Jawaban Aktivitas 5 halaman 250 Peta Daerah IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Aktivitas 5
Tahapan tugas:
• Amatilah peta daerah kalian misalnya peta desa, peta kelurahan, dan peta kecamatan/distrik. Kalian dapat menggunakan peta umum atau peta tematik (baik peta biasa maupun digital dari penyedia layanan peta daring) untuk pengamatan.
• Amatilah informasi yang terdapat di peta tersebut selanjutnya amatilah pula bagaimana dengan kondisi di lingkungan yang sebenarnya!
• Temukan perbedaan informasi yang terdapat di peta dengan kondisi lingkungan yang sebenarnya! Misalnya, informasi di peta tertulis sebagai daerah kawasan hijau/lahan pertanian tetapi ternyata kondisinya dan peruntukkannya telah berubah menjadi daerah pemukiman.
• Analisislah penyebab perubahan dan perbedaan dengan kondisi lingkungan sebenarnya!
• Identifikasilah dampak dari perubahan tersebut bagi kehidupan dalam jangka pendek (5 tahun) dan jangka panjang (10 tahun)!
• Berikan solusi terkait masalah informasi tata ruang.
Penjelasan:
Jika dicermati, soal di atas termasuk tugas praktik di mana siswa diminta mengamati peta tematik di daerah tempat tinggalnya masing-masing lalu menjawab sejumlah soal sesuai dengan informasi yang didapatkan dari proses identifikasi. Oleh sebab itu, soal tentu tak bisa diwakilkan sebab tak akan mewakili kondisi siswa. Penjelasan dalam jawaban ini hanya akan membahas mengenai apa itu peta tematik dan fungsinya.
Pembahasan
Peta tematik adalah salah satu jenis peta yang di dalamnya menampilkan sebagian permukaan bumi secara khusus atau berdasarkan tema tertentu saja. Contohnya peta persebaran fauna, maka yang akan kalian jumpai pada terkait hanya wilayah-wilayah dengan persebaran fauna tertentu. Contoh lainnya adalah peta curah hujan yang hanya akan menampilkan wilayah-wilayah dengan keterangan curah hujannya.
Fungsi dari peta tematik adalah untuk memberikan gambaran persebaran suatu fenomena secara geografis sehingga bisa memberikan informasi yang memadai bagi pihak-pihak yang membutuhkan.
Aksi lanjutan: Kalian dapat membuat kampanye untuk menyampaikan aspirasi tentang hal ini, sekaligus sebagai pengetahuan geografis pengelolaan ruang di wilayah kalian, baik dalam bentuk diskusi kelas, poster, film, menuliskan surat kepada pengambil kebijakan, dan lain sebagainya.
Disclaimer:
1. Kunci jawaban pada unggahan tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa digunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Kunci jawaban pada unggahan mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
Posting Komentar untuk " Jawaban Aktivitas 5 halaman 250 Peta Daerah IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka"