Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses Kelas 5

Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses Kelas 5

Daftar Isi

Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses kelas 5 – Hai Sobat bloggers, kali ini kita akan membahas mengenai Jawaban Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses Kelas 5 Tema 1 Yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 pembelajaran 2. Yuk kita simak bersama-sama pembahasannya.

Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses Halaman 64

Ayo Mengamati

Amatilah gambar di atas. Kemudian, jawablah  pertanyaan – pertanyaan berikut.

1.       Kegiatan yang nampak pada gambar di atas adalah ….

Jawaban : Anak-anak yang sedang bermain sepak bola di lapangan

2.       Kegiatan di atas termasuk permainan yang menggunakan ….

Jawaban : Kegiatan tersebut termasuk permainan yang menggunakan kaki

3.       Tempat yang aman untuk melakukan kegiatan tersebut adalah ….

Jawaban : Tempat yang aman untuk bermain sepak bola adalah Lapangan

4.       Apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan tersebut?

Jawaban :Yang harus dilakukan sebelum bermain sepak bola adalah melakukan pemanasan dan peregangan tubuh.

Baca Juga : Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Sila-Sila Pancasila

Selesai membantu mengemas selada, Beni membantu Pak Anto memanen kol. Hasil panen kali ini sangat bagus, bentuknya bulat dan besar.

“Alhamdulillah, Beni. Hasil panen kali ini sangat bagus,” sahut pak Anto.
“Benar sekali, Pak. Bentuknya sudah seperti bola saja. Saya seperti ingin menendangnya saja… he… he…. ” canda Beni.
“Ah, bisa saja kamu ini, Ben,” sahut Pak Anto.
“Kamu senang bermain bola, ya?” tanya pak Anto.
“Ya, tentu senang, Pak. Saya jago menendang, menggiring, dan menerima umpan lho, Pak”, sahut Beni.

Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses Halaman 65

Permainan bola memerlukan banyak gerakan, seperti berjalan, berlari, menendang, dan melempar. Hampir semua bagian tubuh aktif. Tentunya hal ini mengharuskan semua organ gerak dalam tubuh, baik itu otot ataupun tulang, bekerja dengan baik.

Coba kamu amati aktivitasmu sehari-hari. Saat kita berjalan, mengapa kaki kita bisa bergerak? Mengapa juga tangan kita bisa berayun, memegang, dan menggenggam? Ya, kaki dan tangan kita bisa bergerak karena pada kaki dan tangan kita terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot inilah yang bisa mengerakkan tangan dan kaki kita. Tangan dan otot merupakan alat gerak.

Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Baca Juga  Apresiasi Penampilan Tari Bungong Jeumpa

Baca Juga : Jawaban Bacaan Gerak Ikan dalam Air Kelas 5 Tema 1

Ayo Mengamati

Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses Kelas 5 Tubuh manusia, khususnya tangan dan kaki terdiri atas beberapa tulang

Ayo Berlatih

Tubuh manusia, khususnya tangan dan kaki terdiri atas beberapa tulang. Nah, perhatikan gambar rangka tangan dan kaki berikut ini. Coba kenali dan tunjukkan nama tulang-tulang tersebut melalui gambar berikut.

Pasangkan antara gambar dengan keterangan menggunakan garis!

Tulang pada Lengan Manusia
Tulang lengan
Tulang pada Kaki Manusia
Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses Kelas 5 tulang kaki pada manusia

Baca Juga :

Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses Halaman 67

Ayo Mencoba

Untuk menambah pemahamanmu tentang organ gerak manusia yang berupa tulang.

Buatlah model sederhana rangka manusia dari bahan bubur kertas.

Langkah-langkah kerja

1. Siapkan alat dan bahan
a. Gunting
b. Ember
c. Kertas koran
d. Kawat kasa
e. Pati kanji
f. Cat warna dan kuas

2. Buatlah kerangka patung dari kawat kasa

2. Buatlah kerangka patung dari kawat kasa

3. Potong-potonglah kertas koran menjadi serpihan-serpihan

Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses Kelas 5 Potong-potonglah kertas koran menjadi serpihan-serpihan

4. Rendamlah serpihan koran-koran ke dalam air.

4. Rendamlah serpihan koran-koran ke dalam air.

5. Setelah rendaman serpihan koran lembek, angkat dan tumbuklah sampai halus dan campurkan dengan perekat dari pati kanji. Aduklah hingga berbentuk bubur, namun jangan terlalu encer.

Setelah rendaman serpihan koran lembek, angkat dan tumbuklah sampai halus dan campurkan dengan perekat

6. Tempelkan bubur koran tersebut pada rangka kawat.

Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses Kelas 5 Aduklah hingga berbentuk bubur, namun jangan terlalu encer.

7. Keringkan dengan cara diangin-anginkan. Jangan dijemur langsung di bawah terik matahari agar tidak retak

8. Warnailah dengan menggunakan cat.

Warnailah dengan menggunakan cat.

Baca Juga : Berkreasi Membuat Gambar Ilustrasi Kelas 5 Tema 1

Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses Halaman 69

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui organ gerak manusia, terutama tulang.

Sekarang, diskusikan dengan temanmu fungsi dari masing-masing tulang tersebut.

Untuk memudahkan pekerjanmu, kamu bisa mencari buku referensi di perpustakaan sekolah.

Nama Tulang Lengan Dan Fungsinya

Nama Tulang LenganFungsinya
Tulang hastaUntuk membantu rotasi tangan
Tulang atasSebagai tempat melekatnya otot-otot utama pada lengan pergerakan siku.
Tulang pengumpilSama dengan tulang hasta yaitu untuk membantu rotasi tangan
Tulang pergelangan tanganSebagai alat gerak tangan, tempat menempel otot tangan, dan penghubung antara tulang jari dengan tulang pangkal lengan.
Tulang telapak tanganMenjadi titik pertemuan bagi tulang falang (jari-jari) dan ibu jari, ke pergelangan tangan, menstabilkan daerah telapak tangan dan
Tulang pahaTempat produksi sel darah merah pada sumsum tulangnya.
Tulang keringMenstabilkan tubuh ketika berdiri, menyangga otot-otot tungkai bawah, menopang berat badan, dan menggerakkan pergelangan kaki.
Tulang betisMenopang dan memeberi kekuatan otot pada saat berjalan atau berlari
Tulang pergelangan kakiUntuk memberikan sokongan yang kuat dan mobilitas bagi tubuh
Tulang telapak kakiMenopang berat tubuh dan untuk membantu mengatur gerak tubuh ketika berjalan , berlari, melompat.
Tulang jari kakiMembantu tubuh saat berjalan , berlari atau berdiri , agar tubuh tetap seimbang dan tidak terjatuh, jari kaki juga terus menyesuaikan diri dan berubah supaya tubuh tetap seimbang dan tidak terjatuh.

Fungsi organ gerak manusia sangat banyak. Hampir semua aktivitas manusia tidak bisa terlepas dari organ gerak, bukan hanya dalam sepak bola saja.

Coba kamu sebutkan aktivitas manusia yang memanfaatkan kerja organ gerak!

Jawaban : Ada banyak kegiatan yang memanfaatkan kerja organ gerak diantaranya adalah berjalan berlari,dan aktivitas gerak lainnya.

Berbagai aktivitas dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya itu tidak terlepas dari karunia Tuhan yang memberikan kelengkapan dan kesempurnaan fungsi bagian-bagian tubuh kita. Sudahkah kamu bersyukur atas itu semua? Bagaimana caramu bersyukur?

Baca Juga : Jawaban Bacaan Organ Gerak Manusia dan Hewan Kelas 5

Baca Juga  Gangguan atau Penyakit Otot Manusia Kelas 5 Tema 1

Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses Halaman 70

Ayo Membaca

Penyandang Cacat yang Sukses

Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan. Dia tak memiliki kedua kaki mulai dari pangkal paha. Boleh dibilang, tubuhnya hanya separuh. Sebelum menggunakan kursi roda, dia mengayunkan dua tangan guna menyeret tubuhnya untuk berjalan.

Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tidak pernah mau merepotkan orang lain. Ia selalu berusaha melakukan semua aktivitasnya sendiri. Dia juga tidak mau dipapah atau digendong. “Saya tidak mau dikasihani orang. Saya ingin sukses bukan karena orang kasihan kepada saya, tetapi karena kerja keras saya,” katanya lugas.

Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tetapi tidak menghasilkan materi berarti, Sidik memilih keluar dan mencari pekerjaan lain. Dengan bekal ijazah diplomanya, dia diterima di sebuah perusahaan kontraktor sebagai staf personalia. Tapi belum lama dia bekerja, krisis moneter tahun 1998 menghantam dan perusahaannya terpaksa tutup. Maka, dimulailah periode Sidik menjadi pengangguran. Tetapi, dia tak mau lama-lama menganggur, Sidik mulai mengikuti berbagai kursus keterampilan yang diadakan oleh Pemda DKI bagi penyandang cacat. Salah satu kursus yang memikat perhatian Sidik ialah kursus membuat kerupuk dari singkong.

Baca Juga :

Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah. Bersama istrinya, Sidik kemudian memulai usaha membuat kerupuk dari singkong. “Dulu belum ada merek, plastik pembungkusnya masih polos.” katanya. Pada awal produksi dia memproduksi sekitar 100 bungkus kerupuk berukuran 2 ons dari bahan baku singkong sebanyak 10 kilogram. “Namanya juga pertama, kerupuk dagangan saya baru habis setelah sebulan lebih,” katanya mengenang.

Namun kini, dari hanya mengolah 10 kilogram singkong, Sidik mengolah sedikitnya 50 hingga 100 kilogram singkong setiap bulannya. Dia juga sudah memiliki merek lengkap dengan cap di pembungkus produknya. “Saya beri nama merek Cap Gurame, ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan ikan gurame, tetapi gurame adalah singkatan dari Gurih, Renyah, Enak,” katanya tersenyum. “Kalau nanti ada uang lebih, merek ini saya mau patenkan.” tambahnya.

Beruntung, ada seorang pengusaha lokal yang melihat kegigihan Sidik dan akhirnya menyumbangkan sebuah sepeda motor untuk operasional usaha. “Namanya juga tidak punya kaki, saya sempat bingung juga, bagaimana mengendarainya?” Tetapi Sidik tak kehilangan akal, dia mendesain motornya agar tuas perseneling dapat dioperasikan dengan tangan. Dengan bantuan tukang las, jadilah sebuah motor dengan tongkat besi tambahan yang ditempel di perseneling dan injakan rem. Tidak lupa dia juga menempelkan gerobak di sampingnya untuk mengangkut muatan. “Motor itu benar-benar membantu mobilitas dan produktivitas usaha saya.” ujar Sidik.

Saat ini Sidik terus mengembangkan pemasaran produknya. Setiap hari dia masih berkeliling ke koperasi-koperasi atau warung di seluruh pelosok Ibukota. Bahkan saat Kabari mewancarainya, dua kali telepon selularnya berbunyi dari orang yang meminta agar pasokan kerupuk “Cap Gurame” segera dikirim.

Kini, dari hasil usahanya, Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 sampai 2 juta rupiah perbulan. Meski jumlahnya kecil, apa yang diperbuat Sidik termasuk luar biasa. Dengan keadaan yang terbatas, dia menjadi enterpreuner sejati. Meminjam rumusnya Pak Ciputra, pengusaha dan dosen mata kuliah enterpreunership, bahwa Indonesia membutuhkan sedikitnya 20 persen penduduknya menjadi enterpreuner, barulah menjadi negara makmur, maka Sidik telah memulainya bertahun-tahun lalu. Jelaslah, Indonesia membutuhkan orang-orang gigih seperti Sidik.

Sumber: https://abriantonugraha.wordpress.com

Baca Juga : Bekerja sama dengan Orang yang Berbeda Agama Kelas 4

Cerita yang kamu baca inspiratif, bukan? Orang yang berkebutuhan khusus pun mampu beraktivitas layaknya orang normal. Bagaimana dengan kamu?

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragrafnya.

ParagrafIde Pokok
1Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan, ia tak memiliki kedua kaki mulai dari pangkal paha.
2Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tidak mau merepotkan orang lain
3Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tapi tak menghasilkan materi berarti, Sidik memilih keluar dan mencari pekerjaan lain.
4Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah.
5Ia juga sudah punya merek lengkap dengan cap di pembungkus produknya.
6Beruntung ada seorang pengusaha lokal yang melihat kegigihan Sidik dan akhirnya menyumbangkan sebuah sepeda motor untuk operasional usaha.
7Saat ini Sidik terus mengembangkan pemasaran produknya
8Kini, dari hasil usahanya Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 sampai 2 juta rupiah perbulan.

Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses Halaman 73

Kamu telah membaca bacaan di atas, tentunya kamu pun telah mengetahui dan memahami isinya. Banyaknya informasi yang kamu dapatkan dari bacaan tergantung pada panjang dan bobot bacaan. Tentunya akan berbeda informasi yang kamu dapatkan antara membaca teks berupa karangan dengan membaca buku.

Baca Juga  Kelainan Organ Gerak Pasif (Tulang) Kelas 5 Tema 1

Ayo Berkreasi

Asyik sekali ya, aktivitas membaca itu? Apalagi jika membaca sebuah buku secara menyeluruh. Pada saat membaca buku, sebenarnya isi dari sebuah buku sudah dapat kita terka atau prediksikan sebelumnya dengan melihat sampul atau cover buku tersebut. Karena memang sampul cover buku merupakan bagian buku yang berupa gambar ilustrasi yang bisa mewakili isi buku.

Baca Juga : Jawaban Keragaman Umat Beragama Kelas 4 Tema 1

Cover atau sampul buku merupakan cerminan dari keseluruhan isi buku. Cover atau sampul merupakan bagian terluar dari buku yang terdiri atas dua sisi, yakni depan dan belakang. Kedua sisi ini saling mendukung dan melengkapi serta menguatkan isi dari buku.

Cover yang baik adalah yang bisa mempengaruhi dan menarik minat orang untuk membaca isi buku secara keseluruhan. Untuk itu, maka sebuah cover harus memenuhi unsur-unsur berikut.

1. Terdapat judul dengan pemilihan jenis huruf yang menarik dan mencolok.
2. Terdapat kalimat penjelas judul yang singkat dan mudah dipahami.
3. Terdapat nama penulis.
4. Terdapat identitas penerbit.
5. Menyertakan gambar yang menarik.
6. Terdapat sinopsi isi buku pada sisi belakang.
7. Terdapat identitas buku pada punggung buku.  

Coba kamu perhatikan contoh cover berikut.

Coba kamu perhatikan contoh cover berikut.

Sekarang giliranmu untuk membuat gambar pada cover atau sampul buku.

Kamu dapat membuatnya berdasarkan isi bacaan yang berjudul Penyandang Cacat yang Sukses. Setelah gambar selesai kamu buat, ceritakan kembali gambarmu tersebut di hadapan guru dan teman-temanmu. Jangan lupa untuk meminta masukan atau pendapat dari guru dan teman-temanmu terhadap gambar dan ceritamu. Tuliskan masukan dan pendapat tersebut pada kolom berikut.

Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses Halaman 75

Beni senang sekali. Tanpa terasa, Beni sudah dapat beberapa keranjang sayur Kol. Kol-kol tersebut kemudian dikumpulkan untuk kemudian dibersihkan dan dikemas. Pak Anto merasa sangat terbantu dengan adanya Beni.

Pak Anto mengajak Beni dan pekerja lainnya untuk beristirahat sebentar. Mereka diajak menikmati air teh dan ketela rebus yang dibawanya dari rumah Pak Anto.

 Baca Juga : Jawaban Bacaan Perbedaan Bukanlah Penghalang Kelas 4

1. Buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini.

Paragraf 1 : Makan sayur membuat sehat
Paragraf 2 : Aku gemar makan sayur
Paragraf 3 : Sayur bayam adalah sayur kesukaanku
Pargaraf 4 : Sayur yang sehat adalah yang bebas dari pestisida
Tukarkan hasilnya kepada temanmu. Mintalah pendapat temanmu tentang hasil karanganmu.

Jawaban :

1. Makan sayur membuat tubuh kita sehat. Hal itu dikarenakan sayur-sayuran mengandung banyak zat-zat yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin,  mineral dan zat-zat lainnya. Zat itu akan membuat tubuh kita sehat dan penyakit tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh kita.

2. Aku gemar makan sayur, terutama sayuran segar. Seperti selada, kubis, tomat, dan mentimun. Ibuku memasak sayur setiap hari. Ibuku selalu memasak sayur dengan rasa yang lezat. Seluriuh keluargaku juga suka makan sayur. Oleh karena itu, kami selalu sehat, karena sayur banyak mengandung zat yang berguna bagi tubuh.

3. Sayur bayam adalah sayur kesukaanku, di antara semua masakan ibu, bayam inilah yang paling aku gemari. Pada saat memasak Ibu selalu menambahkan wortel dan tomat dalam masakannya. Rasanya lebih segar dan nikmat. Sebagai pendamping makan sayur bayam ibu juga menggoreng tempe dan tahu. Dengan masakan itu, aku makan dengan lahap.

4. Sayur yang sehat adalah sayur yang bebas dari pestisida. Pestisida adalah obat-obatan untuk mengusir hama dan ulat. Pestisida menempel pada tanaman sayur dan jelas berbahaya jika dikonsumsi. Sehingga kita harus mencuci sayuran dengan bersih agar sisa pestisida yang menempel akan hilang. Dengan menanam beberapa sayuran di halaman rumah kita dapat terbebas dari pestisida. Kita dapat menanam sayuran di rumah seperti bayam, kangkung, cabai, tomat, daun bawang, dan seledri.

2. Kamu telah mengetahui organ gerak dalam tubuhmu beserta fungsinya.

Coba renungkan, apa yang terjadi jika salah satu organ gerak dalam tubuhmu rusak atau tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya? Renungkan juga apa yang bisa kamu lakukan tanpa adanya organ gerak dalam tubuhmu? Lalu, bagaimana caramu menjaga organ gerak dalam tubuhmu?

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan  mengenai Jawaban Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses Kelas 5 Tema 1 Yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 pembelajaran 2. Bersama orang tuamu, buatlah daftar aktivitas yang kamu lakukan di rumah. Tentukan aktivitas yang memanfaatkan organ gerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *