5 ide dan peluang usaha makanan khas daerah Indonesia

Bloggers.id – 5 ide dan peluang usaha makanan khas daerah Indonesia – Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai hasil alamnya. Hasil alam ini berupa berbagai jenis barang yang berguna dalam kehidupan manusia. Begitu pula bahan pangan yang ada di Indonesia begitu beragam yang menjadikan Indonesia memiliki berragam jenis makanan khas yang ada. Kali ini teguh akan membagikan ide dan peluang usaha makanan khas daerah yang tentunya dapat memberikan keuntungan jika dikelola dengan strategi yang tepat dan kekinian.

Bisnis kuliner sekarang memang manjadi tren yang cukup menjanjikan. Apalagi denga  pola konsumtif masyarakat Indonesia. Maka tidak heran jika bisnis kuliner akan cepat mendatangkan keuntungan yang dapat diperoleh. Pasar dari bisnis kulinerpun tergolong cukup besar dan beragam. Mulai dari anak-anak sampai dewasa merupakan target pasar yang potensial jika Anda memilih untuk menjalankan sebuah bisnis kuliner. Salah satu jenis bisnis kuliner yang mudah untuk dikelola adalah bisnis makanan ringan tradisional khas Indonesia. Bahkan saat ini, ada beberapa jajanan tradisional yang sedang menjadi tren dengan konsep kekinian.  Berikut ini adalah beberapa ide dan peluang usaha makanan khas daerah yang sedang ngetren dan dapat Anda Coba.

ide dan peluang usaha makanan khas daerah Kekinian

1# Kue Cubit

Tentunya Anda pernah mencoba kue manis dengan tekstur setengah matang ini? Makanan  ini sangat cocok di makan pada saat hangat dan bisa menemani disaat menikmati secangkir kopi atau teh. Selain itu, saat ini kue tradisional ini bisa di sajikan dengan kreatifitas yang membuat kue lebih menarik dan memiliki berragam rasa dengan taburan toping yang beraneka ragam.

kue cubit ide dan peluang usaha makanan khas daerah

Jika dulu hanya ada taburan meses yang berwarna-warni, sekarang Anda dapat menambahkan toping lain yang lebih beragam dan dengan rasa yang beragam pula seperti rasa red velvet, green tea, ovomaltine, dan masih banyak rasa lainnya. lagi. Apalagi jika Anda berinovasi pada topingnya, Anda akan dapat menemukan beragam rasa lainnya yang dapat ditawarkan.

Baca Juga :  Sukses Jadi Reseller ? Simak 6 Tipsnya

2# Serabi

Kue berbahan dasar tepung beras dan santan ini memang sudah dikenal oleh berbagai kalangan di Indonesia. Rasa manis serabi dipadukan dengan gurihnya santan membuat rasanya tidak mudah untuk Anda lupakan.

serabi ide dan peluang usaha makanan khas daerah

Makanan ini dulnyau hanya punya dua toping yaitu oncom dan taburan gula atau coklat meses. Namun, Anda dapat berkreasi dengan menambahkan berbagai macam toping kekinian yang akan cocok di lidah milenial saat ini.

3# Martabak

Makanan yang biasa dibawa sebagai buah tangan ini memiliki dua jenis yaitu martabak telur dan martabak manis. Saat ini kedua jenis martabak ini kembali hits dengan bperpaduan toping yang beragam.

martabak ide dan peluang usaha makanan khas daerah

Jika dulu hanya ada satu jenis toping dalam satu martabak saja, saat ini tidak mengherankan jika dalam satu martabak bisa terdiri dari berbagai macam jenis toping yang Ada. Dengan berbagai macam toping seperti , stroberi, choco cip, keju, green tea, oreo  atau toping lainnya pelanggan akan dapat memilih jenis martabak yang mereka sukai.

4# Cireng

Aci di goreng atau Cireng adalah jajanan khas Sunda yang berbahan dasar aci atau tepung tapioca. Makanan jenis gorenagan ini biasanya berisi oncom yang mmiliki rasa gurih yang khas dan biassa dinikmati dengan saus saja. Namun saat ini cireng tak hanya menggunakan isian oncom saja.

cireng ide dan peluang usaha makanan khas daerah

Cireng dimodifikasi dengan menambahkan isian kekinian yang sesuai dengan lidah para milenial seperti sosis, bakso, ayam, daging, kornet bahkan dapat diisi dengan lelehan keju mozzarella yang menggugah selera. Selain isian, Anda juga dapat bereksperimen dangan saus pendampingnya seperti menambahkan saus lada hitam atau saus barbeque.

5# Pisang  Goreng

Makanan khas Indonesia ini pun sekarang sudah banyak sekali modifikasi dalam penyajiannya. Sekarang ini pisang goreg tidak hanya digoreng dengan tepung dan disajikan selagi hanta. Anda pasti sudah pernah mencoba pisang nugget bukan? Atau piscok atau pisang coklat?

pisang coklat crispy

Jajanan ini juga dimodifikasi dengan berbagai jenis toping, saus coklat atau keju sebagai pendamping dan berbagai modifikasi penyajian yang cocok dengan lidah para milenial dan tentunya dengan beragam pilihan penyajian.

Baca Juga :  Tren SEO Digital Marketing Populer untuk sukses 2021

Selain 5 makanan khas daerah yang sudah disebutkan diatas, Indonesia masih memiliki ribuan jenis ide dan peluang usaha makanan khas daerah yang siap untuk dimodifikasi baik dari rasa maupun penyajiannya. Yang terpenting adalah kreatifitas Anda dalam memperkenalkan makanan khas Indonesia yang kekinian.

Strategi dalam Menjalankan Usaha

Dalam menciptakan peluang usaha makanan  khas daerah Anda tentunya harus memperhatikan beberapa factor yang dapat meningkatkan usaha Anda tersebut. Beberapa factor tersebut Antara lain

strategi ide dan peluang usaha

1# Ide Usaha

Ide usaha terdiri dari dua factor yang berperngaruh yaitu factor internal dari dalam diri Anda sendiri dan Faktor Eksternal yang berasal dari lingkungan atau masyarakat. Faktor internal dalam diri Anda dapat dipengaruhi oleh pengetahuan yang Anda miliki, pengalaman yang pernah Anda lalui dan kemampuan analisis Anda dalam menciptakan kreatifitas dan ide untuk memanfaatkan peluang dalam menawarkan sebuah produk. Dan factor ekternal dapat dipengaruhi dari  masalah yang ada pada masyarakat serta kebutuhan akan sesuatu yang baru.

2# Risiko Usaha

Setiap usaha tentunya akan memiliki resiko yang  harus dihadapi. Risiko usaha biasanya dapat ditimbulkan karena  adanya perubahan permintaan dan kebutuhan dalam masyarakat, kondisi perekonomian pada masyarakat, persaingan usaha dan resiko lainnya seperti bencana alam dan sebagainya. Namun hal ini dapat diminimalisir dengan analisis usaha yang tepat sebelumnya. Adannya kemauan dan kerja keras serta motifasi yang kuat untuk selalu bereksperimen dan menciptakan inovasi baru akan membuat usaha Anda akan bertahan walaupun terjadi perubahan dalam masyarakat. Anda harus bisa merencanakan dengan baik dan memiliki manajemen pemecahan masalah ketika mengelola usaha yang Anda geluti

3# Strategi Usaha

Factor yang paling menentukan keberhasilan usaha adalah strategi yang Anda terapkan dalam mengelolanya. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam mengelola usaha Antara lain adalah

1# Perencanaan

perencanan adalah hal pertama yang harus Anda lalukan dalam memulai suatu usaha. Pada artikel sebelumnya teguh.info sudah memberikan contoh bisnis plan cafe yang merupakan salah satu dari tahapan perrencanaan. Rencana yang matang akan  menentukan keberhasilan Anda dalam mengelola sebuah usaha.

Baca Juga :  Konektor Masker Rajut DIY By Arqarina Craft

2# Tujuan

Anda juga harus memiliki tujuan yang jelas dalam usaha Anda. Tujuan tersebut dapat Anda bagi dalam tujuan jangka pendek, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka panjang. Dengan tujuan tersebut Anda akan dapat mennentukan langkah yang tepat dalam mengelola bisnis Anda.

3# Adaptasi

Tantangan dan persaingan dalam bisnis usaha makanan yang akan Anda hadapi akan selalu ada. Oleh karenanya, diperlukan kemampuan adaptasi dalam menghadapi perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Kemampuan Anda beradaptasi sebagai seorang wirausahawan dalam menghadapi tantangan dapat menentukan keberhasilan usaha Anda.

4# Inovasi

Inovasi adalah faktor yang sangat penting bagi keberlanjutan usaha makanan khas daerah. Dengan kreatifitas dan inovasi tanpa batas untuk meningkatkan mutu akan memberikan kepuasan dan kepercayaan pada bisnis Anda. Ada banyak sekali inovasi dan ide yang dapat digali dalam bisnis makanan khas daerah ini.

5# Pemasaran

Pemasaran adalah kunci keberhasilan suatu usaha. Hal ini juga berlaku pada usaha makanan khas daerah. Walaupun produk makanan khas daerah yang kita hasilkan memiliki cita rasa yang enak dengan kualitas yang prima, namun jika pemasaran terhadap barang yang kita produksi buruk maka usaha yang Anda jalani tidak akan berlanjut. Ada banyak strategi pemasaran yang dapat Anda lakukan salah satunya adalah dengan memanfaatkan sosial media ataupun pemasaran lain yang efektif dan efisien dalam memperkenalkan usaha makanan daerah yang Anda kelola.

Demikianlah pembahasan mengenai ide dan peluang usaha makanan daerah yang sedang mengalami peningkatan di Indonesia. Fenomena ini terjadi bukan hanya karena teknologi yang berkembang namun keinginan dan permintaan dari masyarakat. Masyarakat di Indonesia yang rindu akan jajanan khas Indonesia menginginkan inovasi baik dari rasa serta penampilan yang unik dan  kemasan yang menarik akan membuat jajanan ini menjadi jajanan kekinian menarik untuk dicoba bahkan diperkenalkan ke dunia internasional. Inilah kesempatan Anda dalam menjawab tantangan perubahan zaman sebagai seorang pengusaha Semoga bermanfaat.

About bloggers

Bloggers.id merupakan website berbagi segala informasi

Check Also

Cara mendaftarkan bisnis pada Google My Bussines

Cara mendaftarkan bisnis pada Google My Bussines

Bloggers.id – Cara mendaftarkan bisnis pada Google My Bussines – Setelah mengetahui pengertian dan manfaat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *