PENGARUH KEAKTIFAN SISWA BERORGANISASI TERHADAP PENINGKATAN SOFT SKILLS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN
PENGARUH KEAKTIFAN SISWA BERORGANISASI TERHADAP PENINGKATAN
SOFT SKILLS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN
TEKNIK
PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN
TAHUN AJARAN 2014/2015
Oleh:
Amzar Yulianto
NIM. 10503244010
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh:
(1) Keaktifan siswa berorganisasi terhadap peningkatkan soft skills siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah
Prambanan tahun ajaran 2014/2015; (2) Keaktifan siswa berorganisasi terhadap prestasi
belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah
Prambanan tahun ajaran 2014/2015; (3) Peningkatan soft
skills terhadap prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah
Prambanan tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik
Pemesinan SMK Muhammadiyah
Prambanan. Pengambilan
sampel menggunakan teknik sampling purposive.
Jumlah sampel adalah 56 siswa yang terdiri dari kelas XI TPA berjumlah 27
siswa dan kelas XI TPB berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dengan metode angket atau kuesioner dan
metode dokumentasi. Metode angket untuk mengumpulkan data keaktifan
siswa berorganisasi dan peningkatan
soft skills, sedangkan metode dokumentasi untuk
mengetahui prestasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis regresi sederhana.
Hasil
penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif keaktifan siswa
berorganisasi terhadap peningkatkan soft
skills siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah
Prambanan tahun ajaran 2014/2015.
Hal ini ditunjukkan
dengan harga rxy1 sebesar 0,493, r2xy1 sebesar 0,243, harga thitung sebesar 4,166 lebih besar dari ttabel 2,003 pada taraf signifikansi 5% dan
persamaan regresi sederhana yakni Y1 = 0,881 X+ 67,433; (2) Terdapat pengaruh positif keaktifan
siswa berorganisasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah
Prambanan tahun ajaran 2014/2015.
Hal ini ditunjukkan
dengan harga rxy2 sebesar 0,307, r2xy2 sebesar 0,094,
harga thitung sebesar 2,367 lebih besar dari ttabel 2,003 pada taraf signifikansi 5%, dan
persamaan regresi sederhana yakni Y2 = 0,158 X + 70,823; (3) Terdapat pengaruh positif peningkatan
soft skills terhadap prestasi belajar
siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah
Prambanan tahun ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan harga ry1y2 sebesar 0,267, r2y1y2
sebesar
0,071, harga thitung sebesar 2,037 lebih besar dari ttabel sebesar 2,003 pada taraf signifikansi 5%, dan
persamaan regresi sederhana
yakni Y1
= 0,077 Y2 + 70,102.
Kata
kunci: Keaktifan Siswa Berorganisasi, Soft Skills,
Prestasi Belajar, SMK Muhammadiyah Prambanan
Posting Komentar untuk "PENGARUH KEAKTIFAN SISWA BERORGANISASI TERHADAP PENINGKATAN SOFT SKILLS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN"