Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Evaluasi halaman 306 307 308 dan 309 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

EVALUASI

Jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini sebagai evaluasi untuk mengetahui pemahaman kalian dari bagian ini.

A. Soal Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang paling benar pada soal di bawah ini!

1. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!

Bencana Tanah Longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo

Pada tanggal 1 April 2017 terjadi bencana tanah longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur. Dampak dari bencana tersebut telah menimbun puluhan rumah penduduk serta puluhan korban jiwa. Faktor penyebab terjadinya bencana tanah longsor tersebut berdasarkan Naryanto, dkk. (2019) adalah kemiringan lahan, pelapukan batuan breksi vulkanik yang membentuk tanah menjadi daerah perbukitan yang curam, curah hujan tinggi serta alihfungsi lahan yang awalnya hutan lindung menjadi lahan pertanian holtikultura.

Sumber artikel: Naryanto, H. S., Soewandita, H., Ganesha, D., Prawiradisastra, F., & Kristijono, A. (2019). Analisis Penyebab Kejadian dan Evaluasi Bencana Tanah Longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur Tanggal 1 April 2017. Jurnal Ilmu Lingkungan, 17(2), 272-282.

Artikel tersebut enjelaskan pendekatan geografi apa?

a. Pendekatan keruangan

b. Pendekatan kelingkungan/ekologi

c. Pendekatan kompleks wilayah

d. Semua salah

Jawaban: B. Pendekatan kelingkungan/ekologi

2. Bacalah informasi di bawah ini!

Kawasan Industri Rungkut didirikan sejak tahun 1974 di atas lahan seluas 245 hektar yang dapat menampung 267 perusahaan. Kawasan ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Terdapat berbagai fasilitas yang disewakan di Kawasan industri tersebut mulai bangunan pabrik, gudang, pengolahan air limbah, perkantoran dan lain-lain. Kawasan industri ini dapat menampung sekitar 50.000 orang.

Sumber: https://sier.id/ dan https://bumd.jatimprov.go.id/bumd/sier/profil

Mengacu dari berbagai konsep geografi, Kawasan Industri Rungkut termasuk…

a. Konsep nilai kegunaan

b. Konsep aglomerasi

c. Konsep Interaksi dan Interdependensi

d. Konsep Pola

Jawaban: B. Konsep aglomerasi

3. Bacalah informasi di bawah ini! Untuk soal no 3 dan 4.

Gunung Merapi yang terletak di Provinsi DI Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah termasuk salah satu gunung teraktif di Indonesia. Untuk mengurangi dampak bencana erupsi Gunung Merapi maka pengawasan aktivitas vulkanisme dilakukan oleh Balai Penyelidikan Dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG). Setidaknya terdapat 16 kamera pengamatan untuk mengamati kondisi di sekitar Gunung Merapi dan pemantauan visual dengan menggunakan wahana satelit. Gambar di bawah ini adalah contoh hasil citra satelit dan kamera pengamatan Gunung Merapi.

Berdasarkan informasi di atas, data mengenai aktivitas Gunung Merapi diperoleh melalui…

a. Peta

b. Sistem Informasi Geografis

c. Penginderaan jauh

d. Atlas

Jawaban: C. Penginderaan jauh

4. Temukan pernyataan di bawah ini yang bukan termasuk manfaat dari pemantauan aktivitas gunung berapi?

a. Untuk mengurangi dampak dan risiko bencana apabila erupsi

b. Memberikan informasi terkini aktivitas vulkanisme gunung berapi

c. Untuk membuat rencana dan strategi mengenai metode penanganan bencana

d. Untuk memberikan informasi mengenai kandungan mineral dari bahan material yang keluar dari gunung

Jawaban: D. Untuk memberikan informasi mengenai kandungan mineral dari bahan material yang keluar dari gunung

5. Perhatikan tabel di bawah ini!





Berdasarkan informasi SDA di atas berasal dari sfera…

a. Atmosfer

b. Litosfer

c. Biosfer

d. Hidrosfer

Jawaban: B. Litosfer

B. Soal Esai

Jawablah pertanyaan dengan baik dan benar!

1. Amatilah lingkungan sekitar kalian! Jelaskan bagaimana geografi membantu kalian memahami tentang kehidupan di bumi?

Jawaban:

Geografi adalah ilmu yang mempelajari suatu wilayah dan interaksinya dengan makhluk hidup yang tinggal di sana. 

Secara garis besar geografi terbagi menjadi dua sudut pandang, geografi fisik dan geografi manusia. Geografi fisik mempelajari tentang obyek alamiah di alam. Geografi manusia mempelajari interaksi antara manusia dan alam. 

Geografi penting untuk kehidupan kita karena antara lain: 

a. Geografi mengajak kita menjelajah ke mana saja. 

b. Grografi menjelaskan apa dan kenapa sesuatu bisa terjadi di suatu tempat. 

c. Geografi membantu kita mengetahui banyak tempat dan kondisi suatu daerah. 

d. Geografi membuat kita sadar betapa luasnya dunia ini. 

e. Geografi membantu kita mengetahui lokasi, kondisi dan sifat-sifat setiap negara yang berbeda-beda. 

f. Geografi membuat kita mengetahui ternyata banyak tempat dan kehidupan di belahan bumi lain. 

g. Geografi membuat kita sadar apa yang kita lakukan ternyata memengaruhi manusia, flora dan fauna di belahan bumi lain.

2. Menurut kalian bagaimana cara manusia untuk menjaga keberlanjutan antarsfera? Berikan dua contoh!

Jawaban:

Pengelolaan antarsfera secara keberlanjutan, selaras dan harmoni bukan eksploitasi.

Cara manusia untuk menjaga keberlanjutan antarsfera, yaitu:

a. Tidak membuang sampah sembarangan

b. Mendaur ulang sampah

c. Menanam pohon secara berkala

d. Mengurangi polusi udara

e. Mematikan lampu atau listrik yang tidak digunakan

f. Mematikan barang elektronik jika tidak digunakan

g. Menggunakan air secukupnya

h. Menggunakan botol minum sendiri

3. Mengapa terdapat pemanasan global dan bagaimana solusi mengatasinya?

Jawaban:

Pemanasan global adalah peningkatan suhu yang terjadi secara global di permukaan bumi khususnya atmosfer. Hal ini terjadi karena meningkatnya konsentrasi gas CO2, CH4 dan gas lain sehingga atmosfer menahan panas sinar matahari.

Pemanasan global disebabkan oleh aktivitas manusia karena kegiatan industri, gaya hidup, transportasi yang berbahan bakar fosil dan masih banyak lagi. Peningkatan pemanan global telah berlangsung sejak tahun 1880.

Solusi yang dapat dilakukan manusia adalah:

a. Menggunakan energi alternatif

b. Melakukan reboisasi dan menjaga kelestarian hutan, Kawasan hijau.

c. Hemat konsumsi listrik

d. Mengurangi konsumsi bahan bakar fosil

e. Dan masih banyak lagi

4. Jelaskan potensi sumber daya alam yang terkait dengan hidrosfer di daerah kalian?

Jawaban:

Potensi sumber daya alam yang terkait dengan hidrosfer di daerah saya, yaitu: Hutan.

Potensi hutan sangat besar, mencakup kayu dan semua makhluk yang mendiami hutan. Keanekaragaman hayati yang berada di hutan bermanfaat dan berperan penting dalam keseimbangan lingkungan hidup.

Potensi sumber daya alam dapat dimanfaatkan sebagai:

a. Menghasilkan oksigen dan udara sehat

b. Hasil hutan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia. Contoh, kayu dan bambu dipakai untuk bahan pembuatan perabotan atau perkakas rumah tangga

c. Sumber bahan untuk obat-obatan untuk mengobati sejumlah penyakit

d. Untuk sumber pangan, misalnya buah-buahan dan binatang buruan

5. Jelaskan manfaat SIG terkait dengan potensi bencana, berikan contohnya!

Jawaban:

SIG terkait dengan potensi bencana berperan penting untuk mengetahui lahan yang berpotensi tinggi dengan resiko bencana sehingga pengambil kebijakan dapat melakukan berbagai upaya dan intervensi untuk penanggulangan serta mitigasi bencana.

Manfaat SIG terkait dengan potensi bencana, antara lain:

a. Memantau luas wilayah bencana alam

b. Pencegahan terjadinya bencana alam pada masa datang

c. Menyusun rencana-rencana pembangunan kembali daerah bencana

d. Penentuan tingkat bahaya erosi

e. Prediksi ketinggian banjir

f. Prediksi tingkat kekeringan

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Evaluasi halaman 306 307 308 dan 309 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka"