Bacaan Mozaik Kreasi Bersama

Jawaban Bacaan Mozaik Kreasi Bersama

Jawaban Bacaan Mozaik Kreasi Bersama – hai, sobat Bloggers, Kali ini kita akan membahas Mozaik Kreasi Bersama yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 4 tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2.  Keberagaman Indonesia tercermin pada rumah adat. Kita harus mensyukuri keberagaman dan keindahan rumah adat tersebut. Berikut adalah rumah adat dari berbagai provinsi di Indonesia.

Rumah adat

Baca Juga : Poster HUT DKI Jakarta 494 Tahun 2021

Bacaan Mozaik Kreasi Bersama Halaman 140

Salah satu keunikan dari rumah adat Indonesia adalah bentuk sudut atapnya. Sudut-sudut pada segi banyak juga menjadi satu keunikan. Coba amati segi banyak berikut. Bisakah kamu mengelompokkan segi banyak beraturan dan tidak beraturan berdasarkan sudutnya

Ya, segi banyak beraturan memiliki sudut dan sisi yang sama. Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang keunikan sudut pada segi banyak beraturan. Amatilah segi banyak beraturan berikut.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Organ Gerak Manusia dan Hewan Kelas 5

Baca Juga :Cara Reset Password ID Apple Lihat Langkah Mudahnya

Ukurlah besar setiap sudut pada segi banyak. Hitung pula jumlah besar seluruh sudutnya. Apa yang dapat kamu simpulkan?

Jawaban :semakin banyak sisi pada segi banyak beraturan maka semakin besar sudut yang dibentuk

Bacaan Mozaik Kreasi Bersama segi banyak

Jawaban:

NamaBanyak SisiBesar Sudut pada segi banyakJumlah besar sudut pada segi Banyak
Segi 3360°180°
Segi 4490°360°
Segi 55108°540°
Segi 77128,6°900°
Segi 66120°720°

Apa yang dapat kamu simpulkan?  Apa hubungan besar sudut pada segi banyak dengan sisinya?

Jawaban :Segi banyak beraturan memiliki besar sudut yang sama dan panjang sisi yang sama. Hubungan besar sudut pada segi banyak dengan sisinya adalah semakin banyak sisi pada segi banyak beraturan maka semakin besar sudut yang dibentuk oleh masing-masing sisinya.

Baca Juga :Mau Internetan Gratis? Begini Cara Membobol Wifi dengan Mudah

Bacaan Mozaik Kreasi Bersama Halaman 141

Sekarang tanpa mengukur, coba kamu hitung sudut dalam pada bangun datar berikut

Bacaan Mozaik Kreasi Bersama bangun

Jawaban :

Bangun Segi 6
Perkirakan besar sudut dalam tanpa mengukur 60° . Buktikan dengan mengukurnya  120°

Bangun Segi 9
Perkirakan besar sudut dalam tanpa mengukur  70°. Buktikan dengan mengukurnya  140°

Apa yang dapat kamu simpulkan?

semakin banyak sisi pada segi banyak beraturan maka semakin besar sudut yang dibentuk oleh masing-masing sisinya.

Baca Juga :Cara Membuat whatsapp bussines Mudah

Bacaan Mozaik Kreasi Bersama Halaman 142

Mozaik Kreasi Bersama

Lani duduk termenung di meja ruang tengah rumahnya. Di hadapannya terbentang sebuah karton besar. Masih kosong. Pak Burhan memberi tugas kepada anak-anak untuk membuat mozaik kreasi sendiri. Tugas tersebut harus dilakukan secara berpasangan. Lani berpasangan dengan Edo. Sejak kemarin Lani sudah mencari ide untuk tugas tersebut, tetapi ia belum menemukan yang sesuai.

Baca Juga  Mencoba Permainan Tradisional Bakiak Kelas 4 Tema 1

“Ah, tunggu Edo saja,” pikir Lani.

Tugas bersama akan lebih baik hasilnya jika dikerjakan bersama.

Baca Juga :2 Cara Mendapatkan Blog Zombie Dengan Mudah

Beberapa saat kemudian Edo datang. Benar saja dugaan Lani, Edo sudah mempunyai ide untuk mozaik mereka. Usul Edo adalah membuat mozaik rumah adat. Edo berasal dari Maluku. Ia sudah punya contoh gambar rumah adat Maluku. Baileo namanya. Menarik. Lani pun memberi usul untuk membuat juga mozaik rumah adat dari daerah lain. Rumah Gadang dari Padang, Rumah Kebaya dari Betawi, Rumoh Aceh, Rumah Joglo dari Jawa, atau Rumah Limas dari Sumatera Selatan. Rumah adat daerah-daerah di Indonesia memang beragam dan unik.

Mozaik rumah adat akan menjadi kreasi yang menarik. Selain itu, ketika nanti teman-teman mencoba merangkai mozaik, mereka akan belajar juga tentang keragaman rumah adat Indonesia.

Mozaik rumah adat akan menjadi kreasi yang menarik. Selain itu, ketika nanti teman-teman mencoba merangkai mozaik, mereka akan belajar juga tentang keragaman rumah adat Indonesia.

Berdasarkan teks di atas. Diskusikan pertanyaan berikut dengan kelompokmu. Presentasikan hasilnya di depan kelas

1.      Apa ide yang dimiliki Lani?

Jawaban : Lani memiliki ide untuk Membuat rumah adat daerah lain

2.      Apa ide yang dimiliki oleh Edo?

Jawaban :Ide yang dimiliki edo adalah Rumah adat Maluku

3.      Bagaimana mereka menyikapi ide-ide berbeda?

Jawaban :Mereka saling menghormati ide yang disampaikan oleh teman yang lai.  jika ide itu disasa kurang tepat bisa dusempurnakan dengan ide yang lainnya tanpa adanya perpecahan

Baca Juga :Bacaan Dodol Betawi Mak Salmah Kelas 4

4.      Apakah ide mereka yang berbeda memberikan manfaat? Jelaskan!

Jawaban : Ide yang berbeda dapat memberikan manfaat yaitu semakin banyak pilihan dan semakin menyempurnakan ide yang sudah ada.

5.      Kerja sama apa yang terlihat pada cerita di atas?

Jawaban :kerjasama dalam membuat mozaik

6.      Apa manfaat kerja sama dalam keberagaman?

Jawaban :Manfaatnya adalah untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama. dan saling mendukung

7.      Hal baik apa yang bisa didapatkan ketika mereka bekerja sama dalam keberagaman?

Jawaban :Hal baik yang bisa didapatkan adalah Saling memahami dan menghargai bahwa setiap orang itu berbeda, berbeda bukan berarti tidak dapat bersatu

8.      Nilai-nilai apa yang dapat kita contoh dari cerita Lani di atas?

Jawaban :Nilai yang dapat dicontoh adalah nilai kerjasama

Terima kasih Tuhan Engkau memberikan kami teman-teman yang berbeda. Dari mereka kami bisa belajar banyak hal. Terima kasih Engkau anugrahkan perbedaan pada kami. Bagaimana dengan kamu, Pernahkah kamu bekerja sama dalam perbedaan.

Baca Juga  Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Sila-Sila Pancasila

Baca Juga : Jawaban Bacaan Pawai Budaya Kelas 4 Tema 1

Coba ceritakan pengalamanmu

1. Jenis kerja sama.
2. Perbedaan yang ada.
3. Manfaat dari kerja sama dalam perbedaan.
4. Nilai-nilai baik yang bisa kamu ambil

Sobat bloggers dapat membuat cerita sesuai dengan pengalaman sendiri

Kesimpulan

Demikianlah Jawaban Bacaan Mozaik Kreasi Bersama yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 4 tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2 Mintalah orangtuamu untuk menceritakan pengamalannya bekerja sama dalam perbedaan. Ceritakan hasilnya kepada gurumu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *