Kunci Jawaban Post Tes Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD/Paket A Topik 4 Asesmen SD/Paket A
1. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan.
Benar
Salah
Jawab: A. Benar
2. Perhatikan beberapa pernyataan berikut.
Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak murid.
Belajar bukan tentang pemahaman, penalaran, penerapan, serta kemampuan menilai dan berkarya secara mendalam, tetapi tentang kecepatan.
Ekspektasi guru yang positif tentang kemampuan murid akan sangat mempengaruhi performa murid.
Setiap murid itu sama, memiliki peta jalan belajar yang seragam, dan perlu dibandingkan dengan teman temannya.
Pengkondisian lingkungan belajar (fisik dan psikis) di sekolah dan rumah akan mempengaruhi pencapaian hasil belajar.
Manakah pernyataan yang kurang sesuai dalam menerapkan pola pikir bertumbuh?
a. 1 dan 3
b. 2 dan 4
c. 3 dan 5
d. 2 dan 3
e. 1 dan 5
Jawab: B. 2 dan 4
3. Pada materi “Merencanakan tindak lanjut asesmen di PAUD” disebutkan konsep utama asesmen pada jenjang PAUD, yaitu…
a. Catat semua fakta terkait kegiatan murid.
b. Catatan data otentik dilakukan dengan berbagai teknik asesmen
c. Memaknai tindakan murid berdasarkan asumsi dan perasaan guru.
d. Asesmen dilakukan dengan mencatat fakta dan ada proses pemaknaan akan sebuah peristiwa terhadap sebuah data dokumentasi.
e. Asesmen dilakukan dengan mencatat fakta. Data dikembangkan
Jawab: A. Catat semua fakta terkait kegiatan murid.
4. Perhatikan salah satu hasil asesmen diagnostik siswa kelas 4 pada mata pelajaran Matematika berikut. Sebagian besar pemahaman murid tentang satuan panjang dan berat belum memadai. Manakah bentuk tindak-lanjut dalam hal strategi pembelajaran yang sesuai terkait hasil asesmen tersebut?
a. Mengubah strategi belajar yang sudah dilakukan, antara lain dengan mengganti alat bantu mengajar dan mengantarkan materi lewat cara yang lain.
b. Mengubah teknik asesmen
c. Tetap melanjutkan pembelajaran. Murid-murid yang kemampuannya sudah memadai berperan sebagai tutor teman sebaya.
d. Merancang program pembelajaran kontekstual. Pemahaman dan penerapan konsep pengukuran berat dan panjang dilakukan dalam kegiatan memasak dan membuat kemasan makanan, disertai diferensiasi kebutuhan para murid.
Jawab: D. Merancang program pembelajaran kontekstual. Pemahaman dan penerapan konsep pengukuran berat dan panjang dilakukan dalam kegiatan memasak dan membuat kemasan makanan, disertai diferensiasi kebutuhan para murid.
5. Pak Karsan adalah Kepala Sekolah SMP Insan Maju. Mendekati akhir semester, ia mendapati isu bahwa mayoritas orang tua dalam keterlibatan belajar anak masih rendah. Respon dalam grup chat pun rendah karena mayoritas orang tua sibuk bertani. Sebagian murid juga masih kurang inisiatif untuk berkomunikasi dengan orang tuanya mengenai hambatan belajarnya. Keterlibatan orang tua paling tinggi yaitu saat pembagian rapor.
Dengan kondisi seperti itu, sebaiknya strategi apa yang paling tepat Pak Karsan terapkan di sekolahnya?
a. Menghimbau guru untuk menyampaikan masalah ini dengan orang tua saat pembagian rapor
b. Membuat portofolio untuk divariasikan bersamaan dengan pembagian rapor
c. Mengadakan pameran karya murid saat pembagian rapor
d. Mengadakan konferensi belajar antara guru, murid, dan orang tua saat pembagian rapor
Jawab: D. Mengadakan konferensi belajar antara guru, murid, dan orang tua saat pembagian rapor
6. Perhatikan pernyataan di bawah ini
Melibatkan orang-tua murid, murid dan guru sebagai mitra.
2. Melibatkan kepala sekolah selaku pimpinan sekolah.
3. Merefleksikan nilai-nilai yang dianut oleh sekolah seperti visi dan misi atau budaya sekolah.
4. Menyeluruh, jujur, adil dan dapat dipertanggungjawabkan.
5. Memilih dan menjelaskan salah satu bagian dari proses pembelajaran dengan jujur sehingga dapat dipertanggungjawabkan
6. Jelas dan mudah dipahami oleh guru.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pelaporan belajar yang dilakukan efektif adalah….
a. 1, 3, dan 4
b. 1,2, dan 5
c. 3,5, dan 6
d. 2,4,dan 6
Jawab: A. 1, 3, dan 4
Demikianlah Jawaban Post Tes Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD/Paket A yang dapat beritawarganet berikan. Semoga dapat membantu sobat guru dalam menyelesaikan pelatihan mandiri yang ada pada Platform Merdeka Mengajar. Semoga Bermanfaat!
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Post Tes Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD/Paket A Topik 4 Asesmen SD/Paket A"