siswa diberi kesempatan untuk menjawab kembali soal yang sebelumnya salah pada saat menjawab.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Mozaik Kreasi Bersama

Google Classroom

Aplikasi untuk belajar daring ini mungkin bisa dikatakan sebagai rangkuman antara google form, google search, google plus dan google drive. Konsep aplikasi untuk belajar daring ini hampir menyerupai sosial media dimana guru dan siswa bisa berinteraksi di dalamnya. Guru bisa memberikan bahan materi dengan jenis yang beragam. Guru juga bisa memberikan tugas lengkap dengan pemberian nilainya.

Baca Juga : Materi Persiapan Menari Kelas 5 Tema 2 Subtema 2

Fitur google classroom yang bisa digunakan sebagai aplikasi untuk belajar daring

  1. Menyediakan materi dalam bentuk dokumen
  2. memberikan tautan
  3. Memberikan tugas
  4. Mengaitkan dengan google form

Kelemahan google classroom sebagai aplikasi untuk belajar daring

Kurang lebih sama dengan aplikasi lainya dalam segi kejujuran dalam mengerjakan tugas maupun penilaian.  Selain itu penggunaanya juga tergolong rumit bagi guru dan siswa yang masih awam dalam teknologi komunikasi

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk memanfaatkan pembelajaran tatap muka dalam masa pandemi seperti saat ini. Aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kreativitas dari kita saja yang perlu kita asah sehingga aplikasi tersebut dapat digunakan secara maksimal dan efektif dalam pembelajaran berani. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat bloggers. Jadi sobat bloggers mau menggunakan aplikasi mana untuk mendukung proses belajar mengajar? Atau mengkombinasikan aplikasi tersebut?

YCP-SO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *